Ikan palmas

Ikan Palmas

Sekilas dari segi tampilannya, sering membuat banyak orang bertanya-tanya tentang apa jenis ikan satu ini. Tampilannya memang cukup berbeda dan terkadang membuat orang umum merasa aneh. Ya, ikan palmas atau polypterus memang memiliki penampilan berbeda dari ikan hias kebanyakan. Ikan ini sering juga disebut dengan ikan purba atau primitif.

Habitat asli ikan ini berasal dari perairan Afrika dan sekitar aliran sungai Nil. Kemudian ikan ini pun akhirnya masuk ke wilayah Asia yang dimulai dengan China. Bahkan palmas masuk dalam legenda cerita rakyat China dengan sebutan ikan naga. Ciri-ciri fisik ikan ini berupa badan panjang seperti ular, memiliki sirip di punggung yang tertata tajam, selain itu mereka memiliki kaki mungil.

Cara bernapas palmas serupa dengan cara bernapas ikan cupang yang membuat mereka tidak membutuhkan bantuan alat oxygen. Karena mereka akan memunculkan tubuh mereka ke permukaan air untuk bernapas dengan sendirinya. Aqua Friends bisa lebih mengenal ikan unik satu ini dengan membaca jenis-jenis dan cara perawatannya di bawah ini.

Jenis-Jenis Ikan Palmas

Baca Juga: Berbagai Jenis Ikan Predator yang Bisa Dipelihara di Aquarium

Jenis-jenis palmas terdiri dari:

Nile Bichir (Polypterus Bichir Bichir)

Palmas Bichir

Harga Nile Bichir: Rp 150.000

Jenis ikan palmas pertama adalah Nile Bichir. Warna tubuh dan sisik palmas ini kuning kehijauan dengan panjang tubuh mencapai 70 cm. Permukaan sisiknya cukup kasar dan di bagian tubuhnya terdapat motif belang-belang. Ukuran ekor nile lebih pendek dari beberapa jenis palmas lain. Begitu pun dengan ukuran kakinya yang kecil.

Polli Bichir (Polypterus Palmas Polli)

palmas polli

Harga Palmas Polli: Rp 150.000

Palmas kedua bernama polli bichir atau palmas polli. Jenis ini sering ditemukan di area sungai Great Kongo. Dari segi tampilan akan lebih mudah dibedakan. Ukuran tubuhnya pun lebih besar dan lebar ke bawah. Sirip pada bagian ekor tidak terlalu panjang, tetapi tidak juga pendek. Warna yang mendominasi ialah cokelat zaitun dengan sentuhan hijau. Terdapat juga sedikit corak bintik kusam.

Polypterus Mokelembembe (Mokèlé-Mbèmbé Bichir)

Palmas Mokelembembe

Harga Polypterus Mokelembembe: Rp 350.000

Sebutan Mokelembenbe ini diberikan karena jenis ikan purba palmas satu ini dianggap menjadi bagian dari dinosaurus atau ikan dinosaurus. Dari bentuknya, duri tajam di bagian punggung lebih tegas dan tajam, juga tegak. Sekilas bila mereka berada di daratan, akan tampak semacam hewan reptil. Bagian kakinya pun lebih panjang.

Lapradei Bichir (Polypterus Bichir Lapradei)

Polyterus Bichir Lapradei

Harga Polypterus Bichir Lapradei: Rp 850.000

Lalu ada jenis lapradei yang tampilannya hampir mirip dengan nile. Palmas ini memiliki bentuk tubuh memanjang dan sedikit lebih ramping. Warna dasar tubuhnya keemasan dengan sentuhan hitam. Sirip bagian atas pun berwarna gelap. Rahang bagian atas lebih panjang dibanding bawah.

Buettikoferi Bichir (Polypterus Palmas Buettikoferi)

Polypterus Palmas Buettikoferi

Harga Polypterus Palmas Buettikoferi: Rp 150.000

Bentuk tubuh buettikoferi panjang dan warna tubuhnya kuning keemasan pucat. Terdapat corak gelap di beberapa bagian tubuh, khususnya pada bagian belakang, sirip, serta ekor. Bentuk ekornya pun melebar ke bagian atas bawah, hampir oval.

Polypterus Weeksii

Polypterus Weeksii

Harga Polypterus Weeksii: Rp 200.000

Penampilan weeksii berbeda di area kepalanya. Ukuran kepala lebih besar dan rahangnya pun sama-sama panjang, baik atas maupun bawah. Corak belang di tubuhnya cenderung gelap. Namun pada bagian paling bawah terdapat warna putih yang membuatnya terlihat lebih terang bila berada di dalam akuarium.

Baca Juga: 28 Jenis Ikan Cichlid Sangar Untuk Percantik Aquariummu!

Barred Bichir (Polypterus Delhezi)

Polypterus Delhezi

Harga Polypterus Delhezi: Rp 500.000

Penampilan palmas barred bichir ini akan membuat orang umum bertanya, apakah benar spesies ini adalah ikan. Sebab, tubunya diselimuti sisik keras dengan duri tajam di atas yang berjajar tegas. Pada bagian kepala dan wajah memanjang ke depan dengan rahang atas lebih panjang daripada rahang bawahnya. Corak yang dimiliki gelap dan tidak beraturan.

Cross River Bichir (Polypterus Teugelsi)

Polypterus Teugelsi

Harga Polypterus Teugelsi: Rp 400.000

Jenis ini disebut cross river karena ditemukan pertama kali di area perlintasan sungai Kamerun. Warnanya sedikit kemerahan bercampur corak belang hitam. Bagian ekornya lebar dan membentuk oval. Ukuran tubuh besar dan melebar ke bawah.

Polypterus Retropinnis (West African Bichir)

Polypterus Retropinnis

Harga Polypterus Retropinnis: Rp 600.000

Kemudian ada jenis yang disebut retropinnis yang berasal dari Afrika Barat. Penampilan jenis ikan ini pun cukup berbeda dan menambah keragaman spesies palmas. Kakinya terlihat lebih panjang dan membuat tubuhnya lebih tinggi. Corak tubuhnya sekilas seperti polkadot dengan warna yang tidak terlalu gelap, tetapi juga tidak begitu terang.

Congo Bichir (Polypterus Endlicheri Congicus)

Polypterus Endlicheri Congicus

Harga Polypterus Congicus: Rp 250.000

Congo bichir masuk dalam kelompok palmas terbesar yang ukuran tubuhnya mencapai 1,2 meter. Bisa dibayangkan bagaimana ikan ini hidup dan bagaimana perawatan yang dibutuhkan. Bukan hanya ukuran tubuhnya yang besar, keahliannya dalam menghabiskan mangsanya pun tidak perlu diragukan. Congo bichir memiliki rahang kuat dan besar. Bagian ekornya lebar, tetapi tidak memanjang.

Shortfin Bichir (Polypterus Palmas Palmas)

Polypterus Palmas Palmas

Harga Palmas Shortfin Bichir: Rp 250.000

Shortfin berukuran tubuh memanjang dengan panjang maksimal 35 cm. Warna tubuhnya emas kekuningan yang pekat. Sehingga terlihat cukup berbeda dengan fisik jenis lainnya. Yang membuat tampilannya khas selain warna ialah bagian jajaran sirip di punggung tidak berjajar rapi dan padat.

Guinean Bichir (Polypterus Ansorgii)

Polypterus Ansorgii

Harga Polypterus Anssorgii: Rp 150.000

Berdasarkan asal daerah ditemukannya, palmas gueniean ini datang dari kawasan Guinea. Ukuran tubuhnya tidak begitu besar dan tidak begitu panjang. Maksimal hanya bisa mencapai kurang lebih 30 cm saja. Warna corak di tubuhnya hitam gelap menimpa warna dasar kecokelatan. Sementara bagian sirip atas berwarna keabuan pucat.

Ornate Bichir (Polypterus Ornatipinnis)

Polypterus Ornatipinnis

Harga Polypterus Ornatipinnis: Rp 235.000

Jika kalian mencari jenis ikan palmas dengan tampilan cantik, jenis ornate ini bisa menjadi pilihan tepat. Motif atau corak di tubuhnya berbeda, tampak semacam bintik-bintik perpaduan dua warna yaitu hitam dan putih. Bentuk ekor melebar ke bagian atas bawah dengan sirip yang pendek.

Gray Bichir (Polypterus Senegalus)

Polypterus Senegalus

Harga Palmas Senegalus: Rp 60.000

Pada jenis palamas gray bichir, ukuran tubuhnya maksimal hanya mencapai 35 cm saja. Sesuai sebutannya, warna keseluruhan tubuh ikan ini keabuan dengan ukuran kepala memanjang ke depan. Bagian mata berwarna gelap. Sebenarnya warna jenis satu ini hampir mendekati warna kebanyakan ikan biasanya dan bagian sirip atau sisiknya tidak sekasar palmas kebanyakan.

Saddled Bichir (Polypterus Endlicheri Endlicheri)

Polypterus Endlicheri Endlicheri

Harga Polypterus Endlicheri: Rp 125.000

Jenis ini termasuk dalam kelompok palmas dengan ukuran tubuh terbesar. Ukuran tubuh bisa melebihi 70 cm. Asal saddled bichir adalah wilayah Afrika. Walau ukurannya besar, tetapi proporsi bagian kepalanya kecil. Penglihatan palmas satu ini sangat buruk sehingga mereka lebih mengandalkan indera penciumannya. Begitu pun ketika mereka mengidentifikasi musuhnya.

Baca Juga: Berbagai Hal Menarik Seputar Ikan Lembat

Cara Budidaya Ikan Palmas

budidaya ikan palmas

Harga indukan ikan ini memang cukup mahal karena termasuk ikan unik dan cara perawatan yang tidak mudah. Jika Aqua Frineds ingin budidaya, pastikan memiliki akuarium atau kolam yang ukurannya besar. Seperti yang sudah dijelaskan, cara bernapas palmas ialah naik ke permukaan. Mereka pun memiliki keahlian meloncat ke udara.

Sehingga akuarium atau kolam harus berukuran cukup, serta tentunya tinggi di bagian sisinya agar saat mereka melompat ke udara tidak akan terjatuh ke bawah. Penggunaan filter dan alat atur oxygen di dalam tempatnya wajib diperhatikan. Untuk membudidayakan palmas, perhatikan pula perbedaan betina dan jantan yang bisa dilihat dari lebar sirip bagian bawah.

Bila sudah dikawinkan dan menghasilkan telur, pisahkan telur-telur tersebut di wadah yang berbeda. Kedalaman air yang dibutuhkan untuk budidaya berkisar 25 cm.

Cara Merawat Ikan Palmas

cara merawat ikan palmas

Cara paling dasar dalam merawat ikan palmas ialah dengan sulit sulit mudah. Palmas memang dikenal mampu bertahan hidup di berbagai kondisi air, termasuk air kotor sekali pun. Namun akan sangat berpengaruh terhadap proses pertumbuhan dan pekermbangannya. Perawatan yang tepat dengan mengatur suhu air akuarium atau kolam di suhu 16 hingga 27 derajat celcius.

Lalu untuk tingkat pH atau keasaman berkisar 6.5 hingga 7. Rutinitas membersihkan wadah tidak perlu terlalu sering, tetapi tetap harus diperhatikan. Apalagi bila ikan ini digabung dengan ikan besar lainnya. Penggabungan palmas dengan jenis ikan besar lain harus disesuaikan dan secara perlahan. Ikan ini merupakan ikan karnivora dengan radar menyerang yang sangat tinggi.

Baca Juga: 12 Jenis Ikan Arwana dan Update Harga Terbaru!

Makanan Ikan Palmas

makanan ikan palmas

Untuk pemberian makanan bisa menggunakan pakan pelet tenggelam atau pelet pabrik yang khusus diperuntukan untuk ikan-ikan besar. Sangat disarankan memberi makan menggunakan bahan makanan alami seperti udang dan cacing. Serangga seperti jangkrik pun bisa diberikan pada palmas sebagai variasi pakan.

Jadwal pemberian makanan ini harus benar-benar diperhatikan. Berhubung ikan ini termasuk karnivora dan tingkat radar dalam menyerangnya sangat tinggi, jika telat diberi makanan, maka akan saling menyerang dan bisa memakan satu sama lain. Apalagi bila ada ikan dengan ukuran kecil di satu akuarium atau pun kolam yang sama.

Memang ikan palmas seperti ini lebih baik dirawat oleh mereka yang sudah lebih berpengalaman. Namun tetap bisa dicoba bagi para pecinta ikan pemula. Karena akan sangat sayang jika dalam perawatannya kurang tepat dan menimbulkan kerugian.

Walau ikan ini tampak kuat, ikan ini juga bisa mudah mati bila mengalami stress seperti saat mereka mengalami kesulitan bernapas akibat salah mengatur filter oxygen pada kolam. Begitu juga jika sudah terbiasa dengan kondisi air yang sering dijaga kebersihannya, saat air berubah menjadi sangat kotor, mereka pun bisa mengalami stress dan mati.

Tinggalkan komentar

Nilai kami*