Ikan Cupang Avatar : Cupang Dengan Corak Warna Istimewa

Ikan cupang avatar disebut sebagai ikan hias peliharaan para orang kaya atau sultan, saat ini sedang naik daun dan menjadi incaran penghobi cupang yang berkantong tebal.

Cupang Avatar memiliki warna yang sangat istimewa, hasil dari kawin silang berbagai jenis cupang sehingga menghadirkan corak yang begitu menarik.

Saat ini dibrandrol dengan harga ratusan ribu hingga 3 juta tergantung dengan ukuran, kualitas, dan corak warnanya. Simak selengkapnya tentang ikan cupang avatar di bawah ini.

Ciri – Ciri Ikan Cupang Avatar

Cupang avatar berasal dari kawin silang peternak ikan cupang dari Thailand, jadi jenisnya bukan asli dari alam. Cupang avatar begitu diminati karena warnanya yang menarik.

Ciri-ciri cupang avatar ialah warnanya dominan dengan hitam gelap dan sisik mutiara acak di tubuhnya.

Seluruh tubuhnya hitam pekat dan mengkilat, semuanya mulai dari ekor hingga sirip, tubuh, dan kepala. Seringkali matanya tidak terlihat.

Terkadang ada jenis yang punya warna lain seperti merah, biru, dan keemasan di siripya, namun tetap memiliki warna hitam di tubuhnya.

Sedangkan sisiknya berupa bercak atau dikenal dengan iridescent karena berkilap seperti mutiara. Sisiknya merupakan jenis metalik yang nampak seperti bintang di galaxy.

Jadi cupang avatar begitu mudah diketahui cirinya, hitam pekat dengan sisik bercak mutiara di sepanjang lapisan tubuhnya.

Jenis – Jenis Cupang Avatar Beserta Harganya

Ada banyak variasi cupang avatar, variasi nama cupang avatar ini disesuaikan dengan warnanya. Berikut ini jenis-jenis cupang avatar beserta harganya.

Cupang Avatar Dark Blue

Jika biru adalah warna favorit Anda maka cupang avatar dark blue atau uga dikenal dengan cupang avatar blue black ini bisa menjadi salah satu pilihan koleksi. Warnanya seperti dengan namanya, biru tua berpadu dengan hitam. Umumnya warna biru melingkar dari kepala hingga sirip dan ekornya, dan bagian tengah tubuh berwarna hitam lengkap dengan sisik mutiaranya.

Cupang Avatar Gordon

Cupang Avatar Gordon

Warnanya sangat cantik, dominan hitam kontras dengan biru dan sekilas ada warna merah di sirip dan ekornya. Warna biru berada secara acak dengan sisik mutiara yang juga berwarna biru. Nampak indah dengan perpaduan hitam dan biru menyala.

Cupang Avatar Copper Gold

Cupang avatar copper gold punya warna keemasan di sirip dan ekornya, sisik mutiaranya juga berwarna keemasan. Jenis ini lebih susah didapatkan, warnanya akan terlihat bersinar di dalam air sebagaimana namanya yakni emas atau tembaga yang mengkilat.

Cupang Avatar Red

Cupang Avatar Red

Cupang avatar red punya tubuh hitam dengan sirip warna merah atau biru, sisik mutiara di tubuhnya juga berwarna biru dan merah. Ada pula yang tubuhnya berwarna merah tua dengan sirip dan ekor merah serta sisik mutiara berwarna biru. Ciri utamanya ialah perpaduan warna merah, biru, dan hitam dengan sisik mutiara yang berkilap.

Avatar Vampire

Merupakan jenis cupang avatar yang punya warna hitam dihiasi dengan sisik mutiara dan sirip ekor berwarna merah sehingga disebut dengan vampire. Kedua warna berpadu secara acak, umumnya berupa hitam di tubuhnya, dan warna merah membentuk seperti garis di sepanjang ekor dan siripnya.

Hampir sama dengan cupang avatar copper gold, jenis ini punya warna dasar hitam dengan banyak aksen emas di lapisan tubuhnya. Warna emasnya lebih nampak terang, ekornya berupa garis-garis keemasan dengan sisik mutiara yang juga berwarna keemasan.

Jenis Cupang Avatar Berdasarkan Bentuk Sirip Ekor Beserta Harganya

Selain jenis dari segi warnanya, cupang avatar juga dibagi jenisnya dari bentuk sirip dan ekornya, yakni HMPK dan OHMPK.

A. Cupang Avatar HMPK (Halfmoon Plakat)

Memiliki bentuk ekor membesar seperti setengah bulan dengansudut190 derajat ketika berada dalam posisi ngedok, ekornya harus berukuran besar dan lebar, jika ekor kecil tidak termasuk HMPK meskipun bukaan ekornya sudah 180 derajat atau setengah lingkaran. Dilihat dari samping ekornya akan nampak seperti huruf D.

B. Cupang Avatar OHMPK (Over Halfmoon Plakat)

Cupang Avatar Halfmoon Plakat

Ialah cupang avatar denan bentuk ekor yang lebih besar dan lebih lebar, lebih dari 180 derajat ketika ngedok. Bedanya dengan HMPK ialah saat dilihat dari samping mirip dengan huruf C yang lebih melengkung dan melingkar dibanding huruf D.

Cara Memilih Cupang Avatar yang Bagus

Cupang Avatar Halfmoon Plakat

Untuk bisa mendapatkan cupang avatar yang bagus, sebelumnya wajib tahu dahulu tentang ciri-cirinya dan penilaian standartnya. Ada jenis cupang lain yang mirip dengan cupang avatar yakni hitam dan biru atau disebut blue black light (BBL) sehingga kadang bisa mengecoh.

Cara memilih cupang avatar yang bagus ialah dari ciri-cirinya, yakni dari totol-totol atau sisik mutiaranya. Jika hanya nampak biru saja tidak ada sisik kilaunya berarti bukan cupang avatar asli, melainkan BBL. Cupang avatar yang bagus dan asli punya sisik yang berkilau seperti mutiara atau layaknya bintang di langit. Tentunya perhatikan pula standart lainnya seperti mentalnya, bentuk tubuh, keaktifan, insang, dan warnanya, pilih yang warnanya terang dan tidak kusam.

Hati-hati saat membeli ikan cupang avatar terutama jika secara online sebab tidak melihat secara langsung barangnya, usahakan beli dari penjual yang terpercaya.

Cara Merawat Ekor dan Sirip Cupang Avatar

Cupang Avatar

Ikan cupang avatar dikenal sebagai jenis yang cukup susah dalam perawatan ekor dan siripnya, ph air dan kualitas pemeliharaan menjadi kunci agar tetap hidup dengan baik dan menghasilkan anakan yang berkualitas. Agar ekor dan siripnya bisa tetap berada dalam kondisi baik, perhatikan cara merawat ekor dan sirip cupang avatar berikut ini.

Wadah Pas

Cupang avatar bisa hidup di aquarium beragam ukuran, namun lebih baik di wadah yang pas tidak terlalu besar misalnya 20 x 15 x 15 cm.

Perhatikan Airnya

Merawat sirip dan ekor cupang avatar yang baik bisa dengan cara memberi air sumur di aquarium atau wadahnya, hal ini bisa membuatnya lebih nyaman dan hidup lebih lama serta keindahan sirip dan ekornya bisa lebih terjaga.

Makanan Secukupnya

Hindari memberikan makanan berlebihan sebab jika tersisa akan mengotori aquarium dan menimbulkan penyakit yang jelas berpengaruh pada kesehatan ekor dan sirp cupang avatar. Beri makanan secara bertahap, jika makanan yang Anda beri telah habis, tak apa berikan kembali dalam jumlah yang lebih sedikit.

Kebersihan Wadah

Wadah kotor menimbulkan resiko sirip dan ekor cupang avatar rusak bahkan bisa membuatnya mati, bersihkan setidaknya 3 kali dalam seminggu.

Menjemur

Menjemur cupang avatar bisa membantu membunuh bakteri dan jamur yang tumbuh di aquarium. Letakkan aquarium di suhu stabil, tidak panas dan tidak dingin, lakukan rutin agar keindahan ekor dan siripnya bisa bertahan lama.

Bagaimana? Tertarik memelihara ikan cupang avatar di rumah? Hal ini bisa memberikan kebanggaan dan kesenangan tersendiri sekaligus menghilangkan bosan dan stres karena banyaknya ativitas yang dilakukan di rumah saat masa pandemi ini, selamat mencoba.

Bikin Ikan Bahagia!

Tinggalkan komentar