Ikan hias aquascape

Ikan Aquascape

Sekarang ini, salah satu kegemaran yang begitu banyak digandrungi oleh masyarakat luas ialah aquascape. Aquascape sendiri merupakan suatu aktivitas guna mengatur tanaman, bebatuan, air, karang, kayu maupun material lainnya di dalam kotak acrylic. Salah satunya adalah aquarium. Tidak heran jika saat ini banyak orang yang juga mencari ikan aquascape sebagai pilihan hobi mereka.

Aquascape akan membuat aquarium nampak seperti sebuah kebun dalam air yang begitu memukau. Belum lagi jika ada tambahan biota hidup seperti ikan di dalamnya. Tentu hal ini dapat menjadi keindahan visual yang sayang sekali untuk dilewatkan. Bagi kalian yang ingin membuat aquascape, maka berikut ini adalah 15 inspirasi ikan yang cocok bagi hobi tersebut.

15 Inspirasi Ikan Aquascape

Blue Gourami

ikan gourami

Ikan yang juga populer dengan nama sepat rawa ini adalah jenis ikan yang berasal dari famili gurami. Dengan kata lain, ikan ini memiliki nama ilmiah Osphronemidae. Biasanya ikan ini mempunyai corak warna biru yang begitu terang sekaligus menarik. Dengan pola garis-garis vertikal yang memenuhi seluruh tubuhnya.

Tidak heran jika ikan ini banyak dijadikan sebagai ikan khusus aquascape. Selain itu, ikan ini mampu hidup selama empat tahun lho Aqua Friends.

Ikan Blue Gourami jantan memiliki tubuh yang lebih besar daripada betina. Pun juga memiliki warna yang lebih cantik dan mencolok.

Clown Loach

ikan clown loach

Ikan yang juga familiar dengan nama Botia ini merupakan jenis ikan asli hias asli dari Indonesia. Bahkan di daerah asalnya yakni Sungai Batanghari dan Barito, ikan ini lebih dikenal dengan nama ikan Bajubang. Ikan ini tergolong jenis ikan yang dapat berumur panjang. Clown Loach juga dapat terus bertahan hidup hingga puluhan tahun lamanya di dalam aquascape.

Ikan Clown Loach atau Botia ini tergolong sebagai algae eater Aqua Friends, alias ikan pemakan lumut/ganggang. Sehingga sangat cocok untuk dipelihara di Aquascape.

Colombia Tetra

colombian tetra

Colombia Tetra adalah ikan yang juga akrab disebut sebagai Red Blue Colombian Tetra. Sesuai dengan identitas nama, ikan ini berasal dari Colombia sebuah kota di daerah Amerika Selatan. Ikan ini juga termasuk jenis ikan hias amat populer bagi para aquascaper. Selain karena menarik dari sisi bentuk, ikan ini juga mudah akrab dengan ikan lain. Jika Aqua Friends ingin mengetahui berbagai jenis ikan tetra lainnya, bisa cek di artikel 25 Jenis Ikan Neon Tetra.

Discus

Ikan discus

Dengan warna tubuh biru menyala, Discus dapat menjadi salah satu opsi ikan khusus aquascape yang bagus bagi kalian. Tentu saja ikan ini dapat menyuguhkan pemandangan visual indah tersendiri bagi penikmat ikan hias. Ikan yang hidup secara berkelompok ini sebaiknya dipelihara dalam aquarium dengan ukuran cukup besar.

Baca Juga: 20 Jenis Ikan Discus Lengkap dengan Harga dan Cara Merawat

Dwarf Gourami

Dwarf Gourami

Dwarf Gourami adalah salah satu jenis ikan khusus aquascape yang memiliki corak dan bentuk tubuh sangat indah. Akan tetapi, Dwarf Gourami tergolong sebagai jenis ikan pemalu. Ikan ini cenderung akan memisahkan diri dari ikan-ikan lain yang ada di aquarium. Jika kalian ingin memelihara ikan ini, maka sebaiknya campurkan dengan ikan berukuran serupa.

Mirip dengan Blue Gourami, ikan ini juga memiliki pola dan corak yang sama. Yakni pola garis vertikal yang memenuhi seluruh tubuhnya. Hanya saja memiliki warna yang dominan biru sesuai dengan namanya.

Firemouth

ikan firemouth

Jika dibandingkan dengan jenis ikan khusus aquascape lainnya, Firemouth tergolong jenis ikan yang memiliki harga jual cukup mahal. Ikan ini dapat bergaul sangat baik dengan jenis-jenis ikan lain yang berada di dalam aquarium asalkan mempunyai ukuran serupa.

Usia ikan Firemouth bisa mencapai 10 hingga 15 tahun Aqua Friends. Hmmm, lama juga yah. Ciri khas dari ikan ini adalah warna tubuhnya yang cenderung merah. Dan keunikan lainnya yakni warna bibirnya yang seolah-olah menggunakan lipstik. Sehingga ikan ini bisa disebut dengan nama Firemouth.

Frontosa Cichild

frontosa cichild

Frontosa Cichild adalah jenis ikan yang termasuk ke dalam keluarga cichild. Ikan asli dari danau Tanganyika Afrika ini sangat populer di kalangan cichild. Uniknya, ikan ini sangat suka diberi pakan secara langsung oleh tangan pemilik. Meskipun demikian, ikan ini tidak cukup agresif jika dibandingkan dengan jenis ikan cichild lainnya.

Ciri khas dari ikan Frontosa Cichlid adalah dibagian jidatnya yang menonjol mirip dengan Louhan. Dari segi warna, ikan ini berwarna biru dengan corak belang hitam yang memenuhi seluruh tubuhnya Aqua Friends.

Giant Danio

ikan giant danio

Jika kalian ingin coba memelihara ikan khusus aquascape yang cukup gesit, maka bisa coba untuk mempertimbangkan Giant Danio. Ikan ini mampu tumbuh hingga mencapai ukuran 10 sentimeter Aqua Friends. Pemeliharaannya yang mudah juga membuat para aquascaper banyak memeliharanya.

Ikan Giant Danio tergolong dalam keluarga Zebrafish Aqua Friends. Sehingga memiliki corak dan warna yang belang-belang, hanya saja corak tersebut berupa garis horizontal yang membentang dari kepala hingga ekornya.

Glass Catfish

glass catfish

Glass Catfish merupakan jenis ikan yang cukup unik untuk dipelihara dalam aquarium. Ciri khas dai ikan ini adalah warna tubuh yang transparan Aqua Friends. Sehingga tulangnya pun akan kelihatan dengan mata telanjang. Jika kalian melihatnya dari kejauhan maka seakan-akan nampak layaknya isi perut ikan tersebut yang sedang bergerak-gerak.

Typical ikan ini adalah gemar berkoloni, sehingga kalian bisa memeliharanya secara bergerombol.

Harlequin Rasbora

Memelihara ikan khusus aquascape tidak perlu mahal. Misalnya, Harlequin Rasbora. Ikan hias kecil dari keluarga crprinidae ini mempunyai warna pink di sisi atas serta perak pada sisi bawah yang begitu memukau. Kalian bisa coba memelihara ikan yang mempunyai pola segitiga di belakang tubuh ini di aquarium rumah.

Untuk memelihara Harlequin Rasbora memang cocoknya dengan beberapa tanaman hias Aqua Friends. Sehingga cocok sekali jika dijadikan pelengkap Aquascape kalian. Sifatnya yang tenang dan pendiam, ikan ini juga cocok dikombinasikan dengan beberapa ikan aquascape lainnya.

Baca Juga: Ikan Rasbora: Jenis, Harga dan Tips Perawatan Harian

Jack Dempsey

jack dempsey

Jack Dempsey adalah jenis ikan yang terbilang amat populer untuk dipelihara. Kalian bisa memelihara ikan ini sendirian tanpa dicampur dengan beberapa jenis ikan lainnya. Habitat asli dari Jack Dempsey adalah beberapa sungai yang terletak di Amerika Tengah. Warnanya yang cantik kebiruan tentu dapat menjadi keindahan visual tersendiri bagi aquascape kalian.

Kissing Gourami

kissing gourami

Jika kalian ingin memelihara ikan khusus aquascape yang bisa dicampur dengan ikan lain, maka bisa coba memelihara Kissing Gourami. kalian bisa meletakkan Kissing Gourami dengan ikan yang berukuran hampir sama.

Karakter dari ikan ini gemar bertarung Aqua Friends, sehingga kurang cocok jika kalian gabungkan dengan beberapa jenis ikan lain di Aquascape yang sama. Namun, karena warna dan keunikannya, ikan ini cocok untuk kalian pelihara sebagai pelengkap di aquarium.

Knight Goby

knight goby

Bagi kalian yang ingin memelihara ikan tanpa warna-warna cerah, maka bisa coba melirik Knight Goby. Ikan ini mempunyai warna dasar hijau abu-abu dengan bintik-bintik kecil pada bagian kedua sisi tubuhnya. Meskipun tidak memiliki warna cerah, namun ikan ini tetap menarik untuk dipelihara.

Kribensis

kribensis

Kribensis juga kerap dipanggil sebagai ikan Krib Aqua Friends. Ikan tersebut merupakan salah satu jenis ikan umum untuk dipelihara. Daya tahan tubuhnya yang sangat kuat dan tahan terhadap segala macam kondisi perairan, membuat ikan ini cocok untuk dipelihara. Warna dan coraknya yang begitu cantik dengan kombinasi warna merah pada bagian bawah tubuh, membuat ikan ini semakin tampak menawan. Apalagi saat si Kribensis ini sedang dalam suasana hati bagus.

Ukuran Kribensis hanya sekitar 8-10cm Aqua Friends, sehingga tak terlalu memakan tempat di dalam aquarium. Dan satu hal lagi, ikan ini tergolong omnivora lho, sehingga sangat mudah untuk merawatnya.

Kuhli Loach

kuhli loach

Bagi kalian yang ingin coba memelihara ikan dengan bentuk tubuh memanjang, maka bisa menjadikan Kuhli Loach sebagai inspirasi. Ikan ini dapat tetap hidup dalam rentang usia cukup lama di aquarium. Namun, saat memelihara Kuhli Loach kalian perlu memperhatikan pencahayaan aquarium. Sebab, ikan ini tidak menyukai kondisi aquarium yang terang.

15 inspirasi ikan aquascape tersebut kiranya dapat menjadi inspirasi bagi Aqua Friends. Umumnya, ikan yang dipelihara untuk aquascape adalah jenis ikan hias kecil. Karena ukuran tubuhnya tidak terlalu memakan tempat. Selain itu, ada beberapa hal yang perlu kalian perhatikan sebelum memilih ikan-ikan di atas. Nah, berikut simpel tips dari Aquapedia agar kalian lebih mudah dan cocok dalam menentukan ikan untuk aquascape.

Baca Juga: Cara Membuat Aquascape Tanpa CO2 Step by Step!

Tips Memilih Ikan Untuk Aquascape

Sebelum kalian memutuskan untuk melengkapi aquascape dengan beberapa ikan, tentu kalian perlu memperhatikan beberapa hal Aqua Friends. Sehingga “kebun” aquarium kalian akan tetap terjaga dan semakin indah untuk dilihat. Nah, beberapa hal di bawah ini bisa kalian pertimbangkan sebelum memilih berbagai jenis ikan aquascape.

  • Berhubung dalam aquascape cenderung dominan dengan tanaman, maka hindari memasukan ikan jenis herbivora ke dalam aquarium. Bukan memperindah, justru malah dapat memakan habis tanaman milik kalian. Khusus jenis Algae Eater atau pemakan lumut tidak menjadi soal, justru ikan ini akan membantu kalian dalam membersihkan aquarium dengan memakan lumut ataupun sisa-sisa makanan.
  • Selanjutnya, dengan adanya berbagai tanaman yang ada di dalam aquarium, pilihlah ikan yang mudah beradaptasi. Karena lingkungan air bisa jadi begitu dinasmis tergantung keadaan tanaman di dalamnya. Nah, di bawah nanti kita akan berikan 15 jenis ikan yang cocok untuk aquascape.
  • Pilihlah jenis ikan yang gemar berkelompok dan mudah berteman dengan berbagai jenis ikan lain. Sehingga tetap bisa menjaga situasi di dalam aquarium. Dan akan menambah warna-warni aquascape dengan ikanΒ  yang bergerombol.
  • Tidak harus melulu dengan ikan, tapi kalian juga bisa memasukan udang hias ke dalam aquarium. Memelihara udang tidak begitu sulit kok, mereka juga gemar memakan lumut ataupun sisa-sisa makanan yang ada di dalam aquarium.
  • Terakhir, pilihlah ukuran ikan yang kecil Aqua Friends. Hal tersebut dimaksudkan untuk efisiensi tempat dan ukuran aquarium kalian. Tentunya, kita menginginkan penampilan aquascape yang indah dengan berbagai tanaman di dalamnya. Nah, memilih ikan berdasarkan ukuran juga perlu kalian pertimbangkan.

Oke, mungkin itu saja pembahasan kita mengenai topik ikan aquascape. Semoga bisa menambah pengetahuan dan referensi kalian. Jika kalian sudah mempunyai berbagai pengalaman seputar ikan hias ataupun aquascape. Jangan ragu untuk share di kolom komentar yah. Terima kasih. πŸ™‚

Eitttts satu lagi, jangan lupa untuk merawat ikan-ikan tersebut dengan baik, ya!

Satu pemikiran pada “Ikan Aquascape”

  1. (5/5)

    Artikelnya sangat membantu, saat ini saya menggunakan ikan Rasbora dan Neon Tetra, dan sudah sangat bagus untuk meperindah aquascape. πŸ˜€

    Balas

Tinggalkan komentar

Nilai kami*