Ade Hai! Aku Ade, alumni Informatika - Universitas Muhammadiyah Surakarta. Tertarik dengan dunia ikan dan aquascape dan tentu dengan hal-hal menarik lainnya. Mari berteman! :)

12 Jenis Ikan Arwana Lengkap dengan Harga [Terbaru September 2020]

Memelihara ikan hias merupakan sebuah hobby yang “mahal” Aqua Friends. Pasalnya, semakin kesini semakin banyak peminat ikan hias yang merajalela. Banyak orang yang rela mengeluarkan biaya banyak untuk mendapat ikan kesayangannya. Terkhusus Arwana, meskipun tergolong mahal, peminatnya pun tak pernah habis. Harga dari ikan Arwana ditentukan berdasarkan jenis, warna, dan juga ukurannya.

Di Indonesia, Arwana yang terkenal dan memiliki harga mahal adalah yang berasal dari Kalimantan dan Papua. Selain itu, ada juga beberapa jenis yang berasal dari Amerika, Australia, dan juga Afrika. Dan kalian perlu tahu Aqua Friends, Arwana merupakan salah satu jenis ikan hias predator air tawar.

Harga ikan Arwana di pasaran berkisar pada angka ratusan ribu hingga puluhan juta rupiah Aqua Friends. Tentunya hal tersebut ditentukan dari jenis dan ukurannya. Untuk harga anakan Arwana, kalian bisa mendapatkan dengan harga Rp 200.000 hingga Rp 2.000.000. Sebuah angka yang fantastis bukan?. Jika kalian berminat untuk memeliharanya, berikut author sampaikan berbagai jenis Ikan Arwana dan harganya.

 

Berbagai Jenis Ikan Arwana dan Harganya

Karena beragam, Arwana terbagi menjadi beberapa jenis berdasarkan warna dan pola pada tubuhnya Aqua Friends. Simak ulasan di bawah ini dan mari kenali berbagai jenis ikan Arwana beserta harganya, Check it out!.

Super Red

arwana super red

Harga Arwana Super Red di pasaran sekitar Rp 2.500.000 – Rp 4.000.000

Bagaimana Aqua Friends? Harga yang disebutkan barusan adalah harga bibit atau bakalannya lho. Untuk ukuran dewasa sekitar 40 cm, harga Arwana Super Red bisa mencapai Rp 30.000.000.

Jenis ini berasal dari Kawasan Asia, di Indonesia sendiri bisa ditemukan di daerah Kalimantan, khususnya di Sungai Kapuas. Ciri khas dari Super Red adalah warna merah pada tubuhnya yang mencolok Aqua Friends. Pun juga dihiasi pola heksagon dari sisiknya yang beberapa berwarna hitam.

Golden Red

arwana golden red

Harga Arwana Golden Red di pasaran sekitar Rp 850.000 – Rp 1.500.000

Sebenarnya jenis ini masih satu varietas dengan Super Red, hanya saja terdapat beberapa perbedaan yang lumayan mencolok. Jika Super Red memiliki warna merah yang terang, maka Golden Red memiliki warna merah yang lembut dan tidak terlalu mencolok.

Warna merah tersebut cukup dominan di bagian punggungnya Aqua Friends. Pun juga memiliki gradasi dengan warna kuning keemasan hingga di bagian perutnya.

Satu lagi, jika Super Red dewasa berharga lumayan tinggi, maka Golden Red dewasa bisa kalian dapatkan dengan harga Rp 2.500.000 hingga Rp 3.500.000.

Baca Juga: Ikan Oscar: Jenis, Harga, Cara Merawat dan Tips Budidaya

Cross Back Golden

arwana crossback golden

Harga Arwana Back Golden di pasaran sekitar Rp 1.000.000 – Rp 4.000.000

Habitat asli dari jenis ini adalah di daerah Malaysia, khususnya di kawasan Perak, Danau Bukit Merah, ataupun Johor. Ciri khas dari Back Golden adalah punggungnya yang berwarna hitam dengan kombinasi warna emas yang menyala. Meskipun ada beberapa dari jenis ini yang memiliki varian warna lain.

Back Golden juga dikenal dengan beberapa nama lain, seperti Pahang Golden, Taiping Golden, Malaysian Gold, dan juga Malayan Bonytongue. Pertumbuhan dari jenis ini bisa mencapai panjang tubuh maksimal sekitar 90 cm.

Bahkan dari jenis ini, ada yang pernah laku terjual dengan harga Rp 19.000.000 Aqua Friends. Dengan demikian, Back Golden bisa dibilang salah satu jenis Ikan Arwana termahal.

Red Banjar

arwana red banjar

Harga Arwana Red Banjar di pasaran sekitar Rp 300.000 – Rp 2.000.000

Arwana Red Banjar merupakan salah satu jenis yang berasal dari Indonesia, khususnya di daerah Kalimantan. Ciri khas dari Red Banjar adalah warna merah pada tubuhnya tidak begitu mencolok Aqua Friends. Bagi kalangan pecinta Arwana, mereka bisa menyebut warna merah level 2.

Selain itu, jenis ini memiliki ciri pada sirip yang berwarna kuning ataupun oranye. Panjang maksimal tubuhnya pun bisa mencapai 90cm.

Arwana Pino

arwana pino

Harga Arwana Pino di pasaran sekitar Rp 4.000.000

Arwana Pino juga dikenal dengan beberapa nama Aqua Friends, hal tersebut ditentukan berdasarkan warna dan corak pada tubuhnya. Seperti halnya Green Arwana, Green Asian Arwana dan Golden Pino. Jenis ini memiliki kombinasi warna dari hijau dan juga kuning keemasan yang menjadi keunikan dan ciri khasnya.

Selain itu, habitat asli dari jenis ini tersebar di berbagai Kawasan di Asia. Mulai dari Thailand, Indonesia, Malaysia, Kamboja, hingga Vietnam. Pun juga pertumbuhannya pun bisa mencapai 90 cm, sama dengan beberapa jenis Arwana lainnya.

Black Brazil

arwana black brazil

Harga Arwana Black Brazil di pasaran sekitar Rp 3.000.000

Secara sekilas, Black Brazil mirip dengan jenis Silver Arwana. Namun, ada beberapa perbedaan diantara keduanya. Secara eksplisit, Black Brazil memiliki warna silver atau abu-abu yang cenderung gelap, sedangkan Silver Arwana memiliki warna abu-abu yang cenderung terang.

Sesuai dengan namanya, habitat asli dari jenis ini berasal dari daerah Brazil, khususnya di beberapa anak sungai Amazon. Dari segi ukuran, Black Brazil mampu tumbuh hingga sepanjang 90 cm – 1 meter Aqua Friends.

Black Golden

arwana black golden

Harga Arwana Black Golden di pasaran sekitar Rp 1.500.000

Harga yang tertera di atas merupakan harga anakan atau bakalan dari Black Golden Aqua Friends. Sedangkan ukuran dewasa, jenis ini bisa mencapai Rp 18.000.000. Sehingga tergolong salah satu Arwana termahal.

Ciri khas dari jenis ini adalah tubuhnya yang berwarna emas dengan pola sisik yang berwarna hitam. Pasalnya, Arwana Black Golden berasal dari Malaysia, sehingga sering ditemui di daerah Penang.

Red Tail Golden

arwana red tail

Harga Arwana Red Tail Golden sekitar Rp 950.000 – Rp 5.000.000

Arwana Red Tail Golden memiliki ciri khas tubuh yang berwarna keemasan dengan ekor berwarna merah. Selain warna tersebut, beberapa juga memiliki warna seperti biru ataupun hijau Aqua Friends.

Nah di Indonesia, ikan ini dapat ditemukan di daerah Sumatera khususnya Riau ataupun Pekanbaru. Di habitat aslinya, ikan ini terkenal gesit dan agresif, sehingga agak sulit untuk ditangkap. Namun, sudah ada peternak yang mulai membudidayakannya.

Ukuran maksimal dari jenis ini bisa tumbuh hingga panjang 90 cm.

Baca Juga: 11 Jenis Ikan Louhan Lengkap dengan Harga dan Tips Merawat

Arwana Irian Jardini

arwana irian jardini

Harga Arwana Irian Jardini di pasaran sekitar Rp 150.000 – Rp 1.500.000

Habitat asli dari jenis ini berasal dari daerah Papua hingga Australia. Dengan begitu, Arwana ini juga memiliki nama sapaan lain, seperti Arwana Papua, Gulf Saratonga, ataupun Arwana Australia.

Dari segi penampilan, Arwana Jardini memili warna abu-abu yang solid di seluruh tubuhnya. Namun keunikannya adalah, dari warna tubuhnya ini seolah-olah memancarkan warna kuning keemasan. Sehingga jika dilihat secara sekilas, warnanya akan nampak kuning keemasan.

Pertumbuhan tubuh maksimal dari Jardini bisa mencapai Panjang 90 cm, seperti pada Arwana pada umunya.

Silver Arwana

arwana silver

Harga Silver Arwana di pasaran sekitar Rp 750.000 – Rp 2.000.000

Bagi kalian yang gemar dengan ikan Arwana, dan terkendala budget. Silver Arwana bisa menjasi opsi untuk dipelihara. Selain harganya yang terjangkau, jenis ini sangat banyak dan mudah ditemukan di Indonesia.

Sesuai dengan namanya, Arwana ini berwarna abu-abu alias silver yang solid di seluruh tubuhnya. Pun juga, pertumbuhan maksimal dari ikan ini bisa mencapai Panjang 1 meter Aqua Friends.

Sifatnya pun cukup agresif, bahkan mampu melompat ke udara dari dalam air untuk sekedar menangkap mangsanya, mulai dari serangga ataupun yang lainnya.

Arwana Myanmar (Arwana Batik)

arwana myanmar

Harga Arwana Myanmar di pasaran sekitar Rp 15.000.000 – Rp 50.000.000

Mungkin kalian akan tercengang setelah mengetahui harganya Aqua Friends. Apakah termasuk mahal? Bisa iya bisa tidak, relative. Toh pada faktanya, meskipun memiliki harga yang fantastis Arwana Myanmar memiliki corak tubuh yang sangat unik. Hal tersebut yang membuat dirinya begitu mahal.

Corak dan warna tubuh pada Arwana Myanmar seolah-olah mirip dengan pola pada kain batik. Selain itu, warna dasar dari jenis ini adalah abu-abu keemasan yang lembut.

Arwana Platinum

 

Harga Arwana Platinum di pasaran sekitar Rp 25.000.000

Dari berbagai jenis Ikan Arwana, jenis Platinum merupakan yang termahal. Bahkan bukan hanya dikalangan ikan Arwana saja, dari berbagai jenis ikan hias yang ada di dunia, Arwana Platinum tetap yang termahal. Rekor yang pernah ada, jenis ini pernah tembus seharga 5,6 Miliar! Bukan main.

Mengapa demikian? Tak lain adalah karena keindahan dan keunikannya Aqua Friends. Berbeda dengan beberapa jenis Arwana lain, Arwana Platinum memiliki tekstur sisik yang lembut dan halus. Selain itu, tubuhnya pun memiliki warna putih solid yang mengkilap. Pun juga pertumbuhan ikan ini bisa mencapai Panjang 90 cm hingga 1 meter.

Baca Juga: Berbagai Macam Makanan Ikan Arwana Agar Cepat Besar

Harga Anakan atau Bibit Ikan Arwana

Setelah kita mengetahui berbagai jenis Ikan Arwana beserta harganya, mungkin akan membuat kalian sedikit menggelengkan kepala karena harganya. Tapi tenang saja, agar tidak membuat kantong kalian jebol, kalian bisa memelihara Arwana dari usia anakan. Karena harganya yang selisih cukup jauh dengan versi dewasa, dengan begitu akan menghemat pengeluaran kalian.

Selain itu, ada rasa senang dan kepuasan tersendiri jika memelihara Arwana dari usia anakan. Lebih lengkapnya, kalian bisa cek tabel harga anakan ikan Arwana di bawah ini.

Jenis

Harga

Anakan Arwana Super RedRp 3.500.000
Anakan Arwana Golden RedRp 3.000.000
Anakan Arwana Cross Back BanjarRp 1.000.000
Anakan Arwana Red BanjarRp 300.000
Anakan Arwana PinoRp 250.000
Anakan Arwana Black BrazilRp 200.000
Anakan Arwana Black GoldenRp 1.500.000
Anakan Arwana Red Tail GoldenRp 950.000
Anakan Arwana Irian JardiniRp 150.000
Anakan Arwana SilverRp 75.000
Anakan Arwana MyanmarRp 15.000.000
Anakan Arwana PlatinumRp 25.000.000

Bagaimana Aqua Friends, tertarik untuk memelihara Arwana? Di atas merupakan berbagai jenis dan harga ikan Arwana, sehingga bisa memudahkan kalian dalam mencari tahu sebelum memutuskan untuk membeli.

Jika kalian memiliki pengalaman terkait membeli ataupun memelihara Arwana, jangan ragu untuk share di kolom komentar yah Aqua Friends. Semoga artikel kali ini bisa menambah pengetahuan dan referensi kalian.

Terima kasih sudah berkunjung ke Aquapedia.id. ?

Ade Hai! Aku Ade, alumni Informatika - Universitas Muhammadiyah Surakarta. Tertarik dengan dunia ikan dan aquascape dan tentu dengan hal-hal menarik lainnya. Mari berteman! :)

Dari Syarah.id

  1. 14 Rekomendasi HandBody Pemutih Terbaik, Bikin Kulit Cerah!
  2. 14 Rekomendasi Serum Anti Aging, Cegah Penuaan Dini! [LENGKAP!]
  3. 5 Rekomendasi & Ulasan Pensil Alis Maybelline Terbaik [LENGKAP!]
  4. 14 Rekomendasi Sabun Muka Wardah, Sesuai Jenis Kulit [LENGKAP!]
  5. 12 Rekomendasi Body Lotion Untuk Memutihkan Kulit [LENGKAP!]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *