Ikan rasbora

Ikan Rasbora

Ikan rasbora merupakan ikan hias air tawar berukuran kecil yang menyukai hidup dengan berkelompok dengan satu spesiesnya di dalam akuarium maupun aquascape.

Ikan yang berasal dari perairan Asia Tenggara meliputi sungai-sungai di Myanmar, Brunei dan Malaysia.

Ikan ini memiliki warna di sekujur badan yang sangat indah karena memiliki kombinasi warna yang sangat mencolok sehingga akan sangat menawan bila dilihat di akuarium.

Rasbora merupakan jenis ikan hias kecil schooling fish atau ikan yang sangat gemar berkelompok. Oleh karena sifat alaminya tersebut, maka sebaiknya memelihara ikan ini dalam jumlah yang lebih dari lima ekor.

Ikan ini tergolong ke dalam ikan yang damai dan jinak sehingga dapat dipelihara bersama ikan jenis lain seperti tetra, zebra, guppy, platy, molly dan manfish.

Perlu diingat untuk tidak mencampur Rasbora dengan ikan ganas seperti siklid, EBJD (Electric Blue Jack Dempsey), Louhan dan lain sebagainya karena dapat memangsa ikan Rasbora itu sendiri.

Mengenal Ikan Rasbora

Di habitat aslinya, Ikan yang dikenal dengan sebutan wader pari sangat gemar hidup bergerombol. Biasanya sangat mudah menemukan sekumpulan wader pari di area persawahan, parit, ataupun sungai dengan kondisi air yang tenang. Sehingga untuk memeliharanya pun sangat disarankan dengan beberapa ekor.

Ikan Rasbora hanya bisa tumbuh hingga ukuran 3 cm atau 170 mm Aqua Friends. Bisa kalian pelihara untuk melengkapi aquascape ataupun sebagai teman untuk jenis ikan hias lainnya.

Seperti yang disebutkan di atas, jangan pelihara si Rasbora ini dengan ikan predator. Karena pasti akan menjadi santapan segar bagi si predator.

Aquapedia telah merangkum beberapa jenis ikan rasbora yang tersedia di pasaran baik di pusat-pusat penjualan ikan hias yang ada di pasar ikan maupun di toko toko ikan hias yang terdapat di mana saja. Check it out!

Berbagai Jenis Ikan Rasbora

Rasbora Galaxy (Danio Margatitatus)

Harga Galaxy Rasbora di pasaran sekitar Rp 10.000

Memiliki nama lain Celestrial Pearl Danio, rasbora jenis ini memiliki ukuran yang sangat mini yakni berkisar antara 1,5 sampai 2 cm saja. Meskipun memiliki ukuran tubuh yang tergolong sangat mini, nyatanya banyak para pecinta ikan hias air tawar yang menyukai ikan jenis ini.

Hal tersebut tentu saja tidak terlepas dari warnanya yang cerah dan menawan. Kombinasi warna oranye, abu-abu dan kuning berpadu mejadi satu kesatuan mulai dari ujung kepala hingga ujung ekor menjadikan ikan ini sangat cerah menawan.

Baca Juga: Ikan Discus, Berbagai Jenis dan Harga Serta Cara Perawatannya

Black Harlequin Rasbora

Harga Black Harlequin Rasbora di pasaran sekitar Rp 5.000

Ikan Black Harlequin Rasbora juga tak kalah cantik dari jenis rasbora lain. Perpaduan warna biru, hitam, kuning serta beberapa warna pastel di tubuhnya mambuat ikan ini indah dipandang mata.

Clown Rasbora (Rasbora Kalochroma)

Harga Clown Rasbora di pasaran sekitar Rp 6.000

Dinamakan demikian karena ikan ini memiliki corak warna hitam berbentuk lingkaran di bagian tubuhnya sehingga mirip seperti badut.

Bintik hitam tersebut bisa terdapat satu, dua atau bahkan tiga. Warna dasar ikan yang berwarna coklat kemerahan dengan bintik hitam semakin mempertegas nama Clown Rasbora pada ikan ini.

Blue Line Rasbora

Harga Blue Line Rasbora di pasaran sekitar Rp 3.000

Garis biru yang dimulai dari belakang insang hingga ke pangkal ekor merupakan ciri khas yang dimiliki oleh ikan rasbora jenis ini.

Selain itu, warna dasar ikan Blue Line Rasbora yang berwarna kuning sangat pas dengan garis biru yang dimilikinya.

Harlequin Rasbora (Rasbora Heteromorpha)

Harga Harlequin Rasbora di pasaran sekitar Rp 4.500

Ikan ini memiliki nama yang hampir sama dengan Black Harlequin Rasbora. Bedanya, apabila Black Harlequin Rasbora memiliki warna dominan hitam, ikan ini memiliki dominasi warna oranye kecoklatan di tubuhnya.

Selain itu, corak hitam berbentuk segitiga terdapat di tengah badan dan menjulur sampai pangkal ekor.

Jenis Rasbora satu ini bisa dibilang yang paling populer dibanding jenis lain Aqua Friends. Banyak yang memelihara dan menjadikannya penghuni dalam aquascape.

Baca Juga: 15 Jenis Ikan Hias Aquascape Beserta Harga dan Tipsnya

Hengeli Rasbora (Rasbora Hengeli / Trigonostigma espei)

Harga Hengeli Rasbora di pasaran sekitar Rp 5.000

Hengeli Rasbora memiliki warna yang hampir transparan di sekujur tubuh sehingga akan tampak sekilas isi perutnya.

Warna dasar transparan tersebut ditambah dengan pola warna hitam dan kuning cerah dari tengah badan ke pangkal ekor menjadikan ikan ini sedap dipandang mata.

Black Line Rasbora (Rasbora Gracilis)

Harga Black Line Rasbora di pasaran sekitar Rp 5.000

Sama seperti Hengeli Rasbora yang memiliki warna dasar transparan, Black Line Rasbora juga memiliki warna transparan di sekujur tubuhnya.

Warna corak garis hitam berpadu warna kuning di atasnya yang dimulai dari belakang insang hingga pangkal ekor menjadi alasan mengapa ikan ini dinamakan Black Line Rasbora. Selain itu, pada ujung pangkal ekor terdapat warna oranye.

Emerald Dwarf Rasbora (Danio erythromicron)

Harga Emerald Dwarf Rasbora di pasaran sekitar Rp 6.000

Rasbora jenis ini juga tak kalah cantik dengan jenis rasbora lainnya. Apalagi jika bukan corak yang mirip dengan zebra di sekujur tubuhnya. Bedanya, corak tersebut perpaduan warna kuning emas dengan biru gelap.

Emerald Dwarf Rasbora juga memiliki ukuran tubuh yang tergolong kecil dibandingkan jenis rasbora lainnya hingga tak jarang ikan ini disebut sebagai rasbora cebol.

Green Kubotai Rasbora (Microrasbora Kubotai)

Harga Green Kubotai Rasbora di pasaran sekitar Rp 5.000

Ikan rasbora jenis Green Kubotai memiliki warna tubuh hijau kekuningan yang cenderung akan bersinar apabila terkena sorot cahaya.

Oleh karena itu, ikan ini akan sangat cocok bila ditempatkan pada akuarium dengan setting warna gelap karena mampu memancarkan cahaya tubuhnya dengan lebih optimal.

Mosquito Rasbora (Boraras Brigittae)

Harga Galaxy Rasbora di pasaran sekitar Rp 6.000

Ikan ini dinamakan demikian karena memiliki bentuk tubuh yang rampin dan kecil mirip dengan nyamuk.

Sekilas, ikan ini akan tampak seperti saudaranya Maculate Rasbora, bedanya adalah ikan ini tidak memiliki bintik hitam pada badannya.

Maculate Rasbora (Boraras Maculatus)

Harga Maculate Rasbora di pasaran sekitar Rp 5.000

Hampir mirip dengan Clown Rasbora, tak jarang banyak yang mengira bahwa ikan ini adalah Clown Rasbora, begitu pun sebaliknya.

Secara kasat mata memang mirip, hanya saja ikan ini memiliki warna merah terang di sekujur tubuhnya dengan tambahan corak lingkaran hitam.

Cara Merawat Ikan Rasbora

cara merawat ikan rasbora

Dalam hal perawatannya, ikan ini tidak merepotkan dan sangat mudah Aqua Friends. Jika kalian memeliharanya dalam jumlah banyak ataupun dikombinasikan dengan berbagai jenis ikan lain, kalian bisa menggunakan aquarium berukuran 20 liter.

Lalu, suhu ataupun temperatur yang ideal untuk Rasbora adalah sekitar 24°-27° Celcius dengan pH air 6,5 hingga 7,5.

Kalian juga bisa menggunakan beberapa tanaman di dalam aquarium, selain mempercantik tampilan tentu akan menambah kenyamanan ikan ini.

Dilansir dari Wikipedia, ikan Rasbora sangat gemar dengan air yang tenang dengan berbagai tumbuhan alga. Kalian bisa menggunakan tanaman jenis Cryptocoryne untuk diletakkan di dalam aquarium. Selain itu, kalian juga bisa menambahkan tanaman selada air.

Ada bebrapa teman yang cocok untuk Rasbora, seperti halnya Ikan Neon Tetra dan juga Gourami. Karena pada dasarnya, sifat-sifat ikan tersebut tenang dan damai dengan beberapa jenis ikan lain.

Saat Rasbora masih berusia anakan, ikan ini lebih gemar bersembunyi di balik dedaunan ataupun media lainnya. Namun, saat dewasa ikan ini akan menunjukan kebiasaan yang menarik.

Baca Juga: 25+ Jenis dan Harga Ikan Neon Tetra Terpopuler

Makanan Ikan Rasbora

Di habitat aslinya, Rasbora tergolong dalam jenis ikan omnivora. Sehingga sangat mudah memberikan makanannya, kalian bisa menggunakan pakan komersial ataupun pakan alami.

Jika kalian lebih memilih menggunakan pakan komersial, tentunya cek dan pastikan kandungan dan nutrisinya baik bagi ikan peliharaan kalian.

Namun jika kalian lebih memilih pakan alami, kalian bisa memberikan cacing sutera ataupun cacing darah. Untuk mendapatkannya pun cukup mudah dan murah.

Jika ingin lebih praktis, kalian bisa menggunakan cacing darah sebagai pilihan. Karena biasanya pakan jenis ini berupa pakan beku dan awet digunakan dalam jangka waktu yang lama.

Cara Membedakan Jenis Kelamin Rasbora

Sangat mudah untuk membedakan mana Rasbora Jantan ataupun Rasbora Betina. Umumnya, ikan jantan memiliki warna yang lebih cerah dengan tubuh yang ramping Aqua Friends.

Dan sebaliknya, betina memiliki bentuk tubuh sedikit lebih besar dengan perut yang agak buncit. Pun juga, dari segi warna dan coraknya tidak semenarik Rasbora jantan.

Demikian tadi adalah berbagai hal mengenai ikan Rasbora yang umum dijumpai di toko ikan hias manapun. Mengenai harga, tentunya setiap daerah atau wilayah memiliki harga yang beragam juga Aqua Friends.

Toh, harganya sangat terjangkau bukan?. Gak ada salahnya menambah koleksi ikan hias kalian dengan ikan ini. Perlu diingat, ikan ini sangat gemar bergerombol, jadi jangan hanya membeli satu ekor saja.

Oke itu saja pembahasan kita mengenai ikan Rasbora, semoga dapat menambah pengetahuan dan referensi kalian seputar ikan hias yah. Dan jangan ragu untuk share pengalaman kalian tentang Ikan Rasbora di kolom komentar yah.

Terima kasih. 🙂

Tinggalkan komentar

Nilai kami*