Ikan Hias Kecil

Bagi para penghoby ikan pemula, biasanya akan memilih jenis ikan yang tidak terlalu sulit perawatannya. Pun juga mereka lebih memilih ikan hias berukuran kecil karena tidak terlalu membutuhkan tempat yang luas. Ada banyak sekali jenis ikan hias kecil air tawar ataupun air laut yang mudah dipelihara. Dengan perawatan yang mudah, sehingga sangat cocok bagi para pemula Aqua Friends.

Dari segi perawatan dan makanan harian, ikan hias kecil tidak terlalu membutuhan biaya yang besar. Sehingga banyak orang tertarik untuk memeliharanya, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Apalagi ikan-ikan tersebut biasanya bertipe kelompok, sehingga dengan kebiasaan tersebut akan mudah disatukan dengan berbagai jenis ikan lainnya. Dan juga akan mempercantik tampilan aquarium karena berisi ikan-ikan yang berwarna-warni.

Kali ini, Aquapedia akan membahas berbagai jenis ikan hias kecil yang dapat kalian jadikan opsi untuk dipelihara. Rata-rata dari mereka memiliki habitat di air tawar, sehingga akan mempermudah kalian untuk merawatnya. Langsung simak Aqua Friends.

Ikan Molly

Ikan molly atau yang biasa dikenal dengan ikan balon merupakan jenis ikan hias yang mudah dipelihara. Pun juga untuk dibudidayakan pun ikan ini terhitung sangat mudah, karena hobynya yakni beranak pinak, Hehehe.

Ikan ini memiliki jenis dan varian yang sangat banyak Aqua Friends. Habitat asli ikan ini berasal dari Meksiko, diberbagai sungai disana banyak sekali dihuni oleh ikan Molly. Secara umum, ikan ini dikategorikan menjadi 3 jenis Aqua Friens. Ada Shortfin Molly, Sailfin Molly dan ada Lyretail Molly.

Tidak ada perawatan khusus untuk ikan yang satu ini, karena jenisnya yang omnivora. Ikan Molly mudah untuk diberi makan. Kalian bisa memberikan cacing sutra ataupun ganggang-ganggang untuk makanan hariannya.

Ikan Guppy

Tergolong dalam salah satu ikan hias terpopuler di dunia, Ikan Guppy juga sangat mudah dirawat Aqua Friends. Pun juga tubuhnya yang kecil tidak terlalu membutuhkan makanan yang banyak setiap ekornya. Nama latin dari ikan ini adalah Poecilia Reticulata, atau biasa disebut sebagai ikan seribu, ikan cere, ataupun ikan klataw.

Ikan Guppy juga sangat mudah ditemui dipasaran, karena sudah banyak orang yang mulai membudidayakannya. Sebenarnya ikan ini berasal dari daratan benua Amerika lho Aqua Friends. Berhubung warna dan pesonanya yang indah, banyak orang di dunia yang suka dan minat untuk memeliharanya.

Jenis dan variannya pun sangat beragam, bisa jadi jika kita meneliti satu per satu ada sekitar puluhan hingga ratusan ekor. Salah satunya adalah Guppy red Mozaic yang sangat umum ditemukan di penjual ataupun toko ikan.

Ciri khas dari ikan Guppy adalah warna dan bentuk ekornya yang sangat indah, berwarna-warni dan memiliki pola yang beragam. Guppy juga tergolong ke dalam ikan yang suka bergerombol, sehingga sangat bisa jika disatukan dengan berbagai ikan dengan tipe sejenis lainnya.

Baca Juga: 25+ Jenis Ikan Guppy Termahal yang Paling Banyak Dicari

Ikan Tetra

Ikan neon tetra

Ikan kecil ini biasa dikenal dengan nama ikan neon. Disebut begitu karena corak dan warna tubuhnya yang seolah-olah nyala ketika terkena pantulan cahaya Aqua Friends. Karena keunggulannya yang mudah beradaptasi, ikan ini menjadi sangat mudah untuk dirawat ataupun dipelihara Aqua Friends.

Ada beragam jenis dari Ikan Tetra, mulai dari Cardinal Tetra, X-Ray Tetra, Blind Cave Tetra, dan masih banyak lagi. Keunikan tubuhnya yang dapat menyala digunakan oleh ikan ini untuk mencegah atau mengusir ikan predator Aqua Friends. Keren bukan?.

Harga dan perawatan hariannya pun sangatlah mudah, ikan ini juga tergolong omnivore sehingga tidak membutuhkan biaya yang terlalu mahal. Pun juga tipe ikan ini adalah ikan yang suka bergerombol. Sehingga akan cocok jika dipelihara Bersama dengan berbagai ikan tipe sejenis di aquarium.

Baca Juga: 25+ Jenis Ikan Neon Tetra Terindah Lengkap dengan Harga

Ikan Platy

Secara sekilas, tampilan ikan platy sangat mirip dengan ikan Shortfin Molly Aqua Friends. Hany saja terdapat sedikit perbedaan di bagian sirip bawah ikan tersebut. Pun juga dari jenisnya, ikan ini sangat beragam, ada Platy Malibu Sunset, Platy Gold, Red Mickey Mouse Platy, dan masih banyak lagi.

Sifat dan karakternya yang tenang menjadikan ikan ini sangat cocok untuk dipelihara bersamaan dengan ikan setipe jenis lain. Baik Tetra ataupun Ikan Guppy. Dari segi makanan, ikan platy juga omnivore Aqua Friends, sehingga tidak membutuhkan perawatan khusus untuk memeliharanya.

Ikan Barb

ikan barb

Kalian perlu tahu nih Aqua Friends, ikan barb memiliki banyak jenis juga lho. Tidak hanya beragam warnanya, namun juga beragam bentuknya. Ada Cherry Barb yang berbadan mini, ada Tiger Barb yang berbadan oval, dan masih banyak lagi.

Ikan barb juga termasuk ikan yang suka bergerombol lho, perawatannya pun terhitung mudah Aqua Friends. Karena dari segi makanan dan media tempat tinggalnya, tidak terlalu membutuhkan biaya yang mahal.

Namun, jika gerombolan ikan ini terlalu banyak, mereka cenderung akan lebih suka menyendiri. Jadi jumlah yang efektif untuk memelihara ikan ini adalah maksimal 5 ekor saja Aqua Friends.

Ikan Panchax

ikan panchax

Di kampung author, ikan ini sering dijuluki dengan nama Cethul. Namun pada umumnya ikan ini juga sering dikenal dengan nama Ikan Kepala Timah Aqua Friends. Habitat ikan Panchax seringkali ditemui disekitar sawah ataupun sungai-sungai kecil.

Ikan ini juga sangat senang bergerombol Aqua Friends, jika kalian memiliki aquascape, ikan ini cocok untuk melengkapi penghuni aquarium. Jenis dari ikan ini juga beragam, ada Golden Panchax, Arwana Mini, dan juga Killfish.

Ikan Manfish

Ikan manfish

Ikan manfish atau juga disebut Ikan Angelfish memiliki bentuk dan ciri yang unik Aqua Friends. Yakni bagian siripnya yang Panjang menjuntai sehingga namapak elegan. Nama lainnya lagi yakni ikan layang-layang, karena bentuknya yang mirip dengan layang-layang.

Habitat ikan ini juga berada di perairan tawar, namun perawatannya agak sedikit rumit Aqua Friends. Tak salah jika kalian mencoba untuk memeliharanya, karena keindahan dan kecantikannya akan menambah isi aquarium kalian akan lebih menawan.

Manfish sangat mudah dijumpai di toko-toko ikan, jenisnya yang banyak pun tidak sulit untuk ditemukan. Seperti Manfish Marble, Manfish Platinum, Manfish Altum, dan masih banyak lagi.

Baca Juga: Ikan Manfish: Jenis, Harga, Cara Merawat dan Budidaya

Ikan Zebra

Sesuai dengan Namanya, ikan Zebra memiliki pola garis-garis yang berada pada tubuhnya. Namun, tidak hanya warna hitam dan putih Aqua Friends, tergantung jenisnya. Ada Danio Aquarium yang memiliki corak warna merah, biru dan orange. Pun juga ada yang berwarna kuning.

Kebiasaan ikan ini gemar berenang-renang di permukaan air, sehingga kalian perlu menyediakan penutup Aquarium agar ikan ini tidak melompat keluar.

Ikan Rasbora

ikan rasbora

Ikan Rasbora tidak bisa hidup sendiri, karena jenis ikan ini benar-benar harus berkelompok. Jika ia dibiarkan sendiri, maka akibatnya bisa menimbulkan stress dan berakhir pada kematian. Kan sayang.

Rasbora juga memiliki varian Aqua Friends, ada Rasbora Galaxy, Rasbora Harleiquin, Rasbora Maculata, dan lain-lain.

Ikan Lemon

Ikan lemon

Berbeda-beda dengan jenis ikan yang sudah author sebutkan, tipe ikan Lemon lebih agresif Aqua Friends. Jadi kalian tidak bisa mencampurkannya dengan berbagai ikan lain. Sesuai dengan Namanya, ikan lemon memiliki warna yang cerah seperti buah lemon, yaitu kuning pekat.

Ikan ini memiliki nama latin Neolamprologus Leleupi, dan juga tergolong dalam keluarga ikan cichlid. Maka dari itu karakter dari ikan ini agresif. Namun, ikan ini sangat mudah ditemui di toko-toko ikan kok.

Baca Juga: Ikan Lemon: Jenis, Harga, dan Berbagai Tips Perawatannya

Ikan Corydoras

Ikan corydoras

Ikan Corydoras berasal dari Kawasan benua Amerika, ciri khas dari ikan ini adalah terdapat sungut yang ada di mulutnya. Karakternya yang mirip dengan ikan Sapu-sapu, Corydoras juga gemar membersihkan aquarium Aqua Friends.

Selain itu, perawatannya pun sangatlah mudah, karena pada dasarnya ikan ini adalah omnivora. Memiliki sifat pemalu dan pendiam, ikan ini bisa kalian pelihara bersamaan dengan berbagai ikan lain dalam satu aquarium.

Ikan ini memiliki beragam jenis, meliputi Corydoras julli, Corydoras perunggu, Corydoras Panda, dan masih banyak lagi.

Baca Juga: Ikan Corydoras: Jenis, Harga, dan Cara Merawat

Ikan Botia

Dari segi bentuk, ikan botia hamper mirip dengan ikan Corydoras Aqua Friends. Hanya saja ikan ini berasal dari Kawasan benua Asia. Dari segi sifat dan karakter pun tak jauh berbeda dengan ikan Corydoras juga.

Ada beragam jenis ikan botia, ada botia borneo (asli dari Kalimantan), botia nemo, botia makranda, dan sebagainya.

Ikan Pedang

Harganya memang beragam, karena jenisnya juga beragam Aqua Friends. Ikan pedang secara sekilas mirip dengan ikan Platy, hanya saja memiliki bentuk ekor yang unik mirip dengan sebuah pedang. Maka dari itu ikan ini di sebut ikan pedang.

Ikan Pedang termahal yakni berjenis Red Blood Albino Aqua Friends. Warnanya yang merah pekat dengan tekstur warna doff membuat tampilan dari ikan ini begitu cantik. Karakternya yang tenang pun bisa kalian pelihara dengan berbagai jenis ikan lainnya.

Baca Juga: 9 Jenis Ikan Pedang Terindah Lengkap dengan Harga

Itulah beberapa jenis ikan hias kecil yang bisa kalian jadikan referensi untuk memilih ikan peliharaan Aqua Friends. Pun juga dari berbagai jenis di atas, bisa kalian pelihara untuk melengkapi aquascape kalian lhoh. Agar lebih tampak lebih menarik dan mempesona. Harga dan jenisnya pun sangat variatif, semoga bisa menambah pengetahuan dan referensi kalian yah.

Jika kalian memiliki referensi lain seputar ikan hias kecil, author dengan senang hati menerimanya lho. Sampaikan di kolom komentar yah.

Terima kasih. ๐Ÿ™‚

Originally posted 2020-03-24 06:38:43.

Hai! Aku Ade, alumni Informatika - Universitas Muhammadiyah Surakarta. Tertarik dengan dunia ikan dan aquascape dan tentu dengan hal-hal menarik lainnya. Mari berteman! :)

Tinggalkan komentar