Anubias

Anubias

Halo Aqua Friends, tanaman hias khusus air akhir-akhir ini kian marak diperbincangkan yah. Selain karena mudah dipelihara, tanaman semacam ini sangat bagus untuk memperindah aquarium. Salah satunya adalah tanaman anubias.

Tanaman ini nampak begitu apik sekaligus gampang sekali dirawat. Tidak heran jika tanaman ini dikenal sebagai suatu tanaman air yang menjadi favorit bagi para penggemar aquascape.

Tahukah kalian bahwa kemudahan merawat tanaman ini tidak seperti layaknya merawat tanaman air jenis lain. Bahkan tanaman ini tetap dapat hidup tanpa adanya CO2 sekalipun. Alasan inilah yang menyebabkan tanaman ini begitu laris manis di pasaran. Terlebih lagi harganya yang amat terjangkau membuat tanaman ini semakin naik daun.

Mengenal Tanaman Anubias

 

Secara umum mirip dengan Jave Fern, Java Moss, Singapore Moss dan juga Peacock Moss. Tanaman yang termasuk ke dalam genus air semi-akuatik ini juga ada dalam kategori tanaman berbunga famili Araceae.

Tanaman ini memiliki habitat asli di daerah tropis lebih tepatnya berasal dari sebelah barat daratan Afrika. Di habitat aslinya tersebut, tanaman ini banyak dijumpai di sekitar rawa-rawa.

Karakteristik Anubias adalah mempunyai daun yang cukup luas dan tebal. Di samping itu, tanaman ini juga berdaun gelap serta begitu bervariasi bentuk daunnya.

Tumbuhan air cantik ini sangat menyukai pencahayaan tenang guna menghasilkan bunga bawah air yang amat memukau. Dengan kata lain, tanaman ini dapat tumbuh dengan baik di tempat teduh.

Jadi, apabila kalian ingin menjadikan tanaman ini sebagai salah satu komponen aquascape maka wajib mengurangi pencahayaan.

Hal ini juga demi mengurangi risiko pertumbuhan algae pada daunnya. Tanaman yang begitu populer di kalangan aquascaper ini dianggap sebagai salah satu tanaman yang sangat mudah dalam mempertahankan hidupnya.

Hal tersebut tidak lain karena kebutuhan akan nutrisi maupun pencahayaan dari tanaman ini cukup rendah. Bahkan sejumlah ikan herbivora juga tidak akan memakan tanaman ini. Namun, karena kebutuhan nutrisi dan pencahayaan yang rendah ini justru membuat pertumbuhan alami tanaman ini menjadi cukup lambat.

Kalian perlu tahu bahwa tanaman ini hanya akan menghasilkan daun dalam kurun waktu 3 minggu saja. Tidak memungkiri bisa jauh lebih lama dari waktu tersebut.

Jenis-jenis Tanaman Anubias

Terdapat sejumlah tanaman anubias yang bisa kalian jadikan komponen aquascape di rumah. Tanaman tersebut di antaranya ialah seperti berikut.

A. Barteri Coffeefolia

anubias barteri coffeefolia

Barteri Coffefolia adalah sejenis tanaman air yang begitu indah dan termasuk ke dalam kategori cultivar rendah. Tanaman ini mampu mencapai ketinggian berkisar 15 sampai 25 sentimeter. Kemudian, pada bagian pertumbuhan akar dapat mencapai 10 sampai 15 sentimeter lebih. Tanaman ini memiliki kombinasi warna maupun bentuk daun yang cukup menarik untuk ditempatkan dalam suatu aquarium.

Tanaman air ini sering menumbuhkan bunga namun tidak pernah menghasilkan biji atau benih. Kalian perlu tahu bahwa A. Barteri Coffeefolia ini juga tumbuh sangat pelan. Saking pelannya tanaman ini bisa membuat orang-orang tak sadar bahwa sesungguhnya ia telah terendam air. Tanaman ini juga tidak digemari oleh ikan herbivora. Jadi, santai saja ketika menempatkan tanaman ini di dalam aquarium rumah.

Baca Juga: 27 Jenis Tanaman Aquascape Lengkap Beserta Harga Terbaru

A. Barteri var. Angustifolia

anubias angustifolia

Tanaman A. Barteri var. Angustifolia ini dapat dengan mudah tumbuh di dalam aquarium. Karakteristik variasi dari tanaman air semi-akuatik ini memiliki bentuk daun yang panjang, cenderung sempit dan meruncing. Penampilan ini membuatnya nampak begitu anggun. Untuk persoalan pertumbuhan, tanaman ini mampu terus tumbuh hingga mencapai ketinggian 30 cm.

Barteri var. Angustifolia dapat tetap tumbuh dalam setiap kondisi. Bahkan tanaman air ini terbilang sangat kuat sehingga dapat hidup hingga bertahun-tahun lamanya. Daun-daunnya senantiasa tetap sama. Namun, pada awal-awal penempatan, tanaman ini cukup rentan terhadap serangan algae. Sebaiknya, kalian menempatkan tanaman ini dalam area berbayang.

Penempatan tanaman ini di daerah berbayang tentu dapat mengurangi pertumbuhan algae. Di alam liar tanaman A. Barteri var. Angustifolia ini begitu mudah dijumpai di daerah Guinea, Kamerun dan daratan Liberia.

A. Barteri var. Nana

anubias nana

Jenis A. Barteri var. Nana dapat tumbuh subur dalam segala kondisi walaupun dengan ukurannya yang mungil. Tanaman air asli dari Kamerun ini bisa terus tumbuh hingga mencapai ketinggian 10 sentimeter.

Selain itu, bagian rimpang atau akarnya dapat terus tumbuh mencapai ukuran 15 sentimeter. Walaupun tanaman ini tumbuh dengan lambat, namun kalian perlu coba menanamnya di batuan.

Saat menaman A. Barteri var. Nana di batuan, maka kalian akan mendapatkan hasil terbaik. Jangan lupa gunakan senar pancing untuk melekatkan tanaman di atas bebatuan tersebut. Pastikan tetap terus melekat sampai tanaman ini dapat tumbuh secara mandiri.

Namun, jangan sesekali menanam tanaman ini secara tertutup. Bukannya tumbuh justru tanaman ini akan mudah membusuk.

A. Gracilis

anubias gracilis

Kalian bisa menjumpai A. Garcilis di wilayah Afrika Barat. Wilayah ini bisa disebut sebagai rumahnya varietas tanaman air semi-akuatik ini.

Karakteristik dari A. Gracilis adalah mempunyai bentuk daun segitiga dengan ukuran mulai dari 5 sampai 10 sentimeter. Batang daunnya cukup panjang sehingga membuat tanaman ini nampak begitu elegan.

Serupa dengan jenis tanaman air lainnya, A. Gracilis dapat tumbuh dengan baik ke dalam substrate. Jangan lupa, bila kalian ingin menanam A. Gracilis ke dalam substrate maka pastikan tidak sampai tertutupi oleh rimpang di bagian daun maupun akarnya. Jika tidak maka tanaman ini akan membusuk dan mati.

Anubias Petite

anubias petite

Variasi tanaman air semi-akuatik ini juga dijuluki oleh Nana Petite oleh para penghobi aquarium. A. Petite adalah sejenis tanaman kecil yang begitu rapih dan menjadi primadonanya tanaman jenis mid-ground dengan perawatan cukup rendah.

Pada saat ditempatkan ke dalam aquarium, tanaman ini akan mengisi ruang-ruang kosong yang cenderung kecil, seperti pada sudut maupun celah di dalam aquarium.

Tanaman mungil ini bisa dipindahkan dengan sangat mudah. Namun, sebaiknya kalian mengikatkannya dengan potongan kecil driftwood atau batuan kecil.

Jenis tanaman air ini terbilang cukup potensial bagi penggemar aquascape. Ini mengingat bahwa jenis ini sangat cocok ditempatkan dalam berbagai macam ukuran maupun jenis aquarium.

Baca Juga: 20 Jenis Tanaman Moss Untuk Percantik Aquascape

Tips Menanam Anubias di Aquascape

menanam anubias

Sebelum kalian menanam anubias, kalian perlu memperhatikan beberapa hal Aqua Friends. Biasanya, para pemula melakukan kesalahan diproses awal, yakni langsung memasukan atau menanam di dalam aquarium yang full dengan air. Nah, lebih detailnya kalian bisa simak cara-cara di bawah ini.

  • Perhatikan suhu air aquarium yang akan ditanami oleh anubias, suhu yang dieal adalah 25° hingga 29°
  • Pastikan aquarium kalian memiliki pencahayaan yang memadai, dan sesuai dengan ukuran aquarium kalian Aqua Friends. Hal tersebut perlu diperhatikan karena cahaya lampu mempengaruhi tinggi rendahnya suhu air. Jika terlalu terang, dikhawatirkan suhu pada aquarium akan terlalu tinggi. Dan itu tidak baik untuk anubias.
  • Sebelum kalian menanamnya, anubias perlu beradaptasi dengan lingkungan sekitar. Yakni dengan cafra meletakan tanaman ini di permukaan air. Sehingga akar-akarnya akan beradaptasi dengan lingkungan baru. Proses ini bisa berlangsung hingga beberapa hari Aqua Friends.
  • Jika sudah tumbuh akar-akar baru pada tanaman tersebut, artinya anubias sudah beradaptasi dengan baik dengan aquarium kalian.
  • Proses selanjutnya adalah meletakan anubias ke media yang dikehendaki, bisa di bebatuan ataupun kayu-kayu yang berada di dalam aquascape. Kalian bisa meletakannya dengan cara mengikat pada media yang dipilih

Gimana Aqua Friends, cukup mudah bukan? Ada beberapa hal lain yang masih perlu kalian perhatikan. Saat proses adaptasi, jika ada batang ataupun daun yang layu pada anubias, maka segera potong dan bersihkan saja. Hal tersebut untuk menghindari pembusukan pada tanaman ini.

Anubias dapat menjadi pilihan tanaman hias air semi-akuatik yang pas bagi aquarium kalian di rumah. Kalian hanya perlu menyesuaikan saja dengan kebutuhan dan keinginan.

Rawat dan jagalah tanaman tersebut dengan baik sehingga dapat mempercantik penampilan interior aquarium Aqua Friends. Oke mungkin itu saja pembahasan kita tentang topik tersebut, semoga bisa menambah pengetahuan dan referensi kalian yah Aqua Friends.

Terima kasih.

Tinggalkan komentar

Nilai kami*