Tanaman moss

Tanaman Moss

Moss merupakan salah satu jenis tanaman yang digunakan untuk memperindah tampilan aquascape. Bagi beberapa aquascaper, tanaman moss berfungsi sebagai foreground plants ataupun sebagai karpet di aquascape.

Ada berbagai jenis moss yang ada di dunia, dan umum serta mudah dijumpai di Indonesia. Karena, tanaman ini dikenal sebagai salah satu tanaman air yang mudah untuk dirawat meskipun tanpa adanya asupan CO2.

Namun, ada beberapa jenis tanaman moss yang membutuhkan perawatan khusus seperti halnya tingkat pencahayaan yang tinggi dan juga injek CO2 demi memaksimalkan pertumbuhannya.

Untuk mengenal berbagai jenis Moss yang ada, berikut Aquapedia sajikan berbagai jenis tanaman moss yang ada di dunia, termasuk Indonesia.

Jenis-Jenis Tanaman Moss Untuk Aquascape

Java Moss

Harga Java Moss: Rp 8.000 – Rp 25.000

Java Moss merupakan salah satu yang terpopuler dikalangan aquascaper, karena mudah didapatkan di alam liar pun juga disekitar kita.

Dalam perawatannya, Java Moss sangat cocok bagi seorang pemula. Karena jenis Moss satu ini dikenal “bandel” dan tahan lama meskipun dengan asupan cahaya yang rendah dan tanpa adanya injeksi CO2.

Christmas Moss

Harga Christmas Moss: Rp 8.000 – Rp 20.000

Selain Java Moss, Christmass juga masuk dalam kategori terpopuler dikalangan aquascaper.

Memiliki ciri khas bentuk daun yang menyerupai pohon natal, menjadikannya memiliki julukan sebagai Christmas Moss.

Untuk merawat jenis tanaman ini juga cukup mudah Aqua Friends. Karena tidak memerlukan asupan cahaya tinggi dan CO2. Namun, untuk hasil yang maksimal, kalian boleh melakukan pemupukan pada tanaman ini.

Fissiden Moss

Harga Fissiden Moss: Rp 15.000

Fissiden Moss memiliki bentuk daun yang cukup unik Aqua Friends, berbentuk kecil dan sangat menarik jika bisa tumbuh dengan subur. Namun pertumbuhannya tergolong lambat.

Untuk merawat jenis tanaman ini juga sangat mudah, karena tidak memerlukan asupan CO2. Namun, seperti tanaman Moss pada umumnya, Fissiden Moss akan tumbuh lebih baik dan lebih subur apabila diberikan asupan CO2 di dalam aquarium.

Singapore Moss

Harga Singapore Moss: Rp 10.000 – Rp 15.000

Jenis tanaman ini dikenal dengan tingkat pertumbuhannya yang lambat, namun juga mudah untuk dirawat.

Sebagai tanaman aquascape, menanam Singapore Moss membutuhkan tingkat pencahayaan yang sedang dan juga memerlukan asupan CO2. Pun juga dengan suhu air yang sejuk di bawah 30° Celcius.

Untuk seorang pemula, Singapore Moss sangat cocok digunakan sebagai tanaman karpet pada aquascape. Karena sangat mudah dibentuk sesuai dengan kreatifitas si aquascapernya.

Flame Moss

Harga Flame Moss: Rp 8.000 – Rp 20.000

Selain Java Moss, Flame Moss juga tergolong sebagai tanaman aquascape yang mudah dirawat. Hanya dengan pencahayaan tingkat rendah sudah mampu tumbuh dengan baik.

Idealnya, kondisi air yang baik untuk Flame Moss adalah yang memiliki suhu air sekitar 18° – 28° Celcius.

Peacock Moss

Harga Peacock Moss: Rp 7.000 – Rp 30.000

Tanaman ini juga tidak membutuhkan cahaya tambahan. Kalian bisa menanamnya pada suhu air yang dingin di bawah 30° Celcius.

Ciri-ciri dari Peacock Moss hampir mirip dengan jenis Christmas Moss, yakni dengan bentuk daun yang berujung runcing dan berwarna hijau terang.

Baca Juga: 27 Jenis Tanaman Aquascape, Lengkap dengan Tips Perawatan

String Moss

Harga String Moss: Rp 8.000 – Rp 15.000

String Moss mampu tumbuh dengan baik meskipun asupan cahaya di dalam aquarium terhitung rendah dan juga tanpa adanya CO2 tambahan.

Tanaman ini memiliki ciri khas yakni pertumbuhannya yang memanjang dan terdapat bintik hitam di ujung batangnya.

Warna dari String Moss pun cenderung hijau gelap, pun juga sedikit menghitam di beberapa bagian batang dari tanaman ini,

Spicky Moss

Harga Spicky Moss: Rp 10.000 – Rp 25.000

Tanaman ini dikenal dengan tingkat pertumbuhannya yang tergolong sedang hingga cepat Aqua Friends. Hal tersebut tergantung pada asupan cahaya dan juga injeksi CO2 yang ada di dalam aquarium.

Namun, pada faktanya Spicky Moss masih bisa tumbuh dengan baik meskipun asupan cahayanya rendah pun juga tanpa adanya CO2 injection.

Taiwan Moss

Harga Taiwan Moss: Rp 6.000 – Rp 20.000

Umumnya tanaman ini bisa tumbuh dengan baik dalam kondisi air yang bersuhu 15° – 28° Celcius.

Selain itu, Taiwan Moss dikenal dengan tingkat pertumbuhannya yang cepat jika asupan oksigen dan CO2 di dalam aquarium tercukupi. Pun juga, dari tingkat pencahayaan, tanaman ini cukup membutuhkan cahaya dengan tingkat sedang.

Erect Moss

Harga Erfect Moss: Rp 10.000 – Rp 30.000

Tanaman Moss ini bisa tumbuh subur dengan suhu air sekitar 22° – 28° Celcius.

Meskipun bisa tumbuh dengan pencahayaan yang rendah, untuk memaksimalkan pertumbuhan dari Erect Moss dibutuhkan tingkat pencahayaan yang sedang hingga tinggi.

Dan akan lebih baik lagi apabila diberikan CO2 injection di dalam aquarium.

Weeping Moss

Harga Weeping Moss: Rp 15.000 – Rp 70.000

Dalam menanam Moss jenis ini, tergantung pada tingkat pencahayaan yang ada di dalam aquarium. Apabila pencahayaan yang diberikan cukup tinggi, maka pertumbuhannya pun juga semakin cepat.

Selain itu perawatannya pun cukup mudah, karena tidak memerlukan asupan CO2 tambahan.

Secara sekilas, tampilan dari Weeping Moss menyerupai jenis Java Moss, hanya saja pertumbuhan daunnya cenderung mengarah ke bawah.

Creeping Moss

Harga Creeping Moss: Rp 20.000 – Rp 60.000

Secara sekilas tampilan dari Creeping Moss mirip dengan jenis Christmas Moss. Hanya saja memiliki tekstur batang dan daun yang lebih lembut.

Tidak hanya mirip dari segi tampilan saja, tanaman ini juga cukup mudah untuk dirawat. Karena tidak memerlukan pencahayaan tingkat sedang dan juga tidak memerlukan asupan CO2.

Stringy Moss

Harga Stringy Moss: Rp 15.000 – Rp 40.000

Ciri-ciri Stringy Moss adalah pertumbuhannya yang mengarah ke atas dengan bentuk menyerupai benang.

Jenis tanaman ini mampu tumbuh dengan berbagai bentuk apabila ditanam dengan cara Submersed. Pun juga, dari segi perawatannya Stringy Moss tidak membutuhkan perlakuan khusus Aqua Friends.

Hanya dengan asupan cahaya yang sedang, tanaman ini sudah mamou tumbuh dengan baik. Dan jika mengharapkan hasil yang maksimal, tentunya kalian perlu memberikan CO2 injection di dalam aquascape kalian.

Willow Moss

Harga Willow Moss: Rp 20.000

Ciri khas dari tanaman ini adalah batang dan daunnya yang berwarna hijau gelap. Selain itu, untuk merawatnya juga tidak diperlukan CO2 tambahan dan juga bisa tumbuh dengan baik dalam tingkat pencahayaan yang rendah.

Riccardia Moss

Harga Riccardia Moss: Rp 8.000 – Rp 40.000

Tanaman Moss ini bisa tumbuh subur dengan kondisi air yang bersuhu sekitar 22° – 28° Celcius.

Meskipun Riccardia Moss mampu tumbuh dengan tingkat pencahayaan yang rendah, namun akan lebih baik jika diberikan asupan cahaya dengan tingkat sedang hingga tinggi dan juga diberikan CO2 tambahan.

Pelia Moss

Harga Pelia Moss: Rp 9.000 – Rp 20.000

Di habitat asilnya, tanaman ini sangat gemar tumbuh di lingkungan yang lembab. Dalam pertumbuhannya pun terhitung sangat lambat sekali Aqua Friends.

Untuk merawat Pelia Moss diperlukan ketelitian dan hati-hati, karena daun-daun Pelia Moss sangatlah rapuh.

Untuk menunjang pertumbuhannya agar lebih baik dan sehat, kalian perlu memberikan asupan CO2 di dalam aquarium. Pun juga dengan pencahayaan yang sedang hingga tinggi, dengan kondisi air bersuhu 15° – 29° Celcius.

Riccia Fluitan

Harga Riccia Fluitan: Rp 18.000

Riccia Fluitan akan tumbuh subur dengan suhu air sekitar 22° – 28° Celcius. Selain itu, jenis Moss ini juga mampu hidup dengan tingkat pencahayaan yang rendah.

Namun akan lebih baik jika diberikan asupan cahaya dengan tingkat sedang hingga tinggi dan juga dengan asupan CO2 tambahan.

Marimo Moss Ball

Harga Marimo Moss: Rp 15.000 – Rp 35.000

Secara harfiah, jenis tanaman ini tergolong dalam tanaman alga. Untuk mendapatkan Marimo Moss mungkin cukup sulit Aqua Friends. Karena tanaman ini sudah mulai langka dan hanya bisa ditemukan di beberapa negara di dunia.

Dalam ukuran pertumbuhannya, Marimo Moss bisa mencapai Panjang 12 – 30 cm tergantung pada habitat yang ditempati.

Untuk merawat jenis Moss ini, dibutuhkan kondisi air dengan suhu 22° – 28° Celcius dengan tingkat pencahayaan sedang hingga tinggi.

Cameroon Moss

Harga Cameroon Moss: Rp 20.000 – Rp 80.000

Sama seperti Marimo Moss, Cameroon Moss juga tergolong langka. Pun juga, dalam merawatnya pun menurut author diperlukan kemampuan yang sedang, sehingga kurang cocok bagi seorang pemula.

Namun secara umum, untuk merawat Cameroon Moss sama seperti merawat tanaman Moss lainnya.

Hanya perlu memperhatikan kondisi air, tingkat pencahayaan, nutrisi pada substrat dan juga asupan CO2.

Pearl Moss

Harga Pearl Moss: Rp 20.000 – Rp 80.000

Pearl Moss juga dikenal sebagai tanaman air yang “bandel” Aqua Friends, karena mampu tumbuh dengan subur di air dengan segala kondisi.

Pertumbuhannya pun dikenal cukup lambat, untuk merawat jenis tanaman Moss ini dibutuhkan kadar cahaya yang sedang hingga tinggi.

Suhu air yang ideal untuk Pearl Moss setidaknya di bawah 29° Celcius.

Baca Juga: Java Moss, Tanaman Elegan Untuk Aquascape

Cara Membuat Karpet dengan Moss di Aquascape

 

cara membuat karpet moss aquascape

Tanaman Moss merupakan salah satu jenis tanaman air yang mudah menyebar atau tumbuh ke samping dengan cepat.

Dalam impelementasinya membuat karpet aquascape dengan Moss, ada beberapa cara atau tahapan yang bisa kalian ikuti. Lengkapnya, silahkan simak cara di bawah ini:

  • Memilih Moss yang Bagus

Langkah pertama, tentu kita perlu memilih kualitas tanaman Moss yang akan digunakan. Usahakan, tanaman ini berwarna hijau segar dan tidak layu. Agar saat diimplementasikan nanti bisa langsung beradaptasi dengan lingkungan barunya.

  • Siapkan Media Penanaman

Saat menanam Moss, kalian bisa langsung meletakannya di bagian substrat aquascape, dengan peletakan sesuai keinginan kalian. Namun, biasanya para aquascaper menanamnya di media seperti bebatuan, katu apung, bahkan pecahan genteng.

  • Mulai Menanam

Jika kalian memilih untuk menanamnya langsung di pasir atau substrat aquascape, maka cukup letakan Moss di atas pasir/substrat tersebut. Dan selanjutnya bisa diberikan pencahayaan yang cukup dan juga CO2 agar pertumbuhannya lebih maksimal.

Namun, apabila kalian memilih menggunakan media seperti bebatuan ataupun kayu. Langkah pertama yang kalain perlu lakukan adalah mengikat Moss pada media tersebut dengan benang.

Saat proses menali, usahakan tanaman Moss bisa merata dan tidak menumpuk di beberapa bagian. Karena hal tersebut bisa menyebabkan Moss di bawahnya menguning, layu, bahkan mati.

Itulah cara simpel membuat karpet di aquascape dengan tanaman Moss. Pantau perkembangannya setiap minggu, apakah bisa tumbuh sesuai harapan kalian atau justru sebaliknya. Saat pertumbuhannya dirasa kurang rapi, kalian bisa memangkasnya sesuai keinginan kalian.

Namun, pada dasarnya menanam tanaman ini sangatlah mudah Aqua Friends. Karena karakter dan sifatnya yang mudah beradaptasi dan mudah untuk berkembang.

Baca Juga: Cara Membuat Aquascape Tanpa CO2 Mudah dan Murah

Cara Menanam Tanaman Moss di Aquascape

 

Ada dua teknik dalam menanam moss di aquascape, yakni Submersed dan juga Emersed.

Teknik Submersed merupakan sebuah cara atau metode menanam tanaman di aquarium dengan jumlah air yang banyak (tanaman tenggelam di dasar aquarium).

Sedang Emersed merupakan sebuah metode menanam tanaman di beberapa media seperti aquarium dan lain sebagainya, dengan cara cukup melembabkan tanah/media yang dipakai.

Jadi, kedua teknik ini memiliki perbedaan yang cukup spesifik Aqua Friends.

Secara umum, menanam tanaman Moss mirip dengan cara membuat karpet dengan Moss di atas.

Intinya, kalian bisa langsung menanamnya di pasir ataupun substrat di aquarium, ataupun mengikatnya di media seperti batu, kayu, ataupun aksesoris lainnya.

Jadi, bagaimana Aqua Friends, apakah kalian tertarik dengan tanaman Moss? Jangan ragu untuk share pengalaman kalian di kolom komentar yah.

Selain itu, author juga sangat terbuka untuk menerima berbagai kritik, saram, ataupun masukan.

Mungkin itu saja pembahasan kita pada kali ini, semoga artikel ini bisa menambah pengetahuan dan referensi kalian seputar tanaman air. ?

Terima kasih sudah berkunjung di aquapedia.id.

2 pemikiran pada “Tanaman Moss”

    • Halo kak,
      Kakak bisa menempatkannya di wadah terpisah dengan menggunakan air yang sama saat digunakan di aquarium.
      Tempatkan pada wadah tsb, dengan estimasi waktu kurang lebih 1 minggu.
      Jika tidak ada perubahan yang memburuk pada Moss, maka kakak bisa menempatkannya di aquarium yang digunakan.
      Selamat mencoba 🙂

      Balas

Tinggalkan komentar

Nilai kami*