Ikan discus

Ikan Discus

Ikan yang memiliki nama latin Symphysodon Sp ini sangat terkenal dan populer dikalangan penggemar ikan hias. Dengan warna dan keunikannya, Ikan Discus memiliki tampilan yang begitu menawan.

Sehingga, beberapa aquascaper menjadikannya sebagai ikan penghuni aquascape. Ikan Discus memiliki ragam dan jenis yang sangat banyak Aqua Friends. Selain itu, perawatannya pun terhitung mudah dan simpel jika kalian paham akan karakternya.

Ikan ini merupakan satu dari tiga jenis Cichlid yang hidup di air tawar dan berasal dari daerah sungai Amazon. Secara umum, Discus terbagi menjadi 3 jenis Aqua Friends, yakni Discus biasa, Discus Heckel, dan Discus Tarzoo. Dari segala jenis tersebut, tubuh ikan ini berbentuk pipih dengan corak dan warna yang beragam juga.

Mengenal Ikan Discus

mengenal ikan discus

Meskipun habitat aslinya dari sungai Amazon dan sekitarnya, untuk menemukannya di Indonesia tidaklah sulit. Karena mulai banyak masyarakat kita yang mengembangkan ikan Discus ini. Jika dilihat dengan sekilas, ikan ini memiliki tubuh yang pipih dan berbentuk bulat. Selain itu, warnanya pun beragam. Mulai dari warna merah, biru, hijau, kuning, coklat, dan masih banyak lagi.

Ikan ini mampu tumbuh hingga berukuran 20cm – 25 cm (tergantung jenisnya) saat dewasa. Pun juga tidak ada perbedaan secara spesifik antara jantan dan betinanya. Namun, biasanya Discus jantan memiliki ukuran badan yang lebih besar daripada betina.

Ada fakta menarik tentang ikan ini Aqua Friends, untuk memeliharanya tidak harus dalam aquarium khusus Discus. Karena sifatnya yang mudah berteman, sehingga cocok jika dikombinasikan dengan beberapa jenis ikan lain.

Ada beberapa ikan yang cocok menjadi teman Discus dalam satu aquarium, misalnya, ikan Tetra jenis Rummynose , jenis Cardinal Tetra, ikan Corydoras, dan sebagainya. Boleh juga kalian padukan dengan spesies lain seperti keong hias Aqua Friends.

Meskipun di atas sudah disebutkan, bahwa ikan ini terbagi menjadi tiga jenis. Namun, faktanya ada puluhan warna yang berbeda di antara jenis-jenis tersebut. Nanti kita akan bahas di bagian bawah Aqua Friends.

Karakter Ikan Discus

karakter ikan discus

Hal pertama yang perlu kalian tahu tentang karakter ikan ini adalah caranya beradaptasi. Saat menempati rumah baru, butuh waktu untuk Discus beradaptasi dengan lingkungannya.

Terkhusus dengan temperature suhu di dalam aquarium. Di habitat aslinya, ikan ini hidup dalam lingkungan yang hangat Aqua Friends.

Meskipun Discus cukup friendly, namun kalian perlu mempertimbangkan dalam pemilihan jenis ikan lain. Karena beberapa ikan memiliki lingkungan yang berbeda-beda, apalagi soal temperature ataupun suhu.

Yang sudah author sebut di atas, jenis ikan seperti tetra, Corydoras, dan keong hias bisa dibilang satu tipe lingkungan dengan ikan ini.

Selain itu, meski ikan ini masuk dalam family Cichlid, Discus bukanlah ikan yang agresif. Justru ikan ini memiliki karakter yang sangat tenang dan agak pemalu Aqua Friends.

Baca Juga: 25 Jenis Ikan Neon Tetra Lengkap Dengan Harga

Jenis dan Harga Ikan Discus

Dari tiga jenis Discus di atas, ada puluhan yang bisa author sampaikan disini Aqua Friends. Sebenarnya masih ada jenis dari warna lain, namun inilah beberapa jenis ikan Discus yang umum dijumpai di pasaran Indonesia.

Albino Gold Discus

albino gold

Harga Albino Gold Discus di pasaran sekitar Rp 250.000

Sesuai dengan Namanya, specimen ini memiliki irisan warna merah cerah dengan warna tubuh kuning ke-emasan. Dari beberapa jenisnya, yang umum dijumpai dari Albino Gold adalah perpaduan warna oranye-kuning, merah, dan juga sentuhan warna putih.

Jika aquarium kalian memiliki background warna gelap, memelihara jenis Albino Gold Discus sangat direkomendasikan Aqua Friends. Karena warna cerahnya yang mencolok akan menambah warna-warni dalam aquarium kalian.

Albino White Snake Discus

albino white snake discus

Harga Albino White Snake Discus di pasaran sekitar Rp 250.000 – 800.000

Masih satu keluarga albino Discus, jenis Albino White Snake memiliki warna yang cenderung putih lembut di sekujur tubuhnya Aqua Friends. Dengan irisan warna biru lembut dan corak bintik-bintik oranye dibagian sirip dan ekornya.

Alenquer Discus

alenquer discus

Harga Alenquer Discus di pasaran sekitar Rp 50.000

Jenis yang satu ini memiliki warna yang sangat keren Aqua Friends. Jenis alenquer memiliki pewarnaan yang solid di sekujur tubuhnya dengan corak garis vertikal.

Warna yang umum ditemui pada ikan ini adalah merah ataupun coklat. Sehingga jika dipelihara di dalam aquarium, akan terlihat sangat elegan menghiasi rumah kalian.

Blue Diamond Discus

blue diamond discus

Harga Blue Diamond Discus di pasaran sekitat Rp 100.000 – Rp 500.000

Untuk Discus yang satu ini membutuhkan perawatan tingkat lanjut, karena membutuhkan system filtrasi yang khusus. Selain itu, kebiasaan makannya pun sedikit berbeda dengan jenis Discus lainnya Aqua Friends.

Namun, dari segi sifat dan karakternya sama dengan jenis Discus lainnya.

Ciri khas dari jenis ini adalah, warna tubuhnya yang dominan dengan warna biru menyala. Pun juga ada irisan warna hitam dibagian ekor dan ujung siripnya.

Dengan begitu membuat tampilan ikan ini begitu menawan dan mempesona. Sangat cocok untuk kalian yang suka dengan sesuatu yang epic.

Asian Dream Discus

asian dream discus

Harga Asian Dream Discus di pasaran sekitar Rp 100.000 – Rp 200.000

Ciri khas dari jenis ini adalah corak yang terdapat pada tubuhnya, dengan kombinasi warna biru, merah dan kuning. Corak tersebut jika diamati mirip dengan akar-akar tumbuhan yang berserabutan Aqua Friends.

Secara garis besar ciri dan karakternya sama dengan jenis Discus lainnya. Sifatnya yang tenang dan damai bisa kalian kombinasikan dengan jenis ikan lain dalams atu aquarium.

Cobalt Blue Discus

blue cobalt discus

Harga Blue Cobalt Discus di pasaran sekitar Rp 300.000

Memiliki warna dasar biru dengan corak garis vertikal yang membentang pada tubuhnya adalah ciri khas dari Blue Cobalt Discus. Corak tersebut berwarna hitam samar dan memenuhi bagian tubuhnya dari ekor hingga kepala.

Selain itu, terdapat corak yang mirip akar berserabut dibagian siripnya dengan kombinasi warna oranye. Beberapa jenis ini juga memiliki corak warna hitam dibagian ekornya Aqua Friends.

Blue Heckel Cross Discus

blue heckel discus

Harga Blue Heckel Cross Duscus di pasaran sekitar Rp 100.000

Keunikan dari jenis ini adalah perpaduan corak yang terdapat pada tubuhnya. Memiliki warna dasar biru yang dikombinasikan dengan warna oranye, pun juga coraknya yang khas menambah pesona dari ikan ini Aqua Friends.

Mirip dengan jenis Blue Cobalt Discus, jenis ini juga memiliki corak garis vertikal yang memenuhi bagian tubuhnya mulai dari ekor hingga kepalanya.

Blue Knight Discus

blue knight discus

Harga Blue Knight Discus di pasaran sekitar Rp 250.000

Jenis ini memiliki warna biru yang merona Aqua Friends. Pun juga memiliki corak berupa garis vertikal yang konsisten pada tubuhnya.

Namun secara keseluruhan, corak yang dimiliki oleh Blue Knight Discus adalah bintik-bintik biru muda, krem, dan hitam yang mewarnai sirip ekor.

Bahkan ada beberapa bagian siripnya yang tampak transparan lho. Sehingga menambah pesona dari ikan Discus jenis ini.

Blue Scorpion Discus

blue scorpion discus

Harga Blue Scorpion Discus di pasaran sekitar Rp 250.000

Bagi kalian yang gemar dengan ikan berwarna solid dengan sedikit corak, maka Blue Scorpion Discus adalah pilihan yang tepat.

Jenis ini memiliki warna dasar biru yang terang dengan corak bintik-bintik yang tidak terlalu banyak Aqua Friends.

By the way, corak tersebut didapatkan dari keturunan jenis Discus Snakeskin. Sehingga mempengaruhi warna dan pola yang terdapat pada tubuh Blue Scorpion Discus.

Blue Face Red Cover Discus

blue face red discus

Harga Blue Face Red Cover Discus di pasaran sekitar Rp 300.000

Sesuai dengan namanya, jenis ini memiliki kombinasi dari dua warna yang berbeda, yakni biru dan merah. Namun, warna tubuh Blue Face Red Cover Discus lebih didominasi dengan warna merah Aqua Friends.

Selain itu, dibagian kepala dan siripnya berwarna biru, jadi akan Nampak seperti irisan garis yang melintang. Sama seperti jenis Discus lainnya, jenis ini juga memiliki sifat dan karakter yang tenang dan damai.

Snakeskin Discus

discus snakeskin

Harga Snakeskin Discus di pasaran sekitar Rp 750.000

Jika sebelumnya kita bicara tentang Discus yang berwarna biru, lain hal dengan yang ini Aqua Friends. Snakeskin Discus memiliki penampilan bintik-bintik berwarna biru dengan warna dasar merah.

Warna-warna pada Discus ini cukup variatif, hal tersebut ditentukan berdasarkan pada suasana hati dan kesehatannya.

Mirip dengan Blue Diamond Discus, jenis ini juga membutuhkan perawawatan tingkat lanjut Aqua Friends. Mungkin akan kurang cocok bagi seorang pemula, karena dibutuhkan perhatian khusus pada system filtrasi pada aquarium dan juga asupan makanannya.

Briliant Turqouise Discus

brilliant turquoise discus

Harga Briliant Turquoise Discus di pasaran sekitar Rp 300.000 – Rp 750.000

Tahukah kalian bahwa jenis Briliant Turquoise Discus termasuk salah satu jenis Discus yang langka Aqua Friends. Selain itu, harga dari jenis ini pun relatif mahal.

Secara garis besar, ikan ini memiliki pola garis-garis vertikal yang hanya terdapat pada bagian tengah tubuhnya. Pun juga warna dasar dari jenis ini adalah warna krem yang terang dengan bagian sirip dan ekor berwarna biru.

Selain itu, Briliant Turquoise Discus termasuk dalam jenis high tail, atau memiliki sirip bagian punggung yang tinggi. Dengan berbagai keunikannya tersebut, jenis ini sangat popular dan banyak dicari oleh para kolektor ikan hias.

Checkerboard Pigeon Discus

discus checkerboard

Harga Checkerboard Pigeon Discus di pasaran sekitar Rp 80.000 – Rp 750.000

Nama lengkap dari jenis ini adalah Checkerboard Pigeon Blood Discus, karena terdapat unsur warna merah pada tubuhnya.

Kebanyakan dari jenis ini berwarna biru kehijauan dengan warna corak yang sudah disebutkan Aqua Friends. Pun juga ada beberapa yang memiliki pola garis vertikal berwarna hitam pada bagian tengah tubuhnya.

Coari Discus

discus coari

Harga Coari Discus di pasaran sekitar Rp 150.000

Dari satu jenis Discus ini, ada beberapa variannya juga Aqua Friends. Mulai dari Coari Green Discus, Red Spotted Coari Discus, Wild Coari Green Discus, dan sebagainya.

Umumnya, jenis ini memiliki warna dasar biru, kuning, dan hijau yang sesuai dengan jenisnya. Pun juga dilengkapi dengan corak dan pola yang beragam, misalnya bintik-bintik berwarna merah, garis vertikal berwarna hitam, dan masih banyak lagi.

Tangerine Dream Discus

tangerine dream discus

Harga Tangerine Dream Discus di pasaran sekitar Rp 100.000

Jenis ini memiliki warna kuning-oranye yang terang dengan dilengkapi corak yang menyerupai bintik-bintik di bagian tengah tubuhnya.

Pola tersebut juga terdapat pada bagian siripnya yang mirip dengan lekukan membentang Aqua Friends. Keunikan dari ikan ini adalah gradasi antara warna kuning-oranye, mulai dari bagian kepala hingga ekornya. Sehingga tidak terlalu kontras.

Fine Line Green Snakeskin Discus

fine line green snakeskin

Harga Fine Line Green Snakeskin Discus di pasaran sekitar Rp 300.000 – Rp 750.000

Jenis Discus satu ini cukup unik, karena memiliki warna dasar hijau tosca yang menyala terang. Dengan beberapa kombinasi warna lain dan juga corak bintik-bintik yang memenuhi tubuhnya.

Disebut snakeskin Discus karena pola dibagian kepala dan siripnya mirip ikan snakeskin lainnya. Fine Line Green Snakeskin Discus akan memiliki warna dan pola sempurna saat usianya menginjak 6 bulan.

Golden Yellow Discus

golden yellow discus

Harga Golden Yellow Discus di pasaran sekitar Rp 75.000 – Rp 350.000

Untuk yang satu ini masuk dalam salah satu favorit author nih. Golden Yellow Discus memiliki keunikan pada warnanya Aqua Friends, yakni kuning keemasan yang solid atau full seluruh tubuhnya.

Jika kalian memiliki aquascape, ikan ini cocok kalian jadikan penghuni bersama biota air lainnya dalam aquarium.

Ada beberapa Golden Yellow Discus yang memiliki corak warna putih di bagian kepalanya. Namun, kebanyakan dari mereka berwarna kuning polos yang menyala.

Mosaic Discus

mosaic discus

Harga Mosaic Discus di pasaran sekitar Rp 75.000 – Rp 750.000

Pada jenis ini ada beberapa varian warna yang berbeda Aqua Friends. Pada umumnya, Mosaic Discus memiliki warna dasar biru muda dengan corak guratan warna merah yang memenuhi bagian tubuhnya.

Ada beberapa juga yang memiliki corak garis vertikal di bagian kepala dan tubuhnya.

Green Mamba Discus

green mamba discus

Harga Green Mamba Discus di pasaran sekitar Rp 75.000 – 550.000

Selain disebut Green Mamba Discus, ikan ini juga cukup terkenal dengan nama Green Diamond Discus Aqua Friends.

Ciri khas dari jenis ini adalah warna biru terang yang solid dan tanpa corak pada tubuhnya. Di bagian sirip punggung dan ekornya terdapat gradasi warna biru muda dengan biru tua, sehingga nampak seperti garis yang melintang di bagian atas tubuhnya.

Leopard Snakeskin Discus

leopard snakeskin

Harga Leopard Snakeskin Discus di pasaran sekitar Rp 150.000 – Rp 650.000

Selanjutnya ada Leopard Snakeskin Discus, untuk yang satu ini terhitung cukup menarik Aqua Friends. Karena perpaduan warna dan coraknya begitu seimbang.

Dengan kombinasi warna dasar biru muda dengan kuning yang dilengkapi pola bintik-bintik berwarna merah yang memenuhi seluruh tubuhnya.

Selain itu, bagian kepalanya berwarna kuning cerah dengan corak garis vertikal berwarna hitam yang mebentang mebelah matanya. Pun juga bagian sirip ekornya berwarna kuning transparan, sehingga menambah kecantikan dan pesona dari jenis ini.

Red Melon Discus

red melon discus

Harga Red Melon Discus di pasaran sekitar Rp 150.000 – Rp 2.000.000

Jika Golden Yellow Discus memiliki warna kuning yang solid, maka lain dengan Red Melon Discus. Jenis satu ini juga memiliki warna yang solid Aqua Friends, yakni warna oranye kemerahan yang menyala dan tanpa adanya corak pada tubuhnya.

Selain itu, pada bagian kepala, sirip dan ekornya berwarna putih. Sehingga menambah pesona dan keunikan dari Red Melon Discus.

Ikan Discus Termahal

Dari beberapa jenis Ikan Discus di atas, ada juga yang masuk dalam kategori termahal Aqua Friends. Disini author akan merangkumnya menjadi tiga jenis saja, karena menurut author inilah ikan Discus termahal yang pernah dijumpai.

Albino Bulldog Checkerboard Discus

bulldog albino golden discus

Pertama adalah Albino Bulldog Checkerboard Discus, ikan ini merupakan jenis terbaru yang dikembangkan oleh para peternak Discus di dunia. Harganya pun sangat fantastis Aqua Friends, dengan ukurannya yang hanya 2.5 inchi, ikan ini dibanderol Rp 12.000.000.

Dilihat dari ukurannya saja, berarti ikan tersebut masih tergolong anakan Aqua Friends. Bisa kalian bayangkan, di usia dewasa nanti ikan ini akan tembus pada harga yang lebih fantastis lagi tentunya.

Albino Bulldog Blue Diamond Discus

Bulldog Blue Diamond Discus

Selanjutnya ada Albino Bulldog Blue Diamond Discuss, sesuai dengan namanya, jenis ini memiliki pigmen kulit berwarna putih kekuningan.

Seperti jenis albino pada umumnya, namun keunikannya adalah terdapat bayangan warna biru pada bagian sirip dan ekornya. Sehingga membuat ikan ini nampak begitu cantik dan elegan.

Lalu, berapa harga Albino Bulldog Blue Diamond Discus? Sama seperti Albino Bulldog Checkerboard, ikan ini dibanderol dengan harga Rp 12.000.000 untuk ukuran 2.5 inchi.

Bulldog Leopard Snake

bulldog leopard snake discus

Lalu yang terakhir ada Bulldog Lepord Snake. Ciri khas dari jenis ini adalah corak dan pola yang terdapat pada tubuhnya, dan juga perpaduan warnanya Aqua Friends.

Corak tersebut berupa bintik-bintik berwarna merah muda dan juga garis vertikal hitam pada bagian kepalanya. Dari segi warna, ikan ini memiliki warna dasar biru kekuningan dengan bagian sirip dan ekor yang transparan.

Lalu bicara harga, untuk anakan ikan ini dengan ukuran 2.5 inchi dibanderol dengan harga Rp 10.000.000.

Baca juga: Ikan Rasbora: Jenis, Harga, dan Cara Perawatan Harian

Cara Merawat Ikan Discus

Sebelum kita membahas cara perawatan ikan ini, kita perlu tahu habitat asli dari ikan Discus. Seperti yang sudah disebutkan di atas, ikan ini berasal dari Kawasan sungai Amazon di Brazil.

Dengan begitu, kondisi dan lingkungan yang digemari oleh ikan ini adalah lingkungan yang hangat. Pun juga kondisi air terbaik untuk si Discus adalah air dengan pH kurang dari 7 Aqua Friends.

Karena Discus merupakan ikan yang pemalu dan juga suka dengan keadaan yang tenang, sehingga mereka lebih memilih tempat tinggal yang cenderung tenang dan terpencil. Sehingga ikan-ikan tersebut bisa terhindar dari berbagai jenis predator.

Merawat Discus terhitung relatif Aqua Friends, alias susah susah gampang. Hal paling utama dalam perawatannya adalah memperhatikan kualitas air dan tempat tinggal si Discus.

Aquarium yang baik untuk si Discus adalah yang dilengkapi dengan beberapa tanaman hias, pun juga dilengkapi dengan injeksi CO2. Sehingga tingkat keasaman atau pH air dapat tetap terjaga sekitar 6.8 Aqua Friends. Untuk detailnya, kalian bisa simak langkah-langkah di bawah ini:

  • Bersihkan aquarium secara rutin, bisa 2 minggu sekali. Pilihlah tempat yang tenang saat membersihkan aquarium.
  • Untuk membersihkan air dalam aquarium, usahakan 25% dari total air yang ada.
  • Jika kalian menambah ikan baru, maka pisahkan pada tempat baru. Hal tersebut untuk mencegah penularan penyakit pada ikan Discus.
  • Jagalah suhu air dalam aquarium tetap stabil. Suhu terbaik untuk Discus adalah di kisaran 28° hingga 33° Celcius. Dan juga pH air tetap di bawah 7.
  • Pilihlah makanan yang bernutrisi untuk si Discus, dan juga berikan secara teratur.

Mengenai makanan terbaiknya, simak bagian di bawah ini Aqua Friends.

Makanan Ikan Discus

Berhubung Discuss masuk dalam keluarga Ikan Cichlid, maka ikan ini tergolong sebagai ikan karnivora Aqua Friends.

Maka makanan terbaik untuk ikan ini adalah makanan hidup. Pilihlah makanan yang memiliki kandungan protein dan nutrisi lainnya. Sehingga mampu menjaga warna dan performa Discus agar tetap optimal.

Berikut daftar makanan Ikan Discus untuk menjaga warna dan keindahannya:

  1. Cacing Darah
  2. Potongan udang
  3. Potongan daging ikan
  4. Hati Sapi

Untuk porsi makan ikan ini, kalian bisa memberikannya sebanyak 2 – 3 kali sehari. Dengan memberikan pakan-pakan tersebut, maka ikan Discus mendapatkan nutrisi yang maksimal Aqua Friends.

Oke, sudah panjang lebar pembahasan kita mengenai ikan ini. Sebenarnya masih banyak berbagai jenis dan warna lainnya, namun yang disebutkan di atas adalah yang umum dijumpai di pasar Indonesia.

Jika kalian memiliki aquascape di rumah, Discus juga cocok untuk dijadikan sebagai penghuni alias ikan aquscape lho.

Cukup sekian pembahasan kita mengenai ikan Discus, semoga dapat menambah pengetahuan dan referensi kalian yah. Ingat! Tetap rawat dan beri makan ikan kalian secara baik-baik Aqua Friends. Agar mereka tetap dapat menyuguhkan keindahannya pada kalian.

Jika kalian memiliki pengalaman seputar Ikan Discus, jangan ragu untuk berbagi melalui kolom komentar di bawah yah. Terima kasih. 🙂

Tinggalkan komentar

Nilai kami*