Daun ketapang

Daun Ketapang

Saat selesai tanding cupang, biasanya kita akan mencari daun ini Aqua Friends. Yaitu daun Ketapang yang dipercaya mampu menyembuhkan luka-luka dan kerontokan ekor cupang saat usai diadu. Dulu, author sering mencari daun ini dipinggir jalan, dan juga biasanya banyak taman SD yang ditanami pohon ini. Sehingga kita bisa mendapatkan daun ini dengan mudah, gratis pula.

Informasi dari Wikipedia, Daun Ketapang memiliki beragam kandungan yang bermanfaat untuk makhluk hidup. Nama latin dari Ketapang adalah catappa, pohon ini masuk dalam kategori Indian almond yang hidup subur di sekitar pantai. Daun dari pohon ini juga biasa digunakan obat tradisional Aqua Friends, bahkan dipercaya sejak jaman nenek moyang terdahulu.

Dengan manfaatnya yang menyembuhkan, daun Ketapang juga masih memiliki banyak manfaat lainnya. Simak ulasan di bawah untuk mengetahui detailnya Aqua Friends.

Manfaat Daun Ketapang Untuk Ikan Cupang

Dari begitu banyaknya manfaat daun Ketapang, author merangkumnya menjadi 3 khusus untuk ikan Cupang. Check it out!

Untuk Budidaya Cupang

Ikan cupang

Dalam pembudidayaan ikan cupang, kalian akan membutuhkan pH air yang stabil dan tidak terlalu tinggi. Daun Ketapang mengandung asam tanat, tannin, dan berbagai zat lainnya. Nhah, saat kalian menggunakannya dan air berubah menjadi kuning. Hal tersebut menandakan asam tanat telah dilepaskan oleh daun-daun ini.

Asam tanat berperan untuk menurunkan pH air yang terlalu tinggi dan menjaganya tetap stabil. Solusi ini sangatlah murah Aqua Friends. Kalian tidak membutuhkan peralatan ataupun bahan-bahan mahal untuk menjaga pH air.

Selain baik untuk budidaya ikan cupang, tentunya daun ini juga baik untuk berbagai ikan lainnya. Seperti halnya ikan discus, ikan gouramis, ikan platy, dan masih banyak lagi.

Untuk mengenal berbagai jenis dan harga ikan cupang, kalian bisa cek di sini Aqua Friends.

Untuk Perawatan Harian Cupang

cara merawat ikan cupang

Merawat ikan cupang tentunya kalian tetap ingin menikmati keindahan warna dan pesona tubuhnya. Nhah untuk tetap menjaga performa ikan cupang sesuai impian kalian, kalian juga bisa menggunakan daun ini untuk perawatan harian Aqua Friends.

Tapi sedikit tips dari author adalah, kalian perlu memisahkan antara wadah asli (soliter) ikan cupang dari endapan air daun Ketapang. Sebelum memberikan sari daun Ketapang, kalian perlu merendam beberapa lembar daun ke wadah yang berbeda. Setelah warna air menjadi kuning pekat hingga cokelat, kalian bisa memulai perawatannya. Cukup tuangkan air endapan daun ke wadah ikan cupang dengan skala perbandingan 1:3. So, tidak perlu kalian pindah ikan cupangnya ke media lain.

Untuk mengatasi masalah kulit ikan, kandungan-kandungan yang terdapat pada sari air tersebut sangatlah bagus Aqua Friends. Zat tannin yang author sebutkan di atas tadi mampu membunuh bakteri, jamur, dan virus. Sehingga memungkinkan air yang digunakan untuk ikan tetap bersih dan terhindar dari sumber penyakit.

Baca Juga: Berbagai Makanan Ikan Cupang Terbaik Agar Sehat dan Berwarna

Untuk Penyembuhan Cupang

Untuk manfaat yang terakhir adalah, ketika ikan kalian sudah terlanjur terjangkit penyakit. Atau luka pada bagian sirip ataupun ekor pasca diadu. Daun Ketapang bisa kalian gunakan untuk memulihkan ikan peliharaan seperti sedia kala Aqua Friends.

Seperti yang sudah author sebutkan di atas, bahwa kandungan dari air sari daun mengandung berbagai zat yang bermanfaat. Mulai dari menjaga pH, hingga membunuh bakteri-bakteri yang berpotensi menimbulkan penyakit. So, menggunakan daun Ketapang untuk penyembuhan ikan adalah pilihan tepat Aqua Friends. Apalagi, manfaat lainnya juga bisa menenangkan ikan saat ia stress setelah bertanding.

Cara Menggunakan Daun Ketapang Yang Benar

cara menggunakan daun ketapang

Nhah setelah kita membahas berbagai manfaatnya, kita perlu tahu cara pengolahannya yang baik dan benar kan?. Langsung sedot Aqua Friends!

  1. Pertama, kalian perlu membersihkan daun terlebih dahulu. Pastikan benar-benar bersih. Apabila tak bersih, tidak mendatangkan manfaat justru malah sebaliknya. So, pastikan daun yang kalian pilih steril sebelum digunakan yah. Bahkan beberapa orang hingga menggunakan air garam untuk mebersihkannya. Caranya sederhana, cukup rendam dalam air garam selama 30 menit. Setelah itu tiriskan dan pilih daun yang akan kalian gunakan.
  2. Kedua, setelah kalian memilih daun yang cocok, rendam dalam air bersih selama sehari atau 12-24 jam Aqua Friends. Langkah ini dimaksudkan untuk mengeluarkan zat-zat yang bermanfaat seperti yang sudah kita bahas di atas tadi. Perbandingan jumlah lembar daun dengan air adalah 1 lembar bisa digunakan untuk 3-4 liter air. Mudah bukan?.

Oke sekian dulu pembahasan kita mengenai daun Ketapang dan berbagai manfaatnya. Semoga bisa memberikan dan menjawab permasalahan yang sedang kalian hadapi Aqua Friends.

Bagaimana pengalaman kalian dalam menggunakan daun ketapang? Jangan ragu untuk share di kolom komentar yah.

Terima kasih.

Tinggalkan komentar

Nilai kami*