Ikan cichlid

Ikan Cichlid

Danau Malawi adalah salah satu daerah di Afrika, yang dimana ada terdapat banyak jenis ikan yang berasal dari sana. Salah satunya yaitu ikan cichlid. Nama lain atau nama umumnya ikan ini yaitu ikan mbuna. Atau disebut juga dengan ikan karang, dalam bahasa Malawi. Ikan yang satu ini merupakan jenis ikan hias, yang memiliki beragam warna yang indah.

Cichlid juga menjadi salah satu jenis ikan yang memiliki banyak jenisnya, sehingga disebut dengan keluarga besar ikan. Diantara beberapa jenis ikan tawar lainnya, cichlid ini mempunyai perilaku serta bentuk tubuh yang sangat variatif. Bahkan perilaku cichlid ini disebut luar biasa, aktif, ramah tapi juga cukup kompleks.

Karakteristiknya yang sangat kaya itulah yang menjadikan ikan ini disukai oleh para pecinta ikan hias di dunia. Karena ikan ini sangat menyenangkan dan memiliki daya tariknya tersendiri. Cichlid yang ukuran tubuhnya sedang, cocok dipelihara oleh perorangan di dalam akuarium. Agar terlihat indah, Aqua Friends bisa menggunakan akuarium yang cukup besar.

Jenis-Jenis Ikan Cichlid

Sebagian besar jenis ikan cichlid ini berasal dari Afrika. Namun ada juga jenis-jenis ikan cichlid Amerika yang juga menjadi favorit pada pecinta ikan hias di dunia. Walaupun, jenis yang paling populer adalah jenis-jenis ikan cichlid Afrika yang sangat beragam.

Namun, bagi para pecinta ikan hias tak masalah jika harus membeli ikan cichlid termahal sekalipun. Mereka juga mencari jenis ikan cichlid langka untuk dijadikan salah satu koleksi ikan hias mereka, seperti misalnya jenis cichlid silver torpedo yang juga termasuk salah satu jenis cichlid paling langka di dunia.

Bukan hanya cichlid yang paling langka saja, tapi ada juga jenis ikan cichlid terbesar yang menjadi incaran para pecinta/pengkoleksi ikan hias. Cichlid juga termasuk jenis ikan hias predator yang memiliki sederet keunikan pada perilakunya. Jenis ikan cichlid predator yang paling terkenal di dunia misalnya yaitu wolf cichlid.

Livingstoni Cichlid

Harga Livingstoni Cichlid: Rp 150.000

Ukuran ikan yang satu ini adalah sekitar 25 cm. Nama latin atau ilmiahnya yaitu Nimbochromis livingstonii. Bagian tubuhnya berwarna belang yaitu warna hitam dan putih.

Johanni Cichlid

Harga johanni Cichlid: Rp 7.000

Ukuran cichlid ini lebih pendek, yaitu sekitar 75 cm saja. Nama lain dari jenis cichlid ini adalah Electric Blue Johanni. Sesuai dengan namanya, warna cichlid ini dominan warna biru dengan kombinasi hitam. Warnanya lebih bercahaya atau mengkilap.

Moorii Cichlid

Harga Moorii Cichlid: Rp 25.000

Sama dengan Livingstoni ukuran cichlid ini panjangnya mencapai 25 cm. Nama ilmiahnya adalah Cyrtocara Moorii. Warna pada tubuhnya yaitu biru muda sedikit keabuan. Cichlid ini juga sering disebut dengan Blue Dolphin.

Trewavas Red-Finned Cichlid

Harga Trewavas Red-Finned Cichlid: Rp 30.000

Ukuran ikan cichlid yang satu ini, jauh lebih panjang lagi. Yaitu sekitar 38,1 cm. Warna pada tubuhnya yaitu biru tua mengkilap dengan sirip yang berwarna merah. Nama ilmiah/latinnya yaitu Labeotropheus trewavasae.

Malawi Eyebiter

Harga Malawi Eyebiter: Rp 100.000 – Rp 200.000

Dikenal juga sebagai Ikan Jendral, Malawi Eyebiter memiliki warna tubuh yang hampir mirip dengan jenis cichlid Trewavas yaitu biru tua yang mengkilap. Namun warna merah pada siripnya hanya sedikit sekali. Ukuran tubuhnya yaitu 25 cm. Sedangkan nama ilmiahnya adalah Dimidiochromis compressiceps.

Baca Juga: [UPDATE] Jenis Ikan Predator Lengkap dengan Harga

Dogtooth Cichlid

Harga Dogtooth Cichlid: Rp 30.000

Ukuran ikan cichlid jenis dogtooth ini tidak terlalu panjang, yaitu sekitar 10 cm saja. Warna tubuhnya yaitu biru muda garis hitam. Nama ilmiahnya adalah Cynotilapia afra.

Red Fin Kadango

Harga Red Fin Kadango: Rp 80.000 – Rp 265.000

Ikan dengan nama ilmiah Copadichromis borleyi ini panjang tubuhnya yaitu sekitar 17 cm. Warna pada bagian tubuhnya adalah merah, sesuai dengan namanya. Namun ada sedikit warna biru mengkilap di bagian kepala dan siripnya.

Red Empress

Harga Red Empress: Rp 65.000 – Rp 300.000

Warna tubuh cichlid Red Empress hampir mirip dengan warna tubuh Red Fin Kadango. Panjang tubuhnya adalah sekitar 15 cm. Nama lainnya yaitu  Super Red Empress.

Venustus Cichlid

Harga Venustus Cichlid: Rp 10.000

Ukuran/panjang tubuhnya yaitu sekitar 15-25 cm. Namun panjang maksimalnya yaitu 30 cm. Cichlid yang satu ini termasuk jenis ikan yang agresif, khususnya ketika musim kawin tiba. Jika Kalian menggabungkan dua jenis Venustus jantan di dalam akuarium, sebaiknya buat space yang cukup luas agar mereka tidak bertarung.

Electric Yellow Cichlid

Ikan lemon

Harga Electric Yellow Cichlid: Rp 10.000

Jenis ini juga sangat populer dengan nama Ikan Lemon. Sesuai juga dengan namanya, cichlid yang satu ini memiliki tubuh berwarna kuning mencolok tetapi bagian siripnya berwarna hitam. Ukurannya pun tidak panjang, hanya sekitar 8,1 cm saja.

Baca Juga: Ikan Lemon: Harga, Jenis dan Tips Perawatan

Maingano

Harga Mainganp Cichlid: Rp 20.000 – Rp 100.000

Campuran antara biru tua mengkilap dengan putih adalah warna dari tubuh cichlid jenis Maingano. Ukuran tubuhnya hanya sekitar 7,5 cm, yang artinya lebih pendek dibanding jenis cichlid yang lainnya.

Auratus

Harga Auratus Cichlid: Rp 10.000

Jenis cichlid ini juga tak terlalu panjang, ukuran tubuhnya hanya sekitar 11 cm saja. Warna tubuhnya yaitu kuning dengan garis hitam memanjang. Begitupun dengan warna pada siripnya. Nama ilmiah/latinnya yaitu Melanochromis auratus.

Electric Blue Hap

Harga Electric Blue Hap: Rp 150.000

Nama ilmiah dari cichlid berwarna biru menyala ini adalah Sciaenochromis fryeri. Ikan cichlid ini disebut juga dengan jenis Hap Ahli. Ukuran tubuhnya sekitar 15,5 cm.

Bumblebee Mouthbrooder

Harga Bumblebee Mouthbrooder: Rp 75.000 – Rp 200.000

Ukuran tubuh pada cichlid jenis bumblebee adalah 15,5 cm. Warna tubuh pada ikan bumblebee ini adalah kuning sebagai warna dasar, dan coklat untuk warna garis di tengah tubuhnya. Nama ilmiahnya yaitu Pseudotropheus crabro. Sedangkan nama lainnya adalah Hornet Cichlid.

Baca Juga: Ikan Oscar: Jenis, Harga, dan Tips Budidaya

Demasoni Cichlid

Harga Demasoni Cichlid: Rp 20.000

Ikan hias cichlid yang ukurannya pendek yaitu sekitar 7,6 cm ini, memiliki warna yang sangat indah. Yaitu warna hitam dengan sedikit biru mengkilap, sedangkan di bagian garisnya berwarna putih. Nama ilmiahnya yaitu Pseudotropheus demasoni.

Sunshine Peacock

Harga Sunshine Peacock: Rp 50.000

Cichlid yang satu ini memiliki paduan warna tubuh yang unik, yaitu warna kuning di hampir seluruh tubuhnya lalu warna biru sedikit di bagian wajahnya. Panjang tubuhnya sekitar 13 cm, dan memiliki nama lain Yellow Regal Peacock karena warna kuning menyala pada tubuhnya.

Red Zebra

Harga Red Zebra Cichlid: Rp 150.000

Sesuai dengan namanya, warna tubuh pada ikan cichlid yang satu ini adalah merah terang. Panjangnya sekitar 10 cm. Nama ilmiah dari cichlid Red Zebra ini adalah Maylandia estherae. Sedangkan nama lainnya yaitu Orange Zebra Cichlid karena sebagian tubuhnya yang terlihat oranye.

Red Jewel Cichlid

Harga Red Jewel Cichlid: Rp 50.000

Sama dengan namanya, cichlid jenis predator yang satu ini memiliki warna yang sangat indah, yaitu warna merah dengan bintik putih. Karena jenis ikan hias predator, maka ikan ini bisa memakan jenis ikan yang ukuran tubuhnya lebih kecil dari ikan itu sendiri.

EBJD (Electric Blue Jack Dempsey)

Harga EBJD: Rp 90.000 – Rp 395.000

Ikan ini cukup terkenal karena warna tubuhnya gelap tapi warna sisiknya cerah. Cichlid ini terbilang jenis ikan hias yang cerdas, karena bisa berinteraksi dengan pemiliknya dan sifatnya agresif. Jempsey juga bisa disatukan dengan jenis ikan hias yang lainnya.

Maulana Bicolor Peacock

Harga Maulana Bicolor Peacock: Rp 100.000

Keunikan dan keunggulan dari cichlid ini adalah paduan warnanya yang indah, yaitu biru tua mengkilap dengan kuning menyala. Ukuran tubuhnya hanya 10 cm saja. Nama ilmiah dari cichlid jenis Bicolor Peacock ini adalah Aulonocara stuartgranti.

Baca Juga: Ikan Peacock Bass: Jenis, Harga, dan Tips Perawatan Harian

Nkhomo Benga Peacock

Harga Nkhomo Benga Peacock: Rp 150.000

Ikan cichlid ini tak kalah unik dengan Maulana Bicolor. Karena warna tubuhnya kuning menyala dengan sedikit warna biru terang. Ukuran tubuhnya 13 cm, dan memiliki nama ilmiah Aulonocara baenschi.

Aulonocara

Harga Aulonocara: Rp 50.000 – Rp 500.000

Jenis aulonocara yang satu ini adalah cichlid dengan warna terang, dan merupakan paduan dari warna biru tua menyala dengan oranye. Ukuran tubuhnya tidak panjang, hanya sekitar 11 cm. Aulonacara ini memiliki nama lain yaitu Aulonocara Blue Gold Roberti.

Rubin Red Peacock

Harga Rubin Red Peacock: Rp 95.000

Warna ikan yang satu ini adalah merah menyala dan paduan biru tua yang juga mengkilap. Ukuran tubuhnya yaitu 13 cm, nama ilmiahnya adalah Aulonocara stuartgranti. Sedangkan nama lain dari ikan Rubin Red ini adalah German Red Peacock.

African Butterfly Peacock

Harga African Butterfly Peacock: Rp 100.000

Aulonocara jacobfreibergi adalah nama ilmiah dari cichlid jenis African Butterfly ini. Ukuran tubuhnya cukup panjang yaitu sekitar 22,8 cm. Untuk nama lain dari cichlid ini adalah Malawi Butterfly Cichlid.

Flavescent Peacock

Harga Flavescent Peacock: Rp 130.000

Paduan warna kuning di bagian tubuh, biru di kepala dan hitam pada siripnya menjadi perpaduan warna yang sangat indah pada cichlid jenis Flavescent ini. Ukuran tubuhnya yaitu 19 cm. Nama ilmiahnya yaitu Aulonocara stuartgranti.

Blue Daktari

Harga Blue Daktari: Rp 35.000

Warna keseluruhan pada ikan hias cichlid ini adalah kuning menyala dan mengkilap yang sangat indah. Ukuran tubuhnya yaitu 10 cm, dan memiliki nama ilmiah yaitu Maylandia sp. Daktari.

Baca Juga: Ikan Palmas: Jenis, Harga, Cara Merawat dan Budidaya

Kenyi Cichlid

Harga Kenyi Cichlid: Rp 18.000

Nama ilmiah dari cichlid jenis Kenyi adalah Maylandia lombardoi. Ukuran tubuhnya hanya sekitar 12,7 cm. Warna pada tubuhnya yaitu paduan antara hitam dan abu-abu. Sedangkan untuk nama lainnya adalah Lombardoi Cichlid.

Emperor Cichlid

Harga Emperor Cichlid: Rp 300.000 – Rp 1.000.000

Ikan yang satu ini adalah jenis cichlid yang sangat besar, bahkan panjang maksimal pada ikan jantannya mencapai 90 cm. Sedangkan panjang maksimal pada ikan betina adalah 75 cm. Cichlid yang satu ini, asalnya yaitu dari Afrika tepatnya di Tangayika. Selain itu, Emperor Cichlid merupakan ikan cichlid termahal Aqua Friends.

Cara Merawat Ikan Cichlid

Ada beberapa cara dalam merawat ikan cichlid. Caranya yaitu dengan :

Menggunakan Jenis Akuarium yang Ideal

Ikan hias jenis cichlid biasanya dipelihara di dalam akuarium, maka ketika Aqua Friends ingin memeliharanya sebaiknya pilih jenis akuarium yang ideal. Yaitu disesuaikan dahulu dengan ukuran dan panjang tubuh ikan, dan dengan jumlah air yang banyak sekitar 30 galon. Jenis airnya bisa dengan air sumur/PDAM.

Jika Kalian menggunakan air PDAM sebaiknya diamkan dahulu selama satu hari sebelum diisi ikan.

Menambahkan Tempat untuk Bersembunyi

Pada habitat asli ikan-ikan cichlid biasanya mereka senang bersembunyi dan memiliki tempat persembunyian. Tujuannya untuk melindungi diri dari ikan-ikan predator atau sebagai tempat pemijahan serta melindungi anaknya. Pada akuarium yang nantinya akan digunakan, Kalian juga bisa menambahkan batu atau karang sebagai tempat persembunyian mereka.

Menjaga Kondisi Akuarium

Dalam menjaga kondisi akuarium, Kalian bisa menjaga suhu pada air tersebut. Jaga suhu air mulai dari 24-28o C. Jangan sampai suhu air menjadi terlalu panas/dingin, karena akan membuat cichlid menjadi tidak sehat.

Menambahkan Alat Filter serta Aerator

Kalian juga harus menjaga agar kondisi airnya selalu bagus dan bersih ya Aqua Friends. Caranya yaitu dengan menambahkan alat filter, dan juga aerator. Bukan hanya menjadi bersih, tapi kandungan oksigennya pun akan terjaga dengan baik.

Memberi Jenis Makanan yang Berkualitas

Jenis pakan ikan juga sangat penting bagi kesehatan ikan itu sendiri. Kebutuhan nutrisi ikan hias itu tidak sama, sehingga Kalian harus memilih jenis pakan yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan nutrisi cichlid tersebut.

Makanan Ikan Cichlid

Ada banyak jenis makanan yang bisa Aqua Frends berikan pada ikan hias kesayangan. Seperti halnya pada ikan hias jenis cichlid. Biasanya makanan untuk cichlid ini adalah kutu air, cacing sutera, pelet, udang air asin, atau makanan beku. Jenis makanan tersebut tergantung pada jenis dari ikan cichlid itu sendiri.

Meskipun ada begitu banyak jenis ikan hias yang bisa dipelihara, tapi ikan cichlid ini bisa menjadi pilihan tepat bagi Aqua Friends yang ingin mencoba memelihara ikan hias yang unik khususnya dari segi perilaku ikan tersebut. Ukuran tubuhnya rata-rata sekitar 7-30 cm. Masing-masing jenis cichlid ini memiliki ukuran yang berbeda-beda.

Selain itu, Kalian juga bisa memilih jenis cichlid dengan warna-warna yang indah dan mencolok. Untuk harga dari jenis ikan hias tersebut, biasanya jenis cichlid yang harganya mahal adalah jenis cichlid yang terbilang langka.

Tinggalkan komentar

Nilai kami*