Ikan Black Ghost

Tahukah kalian bahwa ikan Black Ghost memiliki bentuk tubuh yang sangat unik. Cara berenangnya pun berbeda dengan kebanyakan ikan lainnya.

Ikan ini merupakan ikan hias yang hidup di air tawar, yang berasal dari daerah Amerika Selatan. Khususnya Venezuela, Ecuador, Columbia, Bolivia, hingga Brazil.

Namun, ikan ini sudah banyak dikembangkan oleh berbagai masyarakat di dunia, termasuk Indonesia. Sehingga untuk mendapatkannya pun tidak terlalu sulit Aqua Friends.

Dikenal dengan nama Black Ghost, karena warna tubuhnya yang hitam pekat dan juga memiliki sirip bagian bawah yang menyerupai kain tertiup angin. Sehingga dari penampilannya tersebut ikan ini dijuluki dengan nama Black Ghost (Setan Hitam).

Selain itu, ada banyak sekali julukan atau nama lain untuk ikan ini. Mulai dari Ikan Bulu Ayam, Ikan Pisau, Ikan Listrik (dipercaya mampu mengeluarkan aliran listrik dari tubuhnya), Ikan Penari Balet, Ikan Bendera dan juga Ikan Setan Hitam.

Untuk lebih mengenal ciri, karakter dan juga jenis Ikan Black Ghost, simak penjelasan berikut ini.

Mengenal Ciri Ikan Black Ghost

Ada beberapa ciri khas yang dimiliki oleh ikan ini, dan belum tentu dimiliki oleh berbagai jenis ikan hias lain.

Dengan mengenal berbagai ciri yang dimilikinya, tentu kalian bisa dengan mudah membedakan jenis ikan ini dengan ikan lain.

Gaya Berenang

Tidak seperti ikan pada umumnya, cara berenang ikan Black Ghost cukup beragam. Ada berbagai gerakan yang dilakukan saat ia berenang.

Mulai dari berenang maju, mundur, bahkan jungkir balik yang seolah-olah sedang menari di dalam aquarium. Nah, dengan begitu beberapa orang menyebutnya sebagai ikan penari balet.

Mampu Menghasilkan Listrik

Selain belut listrik, hewan air lain yang mampu mengeluarkan aliran listrik adalah ikan Black Ghost. Namun, daya yang dikeluarkan pun tidak sebesar yang dimiliki oleh belut listrik.

Aliran listrik tersebut digunakan oleh ikan ini untuk melindungi diri dari ancaman ikan pemangsa ataupun hewan air lainnya.

Daya listrik yang mampu dikeluarkan oleh ikan Hantu hanya berkisar pada 0,1 hingga 10 KHz. Aliran listrik tersebut berasal dari ekor yang kemudian disalurkan ke seluruh tubuhnya.

Dengan begitu beberapa orang juga menyebutnya sebagai ikan Listrik.

Fisik Tubuh

Dilihat dari fisik tubuhnya, bentuk ikan ini sangatlah unik. Yakni besar dibagian depan dan mengecil hingga ke bagian ekor. Secara sekilas memang menyerupai bulu ayam pada kemoceng.

Dengan begitu banyak orang juga menyebut ikan ini dengan nama ikan Bulu Ayam.

Tidak seperti kebanyakan ikan, Knife Fish ini memiliki sirip yang hanya terletak pada bagian bawah tubuhnya dan menyambung hingga ke ekor.

Dari segi warna tentunya tergantung pada jenis ikan ini. Namun, yang sering ditemui adalah jenis Black Ghost biasa yang berwarna hitam pekat, bahkan matanya pun berwarna hitam. Dengan sedikit motif strip berwarna putih di bagian ekornya.

Pertumbuhan fisik ikan ini hanya berkisar pada 30 cm saja. Namun, pernah ditemukan ikan Black Ghost terbesar dengan Panjang sekitar 50 cm Aqua Friends.

Nocturnal

Selain tiga ciri di atas, Knife Fish termasuk dalam kategori ikan nocturnal atau yang gemar beraktivitas pada malam hari. Lantas, bagaimana aktivitasnya di siang hari?

Pada waktu siang, ikan Back Ghost lebih gemar bersembunyi di balik bebatuan ataupun sudut-sudut aquarium. Dimana tempat-tempat tersebut menurutnya gelap dan nyaman untuk beristirahat.

Karakter Ikan Black Ghost

Jika dilihat dari namanya saja, mungkin ikan ini tergolong ikan yang seram atau bahkan bisa diasumsikan sebagai ikan predator.

Eitsss, jangan salah Aqua Friends, justru ikan Black Ghost adalah ikan yang tenang dan damai. Pun juga sangat mudah berteman dengan jenis ikan hias lain.

Makanan sehari-harinya pun sama dengan berbagai jenis ikan lain, mulai dari cacing darah ataupun ikan sutra. Dan tentunya juga doyan memakan pakan pabrikan seperti pellet, dan lain-lain.

Ikan ini juga dikenal dengan sifatnya yang pemalu, dengan begitu ikan ini sangat gemar bersembunyi di sudut-sudut aquarium. Namun, seperti yang sudah dijelaskan di atas, ikan ini akan aktif pada waktu malam hari.

Baca Juga: Ikan Corydoras: Jenis, Harga, dan Cara Perawatannya

Jenis-Jenis Ikan Black Ghost

Black Ghost

Pertama, sudah tentu jenis yang paling umum dan sering ditemui yakni Black Ghost original. Secara detail, beberapa sudah disebutkan di atas.

Memiliki warna hitam yang pekat, mulai dari ujung kepala hingga ujung ekor. Termasuk bola matanya juga berwarna hitam.

Pun juga terdapat corak dibagian ekornya berupa strip atau cincin yang berwarna putih.

Brown Ghost

Selain jenis yang berwarna hitam, ada juga diantaranya yang berwarna cokelat.

Secara umum, baik bentuk fisik tubuh dan siripnya sama seperti Black Ghost original. Perbedaan mencolok hanya terdapat pada warna tubuhnya saja.

Pun juga, corak ataupun motif di bagian ekornya tidak begitu nampak, bahkan ada beberapa juga yang tidak memiliki motif. Sehingga berwarna cokelat full di seluruh tubuhnya.

Albino Ghost (White Ghost)

Seperti jenis ikan albino lainnya, Albino Ghost atau juga dikenal dengan nama White Ghost memiliki kelain genetik yang membuat tampilan tubuhnya berbeda dengan jenis Black Ghost.

Sesuai dengan namanya, jenis ikan ini berwarna putih kekuningan yang lembut dengan bola mata berwana oranye.

Secara umum, mulai dari bentuk fisik, ciri khas dan karakternya tidak jauh berbeda dengan kedua saudaranya yakni Brown Ghost ataupun Black Ghost.

Harga Ikan Black Ghost

Terkait harga ikan Black Ghost tentunya sangat dinamis dan variative Aqua Friends. Hal tersebut didasarkan pada wilayah, ukuran dan usia ikan ini. Nah, lebih lengkapnya berikut daftar harga ikan Black Ghost terbaru.

Jenis IkanHarga
Induk Ikan Black GhostRp 40.000 – Rp 50.000
Black Ghost JumboRp 350.000
Black Ghost ukuran 8 – 9cmRp 10.000
Black Ghost ukuran 2 inchiRp 5.000
Black Ghost ukuran 30 cmRp 150.000
Induk Brown GhostRp 40.000
Ikan Brown Ghost ukuran 3 cmRp 12.000
Ikan Brown Ghost ukuran 5 cmRp 20.000
Ikan White Ghost ukuran 5 cmRp 15.000
Ikan White Ghost ukuran 10 cmRp 30.000
Induk White GhostRp 60.000

Cara Budidaya Ikan Black Ghost

Selain keunikan dari ikan ini, tentu bagi para peternak juga bisa menghasilkan pundi-pundi rupiah dari ikan ini.

Bayangkan saja, untuk ikan Black Ghost ukuran 2 inchi saja sudah berharga lumayan. Dan tentunya, dalam satu kali proses breeding akan menghasilkan puluhan hingga ratusan ekor ikan ini.

Bagi kalian yang tertarik, tenang saja. Berikut tips dan cara budidaya ikan Black Ghost, sehingga kalian bisa mencobanya di rumah.

Media Pemijahan

Pertama, tentu kalian perlu menyipakan wadah atau media pemijahan sebelum memulia proses pemijahan. Kalian bisa menggunakan aquarium ataupun kolam semi permanen.

Untuk ukuran aquarium sendiri, gunakan ukuran minimal 100 cm x 50 cm x 50 cm, sehingga bisa menampung beberapa pasang ikan Black Ghost.

Setelah menyiapkan media yang tepat, tambahkan peralatan lain seperti filter aquarium, aerator dan tempat induk menempatkan telurnya.

Kalian bisa menggunakan media pakis (yang biasa digunakan untuk menanam anggrek) yang diletakan di dasar aquarium. Hal tersebut diperlukan karena ikan ini gemar meletakkan telur-telurnya di bagian dasar aquarium.

Kalian juga bisa menambahkan aksesoris lain seperti potongan peralon sebagai tempat persembunyian. Dan hindari aksesoris-aksesoris yang berwarna terang Aqua Friends. Karena pada dasarnya ikan ini menghindar dari berbagai hal yang berwarna cerah.

Kualitas Air

 

Saat proses pemijahan, tentu kalian perlu menyiapkan air dengan kualitas dan kondisi yang bagus. Hal tersebut diperlukan demi kelancaran dan kesehatan indukan ikan ini.

Kondisi atau kualitas air yang ideal untuk budidaya ikan Black Ghost adalah yang memiliki pH sekitar 7 dan juga suhu air berkisar pada 25° – 27° Celcius.

Jika kalian menggunakan air PAM, ada baiknya kalian endapkan air tersebut setidaknya 3×24 jam. Karena seperti yang kita tahu, air PAM mengandung kaporit yang berdampak kurang baik untuk ikan.

Dan jika kalian menggunakan air sumur, kalian juga perlu mengendapkannya selama 1×24 jam. Agar kondisi air lebih stabil untuk ditempati para indukan ikan.

Siapkan Indukan yang Bagus

induk ikan black ghost

Selanjutnya, sebelum memasukkan indukan ikan Black Ghost, ada beberapa hal yang perlu kalian perhatikan saat memilih indukan dalam proses budidaya.

Karena faktor tersebut juga termasuk kunci keberhasilan dalam proses pemijahan Aqua Friends.

Indukan yang ideal setidaknya sudah berusia minimal satu tahun, memiliki kondisi tubuh yang sehat, tidak cacat, dan tidak memiliki penyakit.

Dengan indukan yang berkualitas, tentu kemungkinan akan menghasilkan anakan yang berkualitas juga.

Pembenihan

Dalam proses pembenihan ikan Black Ghost, bisa dilakukan dengan dua cara Aqua Friends. Yakni dengan cara pembenihan dengan kolam kecil (berpasangan) dan pembenihan dengan kolam besar (massal).

Simak penjelasan berikut untuk lebih detailnya.

1. Pembenihan Kolam Kecil

  • Bisa menggunakan aquarium dengan ukuran yang sudah disebutkan di atas, yakni ukuran 100 cm x 50 cm x 50 cm.
  • Isi aquarium dengan volume air 2/3 dari volume aquarium, kira-kira setinggi 30 cm.
  • Isi indukan dengan perbandingan jantan dan betina sekitar 1:3. Dalam 1 aquarium tersebut usahakan jangan terlalu banyak, isilah 5 – 7 ekor indukan saja.

2. Pembenihan Kolam Besar

  • Kolam besar bisa menggunakan kolam semi permanen (terpal) ataupun bak fiber. Dengan ukuran 3m x 1,5m x 0,8 m.
  • Isi air kolam dengan volume air 2/3 juga atau kira-kira setunggi 50 cm.
  • Pada kolam besar seluas itu, bisa menampung setidaknya 20 ekor indukan. Dengan perbandingan yang sama yaknin1:3.

Pemeliharaan Burayak/Anakan Ikan Black Ghost

Dalam kasus budidaya Ikan Black Ghost, penetasan anak ikan ini harus terpisah dengan induknya. Hal tersebut dilakukan untuk menghindari telur-telur yang akan dimakan oleh indukannya.

Jika sudah nampak telur-telur ikan yang menempel pada media pakis, maka kalian bisa memindahkan pada kolam khusus untuk penetasan. Aquarium yang digunakan tidak terlalu besar tak apa, setidaknya berukuran minimal 80 cm x 50 cm x 40 cm dengan ketinggian air 30 cm.

Gunakan juga aerator pada aquarium penetasan ini, setidaknya letakkan di 4 sudut aquarium. Dan usahakan aerasi terus berjalan selama proses penetasan berlangsung.

Telur-telur tersebut akan menetas pada usia 4 – 5 hari Aqua Friends. Setelah menetas, larva-larva ikan tersebut akan bersembunyi di sela-sela media yang digunakan.

Saat larva tersebut sudah berusia 4 hari, kalian bisa langsung memberinya makan berupa naupli artemi dalam jangka waktu 14 hari.

Setelah berusia 14 hari, kalian bisa memberikan makanan berupa kutu air, cacing sutra, jentik nyamuk ataupun pellet yang dihaluskan.

Seluruh proses pemijahan tersebut bisa memakan waktu hingga 1 bulan, nah setelah melewati fase selama satu bulan, makan anakan ikan Black Ghost bisa dipindahkan ke kolam khusus pembesaran.

Baca Juga: 9+ Jenis Ikan Pemakan Lumut Pembersih Aquascape

Cara Merawat Ikan Black Ghost

cara merawat ikan black ghost

Ikan ini tergolong dalam jenis ikan hias yang mudah dipelihara Aqua Friends, sehingga kalian tak akan kerepotan dalam memenuhi kebutuhan hariannya.

Pun juga, tergolong sebagai ikan yang bandel dan mudah beradaptasi dengan lingkungan baru. Namun detailnya, kalian bisa ikuti langkah-langkah di bawah ini.

  • Jagalah kualitas air di dalam aquarium agar tetap stabil pada pH 7 dan bersuhu 25° – 27°
  • Gantilah air secara berkala, setidaknya 1 bulan sekali dengan cara menyisakan 1/3 air di dalam aquarium.
  • Lebih baik, gunakan sistem filtrasi dan aerasi di dalam aquarium, kalian bisa menggunakan filter dan juga aerator tentunya.
  • Berikan makanan yang cukup dan bernutrisi sebanyak 2 kali sehari pada waktu pagi dan sore.

Cukup simpel kan Aqua Friends? Terkait makanan, author akan memberikan daftar referensi makanan terbaik untuk ikan Black Ghost. Simak di bawah ini.

Makanan Ikan Black Ghost

cacing sutra

Ikan ini memiliki ukuran mulut yang cukup kecil, dan tidak terlalu doyan dalam hal makanan Aqua Friends. Seperti yang sudah disebutkan di atas, cukup berikan makan sebanyak minimal 2 kali sehari.

Lalu apa saja jenis makanan yang baik untuk memenuhi kebutuhan nutrisi si ikan Penari Balet ini? Check it out!

  • Cacing Darah
  • Cacing Sutra
  • Kutu Air
  • Jentik Nyamuk
  • Pellet
  • Artemia

Makanan-makanan tersebut memiliki beberapa kandungan protein yang baik untuk pertumbuhan Knife Fish. Terkhusus pellet kalian bisa menggunakan Hikari Micro Pellet dan juga Agaru.

So, bagaimana Aqua Friends? Apakah kalian tertarik untuk memelihara ikan Black Ghost? Jangan ragu dan sungkan untuk share di kolom komentar yah. ?

Semoga artikel ini bisa menjawab pertanyaan kalian seputar topik tersebut. Dan juga bisa menambah pengetahuan ataupun referensi kalian seputar dunia ikan hias.

Oke itu saja, terima kasih sudah berkunjung di Aquapedia.id.

Originally posted 2020-04-21 09:05:33.

Hai! Aku Ade, alumni Informatika - Universitas Muhammadiyah Surakarta. Tertarik dengan dunia ikan dan aquascape dan tentu dengan hal-hal menarik lainnya. Mari berteman! :)

Tinggalkan komentar