Ikan Cupang Blue Rim : Ikan Yang Paling Banyak Dicari

Tren memelihara ikan hias cupang kini sedang populer, digemari banyak kalangan sebagai sekedar hobi hingga dijadikan ladang bisnis. Ada banyak jenis dengan beragam warna cantik masing-masing. Salah satunya yang terkenal ialah jenis ikan cupang blue rim. Ikan cupang blue rim ini mulai dikenal di Indonesia pada tahun 2018 sampai sekarang, apa saja yang menarik seputar ikan cupang blue rim dan segala tentangnya? Baca, simak sampai habis.

1. Ciri-Ciri Blue Rim

Ikan Cupang Blue Rim

Sebagaimana namanya ikan cupang blue rim ini punya ciri khusus yakni perpaduan warna putih dan biru. Warna putih ialah dominasi di tubuhnya, sedangkan warna biru mengelilingi sepanjang ekor, sirip, dan pinggir badannya. Jelas tampak lebih cantik layaknya warna langit yang berpadu dengan awan. Cocok untuk dijadikan peliharaan yang akan memberikan ketenangan dan kesenangan karena larut pada keelokannya.

2. Jenis-Jenis Cupang Blue Rim Beserta Harganya

Ikan Cupang Blue Rim

Ikan cupang blue rim ini dikenal sebagai salah satu jenis ikan cupang yang sulit untuk dibudidayakan, baik itu pemeliharaan maupun peranakannya. Dari ratusan telur yang dikeluarkan, hanya ada sekitar 5 sd 10 % yang bisa menetas dan tumbuh dengan kualitas baik. Sehingga tak mengherankan jika ikan cupang blue rim ini harga jualnya tinggi, hingga ratusan ribu rupiah, tergantung dari kualitas ikan cupang blue rim tersebut. Berikut ini jenis-jenis ikan cupang blue rim beserta harganya sebagai referensi untuk Anda yang ingin memiliki ataupun membudidayakannya.

A. Cupang Blue Rim Panda

Punya warna putih dan biru tua, ata nampak lebih besar karena hitam mengkilat sehingga disebut dengan cupang blue rim panda. Warna biru tua dan putih bervariasi, ada yang di sepanjang ekor dan siripnya, ada pula yang ada di hampir sebagian tubuhnya.

B. Cupang Marble Blue Rim

Cupang Marble Blue Rim

Cupang marble blue rim punya warna acak di seluruh tubuhnya, putih dan biru berpadu. Warna dominan tidak tentu bergantung pada asal kawin silangnya. Ada yang warna dasar putih dengan bitnik warna biru, ada juga yang tubuhnya didominasi warna biru.

C. Cupang Blue Rim Thailand

Cupang Blue Rim Thailand

Cupang blue rim thailand, warna dasar tubuhnya putih atau krem dengan warna biru tua di bagian tepi sirip dan ekor, ada juga yang berwarna biru di seluruh ekor dan siripnya. Harga cupang blue rim Thailand ini lebih mahal sebab didatangkan dari luar negeri, harganya berpatok pada warna tubuhnya, semakin putih bersih dan semakin rapi warna garis biru di ekor dan siripnya maka harganya akan semakin mahal.

D. Cupang Fancy Blue Rim

Punya warna paling cantik dan bentuk tubuh terbaik, warnanya berupa kombinasi putih dan biru, badannya tetap didominasi warna putih atau krem, dan warna biru ada secara acak di ekor dan tubuhnya. Siripnya dan ekornya lebih besar dibanding cupang blue rim jenis lainnya. Siripnya lebih panjang dan lebar nampak anggun, ekornya juga lebih besar mengembang seperti setengah lingkaran.

E. Giant Blue Rim

Giant blue rim sangat cantik dan tergolong susah dicari.  Warnanya perpaduan biru tua dan putih, terkadang ada garis warna lain di ekornya seperti merah atau krem. Tubuhnya berwarna biru hingga sebagian ekor dan sirip, sementara warna putih menghiasi pinggiran ekor dan siripnya. Ekornya nampak seperti garis-garis berlipat dan melebar, sangat indah untuk dipandang.

F. Koi Blue Rim

Koi Blue Rim

Cupang koi umumnya punya 3 warna sebagaimana ikan koi. Namun koi blue rim hanya punya 2 warna dominan biru dan putih seperti jenis lainnya. Coraknya sangat menyerupai dengan ikan koi, sangat bervariasi, terlihat cerah dan mengkilat. Umumnya ada warna lain yang tidak terlalu nampak seperti merah atau hitam di bagian kepala yang tidak banyak sehingga benar-benar tidak menjadi warna dominan. Sirip dan ekornya mengembang dan terlihat lebih lembut serta halus.

3. Cara Memilih Cupang Blue Rim Yang Bagus

Ikan Cupang Blue Rim

Di masa pandemi ini memelihara ikan cupang lebih populer, saat ini cupang blue rim menjadi salah satu jenis yang menjadi best seller di kalangan penjual, banyak yang menanyakan serta request blue rim beragam jenis karena breedingnya yang lebih sulit. Blue rim dikenal sebagai ikan cupang berkasta tertinggi di kelasnya.

Namun jelas tida semua ikan cupang berkualitas, perhatikan cara memilih cupang blue rim yang bagus berikut saat Anda membelinya agar bisa lebih panjang umur dan nyata kualitasnya.

A. Aktif

Pastikan Anda memilih cupang blue rim yang aktif, yang menandakan ia punya kualitas baik. Tiap bergerak ia merespon dengan baik saat dilihat dan didekati.

B. Sirip dan Ekor

Kualitas lain dari cupang blue rim ialah pada sirip dan ekornya, yakni punya warna terang. Siripnya juga nampak terbuka dengan sempurna dan harmonis, ujung ekor dan sayapnya tidak ada bayangan. Pastikan tidak ada jarak antara ekor dengan sirip bawah maupun ekor dengan sirip punggungnya.

C. Bentuk Tubuh

Cupang blue rim yang bagus ditandai dengan tubuhnya yang normal, yakni ekor mengembang dengan sempurna, bukaan insangnya punya besar yang sama dan dapat menutup seperti sedia kala, juga sisiknya rapid an postur tubuhnya cenderung lonjong atau memanjang.

D. Sisik dan Warna

Sisik cupang blue rim yang berwarna putih atau krem terang mengkilat ditambah dengan warna biru cerah yang tidak kusam sangatlah penting, menentukan keindahan utamanya. Sebab itu pastikan Anda memilih cupang blue rim yang cerah, mengkilap, dan tidak kusam warna sisik serta lapisan tubuhnya.

Ikuti cara-cara memilih cupang blue rim yang bagus tersebut agar Anda bisa memiliki cupang blue rim dengan kualitas bagus untuk mempercantik aquarium.

4. Cara Merawat Ekor dan Sirip Cupang Blue Rim

Ikan Cupang Blue Rim

Ekor dan sirip cupang blue rim itu sangat cantik dan anggun, mengkilat corak warnanya dan polanya berbeda antara satu cupang blue rim dengan yang lain, itulah yang membuatnya unik. Sayangnya ekor dan siripnya bisa mudah rapuh, sensitive pada sentuhan, bisa juga rusak karena jamur atau gigitan ikan lain.

Ekor dan sirip yang rusak memang bisa tumbuh kembali, namun jelas mencegah lebih baik daripada memperbaiki, jadi inilah yang perlu Anda pahami demi kesehatan dan kecantikan cupang blue rim. Berikut cara merawat ekor dan sirip cupang blue rim agar senantiasa indah dan jauh dari kerusakan.

A. Kualitas Air

Ganti air setiap beberapa hari sekali jika Anda ingin ekor siripnya senantiasa cantik. Rekomendasi dari komunitas penghobi cupang ialah 2 hari sekali, bisa setengah atau seluruh air yang ada. Air yang baru endapkan dulu selama 3 jam.

B. Antibiotik Alami

Karena ekor dan sirip cupang blue rim bisa rusak karena penyakit atau jamur, peru dicegah dengan antibiotik alami. Caranya dengan menambah daun ketapang sehingga air jadi lebih sehat. Beri daun ketapang kering yang bisa Anda dapatkan di toko ikan hias, airnya akan menjadi sedikit kekuningan, jangan khawatir, hal itu bukan berarti airnya kotor.

Lakukan 2 cara tersebut serta ingat jangan sampai menyentuh ekor dan siripnya, jika memindahkan lebih baik bersama dengan air, tidak memegangnya secara langsung.

Bikin Ikan Bahagia!

Tinggalkan komentar