Makanan ikan guppy

Makanan Ikan Guppy

Pada artikel sebelumnya, kita telah membahas berbagai jenis dan harga Guppy. Setelah kita mengetahui berbagai jenisnya, tentu selanjutnya kita perlu memahami berbagai hal tentang perawatannya. Salah satu bagian terpenting dalam perawatan Guppy adalah memberikan pakan pada ikan ini. Ada beragam cara memberikan makan dan daftar makanan ikan Guppy yang baik untuk memenuhi nutrisi hariannya.

Di habitat aslinya, ikan ini tergolong ikan omnivora Aqua Friends, alias pemakan segala. Mulai dari hewan-hewan kecil ataupun ganggang yang ada disekitarnya. Karena kita telah memilih untuk memelihara guppy, tentu kita harus bertanggung jawab. Kita perlu menyajikan sesuatu yang lebih baik, mulai dari tempat tinggalnya, perawatan harian termasuk pakan, dan lain sebagainya.

Aqua Friends, tahukah kalian bahwa daya tarik dari ikan ini adalah warna dan bentuk tubuhnya yang unik. Tentunya, untuk menghasilkan keunikan tersebut kita perlu memenuhi kebutuhan nutrisinya. Agar performa dan keindahannya selalu terjaga, dan kita pun senang. Step pertama yang akan kita bahas adalah daftar rekomendasi makanan untuk ikan Guppy, simak terus yah.

Daftar Makanan Ikan Guppy

Berhubung jenis ikan ini adalah omnivora, ada beberapa rekomendasi makanan terbaik untuk ikan ini. Mulai dari pakan berbentuk hewan, hingga sayur-sayuran. Bagi kalian yang juga ingin menambah asupan nutri hariannya, ada beberapa jenis makanan komersial alias pellet untuk si Guppy Aqua Friends.

Jika kita memberikan makan dengan teratur, dengan perpaduan menu yang tepat. Maka nutrisi yang kita berikan pun akan terpenuhi. Sehingga bisa membuat ikan-ikan kalian tetap sehat dan bahagia. Yok, lansung simak detailnya.

Cacing Sutra

cacing sutra

Kita mulai dari Cacing Sutra, mungkin bagi ikan hias air tawar jenis makanan ini adalah “nasi”, Hehehe. Kebanyakan dari mereka gemar memakan pakan ini, dan termasuk ikan Guppy.

Cacing sutra memiliki kadar protein tinggi yang bagus untuk Guppy, selain itu harganya pun sangat murah. Bahkan sudah tersedia di sekitar kita Aqua Friends. Kita bisa menjumpai cacing sutera di sekitar saluran got ataupun sungai-sungai kecil yang banyak humusnya.

Dalam pemberian pakan Cacing Sutra ini, ada beberapa hal yang perlu kalian ketahui. Yakni tentang kebersihan si cacing, sebelum memberikan makanan ini pada Guppy, pastikan terlebih dahulu bahwa cacing tersebut bersih. Kebersihan tersebut bisa dilihat dari media tempat tinggal si cacing. Jika kalian membelinya dari pedagang, maka cukup  dipindahkan ke wadah lain dengan air bersih yang baru. Namun, jika kalian mencarinya langsung dari alam, kalian perlu “mengkarantina” terlebih dahulu si Cacing Sutra sebelum diberikan pada Guppy.

Microworm

microworm

Selain Cacing Sutera, Microworm juga memiliki kandungan protein tinggi yang bagus untuk ikan Guppy. Ciri khas dari Microworm adalah bentuknya yang kecil dan berwarna putih Aqua Friends.

Selain terdapat kandungan protein, ada juga kandungan-kandungan yang lain yang baik untuk ikan Guppy. seperti halnya Gilicogen, Lipids, Asam Organik, dan lain-lain yang tentunya bagus untuk kebutuhan nutrisi harian si Guppy.

Untuk mendapatkan makanan ikan guppy yang satu ini tidak sulit kok. Banyak tersedia di berbagai toko ikan hias ataupun marketplace online Aqua Friends. Biasanya penjual menempatkannya pada cup kecil, sehingga mudah dan praktis dari segi packagingnya.

Grindal Worm

grindalworm

Bentuk dan warnanya pun mirip dengan Microworm, perbedaannya terletak pada ukuran dari kedua jenis cacing ini. Grindal Worm cenderung memiliki ukuran yang lebih besar daripada Microworm.

Selain itu, kandungan nutrisinya pun tak kalah dengan Microworm Aqua Friends. Sehingga cocok untuk pertumbuhan si Guppy. mendapatkannya pun relative mudah, cacing jenis ini banyak dijual di marketplace online.

Artemia

artemia

Artemia merupakan sejenis udang kecil yang berukuran seperti kutu air, sangat kecil, suka bergerombol dan berwarna merah. Selain dikenal dengan nama tersebut, Artemia juga dikenal dengan sebutan Brine Shrimp, karena pada dasarnya pakan ini tergolong dalam family udang.

Dalam pemberian makan pada Guppy, membutuhkan sedikit waktu dalam persiapannya. Yakni, si Artemia perlu ditetaskan terlebih dahulu, sebab para penjual biasa menjualnya berupa telur.

Artemia atau Brine Shrimp ini juga memiliki kandungan nutrisi yang lengkap untuk Guppy Aqua Friends. Pun juga termasuk dalam salah satu makanan favorit ikan Guppy dan berbagai jenis ikan hias lainnya.

Jentik Nyamuk

jentik nyamuk

Selain ikan Cupang, ternyata Guppy juga gemar dengan jenis pakan satu ini. Banyak masyarakat kita yang memanggilnya dengan sebutan encuk. Untuk mendapatkannya sangatlah mudah dan tak perlu mengeluarkan biaya sedikitpun Aqua Friends. Kecuali kalau memang kalian ingin membelinya di toko ikan.

Pakan satu ini memiliki kandungan yang cocok dan bagus untuk pertumbuhan ikan Guppy. Selain keunggulannya yang mudah didapatkan, Encuk juga memiliki kadar protein tinggi lho. Namun, jenis pakan ini tidak mampu bertahan lama karena proses metamorphosis menjadi nyamuk.

Blood Worm

bloodworm

Blood Worm atau juga disebut cacing darah juga masuk dalam daftar pakan ikan Guppy. Sebenarnya cacing darah merupakan larva nyamuk Chironomus Aqua Friends, namun jika dilihat secara sekilas mirip dengan cacing yang bergerombol dan warnanya pun merah.

Biasanya para penjual menyediakan pakan ini dalam bentuk beku, harganya pun disesuaikan berdasarkan ukurannya. Selain itu, Blood Worm memiliki kadar protein yang cukup tinggi yakni 62,5% dan kandungan lemak sebesar 10%. Sehingga cocok untuk pertumbuhan ikan Guppy.

Daphnia Magna

Daphnia Magna merupakan sejenis kutu air yang berasal dari daerah Amerika. Namun, sudah banyak dikembangkan oleh para peternak di Indonesia. Sehingga kalian tak perlu repot-repot mencarinya ataupun impor dari negara asalnya Aqua Friends.

Selain itu, kandungannya pun sangat bagus untuk Ikan Guppy, berupa protein rendah lemak dan juga air. Dengan berbagai kandungan tersebut, sangat cocok untuk menjaga pesona dan keindahan si Guppy.

Kutu Air

kutu air

Jika Daphnia Magna berasal dari Amerika, untuk yang satu ini produk lokal dari sekitar kita Aqua Friends. Jika kalian mau berusaha, kalian tak perlu membelinya di toko ikan. Karena Kutu Air banyak ditemui di daerah persawahan ataupun sungai yang beraliran tenang.

Dari beberapa jenis makanan di atas, inilah yang memiliki kandungan protein tertinggi yakni sekita 66%. Pun juga kandungan lemaknya yang rendah sangat cocok dijadikan makanan ikan Guppy.

Vinegar Eel

vinegar eel

Bagi kalangan peternak Guppy, jenis pakan satu ini sangat cocok Aqua Friends. Karena jenis pakan ini cocok untuk sekumpulan ikan Guppy dalam satu kolam. Vinegar Eel dikembangkan atau diternakan dalam media cuka apel.

Baca Juga: 20+ Jenis Ikan Guppy Termahal yang Paling Banyak Dicari!

Pelet Ikan Guppy

Selain berbagai pakan alami di atas, ada juga beberapa pakan komersial berupa pellet yang cocok untuk ikan Guppy Aqua Friends. Jadi bisa kalian gunakan untuk melengkapi kebutuhan nutrisi yang dibutuhkan ikan Guppy. Apalagi, beberapa makanan alami di atas hanya digunakan sebagai pakan selingan saja.

Nah, berikut beberapa pakan komersial ikan Guppy yang direkomendasikan.

Hikari Tropical Fancy Guppy

 

Pellet Guppy satu ini biasanya tersedia dalam ukuran 22gram. Jenis pellet ini dapat digunakan sebagai makanan sehari-hari ikan Guppy Aqua Friends. Selain itu, keunggulan dari pellet ini adalah sangat bagus untuk pertumbuhan anakan ikan Guppy hingga usia dewasa.

Ocean Free Super Guppy

ocean free super guppy

Meskipun lebih mahal dari merk sebelumnya, Pcean Free Super Guppy dikenal bagus untuk pakan sehari-hari. Bahkan dikalangan penghoby ikan hias, merk ini sudah begitu terkenal. Pun juga banyak pemelihara Guppy yang memberikan pellet merk ini pada peliharaannya.

Sayuran

Selain daftar makanan di atas, sayur-sayuran juga sangat bagus diberikan untuk Ikan Guppy. hal tersebut dilakukan untuk menjaga diet si Guppy. Pun juga, kandungan serat dan vitamin dalam sayuran sangat bagus untuk petumbuhan dan keindahan ikan Guppy.

Ada berbagai macam sayuran yang cocok diberikan pada Guppy, untuk lebih lengkapnya silahkan cek di bawah ini. Simak baik-baik yah Aqua Friends.

Sayuran Untuk Ikan Guppy

Bayam

Bayam merupakan sayuran yang kaya akan kandungan vitamin A, C, Folat, dan juga magnesium. Jika dikonsumsi oleh manusia, maka dapat meningkatkan system kekebalan tubuh kita. Pun juga dengan ikan Guppy, tentunya bisa menjadi salah satu makanan yang efektif untuk menjaga kesehatan ikan Guppy.

Cara memberikan bayam pada Guppy, bisa langsung kalian berikan mentah-mentah dengan memotongnya menjadi beberapa bagian kecil. Atau jika ingin mudah dicerna oleh Guppy, kalian bisa merebus bayam terlebih dahulu sehingga akan memudahkan Guppy untuk memakannya.

Selada

selada

Selain bayam, selada juga kaya akan kandungan vitamin A, C, dan K. Sehingga bagus untuk kesehatan kulit, apalagi jika dikonsumsi oleh Ikan Guppy. Maka, dapat menjaga pesona dan keindahan warnanya Aqua Friends.

Kalian bisa memberikan selada dengan cara memotongnya menjadi beberapa bagian kecil. Sehingga akan memudahkan ikan Guppy untuk memakannya.

Mentimun

mentimun

Mentimun dikenal sebagai salah satu sayuran ataupun buah yang kaya akan vitamin B, C dan K. apalagi berbagai kandungan vitamin B nya begitu banyak Aqua Friends, mulai dari B1, B2, B3, B5, dan juga B9. Dimana vitamin-vitamin tersebut sangat bagus untuk kesehatan ikan Guppy.

Untuk memberikan mentimun ini, pertama kalian harus membersihkan bijinya. Lalu, bisa memotongnya menjadi beberapa bagian kecil.

Wortel

wortel

Wortel dikenal dengan kandungan A dan karotennya yang tinggi. Sehingga bisa menjaga keindahan warna pada ikan Guppy. Selain itu, ada juga beberapa vitamin lainnya seperti Vitamin K1, B6, dan juga Kalium.

Cara memberikan wortel pada Ikan Guppy cukup mudah Aqua Friends. Pertama kalian bisa memotongnya menjadi beberapa bagian kecil. Lalu rebuslah wortel tersebut sampai sedikit lunak, lalu berikan potongan wortel yang sudah direbus pada ikan Guppy.

Cara Memberi Makan Ikan Guppy Dewasa

Ikan Guppy dikenal sebagai ikan hias yang porsi makannya sedikit namun teratur Aqua Friends. Jadi, kuncinya adalah menjaga pola makan dari si Guppy ini. Kalian bisa memberikan pakan berupa pellet sebagai makanan pokoknya, dengan beberapa pakan alami sebagai pelengkapnya. Pun juga, jangan lupa sesekali berilah sayuran pada ikan peliharaan kalian.

Berikut langkah-langkah cara memberikan makan ikan Guppy:

  1. Pilihlah pellet yang cocok dan memiliki kandungan nutrisi baik untuk Guppy.
  2. Berikan makan sebanyak 2 – 3 kali sehari, dengan porsi sejimpit saja. Namun, juga disesuikan dengan jumlah ikan dalam satu aquarium.
  3. Berikan pakan pelengkap berupa pakan alami ataupun sayuran. Kalian bisa memberikannya sebanyak 3 kali dalam seminggu.
  4. Jangan terlalu berlebihan dalam memberi makan, karena hal tersebut dapat mempengaruhi kebersihan aquarium.

Tips Memberi Makan Burayak Ikan Guppy

makanan anak ikan guppy

Beda usia Guppy, berbeda juga cara penangannya Aqua Friends. Untuk burayak atau anakan Guppy, ada tips khusus dalam cara pemberian makanan hariannya. Usia ideal burayak Guppy membutuhkan makanan adalah saat berusia dua minggu. Nah, ketika sudah menginjak usia tersebut ada beberapa hal yang perlu kalian perhatikan, silahkan disimak.

  1. Saat usia Guppy menginjak dua minggu, kalian bisa memberikan pakan berupa kuning telur yang direbus.
  2. Selain itu, berikan anakan Guppy kutu air yang disaring.
  3. Porsi makan burayak tidaklah banyak, kalian cukup berikan makan sebanyak 2 kali. Yakni pagi dan sore.

Cara Merawat Ikan Guppy

Ikan Guppy merupakan jenis ikan hias yang tidak begitu ribet Aqua Friends. Ikan ini sangat mudah dipelihara bahkan oleh pemula sekalipun. Asal kita telaten dan merawatnya dengan baik, niscaya Guppy akan tetap tumbuh sehat dan terjaga keindahannya.

Nah, berikut langkah-langkah merawat ikan Guppy yang baik:

  1. Pilihlah aquarium yang ideal, tergantung dari jumlah ikan Guppy yang ingin dipelihara.
  2. Berikan beberapa tanaman air di dalam aquarium. Untuk aquascape, ikan Guppy sangat cocok dijadikan penghuni dalam aquarium.
  3. Jagalah kebersihan dan kualitas air dengan baik. Kalian bisa menggunakan filter aquarium untuk menjaga sirkulasi air dalam aquarium.
  4. Berikan asupan makanan ikan Guppy yang bernutrisi. Dan juga jaga dengan baik pola makan dari ikan peliharaan kalian.
  5. Bersihkan aquarium secara berkala. Jika kalian menggunakan filter aquarium, kalian bisa membersihkan aquarium dalam jangka waktu 2 – 3 minggu sekali.
  6. Pilihlah teman Ikan Guppy yang satu tipe, yakni ikan hias yang memiliki sifat tenang dan damai. Kalian bisa memilih ikan neon tetra sebagai teman si Guppy.

Baca Juga: 25+ Jenis Ikan Neon Tetra Lengkap dengan Harga

Kunci merawat Guppy adalah paham dan mengerti dengan kebiasaannya. Kalian bisa mempelajarinya dari pola hidup ikan ini di habitat aslinya. Jika kalian merawatnya dengan baik, maka kalian tak akan bosan melihat keindahan dan pesona dari si Guppy.

Oke, mungkin itu saja pembahasan kita mengenai makanan ikan Guppy dan berbagai hal yang berkaitan. Semoga dapat menambah pengetahuan dan referensi kalian. Tetap rawat dan berikan makan ikan peliharaan kalian dengan baik dan teratur yah Aqua Friends.

Terima kasih sudah berkunjung di Aquapedia.id.

Tinggalkan komentar

Nilai kami*