Java moss

Java Moss

Hallo Aqua Friends, tahukah Kalian bahwa memiliki aquarium saja tidak cukup untuk memperindah tampilan interior hunian. Kalian mesti menambahkan unsur tanaman hias agar aquarium di rumah menjadi lebih indah. Selain itu, tanaman hias juga dapat membantu sistem filter aquarium guna melakukan penyaringan air. Salah satu rekomendasi tanaman hias khusus aquarium yang wajib kalian pilih adalah Java Moss.

Tanaman hias ini tidak hanya dapat membantu sistem filter aquarium saja. Perlu kalian ketahui bahwa tumbuhan ini juga bisa memberikan oksigen (sistem aerasi) bagi biota hidup dalam aquarium tersebut. Menariknya lagi, ikan-ikan peliharaan dalam aquarium juga akan menjadikan tanaman ini seagai rumah bagi mereka.

Mengenal Tanaman Hias Java Moss

Tanaman yang juga familiar dengan nama latin Taxiphylumm barbieri ini sangat mudah untuk dipelihara. Selain karena kebutuhan CO2 dan cahaya yang sangat rendah, tanaman yang termasuk ke dalam genus Vesicularia ini dapat tumbuh secara emersed. Kalian begitu mudah menjumpai tanaman hias ini karena memang berasal dari kawasan Asia Tenggara terutama di Vietnam.

Di negara tersebut Taxiphylumm barbieri ditemukan secara melekat pada bebatuan, vegetasi dan kayu apung terutama di rawa-rawa serta sungai. Tanaman hias yang termasuk ke dalam kategori lumut produktif ini begitu banyak tersedia bagi Kalian yang memiliki kegemaran aquascape. Selain itu, tanamannya begitu mudah untuk diaplikasikan serta dirawat.

Moss nampak begitu menakjubkan secara visual saat dibentuk menjadi suatu dinding lumut. Apalagi jika kalian meletakkannya di bagian belakang aquarium. Tidak hanya dapat digunakan sebagai latar belakang aquarium saja, namun tanaman moss juga bisa kalian hamparkan seolah-olah menjadi karpet bagi aquarium tersebut. Seakan-akan Kalian sedang menciptakan fantasi berupa padang savana dalam air.

Kalian juga bisa mengikat tanaman ini pada sebuah ranting driftwood dengan menggunakan benang. Jadi, seakan-akan Kalian membayangkan rimbunnya dedaunan pada pohon kayu besar yang biasa tumbuh didaratan kini dapat tumbuh di dalam aquarium rumah. Kalian bisa semakin mengkreasikannya lagi dengan menempelkan tanaman ini pada hiasan batu ataupun kayu.

Sungguh tidak mengherankan jika tanaman ini telah menjadi primadona bagi para aquascaper. Terlebih lagi bagi para aquascaper pemula. Tanaman hias ini bisa tumbuh subur pada temperatur 29 sampai 32 derajat celcius.

Baca Juga: 5 Jenis Anubias Terbaik Untuk Mempercantik Aquascape

Karakteristik Tanaman Hias Java Moss

Perlu Kalian tahu bahwa tanaman hias Taxiphylumm barbieri ini memiliki karakteristik yang tidak rewel. Selain itu, tanaman dalam famili Hypnaceae ini juga mudah beradaptasi. Dengan kata lain, tanaman ini tidak membutuhkan perawatan khusus atau habitat tertentu guna dapat tumbuh dengan baik. Kalian bisa menjadikan tanaman ini sebagai alternatif utama bagi penghias aquarium di rumah.

Tanaman moss semacam ini bisa tumbuh pada berbagai kondisi pencahayaan, air dana nutrisi. Cabang-cabang dari daun moss nantinya akan menempel dengan mudah pada bebatuan, kayu apung serta media apapun sehingga mampu terbungkus olehnya. Namun, secara umum tanaman ini tumbuh lambat. Setidaknya pertumbuhan tanaman ini dapat sedikit meningkat apabila diberi pencahayaan yang lebih.

Tanaman moss akan tumbuh dengan menyebar baik itu secara vertikal maupun horizontal dalam tiap lapisan. Jika Kalian memberikan sistem filtrasi yang baik pada aquarium maka tanaman ini akan senantiasa tetap terjaga kebersihannya dan bebas dari adanya kotoran yang menempel. Maka dari itu, sangat penting untuk memilih sistem filter aquarium yang bagus.

Cara pembiakan tanaman moss terbilang cukup mudah dilakukan. Kalian bisa memangkas cabang dari daun tanaman ini agar berkembang lebih baik. Tanaman ini begitu dikenal mampu tumbuh dari cabang terkecil daun. Bahkan sejumlah pengalaman dari aquascaper mengemukakan bahwa tanaman moss dapat tetap tumbuh hanya dengan sisa tanaman yang telah dipangkas. Luar biasa, bukan?

Aplikasi Aquascape Java Moss dan Kecocokannya dengan Ikan

Aplikasi aquascape

moss aquascape

Tanaman moss diklaim sangat mudah untuk ditanam. Kemudahan pengaplikasian serta perawatan tanaman moss semacam ini masih ditambah dengan sebuah fakta bahwa sebenarnya moss semacam ini tidak usah ditanam secara substrat. Guna mencegah adanya pertumbuhan yang terus bergerak di lingkungan aquarium orang-orang lalu menempelkan tanaman ini pada sejenis batuan maupun kayu.

Tanaman moss dapat dengan mudah diletakkan pada bagian objek aquarium memakai sejenis benang atau pancing. Kalian bisa memulai pengaplikasian tanaman moss dengan menempelkan tanaman moss pada objek aquarium dan membungkusnya dengan semacam benang. Tunggu dalam beberapa minggu agar lumut tersebut dapat menempelkan dirinya ke objek tersebut dan tumbuh hingga menutupi benang.

Selain menggunakan media benang, tanaman moss juga dapat tumbuh dengan cara dijepitkan. Kalian bisa menjepitkan tanaman moss di antara dua kawat mesh sebagai media dinding lumut. Saat terjepit itulah secara perlahan tanaman moss akan tumbuh melalui lubang-lubang kecil kawat mesh. Setidaknya dalam kurun waktu satu bulan, layar kawat mesh akan terisi penuh dengan tanaman moss yang menggantung.

Baca Juga: 17 Jenis Tanaman Aquascape Lengkap Beserta Tips dan Harga

Kecocokan dengan ikan

aplikasi aquascape java moss dan kecocokannya dengan ikan

Tanaman moss memiliki keunikan tersendiri karena cocok dengan nyaris semua jenis ikan. Tidak ada ikan yang ikut memakan tanaman hias ini. Bahkan ikan mas koki yang tengah kelaparan pun akan membiarkan tanaman ini. Gerakan aktif dari beberapa jenis ikan juga tidak mudah untuk membunuh tanaman ini. Jadi, bagi Kalian yang ingin memiliki tanaman hias maka moss dapat menjadi alternatif terbaik.

Para peternak ikan bahkan kerap melemparkan moss sebesar gumpalan tagan orang dewasa ke dalam kolam sebagai sarang bagi ikan dalam menempatkan telurnya. Nantinya, tanaman ini juga dapat digunakan untuk persembunyian bagi anak-anak ikan. Gumpalan-gumpalan tersebut akan menciptakan suatu lingkungan mikroskopis tersendiri.

Lingkungan mikroskopis disini maksudnya adalah sebagai tempat hidup bagi jasad renik yang dapat dijadikan sumber pakan bagi ikan-ikan kecil. Terutama bagi ikan-ikan yang baru menetas. Jadi, tanaman ini tidak hanya dapat dijadikan sebagai sumber oksigen saja melainkan juga dapat dijadikan sebagai penyerap kadar amonia serta tempat berlindung bagi ikan-ikan agresif.

Memberikan tanaman hias bagi aquarium adalah pilihan terbaik bagi aquascaper. Selain bisa dijadikan sumber oksigen sekaligus tempat persembunyian para ikan, tanaman hias juga dapat menambah cantik visual dari aquarium tersebut. Salah satu pilihan terbaik tanaman hias bagi aquarium rumah kalian adalah Java Moss. Kiranya kalian bisa mulai menanam tanaman ini dengan sangat mudah.

Harga Java Moss

Untuk mendapatkan tanaman ini sangatlah murah Aqua Friends. Dan faktor harganya pun hanya berdasarkan ukuran. Mulai yang termurah, kalian bisa membelinya dengan harga Rp 8.000. Sedangkan untuk ukuran besar, tanaman ini dibanderol dengan harga Rp 45.000.

Kesimpulan

Aqua Friends, bagi kalian yang sedang mulai atau sedang membangun Aquascape, tentu membutuhkan tanaman dasar/karpet ataupun tanaman hias. Sehingga tampilan aquarium akan tampak lebih hijau dan hidup. Dan, Java Moss bisa menjadi salah satu opsi kalian untuk menanamnya di Aquascape. Dengan perawatan yang mudah dan simple, pun juga murah tentu akan semakin membuat kalian lebih semangat dalam merawatnya. Oke, mungkin itu saja pembahasan dari author mengenai Java Moss, semoga bisa menambah pengetahuan dan referensi kalian Aqua Friends. Terima kasih.

Tinggalkan komentar

Nilai kami*