ikan oscar

Makanan Ikan Oscar

Dalam merawat ikan Oscar, tentu kita perlu memperhatikan kebutuhan ataupun asupan nutrisi yang akan diberikan. Dengan begitu kesehatan dan pertumbuhan si Oscar akan berjalan dengan baik dan lancar.

Tentunya, asupan nutrisi yang utama diperoleh dari makanan yang tepat. Maka dari itu, kita perlu memperhatikan kandungan dalam makanan yang diberikan untuk ikan Oscar.

Di habitat aslinya, ikan ini gemar memakan ikan-ikan kecil ataupun serangga air. Lantas bagaimana jika kita memeliharanya di dalam aquarium?.

Pada artikel seputar jenis dan harga ikan Oscar, kita telah membahas tentang berbagai jenis dan tips perawatan sehari hari.

Nah, pada kesempatan kali ini, author akan mengulas berbagai jenis makanan ikan Oscar yang cocok dan mengandung nutrisi tinggi. Dengan begitu, kalian bisa memenuhi kebutuhan sehari-hari ikan peliharaan kalian.

Check it out!

Makanan Pabrikan

Salah satu opsi terbaik dalam pemilihan makanan, adalah menggunakan produk dari pabrik Aqua Friends. Selain praktis, tentu para produsen telah memperhatikan kandungan dalam pakan yang diproduksinya.

Nah, berikut ini daftar makanan pabrikan yang bisa diberikan pada ikan Oscar, simak baik-baik yah.

Hikari Growth Sinking

Hikari Growth Sinking

Harga: Rp 175.000 per 1 kg (Repack).

Pellet satu ini cukup menarik dan unik, pasalnya mengandung bahan-bahan alami meliputi buah alpukat, bawang putih, dan juga Wheat Germ Oil.

Selain itu ukuran dari pellet ini lumayan kecil Aqua Friends, hanya 2 mm. Dalam berbagai komposisi tersebut, Hikari Growth Sinking juga mengandung prebiotic yang bagus untuk perkembangan ikan.

Pun juga tak lupa dengan kandungan protein yang cukup tinggi, sekitar 40%.

Bio Top

Bio Top

Harga: Rp 25.000 – Rp 35.000 (tergantung jenis dan ukuran)

Bio Top memang dikenal sebagai salah satu merk pakan ikan yang cukup popular. Karena bisa membantu bagi para penghoby ikan predator yang mengalami masalah pada nafsu makan/ketergantungan pakan alami.

Pasalnya, Bio Top tersedia dalam beberapa varian, seperti cacing kering dan ulat hongkong kering. Dimana hal ini akan sangat memudahkan kita karena praktis Aqua Friends.

Pun juga kandungan dalam pakan Bio Top dikenal bagus, karena mengandung asam amino dan juga protein.

Akari Maggot Pro

Akari Maggot Pro

Harga: Rp 17.500 – Rp 25.000 (tergantung ukuran)

Akari Maggot Pro dikenal karena harganya yang terjangkau. Selain itu, kandungan nutridi dalam merk ini cukup bagus, dengan protein sebanyak 45%.

Selain cocok sebagai pakan ikan Oscar, Akari Maggot Pro juga cocok untuk berbagai jenis ikan predator lainnya. Seperti Arwana, Louha, ataupun Peacock Bass.

Aquafin Natural Fish Food

 

Harga: Rp 60.000

Merk pakan satu ini terdapat kandungan krill di dalamnya, sehingga sangat bagus untuk menambah nafsu makan dari ikan Oscar.

Selain itu, terdapat kandungan protein yang cukup tinggi, yakni sekitar 38%. Dan juga rendah lemak Aqua Friends, dengan begitu bisa membantu diet dari ikan Oscar peliharaan kalian.

GS-18 Royal Red

 

Harga: Rp 240.000 (1,4 kg)

Jika kalian memiliki masalah terkait warna dari ikan peliharaan, maka Royal Red bisa menjadi pilihan untuk pakan harian.

Karena, jenis pakan ini mengandung ekstrak minyak nabati dan juga carotene yang cukup tinggi, yang sangat cocok untuk perawatan kulit dan warna ikan.

Pun juga, terdapat omega 3 dan omega 9, serta berbagai Vitamin lainnya yang sangat cocok untuk menjaga nutrisi dan kesehatan ikan Oscar sehari-hari.

Jika kalian keberatan dengan harga tersebut, biasanya ada yang menjual kemasan repack per 100 gram dengan harga Rp 35.000.

Vibra Bites

 

Harga: Rp 5.000 (5 gram), Rp 45.000 (73 gram), Rp 160.000 (280 gram)

Pellet dari Vibra Bites memiliki tipe Very Slow Sinking, yang berarti pakan ini tidak mudah tenggelam dalam air.

Sama seperti GS-18 Royal Red, Vibra Bites juga mampu untuk membantu dalam perkembangan warna ikan Oscar. Meskpin demikian, jenis pakan ini bisa digunakan oleh beberapa ikan hias lain.

Kandungan di dalam Vibra Bites juga tak kalah bagus dengan merk lain Aqua Friends. Kaya akan protein, carotene dan juga vitamin yang cocok untuk pertumbuhan dan kesehatan ikan hiass kalian.

Tetra Bits Complete

 

Harga: Rp 30.000 (30 gram), Rp 90.000 (93 gram)

Tetra Bits masuk dalam salah satu jenis pakan hias terbaik dan berkualitas tinggi. Kandungan nutrisi di dalamnya telah disesuaikan dengan kebutuhan dari ikan hias, termasuk ikan Oscar.

Dalam kandungannya tersebut, terdiri dari vitamin dan trace elemen. Terkhusus Vitamin C, sangat bagus untuk menjaga daya tahan dan kesehatan ikan peliharaan kalian.

Selain beberapa makanan pabrikan di atas, drfoxmag.com juga mereferensikan menggunakan merk pakan Tetra Cichlid, Wardley Shrimp, dan juga Cobalt Aquatic Shrimp Pellet.

Baca Juga: 13 Jenis Makanan Ikan Arwana Agar Sehat dan Cepat Besar

Makanan Alami

Berbagai jenis pellet atau pakan ikan Oscar pabrikan di atas, sangat cocok digunakan dalam keseharian. Sehingga kalian tak perlu repot dalam urusan makanan.

Disamping itu, kalian juga membutuhkan asupan tambahan berupa makanan alami demi menjaga karakter dari Ikan Oscar.

Ada berbagai jenis makanan alami untuk ikan Oscar, dengan begitu kebutuhan nutrisi hariannya akan terpenuhi dengan baik.

Nah, 7 makanan alami terbaik versi Aquapedia yang bisa kalian gunakan:

Ikan Kecil

Ikan komet

 

Berbagai jenis ikan kecil bisa digunakan sebagai pakan ikan Oscar, mulai dari ikan Cere ataupun ikan komet. Karena di habitat aslinya, ikan Oscar gemar sekali memakan ikan yang lebih kecil.

Dengan begitu, karakter buas dan agresifitas dari ikan Oscar bisa terjaga dengan baik meskipun berada di dalam aquarium.

Untuk mendapatkan ikan-ikan kecil ini, cukup mudah dan murah Aqua Friends. Ikan Cere sendiri di jual dengan harga Rp 30.000 per 500 gram, dan sudah berbentuk beku. Sedangkan ikan komet, bisa kalian beli di berbagai toko ikan hias dengan harga Rp 2.000 per ekor.

Cacing Sutra

cacing sutra

Hampir semua jenis ikan hias doyan makan cacing sutra, tak terkecuali ikan Oscar. Makanan sejuta ikan ini sangat mudah dan murah untuk di dapatkan.

Namun, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam memberi makanan jenis ini, terkhusus kebersihannya. Sebelum diberikan pada ikan Oscar, hendaknya bersihkan cacing sutra dengan air yang mengalir.

Untuk para peternak Oscar, tentu sangat terbantu dengan memberikan pakan jenis ini. Selain murah, juga sangat cocok untuk sekelompok bibit ikan Oscar.

Di toko ikan, kalian bisa membeli cacing sutra dengan harga Rp 5.000 saja, bisa lebih berdasarkan banyaknya cacing yang ingin dibeli.

Ulat Hongkong

ulat hongkong

Selain bagus untuk ikan Arwana, ulat hongkong juga sangat cocok untuk ikan Oscar. Dalam memberikan ulat hongkong pada si Oscar, cukup 2 – 3 ekor ulat untuk satu ikan dalam sekali makan.

Jika terlalu banyak, akan menimbulkan masalah pencernaan (perut panas) pada ikan, sehingga membuat nafsu makan ikan menurun.

Untuk membeli atau mendapatkannya sangatlah mudah Aqua Friends. Ulat hongkog banyak dijual di toko burung ataupun toko ikan hias. Harganya pun juga relative murah, sama dengan harga cacing sutra. Atau kalian bisa request sesuai budget kalian.

Jangkrik

jangkrik

Jangkrik memang dikenal memiliki kandungan protein yang tinggi dan rendah lemak. Sehingga sangat cocok untuk menunjang asupan nutrisi pada ikan Oscar.

Untuk memberikan pakan ini, kalian cukup membersihkan bagian kaki belakang dan kepalanya sebelum diberikan pada si Oscar. Satu kali makan, berikan 2 – 3 ekor jangkrik untuk satu ekor ikan Oscar.

Untuk mendapatkan jangkrik cukup mudah, kalian bisa menjumpainya di toko burung ataupun peternak jangkrik secara langsung. Jika membeli di peternak jangkrik, kalian bisa mendapatkannya dengan harga Rp 40.000 per kilogram (tergantung musim).

Udang Air

udang air

Selain jangkrik, udang juga menjadi salah satu makanan favorit untuk berbagai ikan hias. Dengan kandungan protein yang tinggi, dan juga rendah lemak sangat cocok dalam membantu diet dari ikan Oscar.

Kalian bisa memberikan udang minimal 2 kali dalam seminggu, hal ini dimaksudkan agar kesehatan dan pertumbuhan ikan Oscar tetap terjaga dengan baik.

Harga udang memang lebih mahal dibandingkan dengan jenis pakan lain, namun tentunya akan mendatangkan manfaat yang lebih “mahal” juga Aqua Friends.

Untuk mendapatkan udang air, kalian bisa membeli di pasar ataupun marketplace seperti tokopedia/bukalapak (biasanya sudah berbentuk beku). Harganya pun cukup variative, mulai dari Rp 35.000 hingga Rp 60.000.

Kelabang

kelabang

Selain ikan Arwana, ikan Oscar juga gemar memakan kelabang Aqua Friends. Namun, kalian tetap perlu memperhatikan porsi yang diberikan, sebaiknya jangan terlalu sering karena akan membuat si Oscar kecanduan dan enggan memakan jenis pakan lain.

Tak perlu risau untuk mendapatkan seekor kelabang, telah banyak yang menjual kelabang hkidup-hidup untuk pakan ikan. Harganya pun cukup murah, hanya Rp 6.000 per ekor.

Dan dosis pemberian kelabang ini, kalian cukup memberikannya paling tidak sekali dalam seminggu ataupun dua minggu.

Potongan Daging

potongan daging

Yang terakhir adalah potongan daging, bisa daging ayam ataupun daging sapi. Jenis pakan ini bersifat opsional Aqua Friends, sesuaikan dengan kemampuan kalian saja.

Namun, tak ada salahnya untuk mencoba. Daging ayam ataupun daging sapi dikenal memiliki kandungan protein yang baik, bagi manusia ataupun bagi ikan Oscar.

Memberi makan berupa potongan daging ini bisa membantu pertumbuhan ikan Oscar agar cepat besar lho. Dan tentunya tetap sehat karena kaya akan nutrisi baik lainnya.

Makanan untuk Anakan (Burayak) Ikan Oscar

Bagi para peternak, saat bibit ataupun anakan ikan Oscar sudah berusia 4 hari ke atas, maka anakan ikan ini sudah membutuhkan makanan.

Nah, ada tips dari author mengenai makanan terbaik untuk anakan ikan Oscar agar cepat besar.

Kalian bisa menggunakan tiga jenis pakan ini dalam perawatannya, sehingga anakan ikan tersebut bisa tumbuh dengan baik dan sehat tentunya.

Rotifera

rotifera

Saat anakan Oscar mulai menetas, hingga usia 3 hari mereka belum membutuhkan makanan. Namun, saat menginjak hari ke-4, sudah saatnya kalian berikan makan Aqua Friends.

Makanan yang tepat untuk anakan ikan Oscar saat masih berusia 4 hari  adalah Rotifera.

Rotifera merupakan seekor hewan pseudoselomata mikroskopis, mirip seperti plankton karena tidak bisa dilihat dengan mata telanjang.

Lalu bagaimana mendapatkan jenis makanan ini? Tak perlu khawatir Aqua Friends, kalian bisa membelinya di beberapa marketplace seperti Bukalapak atau Tokopedia.

Biasanya, Rotifera dijual dalam bentuk botolan ataupun ember. Harganya cukup variatif tergantung ukuran.

Untuk satu ember Rotifera, kalian bisa mendapatkannya dengan harga Rp 75.000. Namun, jika kalian hanya membutuhkan porsi yang sedikit, kalian bisa membeli yang berbentuk botol dengan harga Rp 12.000 hingga Rp 15.000.

Kutu Air

kutu air

Kedua, saat anakan Oscar sudah berusia 10 hingga 14 hari, kalian bisa menggunakan kutu air sebagai makanan pokok harian.

Kutu air memang dikenal bagus untuk beberapa jenis anakan ikan (burayak), mulai dari ikan Cupang ataupun ikan Oscar.

Dalam satu kolam berisikan ± 200 ekor anakan ikan Oscar, kalian bisa memberikan kutu air sebanyak setengah ember kecil dalam sekali makan.

Sudah banyak yang menjual kutu air di berbagai marketplace, harganya pun variative. Mulai dari Rp 5.000 hingga Rp 20.000, tergantung pada banyaknya kutu air yang ingin dibeli.

Namun, jika kalian mau berhemat, kalian bisa membudidayakan sendiri kutu air ini dalam kolam ataupun empang. Dengan begitu akan lebih menghemat pengeluaran kalian dalam budidaya ikan Oscar.

Artemia

artemia

Yang kedua adalah Artemia. Jenis pakan ini juga dikenal sangat bagus untuk pertumbuhan anakan ikan Oscar.

Biasanya para penjual artemia menyediakannya dalam bentuk telur, sehingga kalian perlu menetaskannya terlebih dahulu sebelum memberikannya.

Harga artemia juga variative Aqua Friends, tergantung ukurannya. Mulai dari Rp 20.000 (10 gram) hingga Rp 600.000 (425 gram)

Tips Memberikan Makanan Ikan Oscar

cara memberi makan ikan oscar

Setelah kita mengetahui berbagai jenis makanan ikan Oscar, ada tips dari author bagaimana memberikan makan pada ikan Oscar yang baik dan efektif.

Umumnya, ikan Oscar merupakan jenis ikan yang doyan atau rakus dalam hal makanan. Maka kalian bisa memberikan makan sebanyak 3 kali dalam sehari.

Detailnya, ikuti langkah-langkah berikut ini:

  1. Saat pagi hari, waktu yang ideal untuk memberikan makan adalah sekitar pukul 07:00 hingga 08:00. Di waktu ini merupakan waktu yang ideal untuk si Oscar sarapan. Nah, kalian bisa memberikan pakan berupa jangkrik ataupun udang.
  2. Di waktu siang hari, berikan makan saat pukul 12:00 hingga 13:00, saat inilah ikan Oscar mulai lapar. Saat siang hari, kalian bisa memberikan makanan berupa pellet, sehingga kebutuhan nutrisinya tetap seimbang dan terjaga.
  3. Terakhir, saat sore hari kalian bisa memberikan makan sekitar jam 17:00 hingga 19:00. Saat malam, kalian boleh memberikan pellet ataupun pakan alami sebagai makan malam si Oscar.
  4. Di setiap saat memberikan makan, author sarankan langsung menggunakan tangan kalian dan didekatkan pada permukaan air di aquarium. Hal ini dimaksudkan untuk membentuk mental si ikan Oscar.

Cukup mudah kan Aqua Friends? secara simpel, begitulah cara memberikan makan ikan Oscar yang baik dan benar.

Jika ada pertanyaan seputar makanan ikan Oscar, jangan ragu untuk komen di kolom komentar yah. Author juga dengan senang hati menerima berbagai saran, kritik ataupun masukan dari kalian.

Oke, mungkin itu saja pembahasan kita mengenai berbagai referensi seputar makanan ikan Oscar. Semoga artikel ini dapat membantu dan menjawab permasalahan kalian.

Terima kasih. ?

Tinggalkan komentar

Nilai kami*