Ikan Cupang Nemo : Ikan Cupang Dengan Corak dan Warna Tubuh Berwarna Warni

Ikan cupang menjadi salah satu primadona di kalangan pecinta ikan hias, bentuknya yang cantik membuat pencintanya dengan sukarela merogoh kocek lebih dalam untuk bisa mendapatkannya. Ada banyak jenis ikan cupang, 3 tahun belakangan ini muncul ikan cupang jenis baru, yakni ikan cupang nemo.

Motif cantik dan harganya yang menarik telah diidamkan pangsa pasar khususnya Indonesia.

Awalnya cupang nemo dikawin silangkan oleh pecinta ikan hias cupang dari Thailand dan tidak main-main dalam risetnya, sebab dalam prosesnya bekerja sama langsung dengan Pemerintah Thailand.

Cupang nemo pertama kali dikenalkan oleh Rattapon Patumtong yang merupakan pecinta ikan hias terkenal dari Thailand.

Namanya diambil dari ikan badut atau clown fish yang juga dikenal bernama Nemo. Lama kelamaan cupang jenis nemo inipun banyak peminatnya dari seluruh dunia hingga akhirnya masuk ke Indonesia.

Ciri-Ciri Ikan Cupang Nemo

Ikan cupang nemo ini termasuk jenis yang baru di kalangan penghobi cupang hias, kini banyak diburu karena corak dan warna tubuhnya yang menarik.

Berikut ciri-ciri cupang nemo:

Menyerupai Ikan Nemo

Jika Anda pernah melihat ikan nemo langsung atau di televisi, Anda akan melihat warna kuning, merah, dan hitam di tubuh ikan tersebut.

Begitu pula ciri ikan cupang nemo, corak dan warna tubuh utamanya berwarna-warni menyerupai ikan nemo, terdapat warna kuning, merah, dan hitam di tubuhnya.

Perubahan Warna

Cupang nemo termasuk ke dalam cupang marble yakni memiliki kebiasaan berpindah.

Kebiasaan inilah yang dapat menyebabkan perubahan warna pada tubuhnya. Namun semakin besar ikan, maka perubahan semakin kecil dan akan memiliki corak warna yang menetap.

Corak Beragam

Meskipun cupang nemo memiliki warna dasar kuning, merah, dan hitam, namun tidak semuanya memiliki corak warna yang sama, ada yang memiliki warna dasar kuning dan merah hingga nampak seperti orange, ada juga yang memiliki warna perpaduan seperti ungu, biru, dan pink, warna kombinasi tersebut sesuai dengan persilangan sebelumnya.

Itulah ciri cupang nemo yang mudah Anda pelajari, cupang nemo ini belum banyak beredar di Indonesia, kemungkinan besar Anda akan bisa mengenalinya dengan mudah sebab coraknya memang berbeda dari cupang jenis lainnya.

Jenis-Jenis Cupang Nemo Beserta Harganya

Kawin silang cupang nemo menghasilkan banyak corak warna yang secara langsung menjadi cupang neo jenis baru, harganya pun beragam mulai puluhan ribu hingga jutaan rupiah tergantung keindahan coraknya.

Berikut jenis-jenis cupang nemo beserta harganya :

Ikan Cupang Nemo Candy

Jenis cupang nemo ini mudah dikenali dari corak warnanya, yakni kaya warna setidaknya ada 5 minimal warna di corak tubuhnya. Biasanya memiliki warna ungu, biru, pink, di lapisan atasnya dan warna lain seperti kuning, merah, dan hitam di lapisan tubuh sekitar ekor dan perutnya. Intinya cupang nemo candy ini warnanya begitu terang dan beragam sebagaimana candy atau permen. Harga mulai Rp 25.000.

Cupang Koi Nemo

Cupang koi nemo punya warna corak utama merah, hitam, dan orange sebagaimana ikan koi, warna tersebut hampir merata di seluruh tubuh dari kepala, ekor, dan siripnya. Warna yang menjadi dominasi umumnya orange dan garis-garis hitam. Harga mulai Rp 35.000.

Cupang Nemo Emerald

Cupang nemo emerald memiliki sisik tambahan seperti mutiara hijau yang acak di tubuhnya dan di siripnya. Emerald berasal dari kata zamrud (hijau berkilau) sebab sisik yang ada di tubuhnya nampak kehijauan berkilau dan indah. Harga mulai Rp 150.000.

Cupang Nemo Galaxy

Ikan Cupang Nemo Galaxy

Jenis cupang nemo galaxy juga ini memiliki sisik yang unik seperti cupang nemo emerald, sisiknya kecil dan mengkilat menyebar dari badan ke sisik atas sehingga tubuhnya nampak seperti ada kotak-kotak mutiara kecil.

Sisiknya banyak dan berwarna keputihan, sedang ekornya berwarna kuning, merah, dan orange. Hampir sama dengan cupang nemo emerald, bedanya nemo emerald punya sisik mutiara kehijauan sedikit sedangkan cupang nemo galaxy sisik mutiaranya banyak dan berwarna putih. Harga mulai Rp 30.000.

Cupang Plakat Nemo

ikan cupang plakat nemo cooper

Ialah jenis cupang yang dikenal sebagai ikan aduan. Warnanya tidak terlalu mencolok dengan warna dasar kuning, merah, dan hitam. Tubuhnya lebih besar dan kokoh dibanding jenis cupang nemo lainnya sehingga cocok dijadikan petarung. Sirip dan ekornya juga lebih pendek. Harga mulai Rp 75.000.

Cupang Nemo Leopard

Cupang nemo leopard punya warna dasar kuning bercampur jingga dengan titik-titik merah dan bayangan di sekujur lapisan tubuhnya, nampak seperti leopard atau macan tutul sehingga diberi nama tersebut agar mudah dikenal. Harga mulai Rp 100.000.

Ikan Cupang Giant Nemo

Diseut giant karena ukuran tubuhnya paling besar, bisa mencapai 10 sd 15 cm. cupang giant nemo lebih agresif jika bertemu lawannya. Corak warnanya pun beragam ada yang berwarna dasar kebiruan dan ungu dengan ekor merah, ada juga yang berwarna merah dan kekuningan di tubuhnya dan biru di ekornya. Ciri utamanya pada ukurannya yang besar. Harga mulai dari Rp 60.000.

Cupang Nemo Cooper

Ciri cupang nemo cooper ialah corak warna tubuhnya didominasi warna putih dengan titik-titik biru atau hijau, sedangkan kepala, sirip, dan ekornya berwarna putih berpadu dengan merah dan kuning berbentuk garis-garis sehingga coraknya terlihat elegan dan rapi. Harga mulai Rp 250.000

Cupang Nemo Yellow Base

Didominasi dengan warna kuning di sepanjang lapisan tuuhnya, dengan warna tambahan merah dan putih yang nampak jarang, cupang nemo yellow base ini paling mudah dikenali karena sebagian besar corak warna tubuhnya yang berwarna kuning terang. Harga mulai Rp 100.000.

Cupang Nemo Tiger

Cupang nemo tiger memiliki ciri warna corak tubuh berupa pola garis atau belang. Belangnya bisa berasal dari warna biru, merah, kuning, terkadang ada warna putihnya.

Coraknya nampak jelas berupa garis berjajar dari atas dan bawah sehingga disebut dengan cupang nemo tiger. Harga mulai dari Rp 100.000.

Cupang Nemo Multicolor

Punya warna paling ramai, biru, orange, merah, kuning, dan hitam kadang ada juga yang memiliki tambaha corak warna ungu dan putih. Warnanya begitu banyak dan nampak acak, ada beberapa yang memiliki salah satu warna dasar dominan, ada juga yang warna-warninya merata. Ekornya besar dan mengembang seperti huruf D. Harga mulai Rp 25.000

Baca Juga Berbagai Jenis Ikan Cupang Lainnya

Cara Memilih Cupang Nemo yang Bagus

Dikenal sebagai jenis ikan yang kuat bertahan hidup dalam waktu lama dan punya corak cantik serta harga mahal, ikan cupang jelas banyak peminatnya. Namun tidak semuanya berkualitas, ketika Anda memilih, ada baiknya perhatikan cara memilih cupang nemo yang bagus berikut ini :

Warna

Pilih yang warnanya cerah atau tajam yang menandakan cupang nemo dalam kondisi sehat tercukupi gizinya. Warna pudar dan kelam menandakan cupang nemo stress. Warna yang bagus akan memungkinkan hasil kawin silang yang bagus pula.

Kondisi sirip

Pastikan sirip tegak sempurna, tidak nampak layu ataupun terpecah. Sirip kuat artinya cupang nemo punya pergerakan yang baik.

Tubuh

Cupang nemo yang bagus punya bentuk tubuh seimbang dan normal, pastikan cupang nemo yang Anda pilih pas ukurannya, tidak terlalu kecil juga tidak ada benjolan di tubuhnya.

Pergerakan

Cupang nemo yang bagus punya pergerakan aktif dan bisa merespon ketika diberi makan.

Cara Merawat Ekor dan Sirip Cupang Nemo

Sudah memilih cupang nemo yang bagus tentu harus dipertahankan keindahannya dengan perawatan yang baik.

Dengan begitu ikan akan indah dipandang dan berharga lebih mahal ketika dijual, jalankan cara merawat ekor dan sirip nemo berikut untuk menjadikan cupang nemo Anda tetap menarik.

Ingin Budidaya ikan cupang, simak panduannya disini

Ganti Air Dua Kali Sehari

Hal ini dikarenakan air akuarium bersih adalah hal penting untuk menjaga keindahan corak warna cupang nemo dan kesehatannya.

Pindah Cupang Nemo Tanpa Menyentuhnya

Sebab sirip dan ekor ikan cupang mudah rusak, jadi hati-hati saat Anda menguras ikan akuarium ya, pindahkan bersama dengan air yang tersisa sedikit lebih baik daripada Anda menyentuhnya langsung dengan tangan.

Beri Pakan Hidup

Seperti jentik nyamuk, kutu air, atau cacing yang jauh lebih baik untuk kesehatan ekor dan siripnya dibanding dengan pakan kering.

Untuk Mengetahui Berbagai jenis makanan ikan cupang, dapat dilihat disni .

Jika Ada Luka di Sirip Atau Ekor Cupang Nemo

Segera obati dengan daun ketapang, yakni taruh daun ketapang kering di air akuarium sehingga Ph air akan bagus dan optimal untuk pemulihan kesehatan cupang nemo Anda.

Bagaimana Aqua Friends, tertarik untuk memelihara ikan cupang nemo? Di atas merupakan berbagai jenis dan harga ikan cupang nemo, sehingga bisa memudahkan kalian dalam mencari tahu sebelum memutuskan untuk membeli.

Jika kalian memiliki pengalaman terkait membeli ataupun memelihara ikan cupang nemo, jangan ragu untuk share di kolom komentar yah Aqua Friends. Semoga artikel kali ini bisa menambah pengetahuan dan referensi kalian.

Bikin Ikan Bahagia!

Tinggalkan komentar