Tanaman aquascape

Tanaman Aquascape

Aquascape merupakan sebuah seni ataupun hobby menanam dan mengatur berbagai tanaman dan juga berbagai aksesoris pendukung di dalam aquarium.

Ada berbagai jenis model ataupun tema yang biasa di terapkan oleh para pembuatnya. Mulai dari Iwagumi, Thailand style, dan masih banyak lagi. Kalian bisa cek lengkapnya di artikel: Berbagai Inspirasi Desain Aquascape Terbaru.

Dalam prakteknya, para penghobby ini menggunakan berbagai jenis tanaman aquascape. Hal tersebut dimaksudkan untuk menambah warna dan variasi dari isi aquariumnya.

Ada banyak sekali jenis tanaman-tanaman tersebut Aqua Friends. Nah, kali ini Aquapedia ingin membahas tanaman aquascape berdasarkan sifat dan kegunaannya.

Mulai dari tanaman untuk karpet/dasaran aquarium, tanaman yang tidak membutuhkan CO2, dan berbagai tanaman yang bisa ditemukan disekitar kita.

Oke, lebih lengkapnya silahkan simak pembahasan berikut ini.

Tanaman Karpet Aquascape

Beberapa orang bahkan banyak, menggunakan jenis tanaman ini untuk mempercantik tampilannya. Karena pertumbuhan tanaman karpet akan memberikan tampilan di bagian alas/dasar aquarium sehingga tampak lebih hidup.

Nah, disini Aquapedia menyediakan 10 referensi tanaman karpet yang bisa kalian terapkan pada aquascape kalian. Check it out!

Dwarf Baby Tears

Harga Dwarf Baby Tears Rp 10.000 – Rp 20.000

Dikenal juga dengan nama latin Hemianthus Callitrichoides, jenis tanaman ini merupakan salah satu yang terbaik sebagai foreground plant.

Bentuk daunnya yang kecil dan juga imut, akan memberikan kesan elegan dan lembut di dalam aquarium kalian. Jika dipangkas dengan tepat dan teratur, tanaman yang berasal dari Amerika Selatan ini juga bisa melayang di permukaan air Aqua Friends.

Dalam jangka waktu tertentu, Dwarf Baby Tears akan membentuk karpet tebal di atas substrat aquarium setelah ditanam.

Untuk perawatannya, Dwarf Baby Tears membutuhkan pencahayaan yang terang dan juga substrat yang bernutrisi baik.

Dwarf Hairgrass

Harga Dwarf Hairgrass Rp 10.000 – Rp 20.000

Dwarf Hairgrass merupakan tanaman karpet aquascape yang tergolong cepat dalam pertumbuhannya. Pun juga perawatannya tergolong mudah Aqua Friends.

Kondisi air yang ideal untuk jenis tanaman ini adalah yang memiliki range pH sekitar 6,5 – 7,5. Dari segi pencahayaan pun tak perlu yang begitu terang, hanya membutuhkan tingkat pencahayaan yang medium.

Dari segi tampilan, Dwarf Hairgrass seolah-olah mirip seperti alang-alang ataupun rumpt liar. Namun, dengan ciri khasnya tersebut bisa menambah karakter nature di dalam aquarium kalian.

Pygmy Chain Sword

Harga Pygmy Chain Sword Rp 10.000

Sesuai dengan namanya, bentuk daun dari tanaman ini memang menyerupai pedang Aqua Friends. Pun juga masuk dalam salah satu foreground plants terbaik untuk aquascape.

Dikenal juga dengan nama Echinodorus Tenellus ataupun Narrow Leaf Chain Sword, jenis tanaman ini mampu tumbuh menyebar dan membentuk karpet di dalam aquarium.

Selain itu, pertumbuhan dari Pygmy Chain Sword terhitung sangat cepat Aqua Friends. Pertumbuhan maksimal dari tanaman ini bisa mencapai tinggi 5 – 8cm.

Dalam perawaannya juga tergolong mudah, dan hanya membutuhkan tingkat pencahayaan yang medium.

Sagittaria Dwarf

Harga Sagittaria Dwarf Rp 8.000

Dikenal juga dengan nama Sagittaria Subulata, jenis tanaman ini sangat cocok untuk pemula karena sifatnya yang “bandel”. Alias bisa mentolerir pH yang sangat tinggi  dan kondisi air yang keras.

Namun, kondisi air yang ideal untuk pertumbuhan Sagittaria Dwarf adalah yang memiliki pH sekitar 6,5 – 7,5. Pertumbuhannya pun bisa sangat tinggi lho, bisa mencapai 30 cm. Maka dari itu, kalian perlu melakukan pemangkasan secara teratur.

Selain itu, jenis tanaman ini bisa hidup meskipun tanpa adanya CO2 Aqua Friends. Jika kalian menambahkan CO2 ke dalam aquarium, maka konsekuensinya kalian harus memberi pencahayaan yang lebih tinggi.

Karena pada dasarnya, Sagittaria Dwarf bisa hidup dengan baik dalam kondisi pencahayaan yang sedang/medium saja.

Marsilea Hirsuta

Harga Marsilea Hirsuta Rp 10.000 – Rp 20.000

Pasti kalian mengetahui bentuk daun Clover? Yap! Jika diamati sekilas, Marsila Hirsuta memiliki tampilan serupa dengan Clover empat daun. Dan dari jenisnya juga ada yang memiliki jumlah tiga daun.

Tanaman karpet ini berasal dari Australia Aqua Friends, karena bentuknya yang unik dan sangat cantik saat ditanam secara bersamaan. Menjadikan Marsila Hirsuta sangat cocok sebagai Foreground Plants untuk aquascape kalian.

Dalam perawatannya, tanaman ini membutuhkan suhu air sekitar 18 °C hingga 28°C. Sedangkan pH yang ideal sekitar 5 hingga 7,5. Lalu untuk pencahayaannya, tanaman ini membutuhkan tingkat pencahayaan yang tinggi.

Apabila asupan cahaya kurang, maka pertumbuhan dari tanaman ini akan melambat Aqua Friends.

Micro Sword Grass

Harga Micro Sword Grass Rp 15.000

Untuk mendapatkan Micro Sword Grass sangatlah mudah, para pedagang kelengkapan aquascape telah banyak yang menjualnya. Pun juga harganya relative murah.

Micro Sword Grass juga memiliki berbagai nama lain, seperti halnya Brazilian Micro Sword, Copragrass, Carpet Grass dan juga Lilaeopsis Brasiliensis.

Bagi kalian yang ingin menanam tanaman karpet untuk aquascape, maka tanaman ini cukup cocok Aqua Friends. dari segi tampilan pun tidak mengecewakan.

Christmas Moss

Harga Christmas Moss Rp 15.000

Secara umum, Christmas Moss (Xmas Moss) digunakan untuk memperindah tampilan bebatuan ataupun kayu di dalam aquascape. Karena mampu menambah karakter dan aura nature di dalam aquarium.

Namun sebagai tanaman karpet, Xmass Moss juga bisa digunakan Aqua Friends. Dikenal dengan nama latin Vesicularia Montagnei, tampilan tanaman ini mirip seperti Moss pada umumnya. Hanya saja memiliki keunikan bentuk daunnya yang menyerupai pohon natal.

Tanaman ini bisa hidup meskipun tanpa asupan CO2, namun untuk pertumbuhan yang maksimal, menggunakan CO2 juga dianjurkan untuk menjaga keindahan warnanya.

Satu hal yang perlu kalian perhatikan dalam menanam tanaman ini, jangan membuat perubahan yang drastis dalam kondisi aquarium kalian. Baik dari segi suhu ataupun pH air.

Dalam perawatanya suhu air yang ideal untuk si Xmass Moss kisaran pada 18°C hingga 26°C, sedangkan pH air yang baik sekitar 5 – 7.5.

Downoi (Pogostemon Helferi)

Harga Downoi di pasaran sekitar Rp 15.000

Downoi merupakan tanaman aquascape yang berasal dari Thailand Aqua Friends. Di negara asalnya, tanaman ini dijuluki sebagai little star karena bentuk daunnya yang memiliki 5 cabang seperti bintang.

Pertumbuhan dari tanaman ini bisa mencapai ukuran 5 hingga 10 cm. Sebagai tanaman karpet, tentunya Downoi akan memberikan tampilan Foreground yang menarik dan cantik.

Dengan pencahayaan yang baik dan substrat yang tinggi nutrisi. Tanaman ini akan banyak membentuk tunas samping dan menghasilkan akar kecil.

Tanaman ini mampu tumbuh dengan cepat dan membentuk hamparan karpet di dalam aquarium yang mengesankan.

Staurogyne Rubescens

Harga Staurogyne Rubescens Rp 7.000 – Rp 20.000

Staurogyne Rubescens dikenal sebagai tanaman air yang mudah untuk dirawat. Sehingga sangat cocok bagi aquascaper pemula.

Tanaman ini berasal dari kawasan Sungai Rio Cristalino di bagian Amazon Selatan. Pertumbuhan tanaman ini bisa mencapai tinggi 5 hingga 10 cm. Sedangkan lebar daunnya bisa selebar 3 cm.

Saat menanamnya di aquarium, tunas yang terpanjang baiknya dipotong terlebih dahulu. Hal tersebut bertujuan agar tunas bisa merayap secara horizontal dan membentuk akar yang baru.

Dengan begitu, pertumbuhannya bisa rata dan menampilkan pemandangan karpet di dalam aquarium yang indah.

Anubias Nana

Harga Anubias Nana di pasaran sekitar Rp 25.000 – Rp 50.000

Anubias Nana merupakan salah satu jenis dari berbagai jenis Anubias lainnya. Kalian bisa cek lebih lengkapnya di sini.

Ciri khas dari tanaman aquascape ini adalah bentuk daunnya yang lebar serta berwarna hijau tua. Sehingga jika ditanam secara berkelompok akan menampilkan Foreground yang ciamik Aqua Friends.

Selain itu, Anubias Nana juga memiliki manfaat dalam membantu menjaga air di dalam aquarium tetap bersih dan teroksigenasi dengan baik. Dengan begitu, ikan-ikan yang ada di dalam aquarium pun bisa tumbuh dengan baik dan tentunya sehat.

Baca Juga: Cara Membuat Aquascape Tanpa CO2 Mudah dan Murah

Tanaman Aquascape Tanpa CO2

Selanjutnya, kita akan membahas berbagai tanaman Aquascape yang bisa tumbuh subur meskipun tanpa menggunakan CO2. Tentunya, ada banyak sekali jenis tanaman air yang memiliki kemampuan tersebut.

Berikut 12 jenis tanaman aquascape yang bisa tumbuh subur tanpa CO2. Simak baik-baik Aqua Friends. ?

Moss

Harga Berbagai Tanaman Moss Sekitar Rp 10.000 – Rp 30.000

Kebanyakan dari tanaman jenis Moss dikenal mampu bertahan hidup dengan subur meskipun tanpa CO2. Tanaman yang menyerupai lumut ini tentu menawarkan keindahan tersendiri untuk aquascape.

Selain harganya yang murah, perawatan tanaman Moss juga dirasa mudah. Kalian hanya perlu memangkasnya secara teratur dan rutin.

Ada beberapa tanaman jenis Moss yang mampu hidup tanpa CO2, berikut diantaranya:

  • Java Moss
  • Peacock Moss
  • Christmass Moss (Xmass Moss)
  • Singapore Moss
  • Flame Moss, dan
  • Fissiden Moss

Secara tampilan, memang dari beberapa Moss tersebut memiliki kemiripan. Namun, pada faktanya mereka berasal dari tempat yang berbeda, sesuai dengan namanya.

Ingin tahu lebih banyak mengenai tanaman Moss? Silahkan cek artikel berikut ini: 20 Jenis Tanaman Moss Untuk Percantik Aquascape.

Lilaeopsis

Harga Lilaeopsis Rp 10.000 – Rp 15.000

Lilaeopsis juga merupakan tanaman Foreground yang memiliki keindahan dan kecantikan tersendiri. Meskipun jenis tanaman ini mampu tumbuh tanpa adanya CO2, Lilaeopsis juga bisa digunakan sebagai tanaman karpet pada aquascape.

Tanaman ini memiliki nama lengkap Lilaeopsis Brasiliensis yang berasal dari Kawasan Amerika Selatan, pun juga dapat tumbuh hingga Panjang daun 5 – 7 cm.

Selain itu, perawatannya pun tergolong mudah Aqua Friends.  Sama seperti Moss, Lilaeopsis juga perlu dipangkas secara teratur. Agar pertumbuhan daunnya tidak semrawut.

Dalam mengimplementasikannya, coba hindari dari naungan tanaman lain. Hal tersebut dimaksudkan untuk memberikannya asupan cahaya yang cukup.

Anubias

 

Harga Anubias Rp 15.000 – Rp 150.000

Anubias sangat cocok bagi seorang pemula, karena dalam proses perawatannya tidak membutuhkan CO2.

Ada berbagai jenis tanaman Anubias, lebih lengkapnya kalian bisa cek di artikel berbagai tanaman Anubias.

Sifatnya pun tak jauh beda dengan tanaman lain seperti Java Fern, Singapore Moss, ataupun Peacock Moss. Habitat asli dari tanaman ini adalah daerah tropis, lebih tepatnya di sebelah barat daratan Afrika.

Anubias sangat cocok dalam kondisi pencahayaan yang tenang alias redup, sehingga akan memaksimalkan pertumbuhan bunga di dalam air yang begitu cantik.

Java Fern

Harga Java Fern Rp 3.000 – Rp 25.000

Java Fern merupakan salah satu tanaman yang masuk dalam family Polypodiaceae. Pun juga dikenal dengan sebutan Microsorum Pteropus.

Tanaman ini berasal dari Kawasan Asia Tenggara Aqua Friends, tentunya sangat bisa ditemukan di daerah Indonesia. Java Fern sering tumbuh di bebatuan ataupun tanah yang cenderung basah/lembab. Namun, lingkungan yang mendukung dalam pertumbuhannya adalah saat bagian tanaman ini terendam oleh air.

Dengan begitu sangat cocok apabila dijadikan salah satu penghias di aquascape kalian.

Untuk merawat Java Fern pun tergolong mudah dan cocok bagi seorang pemula. Kondisi air yang ideal untuk tanaman ini adalah yang memiliki pH sekitar 6 – 7. Dan tentunya mampu tumbuh baik meskipun tanpa asupan CO2.

Amazon Sword

Harga Amazon Sword Rp 2.500

Amazon Sword merupakan salah satu tanaman yang umum dijumpai di kalangan penggemar aquascape.

Ada beberapa varian dari Amazon Sword, seperti halnya Echinodorus Bleheri yang memiliki ciri khas daun yang lebar. Pun juga ada Echinodorus Amazonicus yang memiliki daun lebih kecil.

Sesuai dengan namanya, tanaman ini memiliki bentuk daun yang menyerupai pedang. Dalam perawatannya pun tergolong mudah Aqua Friends.

Tanaman ini bisa tumbuh dengan baik meskioun tanpa CO2 dan juga dalam kondisi air dengan pH 6.5 – 7.5.

Eleocharis Parvula

Harga Eleocharis Parvula Rp 15.000

Tanaman ini juga sangat cocok untuk bagi seorang pemula Aqua Friends, karena perawatannya pun tergolong mudah.

Jika dilihat dengan sekilas, tanaman ini mirip seperti rumput liar, namun dengan ciri khas tersebut tentu akan memberikan kesan nature yang cantik untuk aquarium kalian.

Eleocharis Parvula juga bisa digunakan sebagai tanaman karpet, karena memiliki sifat yang mampu tumbuh secara bergerombol. Pun juga memberikan tampilan foreground yang indah.

Tanaman ini bisa tumbuh hingga panjang 3 – 10 cm, maka dari itu kalian perlu memangkas tanaman ini secara teratur.

Riccia Fluitans

Harga Eleocharis Parvula Rp 15.000 – Rp 120.000

Dikenal juga dengan sebutan Floating Crystalwort, Riccia Fluitans juga tergolong sebagai tanaman aquascape yang mampu hidup tanpa asupan CO2.

Tanaman ini memiliki ciri khas yang unik, yakni tumbuh di bagian permukaan air Aqua Friends. Meskipun begitu, Riccia Fluitans juga bisa tumbuh dibagian bawah atau di substrat aquarium.

Riccia Fluitans tergolong tanaman yang memiliki tingkat kesulitan medium untuk dirawat. Meskipun begitu, tanaman ini mampu berkembang dengan sangat cepat Aqua Friends. Terlebih lagi jika mendapatkan asupan cahaya yang cukup, tentu akan membantu dari pertumbuhan tanaman ini.

Cambomba Caroliniana

Harga Cambomba Caroliniana Rp 2.000 – Rp 4.000

Jenis tanaman ini berasal dari Kawasan Amerika Utara dan Selatan, pun juga dikenal dengan sebutan Carolina Fanwort, Carolina Water Shield, dan juga Green Cabomba.

Sama seperti tanaman sebelum-sebelumnya, jenis ini tentu bisa hidup dengan baik tanpa adanya asupan CO2. Pun juga dengan kondisi air dengan pH kisaran 5.7-9.2.

Cambomba Caroliniana juga memiliki kemampuan adaptasi yang hebat Aqua Friends, sehingga sangat bisa jika langsung diterapkan pada aquascape kalian.

Selain itu, tanaman ini juga memiliki bunga yang begitu menawan. Proses perkembangan dan pertumbuhannya pun terhitung cepat. Dengan begitu kalian perlu merawat dan memangkasnya dengan teratur.

Bacopa Monnieri

Harga Bacopa Monnieri Rp 2.500 – Rp 5.000

Bacopa Monnieri dikenal dengan kecantikan bunganya yang berwarna putih yang lembut, yang mirip seperti dengan bunga Melati.

Selain bisa digunakan sebagai tanaman hias untuk aquascape, Bacopa Monnieri juga biasa digunakan sebagai bahan obat tradisional Ayurvedic Aqua Friends.

Jenis tanaman ini juga cocok untuk para pemula di dunia aquascape, karena Bacopa Monnieri tidak membutuhkan perawatan khusus. Dan tentunya bisa hidup dengan baik tanpa CO2.

Kalian hanya perlu menyiapkan asupan cahaya yang cukup (tingkat medium) untuk tanaman satu ini. Hal tersebut demi menjaga kesehatan daun-daunnya yang berwarna hijau tua.

Selain Bacopa Monnieri, masih ada Bacopa Madagascariensis, Bacopa Caroliniana, dan juga Bacopa Sp Colorata yang masih dalam satu family yang sama.

Egeria Densa

Harga Egeria Densa Rp 3.000 – Rp 10.000

Egeria Densa merupakan salah satu jenis tanaman aquascape yang cukup tinggi Aqua Friends, karena pertumbuhan tanaman ini bisa mencapai 40 – 100 cm.

Sah-sah saja ketika kalian menanamnya di dalam aquarium, namun tentunya kalian perlu memangkasnya dengan teratur.

Selain Egeria Densa, masih ada jenis lain yang masih satu family yang sama. Seperti halnya Egeria Najas yang memiliki daun menyerupa pedang.

Dari kedua jenis tersebut, baik Egeria Densa ataupun Egeria Najas semuanya bisa tumbuh dengan baik meskipun tanpa asupan CO2.

Namun untuk kebutuhan cahaya, Egeria Densa tergolong tanaman air yang membutuhkan tingkat pencahayaan sedang hingga tinggi.

Water Wisteria

Harga Water Wisteria Rp 8.000

Dikenal dengan nama latin Hydrophila Difformis, Water Wisteria merupakan jenis tanaman air tawar yang tumbuh subur di beberapa Kawasan seperti, Bangladesh, India, Nepal, dan Butan.

Keunggulan tanaman ini adalah mampu menjaga kebersihan tank aquarium kalian, pun juga bisa menjadi tempat bermain para ikan, atau media pembibitan ikan.

Water Wisteria cukup popular dikalangan penghobby aquascape, mulai dari pemula hingga seorang yang ahli sekalipun. Karena pada dasarnya jenis tanaman ini sangat membantu kalian dalam hal aquascaping.

Dari segi tampilan, Water Wisteria memiliki daun berwarna hijau yang menarik, pun bisa mencerahkan tampilan aquarium.

Lindernia Rotundifolia

Harga Lindernia Rotundifolia Rp 10.000 – Rp 15.000

Lindernia Rotundifolia memiliki tampilan yang sangat unik Aqua Friends. Dengan warna hijau muda dan corak garis-gari berwarna putih.

Untuk seorang pemula, jenis tanaman satu ini pun sangat cocok. Karena dalam perawatannya tergolong mudah dan tidak membutuhkan perawatan khusus.

Pertumbuhan Lindernia Rotundifolia bisa mencapai ukuran tinggi 15 – 30 cm. Sehingga kalian cukup memangkasnya secara teratur.

Lindernia Rotundifolia juga cocok sebagai tanaman mid-ground soliter dengan daun yang tumbuh rapat dari atas ke bawah. Sehingga akan memberikan kesan tampilan latar belakang yang indah untuk dipandang.

Tanaman Aquascape di Sawah

Selain dua kategori di atas, ada beberapa jenis tanaman aquascape yang mudah ditemukan di sekitar kita Aqua Friends. Habitatnya pun umum dijumpai di lingkungan persawahan ataupun sungai-sungai di sekitar kita.

Lebih lengkapnya, berikut beberapa jenis tanaman aquascape yang umum dijumpai di sawah.

Hydrocotile Verticilata

Harga Hydrocotile Verticilata Rp 10.000

Jenis tanaman satu ini kurang cocok bagi seorang pemula, meskipun dari segi habitatnya cukup mudah dijumpai disekitar kita.

Pertumbuhan Hydrocotile Verticilata bisa mencapai 3 – 7cm. Dalam implementasinya di aquascape, kalian perlu mengikatnya di media seperti kayu apung ataupun bebatuan. Namun, jika kalian menghendaki bisa juga digunakan sebagai tanaman apung.

Hydrocotyle Verticillata merupakan tanaman Foreground dalam aquarium, namun bisa juga digunakan untuk kolam ikan. Bahkan, jika tanah yang digunakan tetap lembab, kalian bisa menggunakannya sebagai tanaman indoor.

Hydrocotile Tripartita

Harga Hydrocotile Tripartita Rp 10.000

Hydrocotile Tripartita merupakan salah satu jenis tanaman air yang bisa digunakan sebagai tanaman karpet aquascape. Karena pertumbuhannya bisa merata pada substrat di aquarium.

Dari segi tampilan Hydrocotile Tripartita memili bentuk daun bercabang tiga yang unik dan mirip seperti daun semanggi. Warnanya yang hijau muda, menampilkan karakter yang elegan pada aquarium kalian.

Pertumbuhan tanaman ini bisa mencapai 5 – 10 cm, dan bisa diimplementasikan dengan vertikal ataupun horizontal, sesuai dengan keinginan kalian.

Jenis tanaman ini bisa dirawat oleh pemula ataupun seorang ahli, karena dalam perawatan hariannya tergolong medium Aqua Friends. Cukup sediakan pencahayaan yang baik dan substrat bernutrisi tinggi.

Azolla sp

 

Harga Azolla Sp Rp 15.000

Azolla merupakan tanaman air yang berasal dari family Azollaceae. Karakter tanaman ini adalah tumbuh secara mengapung di atas permukaan air.

Kalian bisa menggunakannya di aquascape jika diperlukan, ataupun pada kolam taman. Sehingga bisa memberikan rasa teduh pada ikan peliharaan kalian.

Namun, jika kalian juga menanam jenis tanaman air yang membutuhkan asupan cahaya. Maka kurang cocok jika dipadukan dengan jenis Azolla ini.

Karena akan menutupi bagian permukaan air sehingga akan menahan masuknya cahaya ke dalam air.

Marsilea Crenata

 

Harga Marsilea Crenata Rp 15.000

Marsilea Crenata merupakan jenis tanaman pakis yang hidup subur di Kawasan Asia Tenggara dan Australia. Sekilas, tampilan dari tanaman ini menyerupai semanggi dengan jumlah empat daun.

Di habitat aslinya, tanaman ini gemar tumbuh di lingkungan berlumpur dan perairan dangkal, seperti halnya daerah persawahan.

Selain Marsilea Crenata, ada juga jenis lain yang masih dalam satu family yang sama. Yakni Marsilea Hirsuta, yang sudah dijelaskan di bagian atas (tanaman karpet aquascape).

Hydrocotile Sibthorpioides

Harga Hydrocotile Sibthorpioides Rp 10.000

Jenis tanaman ini juga tumbuh subur di Kawasan Asia Tenggara, pun juga sering dikenal dengan nama Lawn Marshpennywort.

Selain itu, Hydrocotile Sibthorpioides juga tergolong dalam tumbuhan dikotil dan masuk dalam family Araliaceae.

Tanaman ini juga sering digunakan untuk bahan obat-obatan, dan mulai banyak ditemui di Kawasan Amerika Serikat.

Namun, tidak jadi soal jika ditanaman di dalam aquarium. Karena dari segi tampilan Hydrocotile Sibthorpioides sangat cocok digunakan sebagai tanaman Foreground dan cocok digunakan sebagai tanaman karpet.

Pertumbuhannya pun tidak terlalu tinggi Aqua Friends, hanya berkisar pada 2 cm saja.

Penyebab Tanaman Aquascape Kuning/Mati/Layu

 

Saat merawat tanaman ataupun berbagai biota air di dalam aquarium, biasanya mudah ditemui berbagai masalah. Seperti halnya, daun-daun tanaman yang layu, menguning, bahkan mati.

Melihat bagian daun adalah salah satu metode paling mudah yang bisa digunakan untuk cek kesehatan tanaman. Maka dari itu, kalian bisa mengamati bagian ini detiap harinya.

Ada beberapa penyebab dari permasalahan tersebut Aqua Friends, diantaranya adalah:

  • Kurangnya nutrisi pada substrat yang digunakan. Nah, untuk mengatasi masalah tersebut kalian bisa menggunakan berbagai pupuk cair agar kebutuhan nutrisi tanaman kalian tetap terpenuhi dengan baik.
  • Kurangnya pencahayaan yang cukup. Beberapa tanaman memang membutuhkan asupan cahaya yang berbeda-beda, maka dari itu kalian perlu memperhatikan asupan cahaya pada aquarium kalian. Apakah sudah sesuai atau belum.
  • Tidak adanya CO2. Beberapa tanaman aquascape memang membutuhkan CO2 sebagai salah satu unsur penunjang dalam pertumbuhan. Maka kalian perlu memperhatikan jenis tanaman apa yang kalian tanam. Di atas sudah dijelaskan beberapa jenis tanaman aquascape yang bisa hidup dengan meskipun tanpa adanya CO2.

Nah, dengan mengenal berbagai penyebab tersebut, tentu kita bisa lebih berhati-hati dan menyediakan kebutuhan yang memadai untuk tanaman aquascape kita.

Terkait tips dan cara merawat agar tanaman tetap tumbuh subur dan sehat, cek langkah-langkah di bawah ini.

Tips Agar Tanaman Aquascape Tumbuh Subur

 

Dalam merawat tanaman di dalam aquarium bisa dibilang gampang-gampang susah Aqua Friends. Tergantung kita mengenal karakter dan sifat dari tanaman yang kita tanam di dalamnya.

Secara teknis, kalian bisa ikuti tips-tips berikut ini dalam merawat tanaman aquascape agar tumbuh dengan subur.

  • Pertama, mengganti air dan membersihkan kaca secara teratur. Dalam penggantian air ini, cukup 20% – 30%. Dan apabila kalian menggunakan air PAM, ada baiknya kalian endapkan dulu selama satu malam agar kadar kaporit bisa mereda, sehingga tidak membawa efek buruk pada aquarium.
  • Kedua, lakukan penambahan air sebanyak 1 – 2 gayung ataupun sesuai dengan kebutuhan (dilihat dari banyaknya air yang berkurang). Cara ini bisa kalian lakukan selama 2 hari sekali.
  • Ketiga, gunakan pupuk cair sebagai asupan tambahan untuk tanaman. Karena pada dasarnya setiap tanaman ataupun makhluk hidup lain membutuhkan nutrisi yang cukup untuk tumbuh dan berkembang.
  • Keempat, bersihkan filter aquarium kalian secara teratur. Hal tersebut dimaksudkan untuk menjaga system filtrasi dalam aquarium tetap berjalan dengan baik dan lancar.
  • Kelima, control secara teratur mengenai kualitas dan kondisi air. Mulai dari pH, temperature, siklus nitrogen, dan juga jumlah oksigen. Empat hal ini yang menjadi faktor utama dalam mengukur kualitas air. Perhatikan betul empat hal tersebut agar kualitas air dalam aquarium kalian tetap terjaga.

Jadi begitu Aqua Friends, kalian tak perlu merasa kesulitan ataupun kerepotan. Merawat tanaman aquascape memang dibutuhkan ketelitian dan konsistensi.

Mungkin itu saja pembahasan kita mengenai berbagai jenis tanaman aquascape dan cara perawatannya. Jangan ragu untuk share pengalaman kalian di kolom komentar yah. ?

Semoga artikel ini bisa bermanfaat dan menambah pengatahuan ataupun referensi kalian dalam dunia Aquascaping.

Terima kasih.

Tinggalkan komentar

Nilai kami*