Ikan Blue Elektrik : Si Biru Nan Cantik

Untuk Aqua Friends yang lagi senang-senangnya memelihara ikan hias tetapi bingung ingin memilih jenis apa, cobalah untuk memilih ikan blue elektrik yang memiliki nama ilmiah Sciaenochromis Fryeri.

Sesuai dengan namanya, ikan hias ini memiliki warna biru yang cantik. Ikan ini juga bisa dikenal sebagai Hap Ahli, Electric Blue Cichlid atau Electric Blue Hap yang biasa ditemukan di Danau Malawari, Afrika.

Bagi Aqua Friends yang masih pemula dalam memelihara ikan, disarankan untuk tidak memelihara ikan jenis ini. Karena perawatannya bisa dibilang sulit.

Tapi jika Aqua Friends sudah cukup lama berkecimpung dalam memelihara ikan hias, sebaiknya perbanyak informasi mengenai pemeliharaan ikan blue elektrik terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk memelihara atau membudidayakannya.

Mengenal Ikan Blue Elektrik

Sumber https://www.instagram.com/p/CH78dcPpZb1/

Habitat

Ikan blue electric ramirezi berhabitat di air yang memiliki pH antara 7 hingga 8. Untuk suhunya sendiri berkisar antara 22 hingga 27 derajat celcius.

Kondisi pH air dan suhu tersebut memang sesuai dengan habitat aslinya yaitu di danau Malawi, Great Lakes, Afrika.

Reproduksi

Pejantan ikan blue elektrik akan memilih sendiri pasangan betinanya dengan bersifat monogami.

Monogami merupakan sifat yang jika sudah memiliki pasangan, maka si ikan berkumpul dengan pasangannya masing-masing.

Ikan jenis ini memang terbilang mudah untuk melakukan perkawinan, apalagi jika tinggal di air dengan kualitas baik.

Blue elektrik dapat bertelur setiap dua bulan sekali, biasanya terjadi di bulan mei hingga bulan september.

Untuk bertelur, betina lebih memilih di area yang kecil. Telur yang sudah dibuahi dan ditangkap betina, akan dilepaskan kembali sekitar 3 minggu kemudian.

Untuk pelepasan telurnya juga terbilang unik.

Yaitu ikan betina melepaskan telur di air yang memiliki arus dan ikan jantan akan menangkap telur-telur tersebut di sirip duburnya lalu dibuahi, kemudian dilepaskan dan pada akhirnya mulut ikan betina akan menangkap telur yang dilepaskan tadi.

Punya jenis ikan ramirezi lainnya, baca juga informasi berikut ya Jenis dan Harga Ikan Ramirezi

Ciri-Ciri Ikan Blue Elektrik

ciri ciri blue elektrik

Untuk mengetahui jenis ikan blue elektrik, maka Aqua Friends dapat memahami ciri-cirinya.

Agar Aqua Friends tidak bingung, mari simak ciri-ciri ikan blue elektrik di bawah ini:

Warna

Sesuai dengan namanya, warna ikan blue electric ramirezi dipenuhi dengan warna biru elektrik yang menawan dan cantik.

Untuk jantan warna seluruh tubuhnya biru elektrik yang disertai dengan garis-garis vertikal yang berwarna kegelapan. Pada bagian anal terdapat sirip berwarna kuning, merah atau oranye.

Sedangkan untuk betina di bagian anal warna siripnya perak dan terdapat garis vertikal yang agak samar. Namun untuk betina, disaat sudah dewasa warna birunya akan sangat redup.

Bentuk Tubuh

Sedangkan untuk bentuk tubuhnya sendiri, ikan blue elektrik jantan lebih besar dibandingkan dengan betina.

Mata

Mata berbentuk bulat dengan lingkaran hitam di tengah.

Diluar lingkaran hitam tengah, terdapat dua warna yaitu agak kehitaman dengan garis hitam yang terlihat jelas, dan warna merah terang.

Harga Ikan Blue Elektrik

harga ikan blue elektrik

Harga ikan blue elektrik sebenarnya bervariasi, tergantung dari ukuran dan usianya. Harganya berkisar Rp 10 ribu hingga Rp 30 ribu.

Cara Merawat Ikan Blue Elektrik

ramirezi blue electric

Bisa dibilang susah-susah gampang dalam merawat ikan jenis blue elektrik ini, karena diperlukan kebersihan di lingkungan akuarium serta harus mengatur pH air yang sesuai.

Selain itu Aqua Friends perlu mengatur pergerakan air di akuarium. Pergerakan air yang lambat memang lebih disukai oleh ikan ini karena ikan merasa lebih aman dan tidak terancam.

Agar blue elektrik dapat hidup dengan baik, hindari menaruhnya di akuarium yang baru saja dibentuk dan yang memiliki tingkat sampah organik rendah.

Jadi bisa dikatakan lingkungan harus stabil agar ikan tidak mudah mati.

Karena banyak juga Aqua Friends yang memelihara ikan blue elektrik tanpa memperhatikan beberapa hal tadi, sehingga ikan sangat mudah mati.

Makanan Ikan Blue Elektrik

makanan blue elektrik

Ikan blue electric ramirezi termasuk jenis ikan omnivora. Berikut adalah makanan ikan blue elektrik beserta manfaatnya:

Jentik Nyamuk

Jika blue elektrik dipindahkan ke lingkungan yang baru, ikan bisa saja mengalami stress. Maka dari itu Aque Friends bisa memberikan pakan seperti jentik nyamuk dan sejenisnya.

Serpihan dan Pelet

Untuk pakan biasanya, Aqua Friends bisa memberikan pakan ke ikan blue elektrik seperti serpihan dan juga pelet.

Perlu di ingat bahwa ikan blue elektrik jantan punya pergerakan yang lambat. Jika blue elektrik disatukan dengan ikan jenis lain di salam satu akuarium, Aqua Friends harus benar-benar memperhatikan blue elektrik.

Jangan sampai pakan yang tadinya untuk blue elektrik malah termakan jenis ikan lain.

Setup Akuarium

Agar blue elektrik dapat hidup dengan baik, maka setup akuarium harus benar dan diperhatikan dengan seksama.

Biaya yang dikeluarkan bisa dikatakan tidak terjangkau. Mari ketahui setup akuarium pada pembahasan di bawah ini.

Persiapan Akuarium

Agar ikan nyaman hidup di akuarium, cobalah untuk menyiapkan akuarium seperti habitat asli blue elektrik. Tambahkan batu-batu besar dan gua buatan di akuarium. Gua buatan ini berfungsi sebagai tempat bersembunyi ikan.

Kondisi air yang ada di akuarium haruslah bersuhu 22 sampai 27 derajat celcius.

Lalu untuk pH juga harus di antara 7 sampai 8.

Kesadahan airnya harus keras atau bahkan sangat keras, berkisar di antara 5 sampai 10 dGH. Minimum ukuran tanknya sebisa mungkin 208L, dengan minimal panjang sekitar 1,2 meter.

Pengisian Air di Akuarium

Pengisian air di akuarium sebaiknya Aqua Friends menggunakan ukuran galon.

Jadi ukuran 20 galon untuk satu pasang ikan, dan 40 galon untuk dua pasang ikan.

Agar pH air tetap berada diatas normal sebaiknya Aqua Friends menggunakan pasir aroganite pada bagian dasar akuarium. Pasir aroganite ini memiliki fungsi untuk menjaga pH air mendekati pH alaminya

Gua, Bebatuan dan Tanaman

Pemberian gua dan bebatuan yang ada di akuarium juga tidak boleh asal ya Aqua Friends. Karena harus pas, sehingga tidak memenuhi ruangan yang ada di akuarium agar ikan bisa berenang dengan bebasnya.

Sedangkan untuk tanamannya sendiri sebaiknya Aqua Friends memilih pakis jawa karena lebih tahan dengan kondisi air yang ada di akuarium.

Pencahayaan

cahaya aquarium

Pencahayaan untuk ikan ini bisa diatur mulai sedang hingga pencahayaan normal. Pengatur waktu juga bisa Aqua Friends gunakan agar dapat mengontrol lampu agar ikan tidak merasa bingung dengan cahaya yang ada.

Bagaimana Aqua Friends, tertarik untuk memelihara blue electric ramirezi? Di atas merupakan informasi mengenai ikan blue elektrik, sehingga bisa memudahkan kalian dalam mencari tahu sebelum memutuskan untuk membeli.

Jika kalian memiliki pengalaman terkait membeli ataupun memelihara ikan blue elektrik, jangan ragu untuk share di kolom komentar yah Aqua Friends.

Semoga artikel kali ini bisa menambah pengetahuan dan referensi kalian.

Bikin Ikan Bahagia!

Tinggalkan komentar