Ikan peacock bass

Ikan Peacock Bass

Jika kalian gemar mengoleksi ikan hias predator, Peacock Bass bisa menjadi salah satu pilihan untuk menambah koleksi. Ikan Peacock Bass atau biasa dipanggil Pbass merupakan ikan hias predator yang masuk dalam keluarga Cichlid Aqua Friends.

Ikan ini berasal dari Kawasan benua Amerika, dan mudah ditemui di beberapa sungai, termasuk sungai Amazon. Di daerah asalnya sana, Pbass sering dijadikan sebagai objek memancing lho. Karena memiliki daya tarik pancing yang kuat, membuat para pemancing memiliki kesenangan tersendiri saat memperoleh strike dari ikan ini.

Meskipun demikian, ikan ini juga memiliki berbagai varian dan jenis yang tak kalah cantik dengan ikan hias lainnya. Sehingga banyak penggemar ikan hias yang memeliharanya sebagai koleksi. Langsung simak saja tulisan di bawah ini mengenai Ikan Peacock Bass Aqua Friends.

Jenis Ikan Peacock Bass

Xingu Peacock Bass

peacock bass xingu

Sesuai dengan Namanya, Pbass jenis Xingu merupakan ikan endemik dari sungai Xingu yang terletak di Brazil. Nama latin dari ikan ini adalah Cichla Melaniae, memiliki ciri khas yang hampir mirip dengan jenis Kelberi. Hanya saja corak di tubuhnya tidak sebanyak dan secantik Kelberi Aqua Friends. Warna dari Pbass Xingu adalah hijau tua keabu-abuan, memang sedikit gelap namun kecantikannya tidak kalah dengan jenis lain.

Monoculus Peacock Bass

peacock bass monoculus

Peacock Bass dengan jenis Monoculus ini juga banyak tersebar di berbagai sungai di Brazil Aqua Friends. Jenis ini merupakan yang terkecil dari berbagai Peacock Bass yang lain. Ciri utama Monoculus Peacock Bass adalah terdapat tiga garis vertical yang terdapat pada bagian atas tubuhnya (hingga bagian punggung). Dan juga memiliki bercak berwarna emas di sekita ekornya.

Baca Juga: 11 Jenis Ikan Louhan Lengkap dengan Harga dan Cara Merawat

Azul Peacock Bass

peacock bass azul

Ikan Azul Peacock Bass juga berasal dari Kawasan benua Amerika. Namun lebih mudah ditemui di bagian Amerika Utara seperti, Colombia, Venezuela, dan beberapa daerah di Brazil. Jenis ini juga memiliki corak garis vertical yang memenuhi tubunya, hanya saja lebih banyak dibandingkan jenis Monoculus.

Di usia remaja, ikan ini berwarna kuning cerah dengan garis hitam. Namun ketika menginjak usia dewasa atau setelah kawin, warna tersebut akan perlahan memudar sehingga nampak warna hijau tua keabu-abuan. Makanan favorit dari Azul Peacock Bass adalah ikan-ikan kecil.

Orinoco Peacock Bass

peacock bass orinoco

Seperti Peacock Bass pada umumnya, jenis Orinoco juga memiliki karakter yang agresif. Pun juga sifat ikan ini tergolong territorial, atau memiliki daerah kekuasaannya. Sama dengan jenis Monoculus, Orinoco juga memiliki 3 garis vertical yang terdapat pada tubunya. Dengan warna dasar kuning kehijauan yang terang.

Jika kalian ingin mengkombinasikan isi aquarium kalian, maka yang cocok menjadi teman Orinoco Peacock Bass adalah yang berukuran sama. Seperti ikan Cichlid, Catfish, ataupun Stingray. Apabila tankmate Orinoco berukuran lebih kecil, bisa-bisa malah menjadi santapan dari ikan ini.

Intermedia Peacock Bass

peacock bass royal

Peacock Bass jenis Intermedia juga dikenal dengan nama Royal Peacock Bass Aqua Friends. Memiliki ciri khas yang sedikit berbeda, yakni garis horizontal yang melintang dari ingsang hingga pangkal ekor. Dan juga dihiasi beberapa garis vertikal yang tidak begitu mencolok.

Intermedia Peacock Bass berasal dari sungai Orinoco dan Casiquiare di Kolombia dan Venezuela.

Temensis Peacock Bass

peacock bass temensis

Ikan Peacock Bass Temensis juga dikenal dengan berbagai nama Aqua Friends. Dikenal dengan nama Speckled Pavon, Speckled Peacock Bass, dan Painted Pavon. Karena ciri yang paling berbeda dengan beberapa peacock bass lainnya. Yakni dengan warnanya yang cenderung gelap dengan bintik putih seperti mutiara yang memenuhi bagian kepala hingga ekornya.

Temensis Peacock Bass merupakan ikan tipe tengah (yang gemar berenang di bagian tengah aquarium). Sehingga perannya mampu membersihkan makanan ataupun sisa makanan yang berada di tengah-tengah tank.

Keunikan lain dari Peacock Bass jenis ini adalah, warna pada tubuhnya juga bisa beradaptasi dengan lingkungan sekitar. Jika hiasan aquarium kalian berwarna gelap, maka warna ikan ini akan mengikutinya. Pun juga sebaliknya Aqua Friends.

Kelberi Peacock Bass

peacock bass kelberi

Ciri utama dari Peacock Bass Kelberi adalah warnanya yang dominasi dengan kuning cerah. Sehingga membuat ikan ini tampak lebih mempesona dan menawan Aqua Friends. Dari corak dan motifnya pun juga keren, yakni berupa bintik-bintik yang memenuhi bagian atas (punggung) dari ikan ini. Pun juga, jika pandangan kalian lebih fokus, akan nampak garis vertikal yang samar-samar.

Habitat asli Kelberi Peacock Bass yakni sungai-sungai kecil di Rio Araguaia dan Rio Tocantins. Kawasan ini lebih rendah daripada dataran Amazon, dengan lingkungannya yang dipenuhi ganggangg dan tumbuh-tumbuhan. Membuat Kelberi Peacock Bass bergerak lebih lambat daripada jenis Pbass yang lain.

Pinima Peacock Bass

peacock bass pinima

Peacock Bass Pinima berasal dari sungai Rio Tapajos, Brazil. Ciri khas dari jenis Pinima, yakni memiliki warna merah di ujung ekornya Aqua Friends. Dan juga memiliki corak bintik putih di sekitar tubuhnya. Karakter dari ikan ini pun juga agresif seperti Peacock Bass lainnya. Di usia dewasa, ikan ini bisa mencapai Panjang 80cm hingga 90cm, sehingga tergolong sebagai salah satu Peacock Bass yang besar.

Baca Juga: Ikan Oscar: Jenis, Harga, Cara Merawat dan Tips Budidaya

Daftar Harga Ikan Peacock Bass

Nhah, dari berbagai penjelasan di atas, kira-kira kalian sudah menentukan pilihan belum nih?. Agar kalian lebih mantap dalam menentukan pilihan, berikut author lampirkan daftar harga lengkap dari jenis ikan Peacock Bass Aqua Friends.

JenisHarga
Xingu Peacock BassRp 35.000 – Rp 150.000 (tergantung usia dan ukuran)
Monoculus Peacock BassRp 15.000 – Rp 250.000 (tergantung usia dan ukuran)
Azul Peacock BassRp 35.000 – Rp 150.000 (tergantung usia dan ukuran)
Orinoco Peacock BassRp 35.000 – Rp 750.000 (tergantung usia dan ukuran)
Intermedia Peacock BassRp 95.000 – Rp 1.250.000 (tergantung usia dan ukuran)
Temensis Peacock BassRp 350.000 – Rp 3.000.000 (tergantung usia dan ukuran)
Kelberi Peacock BassRp 120.000 – Rp 4.000.000 (tergantung usia dan ukuran)

Cara Merawat Ikan Peacock Bass

Sebelum kalian memutuskan untuk memelihara Peacock Bass, kalian perlu mempertimbangkan media atau tempat yang akan kalian gunakan. Karena ikan ini tergolong besar, bahkan di usia dewasa panjangnya bisa mencapai 60-70cm kalian perlu memilih media yang besar.

So, kalian bisa menggunakan aquarium besar ataupun kolam permanen Aqua Friends. Selain itu, kalian juga perlu mempertimbangkan kharakteristik dan sifat dari ikan ini. Mulai dari cara dia makan, porsi makan, hingga cara berteman dengan ikan lain.

Berhubung ikan ini juga memiliki hobi makan alias doyan. Kalian juga harus mempersiapkan sistem filtrasi yang baik untuk mengatasi sisa-sisa makanan dan kotorannya lho. Jika kalian memilih aquarium sebagai media dari ikan ini, ukuran yang ideal adalah minimal dengan panjang 2 meter dan lebar setengah meter Aqua Friends.

Dari segi makanan, favorit ikan Peacock Bass adalah hewan-hewan kecil di air. Seperti halnya ikan kecil, cacing, dan juga serangga. Secara spesfik kalian bisa memberikan cacing darah ataupun jangkrik untuk pakan hariannya Aqua Friends. Nha, makanan-makanan tersebut sangat bagus karena kandungan proteinnya yang tinggi.

Selain makanan alami seperti yang sudah disebut di atas, ada juga pakan komersial berupa pellet Aqua Friends. Kalian bisa mendapatkannya di berbagai toko ikan, sangat mudah dicari kok.

Makanan Terbaik Ikan Peacock Bass

Setelah kita mengulas jenis dan harga ikan Peacock Bass, kita lanjut ke pembahasan makanan terbaik untuk berbagai jenis Peacock Bass di atas. Karena habitat aslinya di sungai, tentunya makanan terbaik untuk ini adalah makanan alami. Lebih lengkapnya silahkan cek di bawah ini Aqua Friends.

Ikan Komet

Ikan komet

 

Meskipun tergolong sebagai ikan hias, ikan komet masuk dalam daftar makanan favorit Peacock Bass Aqua Friends. Harganya pun relative murah, kalian bisa mendapatkannya di toko ikan sekitar Rp 1.000.

Udang

udang air

Udang memang selalu menjadi makanan favorit untuk beberapa ikan. Karena kandungan proteinnya yang tinggi, dan juga rendah lemak. Udang bisa kalian jadikan opsi makanan untuk Peacock Bass. Untuk mendapatkannya pun cukup mudah, di beberapa pasar tradisional hingga supermarket Aqua Friends.

Cacing

cacing

Untuk Peacock Bass yang berukuran kecil atau anakan, cacing bisa kalian pilih untuk makanan hariannya. Karena ukuran mulutnya yang belum begitu besar, tentu akan mempersulit anakan Peacock Bass kesulitan makan, apabila kalian berikan udang ataupun jangkrik.

Jangkrik

jangkrik

Mirip dengan udang, jangkrik juga memiliki kandungan protein yang dan baik untuk pertumbuhan ikan Aqua friends. Di habitat aslinya, Peacock Bass juga gemar memakan serangga-serangga yang berada di air. Dan untuk menggantikannya, kalian bisa memilih jangkrik sebagai salah satu opsi makanan untuk Peacock Bass.

Memelihara Peacock Bass bisa terbilang mudah Aqua Friends. Tergantung  ketelitian dan displin kita dalam perawatan hariannya. Dimulai dari memilih ukuran tank yang ideal, makanan pilihan, hingga kebersihan tank-nya. Dengan berbagai akrobatnya, memelihara ikan ini bisa menghibur kalian di saat jenuh ataupun suntuk. Pertunjukan menarik dari ikan ini adalah saat kalian memberikan makanan, ikan ini akan memperlihatkan gerakannya yang gesit dan tak terduga. Keren deh pokoknya.

Oke cukup sekian pembahasan kita seputar Ikan Peacock Bass. Semoga bisa menambah pengetahuan dan referensi kalian dalam memilih ikan peliharaan. Jangan ragu untuk berbagai pengalaman kalian mengenai ikan ini di kolom komentar yah.

Terima kasih. ?

Tinggalkan komentar

Nilai kami*