Cupang halfmoon

Cupang Halfmoon

Keberadaan jenis ikan cupang memang selalu dicari-cari oleh para pecintanya. Dari berbagai kalangan, ikan cupang dipilih sebagai ikan hias bernilai jual tinggi. Kalian pasti tidak asing dengan kegiatan adu ikan cupang yang kerap diselenggarakan, baik berskala kecil, maupun besar. Salah satu jenisnya yaitu cupang halfmoon banyak diminati karena terkenal akan tampilan fisiknya.

Sebutan halfmoon sendiri ditujukan pada ikan cupang dengan tampilan sirip berbentuk seperti ’setengah bulan’. Dibandingkan diadu atau dipertarungkan, cupang jenis ini lebih banyak dirawat menjadi ikan hias. Variasi warna yang dimiliki halfmoon sangat beragam, sehingga terdapat tipe jenis dengan tampilan sirip atau ekor yang berbeda-beda.

Tidak hanya satu warna, perbedaannya bisa dilihat dari pergabungan dan gradasi warna. Populer karena tampilannya, halfmoon membutuhkan perawatan berbeda dibandingkan cupang petarung umum seperti jenis Plakat. Warna yang paling mudah ditemui berupa biru, kuning, dan merah menyala.

Untuk lebih mengenal dan membedakan cupang jenis ini dengan lainnya, Aqua Friends bisa memahami ciri-ciri khas dari halfmoon di bawah ini, juga jenis-jenisnya. Tidak lupa mempelajari cara perawatan ikan yang tepat.

Ciri-Ciri Cupang Halfmoon

Berikut ciri-ciri umum Halfmoon:

  • Bentuk ekor panjang dan terlihat membulat. Ekor bisa mengembang sampai 180 derajat saat ikan ingin ‘pamer’ menunjukan kelebihannya, juga saat ikan berhadapan dengan musuh atau merasa terancam.
  • Mengembangnya ekor bisa melebihi 180 derajat dan disebut dengan OHM (Over Half Moon).
  • Sementara mengembangnya ekor cupang halfmoon yang kurang dari 180 derajat disebut dengan Delta.
  • Tampilan ekor yang mengembang membuat cupang jenis halfmoon memiliki tipe jenis yang beragam.
  • Kebanyakan spesies halfmoon adalah hasil perkawinan silang yang mana membuat warnanya jadi bervariasi.
  • Umumnya halfmoon memiliki warna sirip terang yang membuatnya mudah dikenali.
  • Karena beberapa tipe jenisnya disesuaikan masing-masing ciri fisik dan tingkat kemampuan bertahan atau menyerang, ikan cupang ini dibedakan menjadi dua macam yaitu untuk dipertandingkan dan sebagai ikan hias biasa.

Baca Juga: 11 Jenis Ikan Cupang Hias Populer dari Termurah Hingga Termahal

Jenis-Jenis Cupang Halfmoon

Tipe jenis ikan cupang ini berupa:

1.     Halfmoon Koi

Harga Halfmoon Koi: Rp 80.000

Diberi sebutan koi karena motif di siripnya seperti motif ikan koi yang tampak seperti bertotol-totol atau berbentuk blok. Karena termasuk unik dan membuatnya diincar banyak pecinta ikan, jenis koi ini pun sampai diekspor ke luar negeri. Variasi warna pada halfmoon Koi paling populer yaitu perpaduan putih, hitam, dan merah.

2.     Halfmoon Fancy

Harga Halfmoon Fancy: Rp 25.000

Hampir sama dengan koi, jenis halfmoon Fancy juga variasi dari perpaduan beberapa warna, tepatnya kombinasi tiga warna. Contohnya perpaduan warna biru, merah, dan putih. Atau bisa juga gradasi yang menghasilkan warna biru terang dan gelap, juga merah keunguan.

3.     Halfmoon Dumbo Ear

Harga Halfmoon Dumbo Ear: Rp 150.000

Jenis berikutnya, Dumbo Ear atau bisa disebut juga dengan Kuping Gajah merupakan halfmoon dengan tampilan fisik terkesan anggun. Walau terlihat cantik, Dumbo Ear sendiri adalah hasil perkawinan silang yang tergolong cacat.

Itu makanya bentuk sirip perut menyerupai sirip ekor dan membuatnya kelainan genetik. Harga jual jenis satu ini cukup tinggi dan sering dipilih sebagai ikan hias istimewa.

4.     Halfmoon Lavender

Harga Halfmoon Lavender: Rp 100.000

Sirip yang membentuk sepotong bulan dan ketika dikembangkan terlihat begitu lebar biasanya dimiliki oleh halfmoon jenis Lavender. Sebutan Lavender pun digunakan para pecintanya karena warna sirip ikan yang menggambarkan warna lavender, campuran merah, ungu, dan biru yang sekilas cenderung lebih pada warna merah keunguan.

Di pinggir sirip ekor dilingkari warna lebih tua terang yang membuat penampilannya sangat indah. Tidak heran bila cupang jenis ini banyak diekspor maupun diimpor dari dan ke luar negeri. Sama seperti jenis lainnya, Lavender juga merupakan hasil persilangan.

5.     Halfmoon Butterfly

Harga Halfmoon Butterfly: Rp 150.000

Ciri dari jenis Butterfly ini sirip menggambarkan paduan bulan dan kipas. Bentuk siripnya melebar. Sebutan Butterfly dipilih karena saat cupang ini mengembangkan siripnya, terlihat seperti sayap kupu-kupu karena lebih lebar dan terlihat semacam mengepakan sayap. Hal tersebut difaktori tidak ada tulang sirip yang keluar.

6.     Halfmoon Blue/Halfmoon Turqouise

halfmoon blue

 

Harga Halfmoon Blue: Rp 100.000

Jika kalian sedang melengkapi koleksi ikan cupang hias yang unik. Jenis halfmoon yang disebut dengan Blue, Royal Blue, atau pun Blue Solid ini menjadi rekomendasi terbaik. Sesuai nama warnanya, cupang halfmoon Blue ini memiliki tampilan fisik berwarna biru secara keseluruhan.

Meski rata-rata halfmoon Blue berwarna biru, tetapi tetap ada perbedaan yang membuatnya dibagi menjadi beberapa golongan. Contohnya Blue Solid yang mana seluruh bagian ikan terlihat berwarna biru tanpa ada sedikit pun gradasi. Bahkan hingga ke bagian wajah dan kepala.

7.     Halfmoon Red

Harga Halfmoon Red: Rp 50.000

Serupa dengan Blue, tipe jenis pada halfmoon Red pun memiliki ciri fisik keseluruhan tubuh berwarna merah. Beberapa di antaranya ada yang terlihat sedikit gradasi atau ada sedikit campurna warna dan membuatnya digolongkan sebagai Red biasa dan Super Red.

8.     Halfmoon Copper

Harga Halfmoon Copper: Rp 300.000

Jenis terakhir ada Copper. Ciri khas dari jenis ini bernampilan warna sirip keemasan. Sering juga dinamakan warna tembaga. Ada beragam perpaduan warna seperti corak merah, ungu, atau pun biru.

Cara Memilih Cupang Halfmoon yang Bagus

Sebagian pecinta ikan cupang rela merogoh kocek tidak sedikit demi memelihara cupang yang populer dengan keunikan dan kekhasannya. Biasanya terdapat kontes khusus atau lomba-lomba ikan cupang yang tentunya sangat menarik bagi kalangan pecinta cupang. Mulai dari lomba adu atau pertarungan, sampai kontes ikan cupang hias tercantik.

Ada cara-cara dalam memilih halfmoon yang tergolong bagus, di antaranya:

  1. Cupang halfmoon memiliki kesan anggun yang menggambarkan memiliki mental baik. Tidak sedikit ikan cupang yang dari segi mental kurang ketika harus dihadapkan cupang lainnya. Mental yang kurang mengurangi nilai.
  2. Bentuk kepala terlihat lurus dan berbentuk mulus. Hindari memilih cupang berkepala bengkok.
  3. Halfmoon memiliki kemampuan baik dalam membuka dan menutup insangnya.
  4. Bagian sirip seimbang saat ikan berenang.
  5. Mampu berenang dengan benar dengan keseimbangan yang baik.
  6. Bagian sirip tidak bengkok, tidak menjuntai, dan teratur.
  7. Badan ikan sehat dan mulus.
  8. Dari segi proporsional badan, tidak kegemukan, tetapi juga tidak kekurusan.
  9. Keadaan sirip dorsal harus terlihat tegak atau tidak loyo saat ikan berenang.
  10. Tidak ada lipatan pada sirip bawah.
  11. Ekor ikan simetris.
  12. Bentuk ekor membusur dan tidak membentuk oval.

Cara Merawat Ekor dan Sirip Cupang Halfmoon

Agar tetap cantik dan sehat, sehingga membuat tampilan fisik dan peformanya sempurna, berikut tips dalam merawat ikan cupang:

  • Menjaga kualitas air sangat harus diterapkan. Tingkat kualitas air paling memengaruhi kesehatan fisik, tampilan, dan mental ikan cupang. Ikan cupang termasuk spesies yang sensitif terhadap kondisi air.
  • Memberi daun ketapang yang sudah kering ke dalam air akuarium. Daun ketapang kering mampu menjadi antibiotik alami bagi ikan cupang dan membantu memulihkan luka yang dialami cupang. Selain itu daun ketapang bisa mengoptimalkan pH air (tingkat keasaman air).
  • Pilihan lain untuk membantu memulihkan luka yang dialami cupang sekaligus meningkatkan metabolismenya, gunakan garam khusus ikan hias. Takarannya kurang lebih 10 gram garam ikan hias untuk 1 liter air.
  • Jangan pernah lewatkan pemberian pakan cupang yang memenuhi kebutuhan nutrisinya. Beberapa pakan cupang yang disarankan seperti cacing sutra, kutu air, dan jentik nyamuk. Pakan alami yang masih hidup jauh lebih bagus dibandingkan pakan berbentuk pelet.
  • Selalu perlakukan cupang dengan lembut. Contohnya ketika ingin membersihkan akuarium atau ingin memindahkannya, gunakan alat bantu yang dijamin aman. Hindari menyentuh atau memegang cupang dengan tangan karena ekornya cukup rapuh.
  • Berencana mengawinkan ikan cupang halfmoon? Ada lebih baik memerhatikan karakter masing-masing ikan yang akan dikawinkan. Jangan dikawinkan secara asal dan jangan terburu-buru. Ingat, cupang umumnya memiliki insting untuk bertarung dan menyerang.
  • Cek dan perhatikan kondisi cupang setiap hari. Jika ada tanda cupang terserang penyakit tertentu, segera tangani dan beri obat. Beberapa penyakit umum pada cupang seperti white spot, fin rot, velvet, pop eye, dan masih banyak lagi tergolong penyakit menular.

Memilih tipe jenis ikan cupang tergantung pada selera Aqua Friends. Terpenting, jika masih pemula dan masih belajar memelihara ikan cupang, baik jenis petarung, atau juga jenis ikan hias seperti cupang halfmoon harus memahami hal-hal yang lebih baik dilakukan dan tidak. Sebab ikan cupang termasuk ikan yang cukup sensitif.

Okay, mungkin itu saja pembahasan kita mengenai cupang halfmoon. Semoga bisa menambah pengetahuan dan referensi kalian mengenai ikan cupang.

Terima kasih. 🙂

Satu pemikiran pada “Cupang Halfmoon”

Tinggalkan komentar

Nilai kami*