Ikan Koi Showa Penjelasan Lengkap dan Cara Perawatannya

Pernahkah kalian memiliki ikan koi showa? Berencana untuk membelinya? Jika demikian, kalian perlu membaca ulasan kali ini tentang ikan koi showa, mari pelajari lebih mendalam.

1. Mengenal Ikan Koi Showa

Ikan Koi Showa

Ikan koi showa pertama kali muncul tahun 1927, dibudidayakan oleh Jukishi Hoshino, terus dikawin silangkan hingga pada tahun 1965 mencapai kesempurnaan warna dan corak sampai saat ini. Tomiji Kobayashi, penghobi ikan koi asal Jepanglah yang pertama kali menetapkan standart untuk jenis ikan koi showa ini.

Awalnya ikan koi showa berwarna coklat kekuningan, ia berhasil mengembangkan menjadi warna hitam pekat dan warna merah putih sebagai pendampingnya, kemudian warna inilah akhirnya terkenal sebagai yang terbaik.

A. Habitat

Ikan koi, termasuk ikan koi showa berasal dari Cina, habitat aslinya berada disana, yakni di perairan tawar Cina. Banyak yang menganggap koi berasal dari Jepang, memang banyak penghobi yang berasal dari Jepang dan membudidayakannya dengan kawin silang, sebab itulah banyak jenis koi yang memakai nama khas Jepang, namun tetap saja rumah pertamanya ialah di Cina.

B. Reproduksi

Awalnya ikan koi showa disilangkan dengan jenis koi Sanke Dan Kohaku untuk meningkatkan kualitas warna dan corak atau markingnya agar lebih berbeda dengan jenis koi lainnya. Saat ini ikan koi showa memiliki peringkat terbaik dalam hal warna, begitu unik coraknya bahkan ada yang berbentuk bunga.

2. Ciri-ciri Ikan Koi Showa

Ikan Koi Showa

A. Warna

Ikan koi showa punya warna dasar hitam dengan corak utama putih dan merah. Warna hitamnya gelap dan mengkilat, serta murni, tidak ada bintik-bintik coklat atau bintik-bintik lain yang muncul. Marking putihnya memberi kontras, begitu berbeda dengan warna dasarnya yang hitam pekat. Dan putihnya ikan koi showa pun harus murni. Putih bersih, bukan putih yang cenderung kekuningan dan lainnya.

Marking merahnya juga memberi corak yang menonjol, antara warna hitam dasar dan putih, kadang nampak seperti oranye-merah atau ungu-merah. Warna ikan koi showa yang unik memang merupakan ciri utama.

Inilah warna detai di tiap bagian tubuh ikan koi showa :

  • Pola hitam di kepala

Pola warna hitam wajib ada di kepala ikan koi showa, yang mengarah ke mulut. Ikan koi showa yang bagus ada tiga perpaduan warna di kepalanya, hitam, merah, dan putih dengan bagian yang seimbang. Pola hitamnya melebar sampai menyentuh mulut, berbentuk zig-zag seperti halilintar,  berbentuk garis seperti membelah jadi 2 bagian, dan ada pula yang membentuk letter V.

  • Warna di sirip

Di pangkal siirpnya ada pola warna hitam yang disebut dengan motoguro, nampak seimbang di kedua siripnya, kadang melebar hingga menutup semua bagian sirip.

  • Punggung

Di bagian punggung hingga ekor didominasi warna hitam, pola merah dan putih hanya sebagai penyeimbang, ada pula yang memiliki dominan warna putih, dan warna hitam merah jadi penyeimbangnya.

Saat masih kecil belum begitu terlihat jelas pola warnanya, biasanya usia setahun tampak makin jelas.

B. Bentuk Tubuh

Ikan koi showa

Ikan koi showa punya bentuk memanjang seperti torpedo, memiliki sirip di puggung, sepasang sirip di piggul, dan sepasang sirip di dada. Juga ekor. Secara rinci, ikan koi showa yang bagus punya garis punggung lurus, ketika berenang sedikit melengkung dengan wajar, siripnya sempurna dan lengkap, kepala sempurna, dan perbandingan rasio tubuhnya serasi yakni antara panjang, lebar, dan tingginya.

C. Mata

Mata ikan koi cerah, segar, dan jernih. Permukaannya tidak terlihat terlalu menonjol. Mata ikan koi showa yang sehat nampak hidup, tidak mengkerut, tidak berlendir, dan tidak kemerahan.

3. Harga Ikan Koi Showa

ikan hias air tawar koi showa

Untuk harga ikan koi showa sendiri di pasaran sangat beragam mulai dari 30 ribuan. Untuk harga termahalnya jika dilihat dari penawaran di marketplace kisaran 250 ribuan. Aqua Friend bisa pilih ikan koi mana saja yang sesuai dengan budget yang sudah disediakan. Ikan koi showa sangat cocok dijadikan ladang bisnis karena harganya termasuk dalam kategori ekonomis.

4. Cara Merawat Ikan Koi Showa

merawat ikan hias air tawar koi showa Ikan koi showa

Ikan koi showa, agar memiliki umur panjang dan kualitas yang bagus, perlu dilakukan perawatan yang baik, dari segi makanan dan lingkungan tinggalnya atau akuariumnya. Cobalah terapkan tips berikut ini.

A. Makanan Ikan Koi Showa

makanan ikan hias air tawar koi showa

Jenis makanan ikan koi showa jelas harus memenuhi kebutuhan gizinya, untuk mendukung keindahan warna kulit dan kesehatan tubuhnya. Makanan ikan koi showa terdiri dari alami dan buatan. Makanan alami yang disukai dan baik untuknya ialah ulat yang tinggi protein,semangka dan jeruk juga disuka.

Kalian juga bisa mengolah makanan sendiri, dari udang, telur, wortel, agar-agar, dan tambahkan vitamin C atau probiotik. Blender dengan air panas, dinginkan dan potong kecil-kecil seperti bentuk cacing atau ulat agar mudah dimakan.

Biji-bijian seperti kacang polong atau jagung tidak cocok untuk ikan koi showa, hindari memberikan makanan terebut sebab tidak dapat dicerna olehnya. Makanan yang diberikan juga harus terjaga kualitasnya, tidak kadaluarsa yakni pakan buatan atau kering tidak disimpan lebih dari 3 bulan.

Porsi makan ikan koi showa ialah 5% dari berat tubuhnya untuk ikan koi showa kecil dan 2% dari berat tubuh untuk dewasa. Berikan secukupnya agar tidak kekenyangan dan tidak beresio tersisa dan mengotori kolam.

B. Setup Akuarium

setup akuarium ikan hias air tawar kois howa

Memelihara ikan koi showa tidak harus di kolam, boleh juga di akuarium, namun ada beberapa hal penting yang perlu diperhatikan, yakni :

  • Akuarium minimalis

Sesuai dengan jumlah ikan koi showa yang dipelihara. Ukuran yang tepat ialah 150 x 50 x 50 cm untuk ikan koi showa 10 cm maksimal 10 ekor.

  • Hindari tanaman air

Sebaiknya tak memakai tanaman air sebagai hiasan sebab ikan koi showa bisa memakannya, air juga akan kotor akibat sisa daunnya berserakan.

  • Filter

Volume filter yang terbaik ialah 30% dari jumlah air, agar lebih hemat ruang, bisa memakai filter gantung. Media filternya ialah bioball, kapan mat, ziolite, dll untuk ruang atasnya. Cuci seminggu sekali agar tetap bersih dan tidak ada penyumbatan.

  • Kualitas air

Ganti air seminggu 2 kali, ganti setidaknya 20% air untuk menghindari perubahan yang ekstrem yang bisa membuat ikan koi showa stress.

  • Aerasi

Pasang pompa udara atau blower untuk menambah kandungan oksigen dalam air sehingga ikan koi showa bisa hidup lebih nyaman.

  • Lampu

Dipakai sebagai pengganti sinar matahari, lampu metal helide bisa kalian pakai.

Jangan upa menyiapkan obat-obatan dasar seperti metil biru, garam ikan, dll yang bisa langsung dipakai jika sewaktu-waktu ikan koi showa sakit. Semua ikan koi memang indah, tapi ikan koi showa memberi pesona yang berbeda, semoga bermanfaat untuk melancarkan budidaya ikan koi showa yang kalian jalankan.

Bikin Ikan Bahagia!

Tinggalkan komentar