5+ Cara Budidaya Ikan Koi Supaya Cepat Besar dan Sehat

Ikan koi punya banyak corak dan warna, punya keindahan yang khas, menjadi salah satu jenis ikan hias yang digemari sepanjang tahun. Tidak hanya sekedar menyalurkan hobi saja, harga jualnya yang tinggi juga menarik untuk dibudidayakan sebagai bisnis. Tentunya perlu ilmu dan beberapa cara khusus agar ikan koi bisa tumbuh dengan baik, bisa cepat besar dengan cara yang sehat sehingga bisa memiliki kualitas baik dan harga jual tinggi. Berikut kami ulas cara budidaya ikan koi supaya cepat besar.

1. Syarat Lokasi Budidaya Ikan Koi

Cara Budidaya Ikan Koi Supaya Cepat Besar

Air yang jernih dengan aerasi baik bisa menentukan kualitas hidup ikan koi, membuatnya tumbuh maksimal dan cepat besar. Kondisi air jelas berhubungan langsung dengan lokasi kolam. Sebab itu usahakan memenuhi syarat lokasi budidaya ikan koi di bawah ini :

  • Terkena sinar matahari

Cahaya matahari punya vitamin D yang bermanfaat untuk kesehatan ikan koi dan melancarkan metabolisme. Sinar matahari yang cukup akan membuat tubuh ikan koi lebih segar, sisiknya menjadi cerah dan bebas pudar, maka ia akan lebih banyak nafsu makan dan cepat besar. Jika tak memungkinkan membuat kolam di luar ruangan, cukup tambahkan lampu pijar sebagai ganti sinar matahari.

  • Air dan oksigen

Berhubungan dengan teknis, pastikan kolam ikan koi dekat dengan sumber air. Jika kalian berda di perkotaan, hindari memakai air tanah sebab beresiko telah tercemar. Pastikan juga lokasi budidaya kaya akan oksigen dan jauh dari polusi, oksigen bisa didapatkan dengan memberi ruang filter atau aerator.

  • Lingkungan dan sarana

Jika Aqua Friends berniat budidaya koi untuk bisnis pilih lingkungan dan sarana yang baik. Lingkungan yakni kelestariannya terjaga, kolam yang dibuat tidak merusak lingkungan, bisa mendukung usaha budidaya ikan koi, juga tidak mengganggu warga sekitar. Sedangkan sarananya ialah mudah transportasi dan mudah mendapatkan alat serta pakan dimana hal tersebut merupakan kebutuhan harian ikan koi. Sarana dan transport yang mudah juga akan memudahkan kalian dalam hal pemasarannya saat ikan koi sudah siap dijual.

2. Persiapan Kolam Koi

Cara Budidaya Ikan Koi Supaya Cepat Besar

Kolam koi bisa dibuat di tanah, misalnya di pekarangan rumah atau dekat perumahan, membuat kekayaan alamnya maksimal karena berisi bahan alami dimana tanah menjadi tempat tumbuh dan berkembang organisme yang menunjang kehidupan ikan koi dan bisa menjadi pakan alami. Sebelumnya perlu dilakukan pengolahan agar bisa menjadi tempat tinggal ternyaman untuk ikan koi yang kalian pelihara. Jadi jalankan langkah di bawah ini saat memulai membuatnya.

A. Pengeringan Dan Pengolahan Tanah

Wajib dilakukan sebelum budidaya dimulai, dengan cara mengosongkan kolam agar dasarnya terjemur, lakukan selama 3 – 7 hari. Pengeringan bisa diakhiri saat tanah sudah terlihat retak, saat diinjak meninggalkan jejak kaki sekitar 1 cm, hindari mengeringkan terlalu lama sebab tanah bisa membatu. Pengeringan ini bermanfaat agar hama dan kuman penyakit yang sebelumnya hidup bisa mati karena terkena sinar matahari, juga menguapkan gas beracun yang ada di tanah.

Selanjutnya lakukan pengolahan tanah, dengan cara dicangkul atau dibajak sekitar 10 cm untuk membuat tanah jadi gembur. Angkat juga lumpur hitam yang ada sebab bisa menimbulkan bau busuk. Jangan lupa bersihkan tanah dari sampah dan kerikil.

B. Pengapuran dan pemupukan

Pengapuran dilakukan untuk membuat pH  yang pas yakni 7 – 8, dilakukan dengan cara memberikan kapur sebanyak 2 ton per hektar. Kapur diaduk dengan tanah yang telah dibajak, usahakan tercampur semuanya sedalam 10 cm, setelah itu diamkan selama 3 hari.

Pengapuran selesai, saatnya memupuk. Berikan pupuk imia atau penyubur lainnya, pupuk organik bisa diberikan untuk memaksimalkan kesuburan tanah, bisa merangsang aktvitas di bawah tanah yakni organisme alami yang bermanfaat sebagai pakan ikan koi. Setelah dipupuk, diamkan selama 1 – 2 minggu.

C. Pengaturan Air Kolam

Langkah terakhir persiapan kolam koi ialah pengaturan air kolam. Pertama genangi dasar kolam denan air 10 – 15 cm agar sinar matahari bisa menembus dasar kolam dan tumbuhan serta hewan di dalamnya bisa berkembang biak. Biarkan selama 2 – 3 hari akan berubah jadi kehijauan yang menjadi tanda bahwa biota air sudah tumbuh. Tambahkan ketinggian sampai 60 atau 75 cm dan siap untuk ditebari benih ikan koi.

3. Pemilihan Benih Ikan Koi Unggul

Cara Budidaya Ikan Koi Supaya Cepat Besar

Salah satu kunci sukses budidaya ikan koi adalah pemilihan benih ikan koi unggul yakni dengan cara :

  • Melihat pergerakan renangnya ikan koi unggul dan berkualitas punya gaya renang yang baik , seimbang, tidak miring. Pilih juga yang berenang bersama kawanannya, sebab yang menyendiri biasanya sedang bermasalah atau tidak sehat.
  • Garis punggungnya lurus dan sirip dadanya proporsional.
  • Pastikan bentuk kepala,mulut, mata, dan insangnya pporsional, tidak terlalu mancung dan sebaliknya.
  • Benih ikan koi unggul juga terlihat dari warnanya, polanya jelas dan warnanya terang.

4. Cara Menebar Benih Ikan Koi Ke Kolam

Cara Budidaya Ikan Koi Supaya Cepat Besar

Cara menebar benih ikan koi ke kolam dimulai dari pendederan, benih ikan koi bisa disebar saat sudah berumur 1 bulan setelah benih didederkan. Caranya dengan membenamkan plastik berisi ikan koi di dalam kolam. Isi air kolam seringgi 1 – 1,5 cm terlebih dahulu, setelah 10 – 15 menit barulah plastik dibuka dan biarkan benih ikan koi berenang dan keluar sendiri dari plastik. Jangan lupa buang plastiknya agar tidak mencemari kolam.

5. Makanan Koi Agar Cepat Besar

Cara Budidaya Ikan Koi Supaya Cepat Besar

Makanan sangat menunjang pertumbuhan ikan koi, karena itu pilih beberapa jenis makanan koi berkualitas agar cepat besar yakni :

  • Makanan alami seperti cacing, telur, ulat, jangkrik, kutu air, dan udang sebab mengandung protein tinggi. Bisa juga ditambah dengan sayuran dan buah seperti jeruk dan semangka untuk lebih memaksimalkan pertumbuhannya.

Makanan alami bisa diberikan dengan cara diolah dahulu, campur udang, telur, vitamin C, bawang putih, dan agar-agar. Haluskan atau blender jadi 1. Tambahkan air dan larutkan dalam air panas. Setelah dingin bisa dipotong kecil-kecil dan diberikan pada ikan koi.

  • Makanan buatan atau kering

Merupakan pakan yang dibuat pabrik, terdiri dari banyak merk, cukup praktis. Pilih yang memiliki kandungan gizi terbaik agar bisa mencukupi kebutuhan gizi ikan koi. Merk yang terkenal dan terbukti bisa membuat ikan koi cepat besar ialah Sankoi Spirulina, Hokky Color Enchancer, Saki Hikari Growth, dan Premium Kai Food Hiro.

Berikan makanan 2 kali sehari dengan takaran pas agar tidak banyak makanan tersisa yang bisa beresiko menggenangi air dan mengotori kolam.

6. Cara Merawat Ikan Koi Agar Cepat Besar

Cara Merawat Ikan Koi Agar Cepat Besar

A. Perhatikan Kualitas Air

Ikan koi hidup di dalam air, lingkungannya dan segala yang ditemuinya berada di air kolam yang Aqua Friends sediakan untuknya, jadi agar ikan koi cepat besar, buatlah ia nyaman dengan lingkungannya, yakni perhatikan kualitas air tempat ia hidup. Lingkungan yang nyaman akan membuat ikan koi jauh dari stress, secara langsung akan membuatnya lebih sehat dan tidak mudah sakit, hasilnya ikan koi tumbuh dengan baik dan cepat besar.

Perhatikan kualitas air dengan cara :

  • Selalu mengganti air kolam setidaknya 2 kali seminggu, jika belum waktunya air sudah keruh dan kotor, segera ganti.
  • Pastikan pH air sesuai yakni 7,0 – 8,0. Ikan koi akan mati pada pH di bawah 5,0 atau lebih dari 10,0.
  • Pastikan pula air bebas dari chlorine, jika memakai air sumur kalian bisa endapkan air terlebih dahulu atau tambahkan anti klorin. Berikan saluran pembuangan di dasar kolam dan pipa untuk mengalirkan air bersih agar kebersihannya lebih maksimal.
  • Dan atur suhunya agar selalu stabil yakni 25 – 27 derajat celcius, pada suhu tersebut metabolisme ikan koi berada dalam kondisi terbaik sehingga bisa memberikan pakan dalam jumlah banyak dan ikan koi jadi cepat besar.

B. Berikan Vitamin Ikan Koi

Selain air, vitamin juga penting untuk mendampingi pemberian pakan. Vitamin akan meningkatkan kualitas pakan yang diberikan, berikan vitamin dengan banyak kandungan protein agar proses tumbuhnya bisa lebih cepat.

C. Perhatikan kenyamanan kolam ikan koi

Cara Merawat Ikan Koi Agar Cepat Besar

Kolam ikan koi adalah rumah baginya, berikan yang terbaik dan jamin rasa nyamannya agar ia cepat besar, perhatikan hal ini :

  • Ukuran dan kedalaman

Buat kolam dengan ukuran yang cukup besar dan dalam untuk mendukung proses tumbuhnya ikan koi juga memaksimalkan perkembangan ototnya. Kolam yang dangkal akan membuatnya tumbuh kerdil, juga membuat warnanya pucat karena lebih banyak terkena sinar matahari. Pastikan pula kepadatan sesuai, yakni ikan koi punya wilayah pergerakan yang luas, jangan sampai berdesakan dengan ikan lainnya.

  • Desain

Buat desain semirip mungkin dengan alam asli, berikan hiasan tumbuhan dan bebatuan. Desain kolam yang indah bisa menghiburnya dan menjauhkannya dari stress, sehingga ikan koi bisa maksimal pertumbuhannya dan cepat besar.

D. Pasang Filter Kolam Ikan Koi

Filter mencegah air kolam kotor. Sisa makanan, kotoran ikan koi, lumut, dan lainnya bisa menjadikan kolam berpolusi bagi ikan koi sehingga kadar oksigen berkurang  dan gas ammonia bertambah, membuat ikan koi stress. Maka pasang filter kolam ikan ki agar kualitas air terjaga yakni filter yang punya komponen lengkap :

  • Komponen 1 berisi pasir, kerikil, dan ijuk untuk menyaring sampah.
  • Komponen 2 adalah karbon zeolite untuk menetralisir bau, racun, dan membunuh bakteri.
  • Komponen 3 berisi pestisida yang mampu membersihkan air kolam tanpa membunuh bakteri pengurai yang bermanfaat.
  • Komponen 4 yakni tanaman atau bebatuan untuk mengikat kotoran ikan koi.

Jangan lupa bersihkan filter 1 – 2 minggu sekali agar bebas dari bermacam kotoran dan beragam racun serta sampah di dalamnya terbuang.

Bikin Ikan Bahagia!

Tinggalkan komentar