ikan molly

Ikan Molly

Ikan molly tergolong ikan favorit masyarakat Indonesia, dan lebih familiar dengan sebutan ikan balon. Bernama latin Poecilia Sp, Ikan Molly memiliki fisik kecil nan mungil, serta dibagian perut yang sedikit buncit. Namun, keindahan dan kecantikannya tak perlu diragukan lagi Aqua Friends.

Bagi para penghobby ikan hias, molly menjadi salah satu pilihan terbaik untuk melengkapi isi aquarium. Pun juga, ikan Molly ini juga sangat cocok untuk dijadikan ikan aquascape.

Untuk mendapatkannya pun sangat mudah, dari penjual keliling, toko ikan, hingga pasar ikan hias sekalipun, banyak yang menjualnya. Harga ikan Molly pun relative murah Aqua Friends, hanya Rp 1.500 hingga Rp 3.000.

Ikan ini sebenarnya asli dari Meksiko. Bagi masyarakat disana, ikan ini menjadi salah satu menu makanan konsumsi lho. Berhubung warnanya yang indah dan beragam, lambat laun ikan ini menjadi daftar salah satu jenis ikan hias.

Jenis dan variannya pun sangatlah banyak, mulai dari yang bersirip panjang ataupun bersirip pendek.

Klasifikasi Ikan Molly

Secara umum, ikan molly terbagi dalam 3 kategori. Hal tersebut didasarkan pada ciri khas sirip bagian atasnya dan bagian ekornya, pun juga bentuk tubuhnya.

Ada yang bersirip pendek atau disebut sebagai Shortfin, lalu yang panjang di sebut Sailfin, dan ada pula yang bercabang dikenal dengan nama Lyretail.

Secara lengkap, simak tabel klasifikasi ikan Molly di bawah ini:

Klasifikasi Ikan Molly

KingdomAnimalia
PhylumChordata
ClassActinopterygii
OrderCyprinodontiformes
FamilyPoeciliidae
GenusPoecilia
SpeciesP. Sphenops
Binomial NamePoecilia Sphenops
SynonimsMollienisia sphenops, Poecilia thermalis, Gambusia modesta, Gambusia plumbea, Poecilia chisoyensis, Poecilia dovii, Poecilia spilurus, Poecilia caudata, dll.

Jenis-Jenis Ikan Molly

Black Sailfin Molly

black sailfin molly

Pertama dari jenis sailfin adalah Back Sailfin Molly. Sesuai dengan Namanya, ciri khas jenis ini yaitu berwarna hitam pekat dengan sirip bagian atasnya yang panjang hampir menyentuh ekor. Bagi para pemula, jenis yang satu ini cocok untuk dipelihara Aqua Friends. Perawatannya yang simple dan mudah tidak akan membuat kalian kerepotan.

Black Sailfin Molly juga dikenal dengan nama lain yaitu Sailfin Molly Meksiko ataupun Giant Sailfin Molly. Ikan ini sangat unik, karena sangat mudah beradaptasi dengan lingkungan tempat ia tinggal. Bahkan, ikan ini diklaim mampu hidup di air asin Aqua Friends. Jika kalian ingin pertembuhannya maksimal, dengan menjaga keindahan ekornya, kalian perlu menyediakan aquarium yang cukup besar dan tinggi. Sehingga ikan akan mudah berenang bebas.

Wild Green Sailfin Molly

 

Yang kedua ada Wild Green Sailfin Molly, meskipun namanya demikian, warna ikan jenis ini tidak terlalu mencolok seperti Black Sailfin Molly. Cenderung kuning dengan variasi motif hijau muda menyala yang memenuhi tubuhnya. Meskipun begitu, keindahannya tak perlu diragukan lagi Aqua Friends.

Yucatan Molly

Selanjutnya ada jenis Yucatan molly, ciri utama dari jenis ini adalah warnanya yang cenderung orange hingga kemerahan Aqua Friends. Memiliki sedikit motif dibagian sirip dan ekornya yang mirip dengan Wild Green Sailfin. Pun juga, warna diperutnya adalah putih.

Silver Sailfin Molly

silver sailfin molly

Meskipun tergolong hybrid (hasil perkawinan silang) Silver Sailfin Molly juga tergolong dalam kategori Sailfin. Warna tubuhnya didominasi dengan warna putih keperakan yang membuat dirinya tampil elegan. Biasanya si jantan akan memiliki warna dan tampilan yang lebih keren lho Aqua Friends.

Dalmation Sailfin Molly

dalmation sailfin molly

Untuk jenis dalmation terdapat 2 varian, yakni shortfin dan sailfin. Untuk jenis kelima ini memiliki ciri khas warnanya yang dominan putih dengan motif bintik-bintik hitam Aqua Friends. Tapi kalian jangan sampai salah membedakannya dengan jenis selanjutnya, yaitu Marbled Sailfin Molly.

Marble Sailfin Molly

marble sailfin molly

Bentuk dan corak warnanya mirip dengan Dalmation, dari segi warna Marble Sailfin didominasi dengan warna hitam. Sehingga yang tampak adalah seperti bintik-bintik putih yang ada pada tubuhnya.

Chocolate Sailfin Molly

chocolate sailfin molly

Meskipun Namanya chocolate sailfin, namun sebenarnya warna pada ikan ini tidak murni cokelat Aqua Friends. Hanya saja cenderung cokelat keunguan jika hanya dilihat secara sekilas. Apabila diamati dengan teliti, warna pada jenis ini lebih cenderung berwarna ungu gelap yang dipadukan dengan warna orange.

Baca Juga: Ikan Corydoras: Jenis, Harga dan Cara Merawat

Tangerine Sailfin Molly

tangerine sailfin molly

Menurut author, selain Black Sailfin Molly, seri atau jenis yang terakhir ini juga masuk kategori terfavorit Aqua Friends. Pesona warnanya sangatlah indah dan sempurna, tubuh dan siripnya yang dipenuhi dengan warna orange doff membuat ikan ini betah untuk dipandang.

Bahkan, jenis molly yang satu ini tergolong langka Aqua Friends. Perlu effort lebih untuk mendapatkannya. Bahkan setelah beberapa kali mencarinya di marketplace author belum dapat menemukan penjual ikan molly jenis ini.

Dalmation Molly

dalmation molly

Setelah di atas kita mengulas serinya yang Sailfin, sekarang kita bahas yang versi Shortfin. Secara keseluruhan tidak ada perbedaan yang terlalu signifikan. Hanya saja bentuk fisik tubuhnya yang berbeda Aqua Friends. Dilihat dari bentuk siripnya, jenis Dalmation Shortfin memiliki sirip yang kecil dan tidak terlalu lebar.

Black Molly

Selanjutnya ada Black Molly, versi ini juga tersedia dalam 2 varian Aqua Friends. Pun juga tidak ada perbedaan yang terlalu mencolok dengan versi Sailfin-nya, kecuali di bagian siripnya saja.

Liberty Molly

liberty molly

Mungkin kalian perlu mempertimbangkan jika ingin memelihara jenis Liberty Molly. Karena ikan ini memiliki hobby yang akan membuat kita sedikit jengkel Aqua Friends. Yakni gemar menggigit sirip ataupun ekor ikan lain jika disatukan dalam satu aquarium.

Jenis liberty molly memiliki ciri khas dibagian ujung sirip dan ekornya yang berwarna orange kemerahan. Ikan ini mampu tumbuh hingga ukuran 8cm, lumayan juga lah ya.

Broadspotted Molly

broadspotted molly

Broadspotted berasal dari Meksiko, di daerah asalnya ikan ini dikenal dengan nama Molly del Tamesi. Karena habitat asli ikan ini berada di sungai Tamesi, sehingga disebut ikan endemic di Kawasan tersebut Aqua Friends. Tapi sayangnya, ikan molly jenis ini sudah hampir punah Aqua Friends.

Common Molly

common molly

Nah, jenis Common Molly merupakan indukan dari Black Molly yang disilangkan dengan jenis Sailfin Moly. Ciri khas dari jenis ini adalah sirip dan ekornya terdapat motif warna kuning di setiap tepinya, yang meyerupai border. Warna tubuhnya didominasi dengan warna kuning kecoklatan dengan dipadukan warna putih polos di bagian perutnya.

Atlantic Molly

atlantic molly

Selanjutnya ada jenis Atlantic Molly. Secara sekilas ciri dari jenis ini mirip dengan Common Molly, hanya saja terdapat motif seperti sayap kupu-kupu dibagian sirip dan ekornya Aqua Friends. Jenis ini juga berasal dari Meksiko, dengan pertumbuhan tubuhnya maksimal sepanjang 5cm saja.

Marble Lyretail Molly

marble lyretail molly

Jenis pertama dari Lyretail adalah Marble Lyretail Molly. Keunikan dan ciri utama dari Lyretail terletak pada ekor Aqua Friends, yang memiliki 2 ujung runjing di setiap sudutnya. Nhah untuk jenis Marble Lyretail mirip dengan Dalmation Molly juga. Dengan warna dasar putih yang memenuhi tubuhnya dengan dihiasi corak bintik hitam.

Platinum Lyretail Molly

platinum lyretail molly

Hampir mirip dengan Silver Sailfin Molly, warna dari Platinum Lyretail adalah putih dengan corak warna yang mengkilap. Namun, ekor dari jenis ini tidak selebar dan sebesar Marble Lyretail.

Black Lyretail Molly

black lyretail molly

Mungkin warna hitam adalah warna favorit ikan Molly kalik ya. Di setiap jenisnya, mulai dari Sailfin, Shortfin, hingga Lyretail selalu ada yang berwarna hitam.

Mirip dengan jenis Black Molly ataupun Black Sailfin Molly, Black Lyretail Molly juga memiliki warna yang hitam. Dengan keindahan ekornya yang menyerupai tanduk.

Hybrid Molly

 

Disebut hybrid molly karena hasil dari perkawinan ikan molly yang beda jenis Aqua Friends. Sehingga akan memunculkan varian baru dalam spesies molly. Dari berbagai jenis di atas, ada beberapa juga yang termasuk hasil dari perkawinan silang.

Seperti Silver Sailfin Molly. Namun, juga masih banyak jenis lain dari hasil hybrid ini. Seperti halnya, Golden Black Molly, Dalmation Molly, dan juga Lyretail Molly.

Baca Juga: 10 Jenis Ikan Pemakan Lumut yang Akan Memudahkan Anda!

Daftar Harga Ikan Molly

Setelah kita mengulas berbagai jenis dari ikan di atas, cus kit aulas harga dari ikan Molly yang beredar di pasaran Aqua Friends. Untuk lebih lengkapnya, silahkan simak table di bawah ini yah.

Jenis

Harga Per Ekor

Black Sailfin MollyRp 5.000
Wild Green Sailfin MollyRp 5.000
Yucatan MollyRp 4.000
Silver Sailfin MollyRp 5.000
Dalmation Sailfin MollyRp 2.000
Marble Sailfin MollyRp 5.000
Chocolate Sailfin MollyRp 2.000
Tangerine Sailfin MollyRp 5.000
Dalmation MollyRp 1.500
Black MollyRp 1.500
Liberty MollyRp 1.500
Broadspotted MollyRp 2.000
Common MollyRp 1.500
Atlantic MollyRp 1.500
Marble Lyretail MollyRp 2.500
Platinum Lyretail MollyRp 2.500
Black Lyretail MollyRp 3.000

Cara Budidaya Ikan Molly

Ikan kecil ini tergolong sangat mudah untuk dibudidayakan. Mengapa begitu? Pasalnya, jika kalian memeliharanya secara bergerombol dalam satu aquarium, tanpa ada niatan untuk ternak, ikan-ikan Molly ini akan berkembang biak dengan sendirinya.

Namun, jika kalian ingin ternak ikan Molly secara terstruktur, berikut langkah-langkahnya dari Aquapedia:

  1. Siapkan aquarium dengan ukuran ideal (tergantung banyaknya pasang ikan Molly yang akan dipijahkan), paling tidak aquarium yang digunakan bisa menampung 20 sampai 30 liter air.
  2. Gunakan induk yang berkualitas, ciri-ciri indukan yang baik adalah sudah berusia minimal 5 bulan. Setelah itu, perbandingan antara jantan dan betina ikan Molly adalah 1:3. Hal tersebuta agar lebih memudahkan saat proses perkawinan.
  3. Jaga kondisi air di dalam aquarium tetap stabil dengan suhu 25° Celcius hingga 27° Celcius.
  4. Tetap berikan makan seperti hari-hari biasanya.
  5. Proses melahirkan anakan ikan Molly pasca proses perkawinan, sekitar 3 hingga 5 minggu.
  6. Setelah anakannya lahir, pisahkan indukan dengan anakan tersebut. Karena indukan bisa saja memakan anak-anaknya yang baru lahir.
  7. Berikan makan pada anakan Molly setelah usianya lebih dari 4 hari, dengan rotifera ataupun kutu air.
  8. Anakan ikan Molly sudah mulai terlihat warna ataupun coraknya, saat usianya menginjak kurang lebih 1 bulan.

Cukup mudah bukan?.

Makanan Ikan Molly Agar Cepat Besar

Ikan yang dijuluki sebagai ikan Balon ini merupakan jenis omnivora, alias pemakan segala Aqua Friends. Sebagai ikan peliharaan aquarium, kalian bisa memberikan dua jenis pakan untuk sehari-hari.

Mulai dari pakan pabrikan (pellet) ataupun pakan alami. Ada beberpa jenis pellet yang bagus untuk ikan Molly, seperti halnya:

  • Tetra Bits
  • Takari
  • Sakura
  • Micro-Vit

Sedangkan untuk pakan alami, kalian bisa memberikan mulai dari pakan hidup ataupun sayur-sayuran. Sayur ini dibutuhkan untuk membantu proses diet si ikan Molly.

Berikut daftar pakan alami untuk ikan Molly:

  • Cacing Sutra
  • Cacing Darah
  • Artemia
  • Jentik Nyamuk
  • Bayam Rebus
  • Selada Air

Cara memberikan makanan untuk ikan Molly tersebut, cukup di selang-seling setiap harinya. Antara pakan pabrikan dan juga pakan alami. Hal tersebut bertujuan agar asupan nutrisi harian ikan Molly bisa tercukupi dengan baik.

Cara Merawat Ikan Molly

Dalam perawatannya, kalian perlu memilih ukuran aquarium terlebih dahulu. Kira-kira kalian akan memelihara banyak atau hanya beberapa ekor saja. Sesuaikan ukuran aquarium dengan jumlah ikan molly yang akan dipelihara.

Selanjutnya, suhu atau temperature terbaik dalam aquarium adalah 22 hingga 27 derajat celcius. Usahakan kalian tetap menjaga stabilitas temperature di aquarium. Pun juga untuk pH airnya, jangan sampai terlalu tinggi atau rendah. Cukup di angka 6-8 saja.

Dari segi makanan, di habitat aslinya, ikan ini gemar sekali memakan cacing ataupun udang. Namun, sebenarnya ikan ini tergolong omnivora Aqua Friends. Dia juga gemar memakan ganggang-ganggang, nah sebagai pengganti ganggang, kalian bisa menggantinya dengan daun selada ataupun mentimun.

Oke, mungkin itu saja pembahasan kita tentang jenis, perawatan, dan harga ikan Molly. Kira-kira kalian tertarik atau tidak untuk memeliharanya? Cukup mudah dan sangat murah lho. Pun juga, apabila kalian tertarik untuk membudidayakannya, ikan ini juga tergolong mudah lho. Semoga bisa menambah pengetahuan dan membantu kalian untuk menentukan pilihan yah Aqua Friends. Terima kasih.

Tinggalkan komentar

Nilai kami*