Ade Hai! Aku Ade, alumni Informatika - Universitas Muhammadiyah Surakarta. Tertarik dengan dunia ikan dan aquascape dan tentu dengan hal-hal menarik lainnya. Mari berteman! :)

Ikan Corydoras: Jenis, Harga, dan Cara Perawatannya

Ikan yang memiliki nama latin Corydora ini termasuk ke dalam keluarga Callichthyidae dibawah subfamily Corydoradinae dan berasal dari perairan Amerika Selatan. Ikan ini termasuk ke dalam golongan ikan hias berukuran kecil karena memiliki ukuran tubuh 2,5 cm hingga 12 cm saat usia dewasa. Ada berbagai macam dan jenis ikan corydoras Aqua Friends. Selain bentuk tubuhnya yang unik, ikan ini juga termasuk dalam algae eater.

Pada habitat aslinya, ikan ini umum dijumpai pada anak sungai dengan aliran air yang tenang dan tidak deras, perairan berpasir serta terkadang dijumpai pada rawa-rawa sepanjang batas sungai yang mana memiliki air yang dangkal dan cukup jernih.

Mengenal Ikan Corydoras

mengenal ikan corydoras

Corydoras merupakan ikan yang mencari makan di permukaan pasir dan di antara kerikil di dasar akuarium. Ikan ini menyukai Ph air yang mendekati netral atau sedikit asam. Ikan yang tergolong dalam jenis catfish ini berbeda dengan beberapa jenis ikan catfish lainnya.

Apabila jenis catfish lain akan aktif beraktifitas pada malam hari (nocturnal), corydoras justru akan terlihat lebih aktif pada siang hari. Ikan ini akan berkelompok dengan spesies yang sama serta terkadang berkelompok dengan ikan lain yang masih satu keluarga dengan keluarga cory.

Corydoras cukup disukai oleh para penggemar ikan hias air tawar karena selain memiliki corak warna yang indah, ikan ini juga berperan dalam menjaga kebersihan akuarium yakn dengan bersih-bersih mencari makan di dasar akuarium.

Selain itu, perilaku yang tenang dan tidak agresif serta berukuran kecil sangat memungkinkan ikan ini digabungkan bersama ikan lain dalam satu tank akuarium. Makanan alami corydoras adalah serangga-serangga yang terdapat di dasar akuarium seperti beberapa jenis cacing dan fauna kecil penghuni pasir.

Meskipun bukan termasuk jenis ikan karnivora, ikan ini akan memakan bangkai ikan yang ditemui di dasar akuarium. Hal tersebut karena secara alami ikan ini merupakan ikan yang suka bersih-bersih. Qorydoras memiliki beberapa jenis, berikut di antaranya.

Berbagai Jenis Ikan Corydoras

Panda Cory

 

Dinamakan Panda Cory karena memiliki corak warna hitam di sekitar mata yang mirip dengan Panda. Panda Corydoras merupakan ikan yang damai dan senang hidup bersama dengan ikan sejenis dan jenis lain.

Ikan ini menyukai air dengan suhu yang dingin yakni berkisar antara 20 – 25 derajat celcius dengan Ph air rendah antara 6,0 – 7,0. Oleh karena itu, Panda Qory akan lebih cocok apabila berada di akuarium tanpa heater (pemanas).

Corydoras Panda mampu tumbuh secara maksimal dengan ukuran mencapai 5 cm pada usia dewasa. Selain itu, umur ikan ini tergolong panjang karena mampu hidup hingga 10 tahun lamanya.

Bandit Cory

Bandit Corydoras

Sekilas, ikan ini akan mirip dengan saudaranya yakni Panda Qory. Sama-sama memiliki “topeng hitam” pada area matanya membuat ikan ini sukar dibedakan oleh para pemula ikan hias air tawar. Hal yang membedakan adalah pada punggung ikan ini memiliki corak hitam memanjang dari sirip atas hingga pangkal ekor.

Dibandingkan dengan spesies cory lain, ikan ini cenderung lebih sensitif terhadap suhu air tempat ia tinggal. Ikan ini sangat menyukai air dengan suhu berkisar antara 22 – 26 derajat celcius dengan Ph air 6,5 – 7,0. Ikan ini mampu tumbuh optimal saat dewasa hingga berukuran 5 – 10 cm.

Corydoras Albino

Corydoras Albino

Ikan ini sangat mencolok karena memiliki warna putih sempurna di sekujur tubuhnya. Bahkan, warna bola mata ikan ini berwarna putih dan memiliki warna merah muda pada mata bagian tengahnya.

Corydoras Albino bisa mencapai ukuran maksimal yakni 5 – 10 cm saat dewasa serta menyukai suhu air antara 22 – 26 derajat celcius dengan Ph air berkisar antara 5,8 – 7,0. Ikan ini akan sangat cocok ditempatkan pada tank ukuran 35 – 40 liter air.

Pepper Cory / Corydoras Paleatus

Pepper Corydoras

Ikan yang memiliki julukan lain yakni Peppred Catfish, Blue Leopard Corydoras dan Peppered Cory memiliki ukuran maksimal yakni 6,5 cm pada pejantan dan 3 cm pada betinanya.

Ikan ini mampu hidup dengan optimal pada air dengan suhu 18 – 20 derajat celcius. Pepper Cory memiliki warna coklat gelap dengan beberapa kombinasi corak hitam di seluruh badannya. Ikan ini dapat hidup selama kurang lebih 5 tahun.

Baca Juga: Ikan Molly: Klasifikasi, Jenis, Harga dan Tips Budidaya

Three Stripe Cory

Three Stripe Corydoras

Secara sekilas, ikan ini akan sangat mirip dengan saudaranya yakni Julii Cory. Hal yang membuat ikan ini unik adalah memiliki ciri khas berupa bercak pada kepada yang tersambung ke sekujur tubuhnya. Tak jarang penampilan ikan ini lebih mirip seperti labirin.

Three Stripe Cory mampu tumbuh maksimal mencapai ukuran 6 cm pasa usia dewasa. Selain itu, ikan ini menyukai air dengan suhu 22 -26 derajat celcius serta Ph air berkisar antara 5,8 – 7,2. Ukuran ideal tangki untuk tempat ikan ini adalah 35 liter serta mampu hidup selama sekitar 10 tahun.

Bronze Cory

Bronze Corydoras

Sering disebut dengan nama Green Corydoras. Ikan ini sangat mudah ditemui pada toko ikan hias manapun karena kepopulerannya di kalangan pecinta ikan hias air tawar. Ikan jenis ini juga dapat dijumpai dalam beragam warna diantaranya hijau, hitam, serta bronze/perunggu.

Corydoras Julii / Corydoras Sterbai

Sering disalahartikan nama karena sangat mirip dengan Thre Stripe Cory, hal yang mudah untuk membedakannya yakni bercak di atas kepala sampai di sekujur tubuhnya. Apabila Three Stripe Cory bercak-bercaknya cenderung menyatu, maka berbeda dengan ikan ini.

Corydoras Julii memiliki bercak-bercak yang terputus-putus dan tidak menyambung seperti saudaranya. Sama seperti cory lain, ikan ini akan sebaiknya ditempatkan pada tank akuarium minimal 35 liter. Saat dewasa, ikan ini mampu tumbuh maksimal hinga berukuran 6 cm.

Ikan ini menyukai air dengan suhu 22 -26 derajat celcius dengan Ph air antara 6,5 – 7,0. Tergolong dalam ikan yang sangat damai, ikan ini mampu disatukan dengan ikan jenis lain selama bukan ikan yang agresif.

Skunk Cory / Corydoras Arcuatus

Skunk Cory merupakan jenis cory yang sangat sensiti terhadap kandungan nitrat dan ammonia dalam air.

Oleh karena itu, ikan jenis ini sangat tidak cocok ditempatkan pada akuarium baru karena akan lebih rentan mati. Ikan ini akan tumbuh secara optimal pada air dengan suhu sekitar 22 – 26 derajat celcius dengan Ph air 6,8 – 7,5.

Pigmy Cory

Pigmy Cory

Memili nama lain Corydoras Pygmaeus, ikan ini merupakan satu-satunya ikan jenis cory yang paling unik karena ukuran tubuhnya yang sangat kecil yakni sebesar 2,5 cm saat berusia dewasa.

Selain itu, ikan ini berbeda dengan jenis cory lain yang mencari makanan di dasar akuarium melainkan menyukai berada di tengah-tengah akuarium. Tak jarang ikan ini juga muncul ke permukaan air untuk memakan makanan ikan.

Corydoras Vulcan

Corydoras Vulcan

Ikan ini berasal dari perairan Sungai Curua di Brazil dan pinggiran sungai Amazon. Cara membedakan ikan jantan dan betina tergolong lebih mudah, yakni melihat dari bentuk badan dan sirip. Ikan jantan memiliki sirip pungung atau sirip dorsal yang tinggi dan runcing, sedangkan betinanya tidak. Betina memiliki tubuh yang lebih besar dan berisi dibandingkan pejantannya.

Makanan Ikan Corydoras

Berhubung ikan ini adalah tipe bawah alias memiliki kebiasaan di bagian bawah aquarium, Corydoras cenderung mencari makan di dasar aquarium. Pun juga, seperti yang sudah disebutkan, Corydoras merupakan jenis ikan omnivora. Sehingga ia gemar memakan apapun yang bisa dimakan olehnya, termasuk lumut ataupun sisa-sisa makanan yang ada.

Selain itu, jika dasar aquarium kalian menggunakan pasir, Corydoras akan mencari-cari makan dengan menggali atau mengosek pasirIkan ini tergolong aktif, sehingga suka berkeliling di sekitar aqurium untuk sekedar mencari makan.

Meskipun demikian, ikan ini juga sesekali berenang ke permukaan untuk mencari makanan lho. Jadi tak masalah apabila kalian memberikan makan komersial berupa pelet ikan, ataupun yang lainnya.

Baca Juga: 10 Jenis Ikan Pemakan Lumut yang Akan Memudahkan Anda!

Cara Merawat Ikan Corydoras

Jika dipelihara di aquarium, ikan corydoras lebih senang dengan lingkungan yang “sedikit kotor” Aqua Friends. Karena pada dasarnya ikan ini gemar bersih-bersih, terlebih lagi di bagian dinding-dinding aquarium. Namun, jika kalian memeliharanya, tetap bersihkan aquarium sebagaimana mestinya yah.

Corydoras merupakan ikan tipe bawah, dan juga termasuk pemakan segala (omnivora). Sehingga mereka akan memakan sisa-sisa makanan ataupun lumut yang tumbuh di dalam kolam/aquarium. Kondisi air yang ideal untuk ikan ini adalah yang memiliki pH antara 7-7,5 dan juga bersuhu sekitar 26°-28° C.

Cara Budidaya Ikan Corydoras

cara budidaya corydoras

Usia ideal Ikan Corydoras untuk berkembang biak adalah sekitar 5 bulan. Peliharalah jantan dan betina dalam 1 kolam dengan perbandingan 1:3. Setelah betina nampak mengandung telur, pisahkan masing-masing ikan dalam media yang berbeda. Hal tersebut dimaksudkan untuk pemijahan yang lebih baik. Dan, kalian tetap memberikan makan yang baik kepada mereka, bisa berupa cacing sutera ataupun cacing darah.

Meskipun Corydoras merupakan ikan tipe bawah, betina gemar menyimpan telurnya di bagian tengah kolam Aqua Friends. Untuk mempermudah mereka menyimpan telurnya, kalian bisa menyiapkan potongan peralon dengan ukuran yang sesuai. Selain itu, kalian juga bisa menggunakan potongan keramik yang diberdirikan di tempat pemijahan.

Umunya, sebelum betina menempatkan telurnya, mereka akan mebersihkan tempat tinggal mereka dengan bersih. Biasanya, si betina akan bertelur pada pagi hari Aqua Friends, sekitar pukul 06:00 hingga 07:00. Jika kalian menghendaki, setelah bertelur kalian bisa memisahkan telurnya dan ditetaskan dalam wadah yang berebeda.

Telur akan menetas dalam waktu 72 hingga 80 jam Aqua Friends, atau sekitar 3 hari. Larva-larva Corydoras akan terlihat berenang dalam usia 5 hari. Untuk makanan larva-larva tersebut adalah kutu air, kalian bisa memberikannya hingga usia 2-3 hari setelah berenang. Selanjutnya, kalian bisa memberikan cacing sutera kepada anakan Corydoras ini.

Untuk membersihkan kolam anakan Corydoras, tunggulah hingga usia 7 hari setelah mereka bisa berenang. Sedangkan cara membersihkannya, kalian bisa menyifon hingga setengah atau sepertiga volume air yang berada di kolam.

Lebih bagusnya, jika memungkinkan kalian bisa menggunakan filter air untuk menjaga kualitas air dalam media tersebut. Anakan ikan Corydoras akan siap dijual saat usianya menginjak 2 bulan.  Dengan begitu, ikan ini sudah mencapai ukuran 2-3 cm.

Setelah melihat beberapa jenis ikan Corydoras yang sudah disebutkan di atas, mana yang jadi favoritmu Aqua Friends?. Tetaplah rawat dan beri makan ikan kalian baik-baik yah. Mungkin cukup sekian pembahasan kita mengenaik Corydoras ini, semoga bisa menambah pengetahuan dan referensi kalian. Terima kasih. 🙂

Ade Hai! Aku Ade, alumni Informatika - Universitas Muhammadiyah Surakarta. Tertarik dengan dunia ikan dan aquascape dan tentu dengan hal-hal menarik lainnya. Mari berteman! :)

Tinggalkan Balasan

Nilai kami*

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *