Ikan Hias Air Tawar

Memiliki hewan peliharaan tentunya akan membuat diri kita menjadi lebih tenang. Itulah sebabnya banyak orang yang memelihara aneka jenis hewan. Salah satu hewan peliharaan yang membuat tenang, tidak berisik dan tidak mengotori area rumah atau halaman rumah adalah ikan hias air tawar. Bagi Aqua Friends yang senang ikan hias, bisa mencoba memeliharanya di rumah.

Mengapa harus memilih jenis ikan hias dengan habitat di air tawar? Karena jenis ikan hias tersebut memiliki varian warna yang beragam, dan cara merawatnya pun mudah. Kalian hanya perlu akuarium dengan ukuran yang cukup lalu menaruhnya di rumah. Selain warnanya menarik dan indah, bentuk ikan hias juga lucu dan menggemaskan. Tak heran bila ikan hias dijadikan sering dijadikan koleksi.

Bukan hanya jenis ikannya yang indah dan menggemaskan, tapi memelihara ikan hias di rumah juga akan memberi manfaat bagi Kalian yang memeliharanya. Salah satunya yaitu menghilangkan stres karena pemandangan dari aneka warna ikan yang indah tersebut, membuat pikiran menjadi lebih santai.

Jenis Ikan Hias Air Tawar Beserta Harga

Banyak orang yang lebih memilih memelihara ikan hias dan bukan jenis ikan yang untuk dimakan, karena mereka memang ingin menikmati keindahannya saja. Ikan hias cantik murah pun menjadi incaran para pecinta ikan hias. Bahkan bagi mereka yang sangat hobi memelihara/mengoleksi ikan hias, mereka akan mencari berbagai jenis ikan hias air tawar termahal.

Salah satu jenis ikan hias yang kuat hidup yang sering dipilih untuk dipelihara adalah ikan cupang. Karena ikan ini juga termasuk jenis hewan yang senang bertarung. Namun, ada juga orang yang dengan sengaja mencari ikan hias air tawar langka walaupun sulit ditemukan. Karena biasanya harga jualnya akan lebih mahal.

Ikan Guppy

ikan guppy

Harga ikan Guppy : Rp 30.000,- sampai Rp 700.000,-

Ikan hias ini termasuk jenis ikan hias yang terkenal, dan banyak peminatnya. Bahkan Guppy disebut sebagai primadona diantara berbagai jenis ikan hias. Selain itu, jenis dan warna pada ikan Guppy ini juga sangat beragam. Salah satunya jenis Blue Moscow Albino yang dianggap memiliki kelainan genetik, dengan warna biru muda yang cukup dominan.

Tahukah kalian bahwa ada beberapa Ikan Guppy yang dikenal mahal harganya? Cek artikel: 20 Jenis Ikan Guppy Termahal yang Paling Banyak Dicari.

Ikan Cupang

Ikan cupang

Harga Ikan Cupang : Rp 15.000,- sampai Rp 2.000.000,-

Jenis dari ikan Cupang ini juga sangat beragam. Misalnya ikan aduan atau ikan hias yang khusus dipelihara saja. Ikan ini merupakan jenis ikan hias yang mudah dipelihara, karena karakternya tangguh dan tidak mudah mati. Bahkan Kalian bisa memeliharanya di dalam sebuah toples, tanpa menggunakan alat khusus lainnya.

Ikan Black Ghost/Black Phantom

Ikan blackghost

Harga ikan Black Ghost Rp 15.000

Ikan hias ini memiliki keunikan tersendiri, yaitu hampir seluruh tubuhnya berwarna hitam yang diselingi dengan sedikit warna putih di bagian kepala dan ekor. Walaupun namanya cenderung seram, tetapi karakter ikan ini pemalu, sering bersembunyi, tidak ganas dan bukan jenis predator.

Ingin tahu lebih lengkap? Baca artikel: Jenis, Harga, dan Cara Budidaya Ikan Black Ghost.

Ikan Niasa

ikan niasa

Harga ikan Niasa : Mulai dari Rp 3.000,- sampai Rp 10.000,-

Keunikan ikan Niasa hampir sama dengan ikan Black Ghost yaitu warnanya sangat unik. Karena Niasa memiliki warna loreng yang terdiri dari warna kuning, biru dan putih. Keunikan lainnya yaitu cara mengerami telurnya, dilakukan di area mulut.

Ikan Peacock Bass

Ikan peacock bass

Harga ikan Peacock Bass : Mulai dari Rp 15.000,- sampai Rp 1.500.000,-

Harga tersebut tergantung pada jenis dari ikan Peacock Bass itu sendiri. Misalnya pada Peacock Bass Monoculus yang memiliki warna tubuh kuning gradasi oranye di bagian sirip bawahnya, tapi ada beberapa tanda hitam di bagian tubuhnya.

Ikan Zebra Danio

ikan zebra

Harga ikan Zebra Danio : Rp 1.000,- sampai Rp 2.000,-

Warna pada tubuh Zebra Danio ini sangat beragam, dan ada garis horizontal pada sepanjang tubuhnya. Karakternya agresif. Ikan hias air tawar ini juga merupakan jenis ikan yang suka berkelompok, sehingga akan semakin indah jika ditaruh beberapa di akuarium. Ikan Zebra juga mampu berenang ke sana kemari.

Ikan Mickey Mouse

ikan mickey mouse

Harga ikan Mickey Mouse : Rp 15.000,-

Ikan hias yang sering disebut dengan ikan kartun ini, tubuhnya memang mirip dengan kepala tokoh kartun Mickey Mouse. Warna pada tubuhnya sangat cantik, yaitu kuning keemasan, hitam, putih dan merah. Ukurannya kecil dan lucu, karakteristiknya tenang dan tidak agresif. Bila ingin memelihara Mickey Mouse, Kalian bisa menggunakan ornamen hiasan seperti pasir, karang, bebatuan, dll.

Ikan Siamese Algae Eater

ikan sae

Harga ikan Siamese Algae Eater : Rp 8.000,- sampai Rp 35.000,-

Sesuai dengan namanya, ikan hias Siamese ini merupakan jenis ikan hias pemakan alga. Ikan ini juga merupakan jenis ikan hias pemakan cacing pipih yang sering ada di aquarium dan menjadi pengganggu bagi habitat tersebut. Karakter dari ikan ini yaitu kuat saat melompat, dan mudah diberi makan atau dipelihara.

Ikan Arwana

Ikan arwana

Harga ikan Arwana : Mulai dari ratusan ribu hingga ratusan juta rupiah.

Corak dan warna tubuh Arwana ini  sangat indah, beringas, dan senang memakan jenis ikan kecil di sekelilingnya. Menurut beberapa orang, ikan arwana ini bagus dipelihara karena bisa membawa hoki. Tak heran bila harganya sangat mahal. Ikan hias arwana menjadi salah satu jenis ikan predator yang sangat populer. Selain itu, Arwana juga menjadi salah satu ikan hias air tawar termahal Aqua Friends.

Ikan Botia

ikan botia

Harga Ikan Botia : Rp 6.500,- sampai Rp 225.000,-

Ikan hias air tawar yang satu ini adalah salah satu jenis ikan hias yang asalnya dari perairan Indonesia. Khususnya dari sungai Sumatera dan Kalimantan. Botia juga merupakan ikan hias yang sangat disukai oleh para pecinta ikan hias. Sayangnya, ikan hias ini susah dilestarikan dan ditangkarkan karena penangkapannya dilakukan terus menerus.

Ikan Black Skirt Tetra

black skirt tetra

Harga ikan Black Skirt Tetra : Rp 1.000,- sampai Rp 5.000,-

Warna tubuh pada ikan hias black tetra tidak seluruhnya hitam, karena warna punggungnya yaitu hijau jaitun dan perutnya putih keperakan. Ukuran tubuhnya sekitar 7,5 cm. Karakternya aktif dalam berenang, agresif, dan sering mengganggu jenis ikan kecil lainnya.

Jika Aqua Friends ingin memelihara ikan ini dengan jenis ikan hias yang berbeda, sebaiknya pilih ikan hias yang ukuran tubuhnya sama dengan Black tetra tersebut.

Ikan Blue Ram

Ikan ramirezi

Harga Ikan Blue Ram : Mulai dari Rp 5.000,-

Ikan hias yang satu ini termasuk dalam jenis ikan cichlid yang memang sangat cocok menjadi ikan peliharaan di akuarium. Karena warna tubuhnya yang beraneka warna, dan memiliki warna-warna yang cerah. Namun ikan ini bukan jenis ikan yang mudah dipelihara, karena dalam pemeliharaannya memerlukan kondisi air yang ketat.

Ikan Platydoras

ikan platydoras

Harga ikan Platydoras : Rp 3850,- sampai Rp 25.000,-

Ikan hias yang satu ini memiliki cukup banyak peminat, termasuk jenis ikan pendamai baik pada ikan yang sejenis maupun pada lain jenis. Jika ia merasa terganggu atau berada dalam ancaman, ikan ini akan mengeluarkan suara seperti deritan pintu. Namun ikan hias Plattydoras ini termasuk jenis ikan hias yang mudah untuk dijinakkan.

Ikan Barb

ikan barb

Harga Ikan Barb : Rp 1500,- sampai Rp 1.200.000,-

Ikan Barb merupakan salah satu jenis ikan hias yang memiliki beragam warna, ukuran dan juga jenis. Karakteristiknya yaitu beberapa jenis agresif dan beberapa jenis lainnya pendamai. Ikan ini cocok untuk dipelihara di akuarium, khususnya dalam akuarium dengan spesies campuran. Beberapa dari mereka juga memiliki karakter yang cukup unik.

Ikan Corydoras

Ikan corydoras

Harga ikan Corydoras : Rp 1.300,- sampai Rp 500.000,-

Ikan hias air tawar ini berasal dari Amerika Selatan. Ikan ini senang hidup berkelompok/bergerombol. Bila ikan ini merasa terganggu/stres maka ikan ini akan mengeluarkan patil yang tajam, tujuannya untuk melukai hewan lain yang melawannya. Warna pada tubuhnya juga menarik, yaitu totol hitam dengan warna dasar putih.

Ikan Discus

Ikan discus

Harga ikan Discus : Rp 120.000,- sampai Rp 250.000,-

Habitat asli ikan Discus berasal dari Sungai Amazon yang kemudian banyak hidup di daerah Brasil, Peru atau Venezuela. Ikan hias ini termasuk spesies ikan tropis. Ikan ini juga senang hidup di aliran sungai yang tenang dan senang bersembunyi di balik ranting pohon. Tujuannya untuk menghindari ikan-ikan predator.

Baca Juga: 9 Jenis dan Harga Ikan Pedang Terbaru [UPDATE]

Ikan Louhan

Ikan louhan

Harga ikan Louhan : Rp 150.000,- sampai Rp 3.000.000,-

Ikan yang satu ini terkenal karena bagian kepalanya yang menonjol atau jenong. Semakin menonjol bagian kepalanya maka harganya akan semakin mahal. Namun jika benjolan di kepalanya terlalu besar harga jualnya bisa turun kembali. Oleh sebab itu, ukuran kepala jenongnya harus tetap ideal. Selain itu, Ikan Louhan juga tergolong sebagai ikan hias air tawar terindah lho Aqua Friends.

Ikan Lemon

Ikan lemon

Harga ikan Lemon : Rp 1.000,- sampai Rp 6.000,-

Sesuai dengan namanya, warna ikan ini yaitu kuning mencolok dan menyala mirip buah lemon. Karakter pada ikan ini tak seimut warnanya, yaitu sangat agresif, suka menyerang bahkan terbilang buas. Lemon senang menghabiskan makanannya sehingga disebut jenis ikan rakus. Bila ia sedang sangat lapar, ia akan memakan Lemon lainnya yang ukuran tubuhnya lebih kecil.

Ikan Flying Fox

Siamese Flying Fox

Harga ikan Flying Fox : Rp 8.000,-

Flying Fox menjadi salah satu jenis ikan hias air tawar yang paling banyak disukai oleh para pecinta ikan hias. Ikan ini telah tersebar di beberapa negara Asia terutama Indonesia. Karakteristiknya yaitu senang memakan binatang-binatang kecil seperti serangga atau crustea kecil tapi makanan utamanya adalah alga hijau.

Ikan Oscar

ikan oscar

Harga ikan Oscar : Mulai dari Rp 50.000,-

Jika dilihat sekilas saja, ikan ini tidak terlihat seperti jenis ikan predator. Namun, ikan yang termasuk dalam spesies cichlid ini sebenarnya rakus sehingga akan memakan jenis ikan apa saja yang ada di sekitarnya. Corak warna pada tubuhnya sangat menarik, sehingga tidak terlihat buas. Bahkan warna-warnanya lebih terlihat kalem.

Ikan Paradise

ikan paradise

Harga ikan Paradise : Mulai dari Rp 30.000,-

Warna tubuh ikan ini cukup bervariasi, yaitu sawo matang dan ada juga yang agak kehijauan. Garis mendatar dengan selang seling berwarna biru pada tubuhnya, membuat ikan ini terlihat sangat cantik dan indah. Karakternya yaitu gesit sehingga memerlukan area yang luas pada habitatnya.

Ikan Koi

ikan koi

Harga ikan Koi : Rp 5.000,- sampai Rp 400.000,-

Ikan Koi adalah jenis ikan hias yang banyak peminatnya. Ikan ini berasal dari Cina tapi dipopulerkan di Jepang. Ikan hias ini lebih cocok dipelihara di kolam, karena mereka memerlukan area gerak yang lebih luas. Selain itu, ikan ini juga termasuk jenis ikan hias yang mudah dikembangbiakan.

Ikan Manfish

cara merawat ikan manfish

Harga ikan Manfish : Rp 5.000,- sampai Rp 20.000,-

Nama lain dari ikan hias yang satu ini adalah Angel Fish. Warnanya beragam, misalnya perak mengkilat, perak dengan empat garis vertikal hitam, kombinasi hitam putih, hijau keabuan dan sebagainya.

Ingin tahu lebih banyak tentang ikan Manfish? Baca artikel: Ikan Manfis: Jenis, Harga, Cara Merawat dan Budidaya

Ikan Clown Killifish

clown killifish

Harga ikan Clown Killifish : Rp 30.000,- sampai Rp 50.000,-

Ukuran tubuh pada ikan Clown Killifish hanya sekitar 4 cm saja. Ikan hias ini termasuk jenis ikan pemakan segala atau sebutannya omnivora. Walaupun termasuk jenis ikan hias yang cukup populer, tapi cukup jarang orang yang memeliharanya. Ekosistem pada ikan ini juga cukup mudah sehingga harganya juga terjangkau.

Ikan Bala Bala (Hiu Bala)

ikan bala bala

Harga ikan Bala Bala : Rp 9.000,- sampai Rp 150.000,-

Meskipun sebutannya adalah Hiu Bala, tapi ikan hias ini tidak termasuk jenis ikan hias yang ganas atau predator. Sehingga Kalian tetap bisa memeliharanya di akuarium dan disatukan dengan jenis ikan hias lainnya. Warna tubuhnya cukup unik yaitu perak. Sedangkan pada bagian ekornya terdapat garis hitam. Panjangnya 35 cm.

Ikan Mas koki

ikan mas koki

Harga ikan Mas Koki : Rp 10.000,-

Ikan hias Mas Koki menjadi jenis ikan hias yang sangat populer, ada banyak orang yang memeliharanya. Perut buncitnya menjadi ciri khas dari ikan ini. Selain itu warna tubuhnya juga sangat cerah sehingga menjadi daya tarik tersendiri. Cara mendapatkannya pun mudah, karena banyak orang yang menjual ikan ini.

Ikan Gourami

ikan gourami

Harga ikan Gourami : Rp 9.900,- sampai Rp 20.000,-

Keluarga ikan hias yang satu ini memiliki bentuk dan jenis yang sangat variatif. Biasanya ikan ini dipelihara di akuarium, tapi ada juga jenis ikan Gourami yang tak bisa disatukan dengan jenis ikan hias yang lainnya. Karena karakter ikan ini termasuk jenis ikan yang pemalu.

Ikan Royal Pleco

ikan royal pleco

Harga ikan Royal Pleco : Rp 375.000,- sampai Rp 8.000.000,-

Ikan sapu-sapu adalah nama lain dari Royal Pleco. Biasanya ia akan memakan algae dan menjadi ikan pembersih di akuarium. Cara memelihara ikan Pleco ini cukup mudah. Harganya pun bervariasi, khusus untuk jenis sapu-sapu hias harganya memang terbilang mahal.

Ikan Palmas

Ikan palmas

Harga ikan Palmas : Rp 10.000 sampai Rp 600.000,-

Tampilan pada ikan hias ini sangat unik, bahkan sering disebut mirip dengan ular naga. Beberapa jenis ikan Palmas ini kulit tubuhnya memang menyerupai kulit ular. Bentuknya juga mirip dengan binatang purba, karna Palmas merupakan keturunan dari Polypteriforms di zaman dinosaurus.

Ikan Rainbow

ikan rainbow

Harga ikan Rainbow : Mulai dari Rp 5.000,-

Tampilan warna pada tubuhnya menyerupai pelangi, sesuai dengan namanya. Aqua Friends bisa menemukan ikan Rainbow ini di daerah Papua dan juga Sulawesi. Coraknya yang indah menjadi daya tarik Rainbow sehingga banyak peminatnya. Sayangnya, ikan ini spesies ikan ini sudah mulai langka.

Ikan Neon Tetra

Ikan neon tetra

Harga ikan Neon Tetra : Rp 3.000,-

Bagi para pecinta aquascape tentu tak asing lagi dengan ikan hias yang satu ini. Disebut Neon karena bagian tubuhnya akan menyala saat terkena cahaya seperti lampu neon. Ikan Neon Tetra juga termasuk jenis ikan berkelompok.

Ikan Komet

cara merawat ikan komet

Harga ikan Komet : Rp 15.000 sampai Rp 60.000,-

Ikan hias ini baru masuk ke Indonesia sekitar tahun 1970an. Warna tubuhnya terdiri dari paduan warna merah menyala dan putih mengkilap, sehingga warnanya lebih indah. Komet lebih cocok jika dipelihara pada akuarium dengan air yang bersih. Karena ia memiliki gerakan berenang yang terbilang lambat.

Ingin tahu lebih lengkap tentang ikan Komet? Baca: Mengenal Jenis Ikan Komet, Lengkap dengan Harga dan Tips Merawat

Ikan Red Finned Shark

ikan red finned shark

Harga ikan Red Finned Shark : Rp 4.000,- sampai Rp 5.000,-

Ukuran tubuh pada ikan Red Finned ini adalah sekitar 12 cm, bentuknya memanjang tapi di bagian tubuhnya membesar. Warna yang dominan hanya satu, tergantung pada jenis ikan Red Finned itu sendiri. Ikan ini suka memakan lumut sehingga disebut sebagai pembersih akuarium.

Ikan Cichlid

Ikan cichlid

Harga ikan Cichlid : Rp 3.500,- sampai Rp 1.000.000,-

Ikan hias yang satu ini berasal dari negara Afrika. Warnanya sangat beragam dan bervariasi. Kebanyakan warna pada tubuh ikan Cichlid ini adalah terang dan menyala. Beberapa dari jenisnya termasuk ikan predator.

Cara Merawat Ikan Hias Air Tawar

ikan hias air tawar

Cara yang paling penting dalam merawat ikan hias air tawar tentu masalah kebersihan akuariumnya, sehingga harus dibersihkan secara berkala. Berikut beberapa tips merawat ikan hias :

  • Menjaga Suhu Air Agar Tetap Terjaga

Beberapa jenis ikan hias, suhu tubuhnya mudah berubah. Atau rentan pada perubahan suhu. Sehingga sudah menjadi tugas Aqua Friends dalam menjaga suhu air supaya tetap terjaga, dan agar suhunya tidak lebih dari 30oC.

  • Jangan Memberi Makanan dalam Jumlah Berlebih

Jumlah makanan yang berlebihan dalam akuarium akan membuat air akuarium menjadi mudah kotor. Sisa makanan yang tidak habis dan kotoran ikan yang menumpuklah yang membuat akuarium mudah kotor.

  • Membersihkan Akuarium dengan Teratur

Lakukan pembersihan akuarium secara rutin, minimal seminggu sekali. Bersihkan seluruh kotoran dan lumut yang menempel di dalamnya. Gunakan spons/busa jika ingin membersihkan kaca. Supaya lumutnya hilang.

  • Mengganti Media Filter 2-3 Bulan Sekali

Fungsi filter adalah untuk menyaring segala kotoran. Maka jika kotoran terlalu lama di dalam filter, fungsinya akan menurun. Sehingga kotoran tak akan tersaring dengan sempurna.

  • Mengganti Air Sebulan Sekali

Penggantian air akuarium bisa dilakukan minimal sebulan sekali, tetapi jika dirasa sudah kotor sekali Kalian bisa langsung menggantinya. Mengganti air akuarium sekitar ¼ nya saja agar ikan-ikan tidak stres.

  • Menangani Ikan yang Terkena Penyakit

Segera lakukan pengobatan dan pisahkan ke tempat yang lain, jika ada ikan hias kalian yang terkena penyakit. Hal tersebut dilakukan agar penyakit yang ada tidak menular ke ikan-ikan lain Aqua Friends.

Ada puluhan jenis ikan hias yang bisa kalian pelihara, dari jenis-jenis tersebut dibedakan menjadi beberapa jenis lainnya. Bagi Aqua Friends yang senang dengan ikan hias, bisa memilih jenis ikan hias yang harganya sesuai budget, cara memelihara/merawatnya tidak sulit dan pilih juga jenis ikan hias yang menenangkan.

Misalnya pilih warna ikan hias yang terang/cerah dan juga enak dipandang sehingga dapat mengusir rasa lelah ketika memandangnya. Jangan lupa untuk mematuhi cara-cara perawatannya agar ikan tak mudah mati.

Originally posted 2020-04-30 15:07:59.

Hai! Aku Ade, alumni Informatika - Universitas Muhammadiyah Surakarta. Tertarik dengan dunia ikan dan aquascape dan tentu dengan hal-hal menarik lainnya. Mari berteman! :)

Tinggalkan komentar