Ikan Cupang Koi Jadi Ikan Hias Populer Tahun Ini

Ikan cupang koi punya corak dan warna menyerupai ikan koi , termasuk unik, berasal dari kawin silang, tidak ditemukan di alam liar. Dipilih dengan cermat saat pembiakan, dibesarkan dengan hati-hati hingga bertahun-tahun oleh para penghobi ikan cupang sehingga karakteristiknya tetap terjaga. Warna cerahnya mendominasi sehingga punya penampilan cantik. Ikan cupang koi punya ciri khusus dan banyak jenisnya,pada artikel kali ini akan kami bahas lengkapnya.

1.Ciri-Ciri Cupang Koi

Ikan Cupang Koi

Baik dari segi warna atau pun motif, ikan cupang koi mempunyai banyak kemiripan jika kalian bandingkan dengan ikan koi pada umumnya. inilah ciri-ciri cupang koi secara detailnya.

A. Pola dan Warna

Sebagaimana penulis jelaskan di awal bahwa ikan cupang koi tercipta dari hasil budidaya selektif dan tidak ada di alam liar, ciri-ciri cupang koi yang paling utama ialah warna dan polanya yang beragam, sangat banyak, dan berbeda antaara satu cupang koi dengan cupang lainnya. Kecerahan, kedalaman warna, dan kekayaan warna adalah ciri yang paling mudah dilihat.

B. Variasi Sirip

Ikan cupang koi juga punya variasi sirip dengan ikan cupang jenis yang lain. Siripnya cenderung lebih panjang dan melebar.

C. Agresif

Cupang koi punya sifat agresif, sebab itu di satu aquarium hanya boleh diisisatu jantan kecuali jika diberi sekat, sedangkan cupang koi betina bisa ditemani ikan jenis lain yang damai, yang tidak menggigit sirip panjangnya.

2.Jenis-Jenis Cupang Koi Beserta Harganya

Karena berasal dari kawin silang, breeder atau peternak ikan cupang koi selalu mencoba mengawinkan dengan berbagai jenis ikan cupang lainnya sehingga terciptalah ikan cupang koi beragam jenis namun tetap punya ciri khas motir dan warna ala ikan koi. Ada banyak jenisnya, berikut macamnya dan cirinya.

A. Ikan Cupang Koi Galaxy

Ikan Cupang Koi

Punya warna merah, kuning, putih, dan hitam dengan sisik seperti bintik biru mengkilat di sekujur tubuhnya. Jika dilihat nampak seperti galaxy yang ada di langit.

B. Cupang Koi Tiger

Ikan Cupang Koi

Cupang koi tiger punya perpaduan warna merah, biru, kuning, putih, hitam, terkadang ada pula warna tambahan orange. Semua warna di tubuhnya membentuk pola seperti garis-garis yang rapi hingga nampak seperti belang sebagaimana tiger.

C. Cupang Koi Emerald

Ikan Cupang Koi

Punya kombinasi warna orange, merah, kuning, putih, dan hitam dengan karakter sisik dragon karena berasal dari kawn silang cupang fancy dan cupang koi. Dijual dengan harga Rp 100 ribu hingga Rp 1 juta per ekor, tergantung dengan ukuran, motif, dan kualitas cupang koi emerald tersebut.

D. Cupang Koi Nemo

Ikan Cupang KOI

Cupang koi nemo punya warna corak utama merah, hitam, dan orange, warna tersebut hampir merata di seluruh tubuh dari kepala, ekor, dan siripnya. Ikan satu ini memperlihatkan ciri khas yang ada padanya yakni dominasi warna pada tubuhnya garis hitam mix orange. Kisaran harga yang ditawarkan di pasaran pada umumnya mulai dari Rp 35 rb hingga Rp 500 rb tergantung ukuran dan indahnya motif.

E. Cupang Giant Koi

Ikan Cupang Koi

Punya ukuran terbesar mencapai 12 cm, namun gerakannya kurang gesit dibanding jenis cupang koi lainnya. Warnanya beragam dengan dominasi merah, orange, dan kuning.

F. Cupang Halfmoon Koi

Ikan Cupang Koi

Yakni cupang koi yang memiliki ekor sangat lebar seperti setengah bulan atau setengah lingkaran atau juga disebut dengan hururf D. sedangkan pola warna dan coraknya seperti ikan cupang koi pada umumnya, minimal memiliki 4 warna.

G. Cupang Koi Avatar

Ikan Cupang Koi

Cupang koi avatar punya warna dasar hitam pekat dengan hiasan warna merah, biru, kuning, dan orange, di sepanjang lapisan tubuhnya ada sisik seperti mutiara yang mengkilat sehingga nampak berkilau saat berada di dalam air. Sangat indah dimana warna hitam di tubuhnya berpadu dengan warna-warni khas koi.

H. Cupang Fancy Koi

Ikan Cupang Koi

Terkenal dengan warnanya yang cantik dan bentuk tubuhnya yang unik. Tubuhnya cenderung lebih kecil lonjong dengan ekor yang lebar dan sirip panjang sehingga nampak seperti kupu-kupu ketika berenang. Kombinasi warnanya merah, hitam, orange, biru, dan putih dengan corak khas ikan koi.

I. Cupang Koi Multicolor

Ikan Cupang Koi

Punya warna paling banyak, merah, putih, kuning, biru, hitam, orange semuanya berpadu di seluruh tubuh secara acak mulai dari badan hingga sirip dan ekornya. Dapat dibeli dengan harga Rp 100 ribu sd Rp 400 ribu.

J. Cupang Yellow Koi

Cupang Yellow Koi

Punya warna dominan kuning dengan corak khas ikan koi. Jenis warna-warnanya sama dengan jenis ikan cupang koi jenis lainnya, hanya warna kuningnya yang paling banyak di bagian badannya.

K. Cupang Red Koi

Ikan Cupang Koi

Cupang red koi sesuai dengan namanya, cirinya adalah warna merah menjadi warna utama di tubuhnya, warn lain seperti kuning, putih, hitam, biru, dan orange timbul dengan corak acak di sepanjang pinggir badan, sirip, dan ekornya.

3. Cara Memilih Cupang Koi Yang Bagus

Ikan Cupang Koi

Memelihara ikan cupang koi adalah salah satu alternatif bagus dimana di masa pandemi covid19 ini kita lebih baik banyak menghabiskan waktu di rumah. Tidak hanya sebagai penghilang stress saja, namun juga bisa dijadikan ladang bisnis. Itu semua tentu diawali dengan pemahaman terlebih dulu seputar ikan cupang koi. Awali dengan membeli bibit atau anakan yang berkualitas. Nah, sebab itu kami ulas untuk Anda bagaimana cara memilih cupang koi yang bagus untuk peliharaan sendiri maupun untuk dikembangbiakkan.

A. Tipe Pejantan

Anda bisa memulai dengan membeli ikan cupang koi pejantan, pilih dengan warna yang full block (tidak terlalu punya banyak warna) di bagian tubuhnya atau memiliki salah satu warna paling dominan, seperti warna merah atau kuning agar saat kawin silang warna tidak serupa.

B. Pilih Betina Dengan Warna Cantik

Beda dengan memilih cupang koi betina, kali ini pilih warna yang lebih cantik, beragam, dan terang. Setidaknya ada titik-titik warna di bagian badan dan ekor sehingga jika dikawinkan akan menghasilkan anakan yang cantik. Kenapa demikian? Sebab anakan ikan cupang umumnya akan mengikuti lebih banyak warna dari betinanya sehingga warna betina menjadi dominan.

Kedua cara tersebut adalah hal utama yang perlu diperhatikan jika ingin mengembangbiakkan ikan cupang koi selain cara dasar seperti kesehatan dan mental, keindahan ekor dan sirip, dll. Namun jika Anda hanya ingin membeli sebgaai peliharaan semata, cukup perhatikan cara dasarnya saja yakni dilihat dari kondisi tubuh, keindahan warna, dan kualitas kesehatan cupang koi.

4. Cara Merawat Ekor Dan Sirip Cupang Koi

Ikan Cupang Koi

Ikan cupang koi identikan dengan keindahan warnanya, termasuk di bagian sirip dan ekornya, sebab itu perlu dijaga agar tidak rusak. Anda bisa pelajari cara merawat ekor dan sirip cupang koi berikut ini untuk senantiasa menjaga kecantikannya.

  • Ganti air 2 hari sekali, pakai air sumur atau air galon
  • Pindahkan tanpa menyentuhnya saat menguras air
  • Beri pakan hidup
  • Beri daun ketapang sebagai antibiotik alami
  • Beri garam khusus untuk ikan cupang
  • Jika ekor atau sirip patah berikan metil biru agar tumbuh dan indah kembali.

Bikin Ikan Bahagia!

Tinggalkan komentar