jenis Ikan channa

Ikan Channa

Bagi kalangan pecinta ikan predator, ikan Channa alias ikan Toman memiliki daya tariknya tersendiri. Dikenal juga dengan istilah Snakehead Fish atau sangat popular disebut ikan gabus, Channa memiliki berbagai varian dan jenis yang beragam.

Bahkan, akhir-akhir ini sangat banyak yang memburu ikan ini sebagai ikan peliharaan. Sudah sangat banyak komunitas-komunitas yang lahir di tengah-tengah maraknya ikan Channa.

Harganya pun sangat fantastis, ada yang termahal yakni jenis Channa Barca. Satu ekor jenis Barca ini bisa dibanderol mulai dengan Rp 25.000.000 hingga Rp 50.000.000.

Bagaimana Aqua Friends? Apakah kalian tertarik untuk memeliharanya? Eitss, tenang…

Berikut ini, Aquapedia telah merangkum beberapa jenis Snakehead alias Ikan Channa yang umum dijumpai di pasaran Indonesia.

Jenis Ikan Channa dan Harganya

Channa Pseudomarulius

channa pseudomarulius

Harga Channa Pseudomarulius: Rp 500.000

Jenis yang satu ini berasal dari Semenanjung India, dan tentunya berbeda dengan jenis Channa Marulius. Terkhusus dari segi ukurannya Aqua Friends, jenis Marulius memiliki tubuh yang lebih besar dibandingkan Pseudomarulius.

Jenis ini memiliki corak yang berada di bagian punggungnya, dengan warna cokelat dan hitam totol-totol.

Channa Barca

Channa Barca

Harga Channa Barca: Rp 25.000.000 – Rp 50.000.000

Channa Barca sangat popular belakangan ini, dikarenakan ikan ini merupakan jenis Channa termahal. Harganya pun tak main-main Aqua Friends, bisa untuk membeli 1 unit motor.

Keunikan dari jenis ini adalah warnanya yang abu-abu terang dengan motif totol-totol berwarna hitam. Pun juga dengan bagian sirip punggung, perut dan juga ekor yang lebar.

Apabila terkena cahaya, tubuh ikan ini bisa menyala bagian lampu neon berwarna hijau tosca.

Channa Asiatica

Channa Asiatica

Harga Channa Asiatica: Rp 800.000

Channa Asiatica memiliki warna yang cukup beragam, mulai dari cokelat kombinasi hitam, abu-abu kombinasi hitam, dan juga merah kombinasi hitam. Yang cukup terkenal dari jenis ini adalah yang berwarna merah kombinasi hitam, atau dijuluki Channa Asiatica Red Spotted.

Channa Maculata

Channa Maculata

Harga Channa Maculata: Rp 1.000.000

Ikan channa yang satu ini memiliki corak dan warna yang menyerupai ular python molurus. Ukuran tubuhnya pun cenderung lebih besar dibandingkan 3 jenis Channa di atas.

Warna tubuhnya yang didominasi dengan warna cokelat dengan motif warna hitam, membuat C. Maculata begitu indah dan unik.

Channa Shingon

Channa Shingon

Harga Channa Shingon: Rp – (belum ditemukan di marketplace Indonesia)

Jenis Channa yang satu ini memiliki perbedaan yang sangat mencolok dengan jenis Channa lain. Yakni dibagian sirip punggung, perut dan juga ekornya. Jika channa lain memiliki bentuk sirip yang konsisten (mulai dari bagian insang hingga ekor) C. Shingon memiliki sirip yang terpisah-pisah.

Channa Pomanensis

Channa Pomanensis

Harga Channa Pomanensis: Rp 130.000

Jika Channa Maculata memiliki corak yang menyerupai Python Molurus, berbeda dengan Channa Pomanensis. Jenis ikan satu ini justru memiliki corak dan warna tubuh yang menyerupai ular derik.

Pun juga, bentuk sirip dan ekornya seolah-olah bergerigi disetiap tepinya. Dan satu hal lagi, keunikan jenis ini terletak pada bentuk ekornya yang menyerupai kipas lipat Aqua Friends.

Baca Juga: Berbagai Jenis Ikan Predator yang Bisa Dipelihara Lengkap dengan Harga

Channa Burmanica

Channa Burmanica

Harga Channa Burmanica: Rp 150.000

Secara sekilas, C. Burmanica memiliki warna dan corak yang menyerupai dengan jenis C. Pomanensis. Hanya saja tingkat kecerahan C. Burmanica lebih tinggi dibandingkan dengan C. Pomanensis. Dan juga, dari bentuk sirip dan ekornya pun tak jauh berbeda.

Channa Aurantimaculata

Channa Aurantimaculata

Harga Channa Aurantimaculata: Rp 750.000 – Rp 1.500.000

Channa Auranti Maculata mampu tumbuh hingga ukuran 40 cm. Tubuh C. Aurantimaculata berwarna kecoklatan dengan kombinasi garis-garis vertikal berwarna oranye. Si jantan dari jenis ini memiliki sirip punggung yang lebih tinggi dengan warna yang lebih cerah, pun juga ukuran kepalanya lebih sempit.

Channa Aurantipectoralis

Channa Aurantipectoralis

Harga Channa Aurantipectoralis: Rp 750.000 – Rp 1.500.000

Channa Aurantipectoralis memiliki beberapa keunikan Aqua Friends. Khususnya di bagian sirip dada yang berwarna oranye cerah, dan tidak memiliki motif bintik-bintik ataupun garis-garis. Jenis ini masih tergolong baru dalam keluarga Ikan Snakehead.

Channa Melanoptera

Channa Melanoptera

Harga Channa Melanoptera: Rp – (belum ditemukan di marketplace Indonesia)

Channa melanoptera mempunyai warna biru tua yang membuat tubuhnya begitu elegan Aqua Friends. Pun juga, jenis ini dikenal lebih tenang dan damai daripada jenis Channa lainnya. Namun, apabila digabungkan dengan jenis Snakehead lain, maka sifat agresifnya pun juga bisa keluar.

Jika ingin warna birunya lebih kuat dan cepat muncul,  ada baiknya menggunakan background aquarium yang berwarna biru. Pun juga dengan beberapa tanaman kuat dan kayu sebagai tempat persembunyiannya.

Channa Marulius

Channa Marulius

Harga Channa Marulius: Rp 130.000

Dijuluki dengan sebutan Bullseye Snakehead, Channa Marulius memang memiliki bentuk tubuh yang gempal dan besar di bagian kepalanya. Warna pada tubuhnya juga didominasi dengan warna hitam kombinasi coklat dengan bintik-bintik putih hampir di seluruh tubuhnya.

Channa Andrao

Channa Andrao

Harga Channa Andrao: Rp 200.000

Channa Andrao memiliki kombinasi warna yang sangat unik, bagian tubuh yang berwarna gelap dengan sirip punggung, perut dan ekor yang berwarna biru.

Pertumbuhan dari C. Andrao ini tidaklah besar Aqua Friends, hanya mampu tumbuh hingga 15 – 20 cm saja.

Channa Bankanensis

Channa Bankanensis

Harga Channa Bankanensis: Rp 150.000

Jenis ikan Channa ini juga tergolong salah satu yang paling unik Aqua Friends. Berwarna cokelat gelap dengan motif garis-garis hitam yang memenuhi di hampir seluruh tubuhnya.

Jenis Bankanensis mudah ditemukan di daerah Kalimantan, Sumatera dan juga Malaysia.

Channa Amphibeus

Channa Amphibeus

Harga Channa Amphibeus: Rp – (belum ditemukan di marketplace Indonesia)

Channa Amphibeus memiliki ciri khas berupa warna merah yang terdapat pada bagian tubuhnya, pun juga dengan kombinasi warna hitam di bagian punggungnya membuat jenis ini tampak lebih garang Aqua Friends.

Jenis ini juga berasal dari perairan India, dan pertumbuhannya pun bisa mencapai Panjang 1,5 meter.

Baca Juga: Ikan Oscar: Jenis, Harga, dan Tips Budidaya

Channa Melasoma

Channa Melasoma

Harga Channa Melasoma: Rp 150.000 – Rp 3.000.000 (albino)

Jenis Melasoma memiliki ciri khas berupa warna kuning kecoklatan yang solid di seluruh tubuhnya. Pun juga dengan dilengkpai motif list berwarna putih di ujung siripnya, sehingga dari segi tampilan membuat Channa Melasoma tampak tenang dan lembut Aqua Friends.

Channa Stewartii

Channa Stewartii

Harga Channa Stewartii: Rp 400.000 – Rp 2.000.000

Selain jenis Andrao, jenis Stewartii juga memiliki warna biru yang menari. Meskipun, jika dilihat sekilas warna biru tersebut tampak pudar dan kalah dengan warna cokelat di seluruh tubuhnya.

Namun, jika terkena cahaya di tempat gelap, warna biru pada ikan ini akan menyala dengan terang dan indah. Pun juga terdapat motif totol-totol berwarna hitam di seluruh tubuhnya, yang membuat tampilan dari Channa Stewartii ini tampak lebih cantik.

Channa Nox

Channa Nox

Harga Channa Nox: Rp – (belum ditemukan di marketplace Indonesia)

Ikan Channa Nox memiliki kemiripan dengan jenis C. Asiatica, namun dari segi pola ataupun motif tidak secantik dengan Channa Asiatica.

Karena, pada dasarnya C. Nox memiliki warna tubuh cokelat yang cenderung memenuhi seluruh tubuhnya, dengan motif samar-samar di bagian dekat ekor.

Channa Pleurophthalma

Channa Pleurophthalma

Harga Channa Pleuropthalma: Rp 50.000

Ciri khas dari jenis Pleurophthalma adalah motif bulat-bulat seperti kelereng di bagian kepala hingga ekor. Biasanya, motif tersebut bisa berjumlah 3 hingga 5 buah Aqua Friends.

Ada beberapa dari jenis ini yang memiliki warna biru cerah, namun tidak sedikit pula yang berwarna cokelat gelap. Namun, ciri khas berupa pola kelereng tersebut tetap bisa dijumpai di berbagai varian Pleurophthalma.

Channa Bleheri

Channa Bleheri

Harga Channa Bleheri: Rp 350.000 – Rp 1.200.000

Kecantikan dari Channa Bleheri juga tak kalah dengan jenis C.Barca ataupun C. Andrao. Ciri khas dari jenis ini adalah kombinasi tiga hingga empat warna yang ada pada tubuhnya. Mulai dari warna cokelat, hitam, merah, dan juga biru.

Terkhusus di bagian ekornya, Channa Bleheri memiliki pola menarik layaknya pola yang terdapat pada ikan guppy.

Channa Melanostigma

Channa Melanostigma

Harga Channa Melanostigma: Rp – (belum ditemukan di marketplace Indonesia)

Jenis ikan Channa ini juga tergolong baru Aqua Friends, cukup mudah ditemukan di berbagai sungai di India.
Warna dan motifnya pun cukup unik, yakni dengan warna abu-abu kombinasi dengan warna cokelat pun juga dilengkapi warna biru dan hitam di bagian sirip punggungnya.

Channa Pardalis

Channa Pardalis

Harga Channa Pardalis: Rp – (belum ditemukan di marketplace Indonesia)

Tampilan Channa Pardalis juga sangat cantik Aqua Friends, didominasi dengan warna biru muda di seluruh tubuhnya. Pun juga terdapat motif berupa totol-totol berwarna hitam di seluruh tubuhnya.

Selain itu, di bagian siripnya juga terdapat motif list berwarna hitam dan putih yang menambah pesona dari ikan Channa ini.

Channa Orientalis

Channa Orientalis

Harga Channa Orientalis: Rp – (belum ditemukan di marketplace Indonesia)

Ikan Channa Orientalis merupakan jenis Snakehead yang berasal dari Kawasan Srilanka. Jenis ini juga tergolong sebagai salah satu jenis terkecil dari kalangannya. Pertumbuhannya pun hanya berkisar pada 10 cm saja.

Selain itu, warna dari ikan ini didominasi dengan warna cokelat gelap dengan sirip berwarna biru tua Aqua Friends. Mirip seperti C. Andrao, namun sirip bagian perutnya berukuran lebih pendek atau kecil.

Baca Juga: 12 Jenis Ikan Arwana Termahal Lengkap dengan Harga [UPDATE]

Channa Baramensis

Channa Baramensis

Harga Channa Baramensis: Rp – (belum ditemukan di marketplace Indonesia)

Secara sekilas, mungkin tidak ada yang menarik dari jenis Baramensis ini. Mungkin kalian sering menjumpainya sebagai ikan gabus konsumsi, toh pasalnya warna dari jenis ini didominasi dengan warna cokelat di seluruh tubuhnya.

Channa Striata

Channa Striata

Harga Channa Striata (Albino): Rp 200.000

Dari segi tampilan Channa Striata mirip dengan jenis Baramensis Aqua Friends. Sering juga dijadikan sebagai ikan gabus konsumsi.

Perbedaannya dengan jenis Baramensis adalah warna pada perutnya, yakni jenis Striata memiliki warna putih di bagian perut hingga pangkal ekor. Namun, yang sering dipelihara oleh beberapa orang adalah jenis Channa Striata Albino, karena memiliki warna yang menarik sekaligus unik.

Channa Lucius

Channa Lucius

Harga Channa Lucius: Rp 150.000

Ikan Channa Lucius mampu tumbuh hingga ukuran ±30 cm. Dari segi tampilan pun sangat menarik, yakni memiliki pola ataupun motif berupa totol-totol berwarna hitam di bagian tubuhnya. Pun juga warna pada tubuhnya di dominasi dengan warna cokelat muda.

Channa Diplogramma

Channa Diplogramma

Harga Channa Diplogramma: Rp 350.000

Channa Diplogramma merupakan jenis Channa yang berasal dari India. Dikenal juga dengan sebutan Channa Malabar, jenis Channa ini cukup populer dikalangan pecinta ikan Channa.

Dari segi tampilannya pun sangat menawan Aqua Friends, memiliki pola berupa dua garis horizontal yang membentang mulai dari kepala hingga bagian ekornya. Pun juga memiliki motif berupa bintik-bintik berwarna hitam dibagian punggungnya.

Channa Punctata

Channa Punctata

Harga Channa Punctata: Rp – (belum ditemukan di marketplace Indonesia)

Jenis Punctata juga dikenal dengan nama Punctatus, pertumbuhan dari jenis ikan ini mampu mencapai Panjang 30 cm.

Jenis Channa ini memiliki warna cokelat di seluruh tubuhnya, dengan dilengkapi motif garis vertikal berwarna hitam mulai dari bagian kepala hingga ekor.

Channa Longistomata

Channa Longistomata

Harga Channa Longistomata: Rp – (belum ditemukan di marketplace Indonesia)

Jenis Channa ini memiliki ciri khas berupa warna pada tubuhnya yang didominasi dengan warna cokelat gelap hampir hitam di seluruh tubuhnya. Pun juga memiliki motif dibagian tepi sirip punggungnya yakni berupa list strip berwarna putih dan hitam Aqua Friends.

Channa Harcourtbutleri

Channa Harcourtbutleri

Harga Channa Harcourtbutleri: Rp – (belum ditemukan di marketplace Indonesia)

Channa Harcourtbutleri memiliki warna cokelat kekuningan di seluruh tubuhnya, dengan corak berupa guratan-guratan berwarna hitam yang cukup konsisten.

Pun juga, bagian sirip puggung ataupun perutnya berwarna biru muda, sehingga menambah pesona dari jenis ikan Channa ini.

Channa Marulioides

Channa Marulioides

Harga Channa Marulioides: Rp 150.000

Jika kalian ingin memelihara ikan Channa dengan tampilan gahar namun terkendala budget, mungkin jenis Marulioides bisa menjadi pilihan untukmu Aqua Friends.

Meskipun harganya terjangkaun, jenis Channa ini memiliki tampilan yang sangat cantik dan sangar. Memiliki warna dasar putih kekuningan dengan pola berupa garis vertikal berwarna hitam yang konsisten mulai dari bagian kepala hingga ekornya.

Selain itu, warna siripnya pun sangat menarik, yakni berwarna biru terang dengan kombinasi warna hitam.

Channa Pulchra

Channa Pulchra

Harga Channa Pulchra: Rp 230.000

Ikan Channa Pulchra berasal dari Myanmar. Di habitat aslinya ikan ini gemar berada pada lingkungan air yang bersih dan jernih Aqua Friends.

Jenis Pulchra menjadi salah satu favorit dikalangan pecinta ikan Channa lho, dikarenakan memiliki warna yang menarik dan juga perawatannya yang mudah.

Channa Micropeltes

Channa Micropeltes

Harga Channa Micropeltes: Rp 100.000

Channa Micropeltes merupakan jenis Ikan Channa Asli Indonesia Aqua Friends. Masyarakat kita lebih sering mengenalnya dengan sebutan ikan Toman.

Tidak kalah dengan berbagai jenis Channa lain, Channa Micropeltes juga cocok dijadikan sebagai ikan aquarium lho. Ukuran dari jenis ini bisa mencapai Panjang 1 meter, dengan warna dan tampilan yang cukup gahar mungkin bisa menjadi salah satu inspirasi untuk kalian dalam memilih jenis ikan predator untuk dipelihara.

Channa Argus
Channa Argus

Harga Channa Argus: Rp 1.500.000

Dikenal juga dengan nama Northern Snakehead, Channa Argus juga termasuk dalam kategori ikan channa terpopuler di kalangan pecintanya. Bahkan ada juga versi albino-nya Aqua Friends.

Memiliki warna dan juga pola ataupun motif yang menyerupai ular python reticulatus, membuat jenis Channa ini semakin menarik untuk dipelihara.

Channa Gachua

Channa Gachua

Harga Channa Gachua: Rp 100.000

Di tahun 2020, Ikan Channa jenis Gachua ini cukup menjadi primadona karena banyak yang mencarinya untuk dipelihara.

Karena harganya yang cukup terjangkau, namun memiliki keindahan warna yang tak bisa disepelekan Aqua Friends.

Ciri khas dari jenis Gachua adalah memiliki warna cokelat gelap diseluruh tubuhnya kecuali bagian sirip dan juga ekor yang berwarna biru.

Channa Panaw

Channa Panaw

Harga Channa Panaw: Rp 165.000

Ciri khas dari ikan Channa Panaw adalah warna tubuhnya yang didominasi dengan warna cokela kekuningan yang cukup mencolok. Selain itu, terdapat pola berupa totol-totol berwarna hitam yang cukup konsisten di seluruh tubuhnya Aqua Friends, mulai dari bagian kepala hingga ekornya.

Baca Juga: 25+ Jenis Ikan Cichlid Beserta Lengkap dengan Harga

Tankmate Ikan Channa

tankmate ikan channa

Pada dasarnya, Ikan Channa merupakan jenis ikan predator yang bersifat territorial. Namun, kalian juga perlu tahu bahwasannya ikan ini juga bisa di pelihara bersamaan dengan beberapa jenis ikan dalam satu aquarium yang sama.

Dengan begitu, tampilan aquarium kalian akan lebih berwarna dan ramai Aqua Friends. Nah, berikut ini daftar Tankmate atau teman yang bisa dipelihara Bersama ikan Channa.

Diantaranya adalah:

  • Ikan Manfish atau Angelfish
  • Ikan Rainbow
  • Ikan Lemon
  • Ikan Ramirezi
  • Dan berbagai jenis ikan Cichlid yang memiliki sifat tenang dan damai.

Daftar ikan diatas merupakan jenis ikan yang bisa dijadikan tankmate ikan Channa Aqua Friends. Kuncinya adalah, pilihlah jenis ikan yang memiliki sifat tenang dan damai di dalam aquarium, pun juga berukuran tidak terlalu kecil.

Tinggalkan komentar

Nilai kami*