Ikan cupang

Ikan Cupang

Halo Aqua Friends, ikan cupang merupakan ikan hias air tawar yang sering menjadi peliharaan bagi anak-anak. Namun, tidak sedikit pula orang dewasa yang memeliharanya karena kagum dengan kecantikannya.

Ikan dengan nama latin Beta Sp ini memiliki habitat seperti rawa-rawa ataupun pada genangan air yang tenang. Selain Indonesia, ikan ini juga mudah ditemui di Thailand, Brunei Darussalam, Malaysia, Singapura, dan juga Vietnam. 

Secara umum ikan cupang dikategorikan menjadi 2 jenis, yakni cupang aduan dan cupang hias. Selain 2 kategori tersebut, ternyata ikan cupang juga dikategorikan menjadi beberapa jenis berdasarkan cara dia berkembang biak.

Ada mouth breeder, yakni ikan cupang yang mengerami telur di mulutnya. Lalu ada nest bubble, yakni yang mengerami telurnya di gelembung-gelembung busa yang dibuat oleh si jantan.

Nhah, kita akan fokus membahas tentang ikan cupang hias dan aduan nih Aqua Friends. Ada banyak sekali jenis dan varian ikan cupang yang beredar di pasaran. Mulai dari harga yang murah hingga harga termahal sekalipun.

Meskipun ikan ini berbentuk kecil, tapi penggemarnya sangatlah banyak. Dari anak-anak hingga bapak-bapak lho. Pun juga, menurut situs petsit.com, ikan cupang mampu hidup hingga usia 2-3 tahun Aqua Friends. Oke tak perlu panjang lebar lagi, mari simak baik-baik ulasan di bawah ini.

fakta menarik ikan cupang

Ikan Cupang Hias

Ikan cupang hias  yang sering ditemui di pasar Indonesia  ada 5 jenis Aqua Friends. Namun, sebenarnya sangat banyak jenis cupang hias yang ada di dunia.

Pun juga mulai banyak yang mulai membudidayakannya di Indonesia. Jadi kalian tak perlu kesulitan lagi untuk mengoleksi beragam jenisnya.

Bahkan, para peternak ikan cupang di Indonesia mulai berani mengekspor hasil breeding-nya hingga ke luar negeri lho.

Tentunya dengan harga yang variatif, dengan begitu kualitasnya sudah tidak diragukan lagi bukan?.

Oke langsung saja kita bahas berbagai jenis ikan cupang hias yang sering diburu oleh para penggemarnya.

Halfmoon

cupang halfmoon

Yang pertama ada jenis Halfmoon, disebut halfmoon karena cupang ini memiliki sirip dan ekor yang lebar simetris hampir membentuk setengah lingkaran yang sempurna. Sehingga dijuluki ikan cupang halfmoon.

Sebenarnya jenis cupang ini berasal dari Thailand Aqua Friends. Namun, pada akhirnya mulai berkembang pesat di pasar Indonesia. Karena bentuknya yang unik, dengan badan ramping yang dihiasi oleh ekor dan sirip yang cantik, membuat jenis ini masuk dalam kategori ikan hias.

Dari segi warna pun sangat variatif, mulai dari warna biru, merah, hitam, kuning bahkan ada yang berwarna putih polos Aqua Friends. Keren bukan? Kira-kira kalian tertarik atau tidak untuk memeliharanya?

Ingin tahu lebih lengkap seputar jenis halfmoon? Baca artikel ini: √ Cupang Halfmoon: Jenis, Harga, Cara Memilih dan Cara Merawat.

Crowntail

ikan cupang crowntail

Jenis yang kedua ini biasa dikenal dengan sebutan cupang serit Aqua Friends. Bernama crowntail, karena kharakter siripnya yang menyerupai ujung mahkota. Untuk jenis kedua ini asli produk Indonesia lho.

Kalian patut berbangga Aqua Friends, jenis ini pernah dilombakan di acara bergengsi yakni International Betta Congress. Sehingga keindahannya pun mulai diakui oleh masyarakat dunia. Dari segi warna, jenis ini juga sangat bervariasi. Yang paling mudah ditemui adalah serit warna biru Aqua Friends. Tidak masalah jika kalian menghendaki warna lain, karena variasinya pun tersedia dalam banyak warna.

Baca Juga: 10 Jenis Ikan Hias Kecil Cocok Untuk Aquarium Mini

Slayer

cupang slayer

Sekilas, jenis slayer ini mirip dengan Halfmoon. Namun faktanya adalah cupang jenis ini merupakan hasil kawin silang dari jenis serit dan halfmoon. Sehingga menghasilkan bentuk sirip dan ekor yang sedikit bergelombang mirip dengan layar sebuah kapal.

Jenis yang ketiga ini sangat mudah ditemukan di penjual-penjual ikan keliling Aqua Friends. Biasanya anak-anak banyak yang memelihara jenis ikan ini. Meskipun tergolong ikan hias, tapi tak sedikit dari mereka yang mengadukan cupang ini dengan cupang lain. Yah, namanya juga anak-anak ya kan?.

Double Tail

cupang double tail

Selanjutnya ada jenis double-tail, jika diartikan yaitu ekor yang double. Memang benar Aqua Friends, ciri khas cupang jenis ini memiliki ekor yang bercabang 2, seperti jenis halfmoon namun ekornya terbelah.

Yang menjadi daya Tarik dari jenis ini adalah bagian ekor yang terbelah bisa terbentuk dengan sempurna dan simetris Aqua Friends. Namun menurut para peternak, pengembang biakan cupang double tail cukup sulit.

Kalian tak perlu khawatir, meskipun sulit dikembangkan, cupang jenis ini masih mudah dijumpai di pasaran Indonesia kok Aqua Friends.

Plakat Halfmoon

plakat halfmoon

Jenis terakhir dari seri ikan cupang hias adalah plakat halfmoon. Untuk yang satu ini merupakan produk dari perkawinan silang jenis plakat dan halfmoon Aqua Friends. Sehingga memberikan kesan gagah dan elegan. Kesan gagah didapatkan dari si plakat sedangkan kesan elegan didapatkan dari halfmoon.

Ciri utama dari jenis ini adalah mirip dengan halfmoon namun sirip dan ekornya tidak begitu lebar. Berbentuk tumpul dan juga tegak berdiri Aqua Friends

Baca Juga: Berbagai Jenis Ikan Lemon, Harga, dan Tips Perawatan

Harga Ikan Cupang Hias

JenisHarga
Cupang HalfmoonRp 80.000
Cupang CrowntailRp 45.000
Cupang SlayerRp 80.000
Cupang Double TailRp 100.000
Cupang Plakat HalfmoonRp 170.000

Ikan Cupang Aduan

Giant

cupang giant

Sesuai dengan namanya, ciri khas dari jenis ini adalah berbadan besar. Ukurannya pun tidak biasa seperti cupang pada umunya, yakni mencapai 12cm Aqua Friends. Jenis cupang Giant ini merupakan hasil perkawinan dari jenis plakat dan cupang Alam.

Habitat asli dari cupang jenis ini adalah sungai dan danau di Thailand. Dengan tubuhnya yang besar, cupang jenis ini sangat cocok masuk dalam kategori ikan cupang aduan Aqua Friends.

Jenis ini merupakan hasil perkawinan silang antara cupang biasa dengan cupang alam, sehingga ukurannya pun bisa mencapai 12 cm.

Plakat

cupang plakat

Dinamakan plakat karena diambil dari Bahasa Thailand yang berarti tarung Aqua Friends. Sehingga dari namanya saja sudah kelihatan bahwa jenis ini masuk dalam kategori ikan cupang aduan. Tapi tidak salah jika kalian memeliharanya sebagai ikan hias. Bentuk dan warnanya juga tidak kalah cantik dengan jenis ikan cupang hias kok.

Ciri khas dari cupang jenis ini adalah bentuknya yang gagah, padat dan ramping. Ekor dan siripnya berdiri tegak seolah-olah selalu siaga dengan situasi, Hehehe. Di Indonesia, jenis ikan ini mulai viral di tahun 2000-an, karena untuk mengcounter viralnya ikan louhan Aqua Friends.

Harga Ikan Cupang Aduan

JenisHarga
Cupang GiantRp 60.000
Cupang PlakatRp 150.000

Ikan Cupang Termahal

Selain dari 2 kategori di atas, author juga memberi informasi kepada kalian bahwa ada beragam jenis yang memegang rekor harga termahal Aqua Friends. Bayangkan ikan sekecil ini bisa tembus di harga puluhan bahkan ratusan juta rupiah. Simak detailnya di bawah ini.

Baca Juga: 20 Jenis Ikan Guppy Terpopuler Hingga Termahal

Ikan Cupang Kachen Worachai

ikan cupang termahal

Pemilik dari jenis ini adalah Kachen Worachai, sehingga cupang ini dinamakan sama dengan pemiliknya. Cupang ini terjual dalam sebuah lelang online Aqua Friends, dan laku dengan harga sekitar Rp 20 juta.

Warna dan ciri khasnya menyerupai warna bendera Thailand, sehingga membuat cupang ini menjadi begitu mahal. Ngomong-ngomong, si Kachen ini melelangnya pada sebuah grup lelang di Facebook lhoh.

Memang platform media sosial satu ini terdapat banyak grup dan komunitas Ikan Cupang, bahkan hingga lintas negara. Jika kalian ingin mendapatkan jenis cupang ini, boleh dicoba dong turut “memburu”nya di grup-grup Facebook. Hehehe.

Ikan Cupang Fancy

halfmoon fancy

Masuk dalam jenis plakat, yang unik dari cupang Fancy adalah pola dan warna pada tubuhnya yang menyerupai lukisan Aqua Friends. Kharakteristik inilah yang membuatnya begitu mahal, karena ciri khasnya tidak ditemukan pada jenis ikan cupang yang lain.

Jenis ini juga berasal dari negara Gajah Putih Aqua Friends. Wah, banyak juga yah cupang berkualitas dari negara tetangga kita ini. Tapi tenang, kalian bisa mendapatkan cupang Fancy di Indonesia dengan harga kisaran Rp 300.000 hingga Rp 2.000.000. Tergantung pada kualitas dan keunikannya Aqua Friends.

Memelihara cupang tidaklah sulit Aqua Friends, dari segi makanan dan perawatan hariannya pun sangat simpel. Sehingga tidak akan membuat kalian repot ataupun mengeluarkan biaya yang banyak.

Selengkapnya tentang makanan ikan cupang, kalian bisa cek di sini.

Oke, mungkin itu dulu sharing kita tentang jenis dan harga ikan cupang Aqua Friends. Semoga bisa menambah pengetahuan kalian mengenai topik tersebut. Kira-kira kalian mau yang mana nih? Hehehe

Jika kalian memiliki pengalaman menarik seputar topik tersebut, jangan ragu untuk berbagi di kolom komentar yah. Terima kasih 🙂

Tinggalkan komentar

Nilai kami*