Desain aquascape

Desain Aquascape

Di zaman sekarang ini, siapa yang tidak kenal dengan aquascape? Hoby yang terhitung mahal dengan aktivitas menata ataupun mendesain berbagai tanaman dan aksesoris di dalam air dengan wadah aquarium. Sehingga dengan begitu akan menampilkan desain aquascape yang jelas dan terkonsep.

Dalam beberapa tahun terakhir, aquascape telah menjadi trend dan juga kegemaran bagi beberapa kalangan. Bahkan sudah ada komunitas-komunitas aquascape di berbagai wilayah di Indonesia.

Ada berbagai gaya dan desain aquascape yang biasa diterapkan oleh beberapa orang. Mulai dari yang simpel dan mudah, hingga yang sulit juga rumit.

Bagi kalian yang sedang tertarik ataupun mulai menyukai hobby ini, tentu kalian tidak akan melewatkan berbagai referensi dan inspirasi desain aquascape di bawah ini.

Aquapedia.id telah merangkumnya menjadi beberapa bagian, simak baik-baik Aqua Friends.

Desain Aquascape Populer

Berbagai desain aquascape di bawah ini merupakan yang sering digunakan dan diterapkan oleh banyak kalangan penghobby. Selain konsepnya yang jelas, hasil akhirnya pun sangat cantik.

Berikut daftar lengkapnya:

Iwagumi

Ciri dari Iwagumi Style adalah bercorak pemandangan alam dengan konsep ruang terbuka hijau. Namun, dalam pengaplikasian tanaman tidak terlalu banyak, sehingga menghasilkan kesan yang minimalis.

Substrat yang digunakan dalam Iwagumi Style adalah sejenis pasir halus. Nah, kalian bisa menggunakan jenis pasir malang, ataupun jenis yang serupa.

Natural

Pada desain ini, isi akuarium ditata untuk menampilkan berbagai landscape pemandangan. Seperti halnya bukit, gunung, ataupun lembah.

Lebih menariknya lagi, sebagian layout memiliki karakteristik yang lebih detail seperti menggunakan variasi pulau, yang dilengkapi dengan batu dengan bentuk gunung ataupun gundukan di tengah.

Dutch Style

aquascape dutch style

Ciri khas dari tema ini adalah ditandai bagian dasar aquarium yang ditutupi dengan tanaman karpet. Pun juga, Dutch style tidak menampilkan komponen hardscape, sehingga kalian tak akan menggunakan batu, kayu, ataupun karang di dalam aquarium.

Biotipe Style

Aquascape Biotipe ini terlihat sangat alami dan banyak jenisnya. Seperti Biotop Amazonia, Biotop Lake Tanganyika, Biotop India, Biotop Papua, dan Biotop Kalimantan.

Maka dari itu, Biotipe Style ini lebih mengutamakan sisi alami, dari mulai kondisi dan kualitas air, jenis tanaman dan juga berbagai hewan serta komponen hardscape seperti batu, kayu, dan karang.

Jungle Style

Sesuai dengan namanya, Jungle Style atau tema hutan ini merupakan salah satu gaya aquascape yang mengankat kehidupan hutan.

Tema seperti ini biasanya digunakan untuk akuarium dengan ukuran yang cukup besar Aqua Friends. Hal tersebut dimaksudkan untuk menampung berbagai jenis tanaman yang banyak, karena untuk desain aquascape satu ini membutuhkan variasi warna dan jenis tanaman yang berbeda layaknya hutan sungguhan.

The Walstad Method

Gaya aquascape ini sudah mulai jarang ditemukan, namun jika kalian tertarik, bisa juga menerapkan tema ini untuk aquascape kalian.

Pasalnya, ciri khas dari The Walstad adalah cara penataan tanaman ataupun aksesorisnya tidak terkonsep dengan jelas. Namun, lebih mengandalkan gaya “alami” dari setiap pertumbuhan tanaman tanpa adanya campur tangan manusia.

Taiwan Style

taiwanese style

Desain aquascape dengan Gaya Taiwan ini punya karakteristik yang sangat mudah untuk dikenali. Meskipun akhir-akhir ini sudah jarang digunakan, gaya ini cukup populer sebelumnya. Ciri dari aquascape ini adalah menggunakan berbagai  aksesoris supaya terlihat seperti kehidupan manusia.

Seperti adanya rumah-rumahan, patung, jembatan, miniature manusia, dan serta berbagai hiasan lainnya. Jika dilihat sepintas, desain aquascape ini seperti layaknya diorama di dalam aquarium.

German Style

German style menampilkan gaya terbuka, hal tersebut dimaksudkan agar bisa  menonjolkan pemandangan yang ada di permukaan air dan juga di atas permukaan air.

Dalam menerapkan desain ini tidaklah sulit, aquarium hanya perlu diisi air setengahnya saja. Hal tersebut akan membuat tanaman seperti anubias ataupun tanaman lain mampu terlihat di dalam air dan juga dipermukaan air.

Pasalnya, tanaman tersebut mampu tumbuh dengan tinggi hingga melewati permukaan air.

Baca Juga: Cara Membuat Aquascape Tanpa CO2 Mudah dan Murah

Desain Aquascape Simple

Untuk kalian yang baru memulai sebagai pemula dalam aquascape, mungkin lebih cocok dengan desain yang simple terlebih dahulu.

Hanya dengan beberapa tanaman air yang mudah dirawat dan dikombinasikan dengan beberapa aksesoris, kalian bisa menatanya dengan rapi dan terkonsep jelas.

Dengan begitu, akan menampilkan landscape pemandangan di dalam air yang cantik dan menawan tentunya.

Sebagai pemula, untuk mendesain aquascape yang sederhana pilihlah beberapa tanaman yang mudah dirawat. Salah satu indikator tanaman yang mudah dirawat adalah bisa hidup dengan baik meskipun tanpa adanya asupan CO2.

Seperti halnya tanaman moss, anubias, lilaeopsis, dan masih banyak lagi. Tanaman-tanaman tersebut dikenal bisa hidup tanpa menggunakan CO2 sekalipun.

Desain Aquascape Batu dan Kayu

Apabila kalian belum tertarik dengan berbagai jenis tanaman aquascape, kalian bisa memulainya dengan beberapa aksesoris terlebih dahulu. Seperti halnya menggunakan batu apung dan juga kayu apung untuk mempercantik tampilan aquarium kalian.

Jika penataan dilakukan dengan tepat, terkonsep dan rapi, maka juga tak akan kalah indahnya dengan aquascape yang menggunakan berbagai jenis tanaman.

Kelebihan desain aquascape yang hanya menggunakan batu dan kayu, tentu lebih mudah penataannya dan perawatan hariannya. Kayu yang bisa digunakan untuk aquascape adalah jenis rasamala dan juga santigi.

Selain itu, budget yang dikeluarkan pun tidak akan membuat kantong kalian jebol Aqua Friends.

Desain Aquascape Bonsai

Siapa yang tak kenal dengan tanaman bonsai? Lalu, apakah jenis tanaman ini bisa hidup di dalam air? Eitsss, tunggu dulu. Ketika kita berbicara desain aquascape dengan tanaman bonsai di dalamnya, tentu tidak serta merta kita memasukan bonsai ke dalam aquarium.

Namun, bonsai yang dimaksud disini adalah tentang membuat replica tanaman bonsai di dalam aquascape. Cukup mudah untuk membuat tampilan aquascape dengan bonsai.

Kalian hanya perlu menyiapkan aksesoris berupa kayu (bisa rasamala dan santigi) dengan bentuk yang menyerupai bonsai.

Lantas selanjutnya, kalian gunakan jenis tanaman moss (Java Moss ataupun Christmas Moss) sebagai replica daun tanaman bonsai.

Ikat tanaman moss tersebut di ujung kayu sesuai dengan selera kalian, jika pertumbuhannya baik, maka dalam waktu beberapa minggu saja, aksesoris kayu tersebut sudah menyerupai tanaman bonsai di dalam aquarium.

Baca Juga: 20 Jenis Tanaman Moss Untuk Mempercantik Aquascape

Aquascape Tema Sungai

Selain tiga desain di atas, ada jugayang terinspirasi mendesain aquascape dengan mengangkat pemandangan kehidupan disekitar kita, speerti halnya tema sungai.

Apa yang dimaksud dengan aquascape tema sungai? Hal tersebut bukan berarti kita membuat sungai di dalam aquarium Aqua Friends. Namun, kita menerapkan replika dari bagian dalam sungai.

Untuk membuat desain tersebut kalian bisa menggunakan berbagai bebatuan yang ditata dengan natural. Pun juga bisa kalian tambahkan beberapa tanaman di dalam aquarium.

Kalian bisa menanam Java Moss yang diikat di bebatuan, ataupun anubias yang kalian tanam di beberapa sudut aquarium. Sehingga tampilannya akan menyerupai kehidupan di bawah sungai.

Baca Juga: 27 Jenis Tanaman Aquascape Lengkap dengan Harga dan Tips Perawatan

Aquascape Tema Sawah

Selain mengangkat desain sungai, desain tema sawah untuk aquascape tentu juga tak kalah indah.

Pernahkah kalian melihat tampilan sawah dengan konsep terasering? Tentu akan menarik jika hal tersebut kita terapkan di dalam aquarium.

Dengan penataan tanah/substrat yang bertingkat, dengan ditanami jenis tanaman sword, maka sudah bisa menampilkan desain aquascape dengan tema sawah yang ciamik.

Untuk mempermudah penataan tanah bertingkat, kalian bisa menggunakan bebatuan kecil untuk mengganjal substrat agar lebih mudah untuk ditata.

Bagiamana Aqua Friends? Sudah menemukan gaya aquascape yang cocok untuk kalian?. Jangan ragu untuk share di kolom komentar yah. 🙂

Terima kasih.

Tinggalkan komentar

Nilai kami*