Aquascape mini

Aquascape Mini

Seiring waktu berjalan, semakin banyak penggemar aquascape. Bahkan, ada beberapa yang menjual paket jadi, sehingga tak perlu repot membuat dari Nol. Namun dengan begitu kita tidak bisa merasakan nikmatnya membangun “taman impian” kita di dalam air Aqua Friends. Bagi seorang pemula, tentu mereka akan memilih membuat aquascape mini. Sehingga tidak terlalu sulit dan membutuhkan biaya yang besar dalam proses membuatnya.

Nah, bagi kalian yang belum paham, aquascape merupakan seni menanam tanaman ataupun menata berbagai aksesoris lain. Sehingga akan menampilkan sebuah landscape pemandangan yang begitu indah.

Ada beberapa jenis dan gaya dalam membangun aquascape Aqua Friends. Tentu hal tersebut berdasarkan minat dan ide yang ingin diimplementasikan.

Jika kalian menyiapkan dana yang lumayan besar, akan mempermudah kalian dalam proses membuatnya. Namun jika sebaliknya kalian hanya memiliki budget yang minim, bisa kok disesuaikan dengan kebutuhan dan bertahap.

Nah di bawah ini kita akan membahas beberapa hal mengenai aquascape, mulai dari jenis, tema, hingga cara membuat dan perawatannya. Simak baik-baik yah.

Berbagai Desain Aquascape

Dutch Style

aquascape dutch style

Pertama tentang gaya Belanda atau Dutch Style, gaya ini terhitung lama dan bisa dibilang inspirasi pertama dalam dunia aquascape. Pada tahun 1930an, banyak aquarist dari Belanda yang berlomba-lomba untuk membuat gaya ini dalam aquarium mereka.

Karakter dari Dutch Style adalah focus pada penanaman dan peletakan berbagai jenis tanaman stem. Sehingga tidak membutuhkan atau menggunakan sejenis batu ataupun kayu hias. Biasanya, tanaman yang dibutuhkan di dalam aquarium hingga mencapai 10 jenis Aqua Friends. Dengan demikian akan menambah corak dan warna-warni di dalam aquarium.

Keunikannya adalah semakin rumit peletakan tanamannya, akan memperkuat karakter dan keindahan di dalam aquarium. Peletakan tersebut disesuaikan dengan selera pembuatnya. Untuk membangun aquascape dengan gaya ini, diperlukan pengetahuan berbagai jenis tanaman Aqua Friends.

Mulai dari cara merawatnya, jenis tanaman, hingga pengelompokan. Karena ciri khas dari Dutch Style adalah pengelompokan dan peletakan tanaman yang banyak di dalam aquarium.

Iwagumi Style

Inisiator dari gaya Aquascape Iwagumi adalah seorang aquaris dari Jepang yakni Takashi Amano. Gaya Iwagumi diambil dari kebiasaan orang Jepang yang gemar dengan ketenangan dan kesederhanaan.

Dan memang, ciri utama dari gaya ini adalah kesederhanaan penataan tanaman ataupun aksesoris lainnya di dalam aquarium.

Jika kalian tertarik membuat aquascape dengan gaya Iwagumi. Kalian hanya membutuhkan tanaman dasar/karpet dan beberapa bebatuan.

Letakan sesuai imajinasi kalian, sehingga mampu menampilkan karakter sederhana namun indah. Biasanya, seseorang hanya akan menambahkan 1 jenis ikan hias di dalam aquarium, dan itupun bukan dari jenis algae eater.

Nature Style

desain aquascape natural

Sesuai dengan namanya, Nature Style terinspirasi langsung oleh pemandangan alam Aqua Friends. Sehingga akan menampilkan sesuatu yang “asli” dari hasil penataan di dalam aquarium. Saat ini, Gaya Natural sangat popular dan digemari oleh para aquascaper di dunia lho. Meskipun terkesan natural, namun aquarium kalian akan menonjolkan karakter yang kuat.

Pada awalnya, gaya aquascape ini terinspirasi dari cara dan konsep berkebun Wabi Sabi di Jepang. Dengan demikian dekorasi yang ada di dalam aquarium terkesan minimalis dan kesederhanaan.

Selain itu, untuk membangun aquascape dengan gaya ini kalian cukup mengamati lingkungan sekitar. Bisa berupa hutan, pegunungan, lembah, dan lain-lain. Sehingga bisa kalian terapkan pemandangan-pemandangan tersebut ke dalam aquarium.

Taiwanese Style

taiwanese style

Gaya aquascape Taiwan adalah salah satu jenis gaya aquascape yang pernah popular. Namun, lambat laun sudah mulai jarang orang-orang yang menggunakan tema ini.

Berbeda dengan Nature Style, Taiwan Style terinspirasi dari kehidupan sekitar manusia di lingkungannya. Mulai dari rumah, jembatan, jalan, dan lain sebagainya.

Ciri khas dari gaya Taiwan ini adalah penempatan replika atau aksesoris seperti yang disebutkan di atas dengan berbagai tanaman.

Sehingga akan menampakan tampilan yang mainstream dengan kehidupan manusia. Jadi benar-benar bisa dibilang replika kehidupan kita sehari-hari.

Collectoritis Style

Collectoritis Style

Mungkin tema atau gaya yang kelima ini terkesan asal-asalan Aqua Friends. Namun, ada juga beberapa orang yang menggunakannya dalam aquarium mereka.

Gaya Collectoritis juga dikenal dengan nama konsep hutan belantara. Karena pada dasarnya, jenis gaya ini tidak menggunakan konsep apapun alias apa adanya.

Sehingga jika kalian berminat untuk memilih gaya ini, tidak ada ketentuan terkait jenis tanaman, peletakan dan aksesoris penunjang. Gaya Collectoritis menuntut imajinasi dan mood dari pembuatnya.

Baca Juga: Cara Membuat Aquascape Tanpa CO2 Step by Step!

Inspirasi Aquascape Mini

Setelah mengetahui berbagai jenis, gaya dan tema aquascape, tentu kalian sudah tidak kebingungan lagi. Nah, selanjutnya kita bahas seputar inspirasi dari aquascape mini Aqua Friends.

Dengan ukurannya yang kecil, aquascape mini bisa menambah keindahan dekorasi rumah kalian lho. Dalam pembuatannya pun sangat cocok bagi kalian yang masih pemula. Kalian hanya menyiapkan beberapa tanaman dan beberapa aksesoris jika diinginkan. Dan juga beberapa hewan seperti ikan hias kecil ataupun udang hias Aqua Friends.

Berikut beberapa contoh desain aquascape mini yang bisa menjadi inspirasi atau ide untuk kalian.

ide aquascape

desain aquascape

inspirasi aquascape

Harga Untuk Membuat Aquascape Mini

Dalam pembuatan aquascape, harga yang dibutuhkan cukup relative Aqua Friends. Tergantung dari jenis aquarium dan berbagai biota juga fauna yang ingin kalian masukan. Namun, ada juga yang menjualnya secara paket dan sudah jadi.

Harga aquascape mini di pasaran sekitar Rp 400.000 hingga Rp 800.000. Lumayan sih.

Selain itu, author juga akan memberikan informasi terkait harga dari komponen aquascape. Mulai dari aquarium, pasir atau tanah, tanaman, ikan, dan juga aksesorisnya. Simak bagian di bawah ini Aqua Friends.

Aquarium

Untuk aquarium sendiri juga variatif, tergantung ukuran dan jenisnya. Yang cukup dikenal dan juga memiliki harga lumayan tinggi adalah aquarium Gex. Di pasaran, aquarium ini dijual dengan harga kisaran Rp 300.000.

Selain itu, ada beberapa yang lain juga Aqua Friends. Mulai dari ukuran kecil hingga besar bisa kalian dapatkan dengan harga kisaran Rp 40.000 hingga Rp 500.000.

Pasir

Untuk dasaran aquarium, para aquascaper biasa menggunakan jenis pasar malang. Untuk mendapatkannya pun cukup mudah, banyak dijual di berbagai marketplace online. Ada juga jenis silica dan juga pasir bali, kalian bisa memilih dasaran berupa pasir-pasir tersebut sesuai kebutuhan kalian. Harganya pun cukup murah, hanya kisaran Rp 5.000 hingga Rp 20.000

Tanaman

Ada banyak sekali jenis tanaman untuk aquascape, ada yang khusus untuk tanaman karpet hingga tanaman hias lainnya. Untuk jenis karpet sendiri yang banyak digunakan adaah jenis Monte Carlo Aqua Friends. Dalam satu petak ukuran 20cm, Monte Carlo dibanderol dengan harga sekitar Rp 20.000.

Selain itu ada juga jenis Anubias, Java Moss, Bacopa Caroliniana, dan masih banyak lagi. Harganya pun cukup relative, untuk lebih lengkapnya kalian bisa cek di artikel tanaman hias aquascape.

Aksesoris

Untuk aksesoris aquascape, sangat banyak jenisnya Aqua Friends. Mulai dari bebatuan, replika rumah, replika gua (cave), dan lain-lain. Jika ingin hemat, kalian bisa menggunakan bebatuan yang ada di sekitar rumah kalian. Namun, jika mengingkan kualitas dan batu pilihan kalian bisa membelinya di marketplace.

Harga dari aksesoris tersebut juga variatif, yang cukup mahal adalah replika gua. Karena bentuknya yang unik dan mungkin sulit untuk dibuat, replika gua dijual dengan harga kisaran Rp 300.000 – Rp 500.000.

Filter Aquarium

Selain beberapa hal di atas, untuk yang satu ini juga penting lho. Filter aquarium berfungsi untuk menjaga kebersihan dan kejernihan air kalian Aqua Friends. Jenis dan harganya pun bisa kalian sesuaikan berdasarkan kebutuhan.

Nah, itulah beberapa komponen yang penting dalam membuat aquascape. Untuk jenis ikan atapun yang lainnya, kalian bisa cek di artikel 15 jenis ikan aquascape beserta harga dan tipsnya ini Aqua Friends.

Cara Membuat Aquascape Mini

cara membuat aquascape

Setelah kita mengetahui komponen dan harganya, pertama dan paling utama, pastikan kalian sudah memiliki aquarium yah, ya kalik mau bikin aquascape belum ada aquarium, Hehehe. Sesusai dengan judulnya, tentu siapkan aquarium berukuran mini Aqua Friends.

Membuat Dasaran Aquascape

Sebelum membuat dasar aquascape, pastikan aquarium kalian sudah bersih. Lalu, untuk dekorasi pertama kalian bisa menaburkan pasir dibagian bawahnya. Pasir yang dipilih bisa berupa pasir halus, referensinya kalian bisa menggunakan pasir malang ataupun pasir silica. Selain iti, jika kalian minat, kalian bisa menggunakan bebatuan kecil sebagai dasarannya.

Tambahkan Aksesoris

Selanjutnya, kalian bisa mendekor dengan beberapa aksesoris Aqua Friends. Bisa berupa bebatuan ataupun berbagai replikasi benda, seperti replika rumah, replika jembatan ataupun replika gua. Sehingga dalam aquarium kalian bisa terkesan lebih punya karakter dan nuansa yang elegan.

Menanam Tanaman Hias

Bagian inilah yang paling penting Aqua Friends, yakni menanam berbagai tanaman di dalam aquarium. Berhubung topik kita terfokus pada aquascape mini, tentu sesuaikan tanaman yang akan kalian gunakan. Kalian bisa menggunakan Java Moss ataupun Monte Carlo sebagai opsi.

Selain itu, ada beberapa jenis tanaman lain yang cocok untuk ukuran aquarium kecil. Seperti Anubias Nana, Lilaeopsis, dan juga Bacopa. Saat kalian diproses ini, dibutuhkan kesabaran dan konsistensi dalam perawatannya Aqua Friends. Untuk menanam Monte Carlo, setidaknya dibutuhkan waktu hingga seminggu.

Karena, biasanya jenis tanaman ini dijual berupa seeds. Ada beberapa yang sudah jadi, namun untuk menikmati prosesnya, author sarankan kalian memulainya dengan Monte Carlo seeds.

Memasukan Air

Selanjutnya dalam proses memasukan air ke dalam aquarium, kalian perlu pelan-pelan dan hati-hati. Sehingga tidak akan membuat tatanan dekorasi yang sudah kalian bangun menjadi rusak.

Kalian bisa menggunakan selang kecil yang pada ujungnya kalian berikan kapas Aqua Friends. Sehingga air yang masuk pada aquarium tidak begitu deras, dengan begitu tatanan yang sudah ada tidak akan rusak.

Sebaiknya gunakan air yang benar-benar bersih, hal tersebut penting untuk menjaga kesehatan pada tanaman kalian. Pun juga, kalian perlu memperhatikan pH dalam air kalian yah. Karena ada beberapa tanaman yang memiliki sifat dan lingkungan pada pH air tertentu.

Cara Merawat Aquascape

cara merawat aquascape

Perawatan Air

Air merupakan komponen utama selain tanaman yang ada di dalam aquarium. Berhubung ada berbagai biota yang ada di dalamnya, kalian perlu melakukan cek berkala terhadap kualitas air kalian. Mulai dari pH, kebersihan dan kejernihannya Aqua Friends. Untuk membantu kalian dalam perawatan air, kalian bisa menggunakan filter.

Jika kalian menggunakan filter pada aquarium, kalian perlu merawatnya juga Aqua Friends. Sehingga hasil dari filtrasi tersebut tetap bersih dan lancar. Untuk lebih lengkapnya kalian bisa cek artikel cara membersihkan filter aquarium ini Aqua Friends.

Perawatan Tanaman

Kesehatan tanaman juga perlu kalian perhatikan Aqua Friends. Jangan sampai layu ataupun membusuk di dalam aquarium. Untuk menunjang proses ini, kalian bisa menggunakan pupuk khusus untuk tanaman aquascape. Biasanya yang paling umum digunakan adalah jenis cari atau spray, sehingga menggunakannya pun cukup mudah.

Pemupukan ini dilakukan untuk menjaga pertumbuhan tanaman agar berkembang dengan optimal. Kalian perlu memupuk tanaman secara berkala dan konsisten, jangan hanya sekali atau dua kali saja. Untuk beberapa jenis tanaman, kalian juga perlu melakukan trim atau pemotongan. Seperti jenis Java Moss, sehingga pertumbuhan dan bentuknya bisa rapi dan teratur.

Membersihkan Kaca

Penggunaan lampu untuk aquascape bisa memicu tumbuhnya lumut lho Aqua Friends. Sehingga penting untuk tetap menjaga kaca bagian dalam aquarium. Meskipun ada beberapa jenis ikan yang gemar memakan lumut/alga, namun pembersihan kaca tetap penting untuk dilakukan sendiri.

Dalam pembersihan kaca aquarium, kalian bisa menggunakan beberapa bahan atau obat penunjang. Dan alat yang bisa kalian gunakan dalam tahap ini bisa menggunakan busa resin, magnet pembersih ataupun dacron.

Tumbuhnya lumut di dalam aquarium bisa dipengaruhi dari kualitas air di dalamnya. Sehingga tetap jaga kualitas dengan mengecek pH secara berkala. Ada juga kok beberapa lat penunjang untuk mengukur kualitas air. Sehingga akan Nampak dari suhu dan juga pH air di dalam aquarium.

Oke, itulah beberapa hal terkait aquascape mini. Setelah ini tentu kalian bisa mempraktekannya di rumah Aqua Friends.

Saran dari author adalah, cobalah dari sesuatu yang murah untuk menikmati proses belajar dalam membuat aquascape. Jika kalian sudah mahir atau memiliki pengalaman sebelumnya, kalian bisa langsung mengimplementasikannya secara maksimal.

Tertarik untuk mencobanya? Atau sudah pernah mencoba membuatnya? Coba bagikan pengalaman kalian dalam membangun aquascape di kolom komentar yah.

Semoga artikel ini bisa membantu dan bermanfaat untuk kalian yah, pun juga bisa menambah pengetahuan dan referensi kalian. Terima kasih sudah berkunjung ke Aquapedia.id. ?

Tinggalkan komentar

Nilai kami*