Ikan lemon

Ikan Lemon

Bagi kalian yang gemar memelihara ikan predator, namun juga memiliki pesona dan keindahan, maka jawabannya adalah ikan lemon. Memiliki nama latin Labidochromis Caeruleus, ikan lemon merupakan salah satu jenis dari keluarga Cichlid. Selain itu, ikan ini juga dikenal dengan nama Yellow Prince ataupun Electric Yellow, karena warnanya yang kuning menyala.

Di Indonesia, sudah banyak penjual ataupun peternak ikan Lemon. Sehingga kalian tak perlu khawatir ataupun kesulitan untuk mendapatkannya. Di pasaran, harga ikan lemon relative murah Aqua Friends, hanya sekitar Rp 3.000 hingga Rp 5.000.

Menurut Wikipedia, ikan ini berasal dari perairan Malawi, Afrika Timur. Jika dibandingkan dengan jenis Cichlid lainnya, si Lemon ini tidak bergitu agresif. Ada beberapa corak atau pola pada ikan ini yang menjadikannya terbagi dalam beberapa varian. Namun sebelumnya, kita perlu memahami bagaimana karakter dari jenis ikan ini.

Karakter Ikan Lemon

karakter ikan lemon

Pada dasarnya ikan Lemon tergolong sebagai karnivora, alias pemakan daging. Sifat dan karakternya yang lumayan agresif kurang cocok jika dipelihara dengan beberapa ikan hias lain dalam satu aquarium. Karena ikan ini cukup rakus dan sangat doyan makan, apapun pakan yang kita berikan pada ikan ini, pasti akan dilahap habis olehnya.

Karena sifatnya yang demikian rakus, maka akan menyebabkan ikan lain dalam aquarium tidak kebagian makanan Aqua Friends. Namun, jika kalian tetap ingin memilih teman untuk ikan lemon, maka yang cocok adalah ikan Niasa atau ikan Barb. Pada dasarnya dua ikan ini bukanlah tipe territorial, dari segi sifatpun agak sedikit mirip dengan si Lemon.

Hal lain yang perlu kalian tahu adalah ikan Lemon merupakan tipe Mouthbreeder. Alias ikan yang mengerami telur-telurnya di dalam mulut mereka. Proses mengerami tersebut bisa berjalan hingga tiga minggu Aqua Friends.

Jenis Ikan Lemon

Ikan Lemon yang sering kita jumpai di pasaran biasanya berwarna kuning solid yang menyala. Namun, ada juga beberapa corak atau varian lain dari ikan ini lho. Oke langsung saja, simak baik-baik Aqua Friends.

Baca Juga: 10 Jenis Ikan Hias Kecil Cocok Untuk Aquarium Mini

Kakusa

ikan lemon kakusa

Harga: Rp 5.000

Pertama ada jenis Kakusa, sesuai dengan namanya jenis ini berasal dari daerah Kakusa, Pulau Mbowe, Zambia. Ciri khas dari jenis Kakusa adalah memiliki strip hitam dibagian sirip punggungnya. Pun juga sirip dibagian perutnya berwarna hitam Aqua Friends.

Selain itu, ada beberapa dari jenis ini yang memiliki pola garis vertikal di tubuhnya. Namun strip tersebut tidak begitu terlihat alias samar-samar.

Mata Merah

ikan lemon mata merah

Harga: Rp 6.000

Ciri khas dari jenis ini adalah warna pada ikan ini didominasi dengan warna kuning dengan perpaduan warna putih yang lembut. Di bagian ekor ataupun siripnya terdapat pola berupa bercak berwarna biru.

Selain itu, sesuai dengan namanya jenis ini memiliki mata yang berwarna merah menyala Aqua Friends. Sehingga memiliki daya tarik tersendiri jika dibandingkan dengan jenis lemon yang lain.

Nkhata Bay

ikan lemon nkhata bay

Harga: Rp 5.000

Ciri khas dari Nkhata Bay adalah warna putih pada tubuhnya yang menyala. Dan juga, pada bagian sirip punggungnya berwarna biru lembut. Beberapa dari jenis ini memiliki corak atau pola pada sirip punggung berupa garis hitam yang melintang.

Tidak ada corak atau pola yang spesifik pada jenis Aqua Friends, namun keindahan dan keunikannya tidak kalah dengan jenis lain.

Undu Point

blue neon undu

Harga: Rp 10.000

Ikan Lemon dengan jenis Undu Point juga sering dikenal dengan nama Undu Neon Aqua Friends. Karena jenis ini memiliki kombinasi warna yang unik, yakni kuning dan biru. Warna kuning bisa dilihat pada bagian tubuhnya, dengan corak garis vertikal yang berwarna hitam.

Sedangkan warna biru terdapat pada bagian sirip punggungnya. Dikenal dengan nama Undu Neon, karena bagian sirip punggungnya yang berwarna biru seolah-olah menyala jika berada ditempat yang gelap. Dengan begitu menambah keunikan dari jenis ini. Namun ada beberapa juga dari Undu Point yang memiliki kombinasi lansung pada bagian tubuhnya, jadi tidak terpisah antara warna tubuh dan sirip.

Lions Cove

yellow lions cove

Harga: Rp 15.000

Terakhir, ada jenis Lions Cove. Jenis ini memiliki ciri khas yakni warna dasar kuning dengan corak garis vertikal hitam pada tubuhnya. Corak atau pola tersebut berwarna sangat kentara Aqua Friends.

Selain itu bentuk kepala dari Lions Cove pun lebih besar jika dibanding dengan jenis ikan Lemon lainnya. Pun juga matanya yang terlihat melotot seolah-olah menambah karakter kuat pada jenis ini. Meskipun yang sering dijumpai di pasaran memiliki kombinasi warna kuning dan hitam, ada beberapa dari jenis ini yang juga memiliki warna biru pada bagian sirip punggungnya.

Baca Juga: 20+ Jenis Ikan Guppy Termahal yang Paling Banyak Dicari

Habitat Ikan Lemon

habitat ikan lemon

Di habitat aslinya, ikan Lemon hidup diperairan hangat dengan bebatuan, maka dari itu ikan ini hidup sejahtera di Kawasan Danau Malawi. Jika kalian merawatnya di dalam aquarium, perhatikan betul kondisi air yang digunakan. Sehingga bisa menyerupai di lingkungan aslinya.

Kondisi air yang ideal untuk ikan ini memiliki pH antara 7,8 hingga 8,9 dan kisaran suhu sekitar 23-26 ° Celcius. Di habitat aslinya ikan ini mampu tumbuh dengan panjang 15 cm. Untuk lebih detailnya terkait perawatan ikan Lemon di aquarium, kalian bisa simak di bawah ini.

Cara Merawat Ikan Lemon

cara merawat ikan lemon

Jika kalian memilih ikan Lemon sebagai ikan peliharaan di aquarium. Ada beberapa hal yang perlu kalian perhatikan. Mulai dari ukuran aquarium hingga makanan terbaik untuk si Lemon. Nah, kalian bisa mengikuti tahap-tahap berikut ini.

  • Pilih aquarium yang ideal

Terkait aquarium, pilihlah yang berukuran lumayan besar, setidaknya bisa menampung air sebanyak 100 liter. Namun, jika kalian terkendala budget, kalian boleh memilih aquarium yang berukuran sedang. Dengan begitu akan membantu pertumbuhan ikan Lemon. Pun juga bisa tetap menjaga karakter dan sifat asli dari ikan ini.

  • Jaga kondisi air dalam aquarium

Seperti yang sudah disebutkan di atas, kalian perlu menjaga kondisi air dalam aquarium dengan suhu antara 23-26 ° Celcius Aqua Friends. Pun juga dengan pH air antara 7,8 hingga 8,9. Kalian bisa menggunakan pH meter ataupun TDS Tester untuk mengetahui kondisi pH di dalam aquarium.

  • Tambahkan bebatuan di dalam Aquarium

Di habitat aslinya, ikan Lemon gemar bersembunyi dibalik bebatuan. Dengan memberikan bebatuan di dalam aquarium, maka akan menyerupai di lingkungan aslinya. Sehingga ikan ini dapat bersembunyi ataupun bermain-main di antara bebatuan.

Selain bebatuan, kalian juga bisa memberikan aksesoris berupa replika gua ataupun kayu di dalam aquarium.

  • Jaga kebersihan Filter aquarium

Demi kebersihan dalam aquarium kalian, memasang filter dan merawatnya juga penting Aqua Friends. Sehingga air yang ada di dalam aquarium mampu tersirkulasi dengan baik. Terkait filter aquarium, kalian bisa cek lengkapnya di artikel 15+ Jenis, Harga dan Inspirasi Filter Aquarium Terbaik.

  • Memasang Aerator

Aerator merupakan alat yang mampu memberikan gelembung-gelembung udara di dalam air. Nah, fungsinya sebagai pemasok oksigen ke dalam aquarium. Dengan begitu suplai oksigen di dalam aquarium bisa berjalan dengan lancar, dan ikan-ikan pun hidup dengan sehat.

  • Makanan

Seperti yang sudah disebutkan di atas, ikan Lemon adalah ikan yang rakus Aqua Friends. Berikan makanan secara teratur dengan porsi yang cukup. Kalian bisa memberikan makanan kepada ikan ini sebanyak 3 – 5 kali dalam sehari. Lalu, makanan yang terbaik untuk ikan ini bisa kalian cek di bawah ini.

Baca Juga: 9 Jenis Ikan Cupang Hias, Aduan, Hingga Cupang Termahal

Makanan Ikan Lemon

udang air

Berhubung ikan ini adalah jenis karnivora, tentunya makanannya pun berupa makanan alami yang berupa makhluk hidup. Ada beberapa makanan yang bisa kalian berikan kepadanya, namun tetap perhatikan kandungan nutrisi dalam pakan tersebut.

Berikut daftar makanan yang baik untuk ikan Lemon:

  • Artemia

Artemia merupakan sejenis udang yang berukuran sangat kecil Aqua Friends, mirip dengan kutu air namun sedikit lebih besar. Pakan jenis ini terkenal dengan kandungan protein yang tinggi dan juga rendah lemak.

  • Daging Ikan

Di habitat aslinya, ikan Lemon biasa memakan ikan-ikan kecil sebagai makanan pokoknya. Jika kalian pelihara di aquarium, kalian bisa memberikan potongan daging ataupun ikan kecil sebagai pakan hariannya.

  • Udang

Udang juga dikenal sebagai makanan ikan yang bagus, karena pakan ini memiliki kandungan protein yang begitu tinggi. Sehingga cocok jika diberikan pada ikan Lemon.

  • Kerang

Mungkin jenis pakan yang satu ini sedikit sulit ditemukan, namun pada faktanya ikan ini juga gemar memakan daging kerang. Pakan satu ini juga memiliki kandungan protein yang baik untuk si Lemon Aqua Friends.

Saran dari author, sebaiknya jangan memberi pakan berupa cacing pada ikan Lemon. Hal tersebut akan berdampak kurang baik pada pencernaannya.

Cukup tertarik untuk memeliharanya Aqua Friends?, Jika kalian sudah memiliki pengalaman terkait ikan Lemon. Share pengalaman kalian di kolom komentar di bawah ini yah. Atau kalian juga bisa bertanya mengenai topik ini.

Mungkin itu saja yang dapat author sampaikan berbagai hal terkait ikan Lemon. Semoga dapat menambah pengetahuan dan referensi kalian seputar ikan ini. Terima kasih sudah berkunjung di Aquapedia.id. ?

Tinggalkan komentar

Nilai kami*