Jenis Ikan Guppy

Memelihara ikan hias merupakan sebuah hobby yang menyenangkan. Beragam manfaat bisa kita rasakan, misalnya bisa membuat kita kagum dan tenang saat menyaksikan ikan-ikan kita berenang dengan indahnya. Terlebih ikan guppy, meskipun memiki tubuh yang kecil keindahan dan pesonanya sangat menawan. Selain itu, ada puluhan jenis ikan guppy yang tersebar di seluruh dunia.

Pun juga, selain mendatangkan manfaat seperti di atas, ikan guppy juga mampu menghasilkan pundi-pundi rejeki bagi para peternaknya. Ada berbagai jenis ikan guppy, mulai dari yang murah hingga ikan guppy termahal Aqua Friends.

Dikenal juga sebagai millionfish, ikan guppy berasal dari kawasan benua Amerika Aqua Friends. Informasi dari Wikipedia, ikan ini mulai menyebar ke belahan dunia lainnya melalu jalur perdagangan dan lain-lain.

Lalu, masuk ke wilayah Indonesia pada tahun sekitar 1920an. Ada banyak spesies dan varian dari ikan Guppy. Spesies dan varian tersebut yang menjadi faktor ikan ini berharga murah ataupun mahal.

Mengenal Ikan Guppy

Guppy merupakan satu dari jutaan ikan yang mudah berkembang biak. Masa kehamilan si betina sekitar 21 hingga 30 hari, tergantung pada iklim atau suhu tempat ia tinggal. Sehingga banyak peternak yang membudidayakan Guppy, karena kemudahannya.

Selain itu, untuk membedakan antara guppy jantan dengan betina sangatlah mudah, kalian bisa melihat ukuran ataupun warna pada tubuhnya. Hal ini disebut sebagai dimorfisme seksual Aqua Friends.

Panjang atau ukuran Guppy jantan hanya sekitar 2/3 dari ukuran betina, namun si jantan memiliki warna dan bentuk ekor ataupun sirip yang lebih indah. Ikan ini mulai masuk ke Indonesia pada tahun 1920an Aqua Friends, awalnya Guppy digunakan untuk membasmi larva-larva nyamuk. Namun, karena penyebaran dan berkembang biaknya begitu cepat, memunculkan berbagai macam dan variasi jenis-jenis Guppy.

Nah, di bawah ini ada berbagai jenis ikan Guppy, mulai dari yang termahal, dan ada pula yang termurah. Silahkan disimak Aqua Friends.

Baca Juga: 10 Jenis Ikan Hias Kecil yang Cocok Untuk Aquarium Mini

Jenis Ikan Guppy Berdasarkan Klasifikasi

Ikan Guppy Berdasarkan Spesies

Ikan Guppy masuk dalam kategori keluarga Poecilidae, yang gemar hidup secara berkelompok. Berikut ada tiga spesies ikan guppy yang umum ditemukan di pasaran.

Common/Fancy Guppy

Pertama ada Common/Fancy Guppy, spesies ini yang paling umum ditemukan dikalangan penjual ikan Aqua Friends. Berbeda dengan beberapa spesies yang lain, jenis common/fancy ini tidak terlalu memiliki corak pada tubuhnya. Pun juga memiliki bentuk ekor dan sirip yang cenderung kecil hingga medium.

Spesies Common Gupy juga sangat mudah untuk dikembang biakan, kalian cukup menyediakan media yang ideal. Bisa berupa aquarium ataupun kolam permanen, lalu peliharalah satu pasang ikan guppy. Supaya lebih mudah untuk mengawasi dan mengelola anakannya nanti.

Endler Guppy

endler guppy

Spesies kedua ini memiliki nama lain sebagai Livebearer Aqua Friends. Memiliki keunikan yang terletak pada tubunya. Bahkan ada beberapa varian dari spesies ini yang memiliki beragam bentuk ekor (kita bahas di bawah).

Endler Guppy juga merupakan kerabat dekat dari Common Gupy, apabila kalian satukan dalam satu media yang sama. Ikan-ikan ini bisa berkawin silang lho. Jika kalian ingin menjaga kemurnian spesiesnya, kalian tak perlu meyatukan mereka dalam satu media/tank.

Swamp Guppy

Spesies ketiga ini lebih enak kita sebut sebagai Guppy Alam Aqua Friends. Sesuai dengan namanya, habitat Swamp Guppy berada di persawahan ataupun sungai-sungai kecil. Hanya beberapa orang saja yang memeliharanya di aquarium. Biasanya sebagai pelengkap aquascape, karena ikan ini omnivora dan mudah dipelihara.

Dari ketiga spesies Guppy di atas, yang tergolong sebagai ikan guppy termahal adalah spesies Endler Guppy. Beberapa dari variannya sulit ditemukan di toko-toko ikan. Warna, corak, dan bentuk ekornya pun juga sangat beragam. Lebih detailnya, lanjut simak di bawah yah.

Ikan Guppy Berdasarkan Bentuk dan Corak Ekor

bentuk ekor ikan guppy

Berdasarkan dari bentuk dan corak ekornya, inilah ikan guppy yang biasa dipelihara oleh penghobby. Setidaknya ada sekitar  8 hingga 10 jenis ikan guppy berdasarkan bentuk ekornya. Namun, author hanya akan membahas ikan guppy yang popular dikalangan penghobby saja Aqua Friends.

Delta Tail

guppy deltatail

Harga Delta Tail Guppy: Rp 25.000 – Rp 250.000

Pertama ada Delta Tail, sesuai dengan namanya bentuk ekor dari ikan guppy ini menyerupai bentuk segitiga. Dengan memiliki ekor yang menawan, berwarna indah dan juga corak yang beragam. Ciri khas yang lain yakni bentuk sirip di punggung yang Panjang menjuntai, dan sirip di bagian bawah yang lebih kecil.

Ikan guppy ini memegang predikat ikan guppy dengan rate harga medium ke mahal Aqua Friends.

Bottom Sword Tail

bottom swordtail guppy

Harga Bottom Swordtail Guppy: Rp 15.000 – Rp 100.000

Keunikan dari ikan guppy jenis bottom sword tail adalah, di bagian bawah ekornya yang tumbuh Panjang menyerupai pedang. Sebenarnya ada juga yang berjenis Top Sword Tail atau hanya Panjang di bagian atas saja, namun jenis tersebut terhitung langka dan lebih mahal Aqua Friends.

Meskipun begitu, jenis Bottom Sword Tail juga memiliki keindahan dan pesona yang tak kalah menawan.

Double Sword Tail

double swordtail guppy

Harga Double Swordtail Guppy: Rp 50.000 – Rp 150.000

Mirip dengan Ikan Cupang Double Tail, Ikan Guppy Sword Tail juga memiliki ekor yang bercabang dua. Hanya saja, ujung dari ekor berbentuk runcing dan juga menyerupai pedang Aqua Friends. Nah, Bottom Sword Tail ataupun Top Sword Tail juga masih satu family dengan Double Sword Tail kok. Tapi hanya salah satu bagian bawah atau atas ekornya saja yang tumbuh memanjang.

Roundtail

guppy roundtail

Harga Roundtail Guppy: Rp 80.000 – Rp 1.000.000

Memiliki ciri khas ekor yang pendek dan berbentuk bulat adalah Ikan Guppy Roundtail. Jenis ini juga umum dan mudah ditemukan di pasaran. Dengan bentuknya yang mungil dan unik, jenis Roundtail juga memili harga yang variatif. Bahkan di salah satu variannya, Guppy Roundtail bisa tembus dengan harga Rp 1.000.000 per ekornya (Albino Red Snakeskin).

Leopard Guppy

leopard guppy

Harga Leopard Guppy: Rp 25.000 – Rp 1.000.000

Selanjutnya ada Leoprad Guppy Aqua Friends. Menurut author sih ini yang paling Wow, karena warna dan corak ekornya menyerupai kulit macan tutul. Sehingga memiliki pesona dan keindahan yang luar biasa. Dari segi harga pun ikan guppy ini juga tidak terlalu mahal.

Glass Guppy

glass guppy

Harga Glass Guppy: Rp 5.000 – Rp 300.000

Ciri khas dari Glass Guppy adalah corak ekornya yang hampir transparan. Pun juga ukuran ekornya cenderung lebar dan besar Aqua Friends. Sehingga menghasilkan pesona yang luar biasa.

Warna yang transparan tersebut dihasilkan dari Guanine yang terdapat pada gen­-nya. Guanine inilah yang membuat transparan dan berwarna perak mengkilap. Pun juga dapat memantulkan cahaya sehingga Nampak tidak terlalu transparan.

Ikan Glass Guppy dengan harga termahal dan sering dicari adalah jenis Gupply Glass Belly, dengan ciri khas warna merah yang lembut.

Lace Guppy

lace guppy

Harga Lace Guppy: Rp 10.000 – Rp 150.000

Untuk jenis Lace Guppy, varian terbanyaknya adalah yang memiliki ekor dengan corak snakeskin. Namun, pola tersebut terkadang hingga ke bagian tubuhnya. Mirip dengan Leopard, namun memiliki warna yang berbeda. Dari segi harga pun juga tidak terlalu mahal Aqua Friends.

Mosaic Guppy

Harga Mosaic Guppy: Rp 15.000 – Rp 350.000

Ciri khas dari Mosaic Guppy adalah pola yang terdapat pada ekornya tidak beraturan. Sehingga terkesan abstrak dan menimbulkan pesona yang unik Aqua Friends. Tergolong juga sebagai ikan guppy yang mahal, Mosaic Guppy memiliki banyak peminat lho.

Baca juga: 15 Daftar Makanan Ikan Guppy Agar Selalu Cantik

Ikan Guppy Berdasarkan Warna

Tentunya jika dikategorikan berdasarkan warna, ikan guppy memiliki warna yang sangat banyak dan beragam Aqua Friends. Tapi, berdasarkan warnanya bisa menentukan harga dari seekor ikan Guppy lho. Dari harga termurah hingga harga ikan guppy termahal.

Guppy Albino

gupy albino

Harga Albino Guppy: Rp 5.000 – Rp 250.000

Sesuai dengan Namanya, ikan Guppy Albino berwarna putih dengan sedikit kombinasi warna kuning di bagian ekornya. Dan juga masuk dalam kategori Red-eye Guppy, sehingga warna matanya berwarna merah Aqua Friends.

Dengan warna dan coraknya yang sedemikian rupa, membuatnya menjadi tampak elegan dan menawan. Selain dari warna di atas, jenis Albino juga ada yang berwarna putih polos dan putih dengan kombinasi warna merah yang lembut. Semakin menarik bukan?.

Black Guppy

black guppy

Harga Black Guppy: Rp 5.000 – Rp 250.000

Dan juga Black Guppy, sesuai dengan Namanya ikan ini berwarna hitam Aqua Friends. Varian terbaik dari jenis ini adalah warna hitam yang pekat dan doff. Dengan begitu banyak peternak dan penghobby yang memilih jenis tersebut.

Meskipun dinamakan Black Guppy, ada juga beberapa yang memiliki warna kombinasi Aqua Friends. Seperti Half Black Blur dan Half Black Pastel.

Red Guppy

red guppy

Harga Red Guppy: Rp 5.000 – Rp 75.000

Ciri khas dari red Guppy selain warna tubuhnya yang merah, yakni warna matanya yang sama dengan jenis albino. Varian terbaik dari warna ini adalah saat warna tubuhnya berwarna merah pekat.

Yellow Guppy

yellow guppy

Harga Yellow Guppy: Rp 10.000 – Rp 250.000

Untuk yang warna ini author akui sedikit susah mencarinya Aqua Friends. Karena para peternak pun mengakui demikian. Sulit untuk mengembang biakannya. Keunikannya adalah warna kuning yang terdapat pada Guppy jenis ini cenderung pirang dan menyala. Keren deh pokoknya.

Half-Black Blue Guppy

half black blue guppy

Harga Half-Black Blue Guppy: Rp 25.000 – Rp 250.000

Half Black Guppy merupakan turunan dari jenis Black Guppy. Hanya saja ada beberapa yang warnanya kombinasi dengan warna lain. Misalnya warna kuning ataupun putih. Namun warna dominan yang menarik adalah hitam kebiruan yang menyala.

Half-Black Pastel Guppy

guppy pastel

Harga Half-Black Pastel Guppy: Rp 50.000 – Rp 350.000

Sama dengan sebelumnya, Half Black Pastel juga turunan dari Black Guppy. Perbedaannya adalah untuk mengembang biakkan jenis ini sangatlah sulit Aqua Friends.

Warna hitam kebiruan dengan kombinasi warna pastel (cream) di sebagian tubuhnya yang menjadi keunikan dari jenis ini. Sehingga untuk memilih indukannya pun juga tidak mudah.

Bi-Colored Guppy

bi colored guppy

Harga Bi-Colored Guppy Rp 5.000 – Rp 50.000

Untuk jenis Bi-Colored biasanya memiliki kombinasi dua warna yang terdapat pada tubuhnya. Ada merah, putih, biru, dan lain-lain. Biasanya satu warna yang menjadi warna dasar mereka akan lebih dominan. Dan warna kedua hanya memenuhi sekitar 25% dari bagian tubuhnya.

Dragon Head Guppy

dragon head

Harga Dragon Head Guppy: Rp 5.000 – Rp 35.000

Tidak sepertinya namanya kalo yang ini. Karena corak dan kombinasi warna yang unik, Guppy ini disebut dengan sebutan Dragon Head. Ciri khas dari jenis ini adalah sirip dan ekornya yang memiliki corak dan warna yang sama. Warna yang sering ditemui adalah kombinasi merah dan orange.

Pun juga warna tubuh dari Dragon Head cenderung gelap Aqua Friends. Mulai dari hitam hingga hitam kebiruan dengan warna kepala yang cerah.

Baca Juga: Ikan Lemon: Varian, Harga, dan Tips Perawatan

Ikan Guppy Berdasarkan Corak Tubuh

Selain di kategorikan berdasarkan spesies, bentuk dan corak ekor, dan juga warna. Ada satu jenis Ikan Guppy lagi yang dikategorikan berdasarkan corak tubuhnya Aqua Friends. Oke, langsung simak di bawah ini yah.

Guppy Tuxedo

guppy tuxedo

Harga Tuxedo Guppy: Rp 15.000 – Rp 200.000

Ciri dan keunikan dari jenis Tuxedo Guppy adalah kobinasi dua warna yang sangat kontras. Sehingga akan tampak seperti memakai setelan baju dan celana dengan warna yang berbeda.

Yang paling umum dijumpai dari jenis ini adalah kombinasi warna putih dan hitam. Di bagian kepala, ekor dan siripmya berwarna putih. Sedangkan bagian tubuhnya berwarna hitam. Nampak lucu sih namun keren lho Aqua Friends.

Guppy Cobra

guppy cobra

Harga Cobra Guppy: Rp 5.000 – Rp 200.000

Untuk jenis Cobra Guppy tergolong mudah ditemukan juga. Ciri khas dari jenis ini adalah pola vertikal dan corak yang tak beraturan yang memenuhi seluruh tubuhnya. Hampir mirip dengan Mosaic Guppy, hanya saja corak dan pola yang terdapa dari jenis Cobra memenuhi bagian tubuhnya.

Bahlan betina dari Guppy ini juga memiliki pola dan warna yang sama Aqua Friends. Yang membedakan hanya bentuk sirip dan ukuran tubuhnya.

Dari segi warna, jenis ini bisa berwarna putih, hitam, oranye terang, dan juga menghasilkan kombinasi warna dan pola yang menarik dan mencolok.

Guppy Snakeskin

guppy snakeskin

Harga Snakeskin Guppy: Rp 25.000 – Rp 1.000.000

Dari ketiga jenis Ikan Guppy berdasarkan corak tubuh. Jenis snakeskin adalah guppy yang termahal Aqua Friends. Lumayan langka dan sulit dikembang biakan. Keunikannya adalah warna dan corak pada ikan ini full memenuhi seluruh tubuhnya.

Bahkan, ada juga yang memiliki pola seperti harimau. Dengan kombinasi warna emas, merah, kuning, dan hitam, membuat Snakeskin Guppy tampak menawan dan sangat mempesona.

Baca Juga: 12 Jenis Ikan Cupang Hias, Aduan, Hingga Termahal

Ikan Guppy Koi

guppy koi

Jenis ini dikenal dengan nama Guppy Koi karena memiliki corak dan warna tubuh yang menyerupai ikan Koi. Ciri khas dari jenis ini adalah perpaduan warna merah dan putih, di bagian kepala, perut dan ekor. Sehingga akan nampak seperti ikan Koi berukuran mini. Berikut berbagai jenis ikan Guppy Koi yang umum ditemui di pasaran Indonesia.

Guppy Platinum Koi

platinum guppy

Harga Guppy Platinum Koi di pasaran sekitar Rp 40.000

Disebut demikian karena jenis ini memiliki perpaduan dua warna yang begitu menawan. Yakni, bagian kepala dan ujung ekor yang berwarna merah cerah, dengan bagian tengah atau peut yang berwarna putih mengkilap seperti silver. Pun juga, jenis ini umumnya mempunyai mata yang berwarna hitam Aqua Friends.

Guppy Snakeskin Koi

guppy snakeskin koi

Harga Guppy Snakeskin Koi di pasaran sekitar Rp 200.000

Sesuai dengan namanya, ciri khas dari Snakeskin Koi adalah bagian tengah atau perutnya memiliki corak seperti snakeskin yang lain. Dengan kombinasi warna merah yang sama, yakni dibagian kepala dengan ujung ekor, membuat jenis ini semakin unik dan elegan.

Guppy Albino Platinum Koi

platinum guppy koi

Harga Guppy Albino Platinum Koi di pasaran sekitar Rp 50.000

Jika kalian tidak cermat ataupun teliti, maka kalian akan menganggap jenis ini sama seperti Platinum Koi biasa. Secara garis besar, jenis ini memang memiliki kesamaan dengan Platinum Koi (dilihat dari perpaduan warna pada tubuhnya).

Namun, hal yang paling membedakan adalah bagian matanya yang berwarna merah Aqua Friends. Jadi, kalian perlu teliti untuk memilih jenis yang satu ini.

Guppy Albino King Koi

guppy king koi

Harga Guppy Albino King Koi di pasaran sekitar Rp 95.000

Ciri khas dari jenis ini adalah warnanya yang hampir solid, yakni warna merah yang cerah di sekujur tubuhnya. Selain itu, warna matanya berwarna merah Aqua Friends. Meskipun ada beberapa dari jenis ini yang memiliki sedikit warna putih di bagian perutnya.

Ada banyak sekali kan Aqua Friends? Kira-kira artikel ini membantu kalian atau justru membuat kalian bingung ingin memlih yang mana. Hehehe, tak perlu khawatir, sesuaikan dengan budget dan kebutuhan kalian yah.

Oke, mungkin itu saja pembahasan kita seputar berbagai jenis ikan guppy termahal hingga termurah. Semoga dapat menambah pengetahuan dan referensi kalian yah. Terima kasih.

Originally posted 2020-04-02 07:44:26.

Hai! Aku Ade, alumni Informatika - Universitas Muhammadiyah Surakarta. Tertarik dengan dunia ikan dan aquascape dan tentu dengan hal-hal menarik lainnya. Mari berteman! :)

Tinggalkan komentar