Ade Hai! Aku Ade, alumni Informatika - Universitas Muhammadiyah Surakarta. Tertarik dengan dunia ikan dan aquascape dan tentu dengan hal-hal menarik lainnya. Mari berteman! :)

Mengenal Jenis Ikan Komet, Lengkap dengan Harga dan Tips Merawat

Membicarakan ikan hias, ada banyak jenis yang populer dan sering dipilih untuk melengkapi akuarium. Aqua Friends pasti familiar dengan tampilan ikan-ikan hias seperti ikan komet atau sering disebut juga dengan Carrasius. Ikan yang hidup di air tawar ini pertama kali dibudidayakan di China. Sekilas tampilannya serupa dengan ikan mas koki.

Hal tersebut wajar karena keduanya berada di satu spesies yang sama berupa keturunan cyprinidae. Seiring waktu, kemunculan ikan ini semakin beragam disebabkan hasil perkawinan berbagai jenis. Sama seperti ikan hias air tawar lainnya, perawatan komet pun tidak sulit. Begitu pun dengan cara budidayanya. Harga jual komet memang cukup murah.

Ciri khas ikan ini yaitu bentuk tubuh yang memanjang dengan bentuk ekor yang melebar. Pergerakannya ketika berenang tergolong agresif. Faktor fisik yang panjang dengan ekor lebar membuat gerakan renang komet terkesan gemulai. Jenis komet yang paling sering dan mudah ditemui ialah komer berwarna orange, perpaduan orange putih, atau putih dengan sentuhan orange kemerahan.

Jenis-Jenis Ikan Komet

Berikut jenis-jenis ikan hias komet.

Komet Sara

komet sara

Komet sara paling sering ditemukan di dalam akuarium. Warna tubuh sara perpaduan putih dan putih dengan motif belang. Bagian sirip atas pun memiliki dua warna. Badannya berbentuk memanjang dengan ukuran kepala cukup kecil. Pada mata terlihat menonjol dan bibir bergaris merah. Panjang tubuhnya bisa mencapai kurang lebih 20 cm.

Komet Harimau

komet harimau

Jenis berikutnya ada komet harimau. Disebut harimau karena warna belang pada ikan yang didominasi orange dan hitam. Tetapi ada juga yang belang putih dan orange terang. Pada bagian ekor lebih lebar dan menerawang sehingga memberi kesan berbeda.

Komet Slayer

komet slayer

Jenis ikan komet satu ini juga sangat populer. Warna sirip yang mendominasi adalah orange kemerahan, atau pun merah. Kedua warna tersebut dipadu dengan warna putih di bagian bawah sirip. Untuk beberapa macam slayer ada yang hanya dipenuhi satu warna saja hampir di semua siripnya. Ekor slayer dikenal panjang dan cantik.

Hitam Putih

komet hitam putih

Belang dengan corak unik dimiliki jenis komet hitam putih. Pada bagian ekor dan siripnya pun terlihat cantik dengan perpaduan belang dua warna. Jenis komet ini memiliki ekor yang tidak panjang dan bentuk tubuhnya pun lebih ramping.

Sarasa

komet sarasa

Sekilas tampilan komet ini serupa dengan jenis slayer karena warnanya yang tidak jauh berbeda. Namun warna putih di bagian bawahnya lebih melebar di bagian tubuh sampai ke bagian mulut ikan bawah. Harga untuk ikan ini di pasaran berkisar 5 ribu hingga 30 ribu.

Shubunkin

komet shubunkin

Selanjutnya ialah shunbunkin. Komet satu ini memiliki keunikan khususnya di bagian perpaduan warna pada tubuhnya. Paduan orange, putih, dan hitam membuatnya terlihat serupa dengan pancawarna. Tetapi pada bagian ekor dan sirip hanya ada sentuhan garis hitam. Ekornya berbentuk lebar ke atas dan bawah.

Pancawarna

komet pancawarna

Jenis pancawarna bisa digolongkan jenis yang cukup berbeda dibandingkan jenis komet lain. Sebab perpaduan warnanya sangat mencolok. Perpaduan warna orange, merah, hitam, putih, serta warna bening (terlihat transparan di bagian sirip dan ekor). Harga jual di pasaran masih standar. Ukuran terbesar dijual sekitar 35 ribu.

Marigold

komet marigold

Sebutan marigold disandangkan pada jenis komet satu ini karena warna tubuhnya yang kuning keemasan. Bentuk tubuh marigold cenderung bulat dengan ekor yang tidak terlalu panjang. Pada bagian sirip atas berwarna orang sangat gelap.

Rain Garden

komet rain garden

Keunikan tampilan fisik rain garden sering membuat salah paham karena komet ini sering disebut ikan albino. Padahal warna putih gading yang melekat di seluruh tubuhnya adalah hasil perkawinan silang. Warna matanya hitam seperti komet pada umumnya. Bentuk ekornya berupa ekor ganda.

Common

common komet

Komet common sangat mudah dan bahkan hampir selalu ada di akuarium hias. Warnanya orange muda dengan bentuk tubuh memanjang dan cenderung lebih ramping. Bagian kepala dan mulutnya pun sedikit lebih panjang. Pada bagian sirip tidak begitu lebar sehingga sering disebut seperti anak ikan emas koki.

Merah

komet merah

Komet merah termasuk dalam golongan ikan dengan ekor bercabang. Bagian tubuhnya lebih datar dan berbentuk bulat. Sesuai namanya, hampir semua bagian tubuhnya berwarna merah terang yang terkadang terlihat seperti orange tua. Komet merah juga mudah ditemui di pasaran.

Yellow

komet kuning

Komet yellow yang juga memiliki beberapa tipe seperti tiger yellow adalah jenis komet dengan harga cukup tinggi. Bentuk ekor dan siripnya sangat berbeda. Sentuhan warna kuning di seluruh bagian tubuh membuat ikan ini terlihat bukan seperti ikan komet pada umumnya. Bagian siripnya pun melengkung dan menambah kesan cantik.

Merah Hitam

merah hitam

Warna ikan komet merah hitam ini memang sering tertukar dengan komet harimau. Padahal mudah saja membedakannya. Motif atau corak belang pada tubuh komet ini berbeda dengan harimau. Dengan warna merah sebagai warna dasar yang menempel juga hingga ke bagian kepala dan mulut ikan.

Hitam

komet hitam

Disebut hitam karena warna keseluruhan tubuhnya didominasi warna hitam. Bahkan hingga ke bagian kepala dan mulutnya. Walau memberi kesan gelap, tapi tampilannya ini yang membuat para pecinta ikan hias mencarinya. Tidak heran bila harganya pun lebih mahal dari jenis komet lainnya.

Tancho

komet tancho

Kecantikan tampilan fisik komet tancho pun banyak disukai pecinta ikan. Komet jenis ini didominasi warna putih hingga ke bagian ujung ekornya. Bentuk ekor dan siripnya pun panjang. Uniknya, di bagian sirip bawah dan atas kepala (kening ikan) terdapat sedikit corak berwarna orange.

Baca Juga: Ikan Manfish: Jenis, Harga, Cara Merawat dan Budidaya

Daftar Harga Ikan Komet Terbaru

Jenis Ikan Komet

Harga

Komet SaraRp 15.000
Komet SlayerRp 30.000
Komet MerahRp 30.000
Komet YellowRp 30.000
Komet MarigoldRp 40.000
Komet ShubunkinRp 40.000
Komet Merah HitamRp 30.000
Komet Rain GardenRp 45.000
Komet CommonRp 10.000
Komet HitamRp 60.000
Komet Hitam PutihRp 40.000
Komet HarimauRp 20.000
Komet TanchoRp 30.000
Komet SarasaRp 25.000
Komet PancawarnaRp 30.000

Cara Merawat Ikan Komet

cara merawat ikan komet

Dalam merawat ikan hias komet secara umum sama saja dengan perawatan ikan hias untuk akuarium lain. Ada cara-cara yang bisa diterapkan agar ikan ini lebih panjang umur dan mempercantik akuarium, di antaranya:

  1. Pastikan Air Sudah Disesuaikan dengan Suhu Ruangan

Sebelum memasukan komet ke dalam akuarium, pastikan air yang digunakan adalah air bersih dan suhunya sudah disesuaikan dengan suhu udara ruangan. Aqua friends bisa mendiamkan lebih dulu air yang telah dimasukan ke dalam akuarium selama 12 jam sebelum memasukan ikan ke dalamnya.

  1. Beri Makanan Secukupnya

Kesalahan yang sering dilakukan pemilik akuarium adalah terlalu sering memberi makan pada ikan. Aturan yang disarankan 2x saja dalam sehari untuk pakan kering. Sementara pakan basah atau alami diberi 2x saja dalam seminggu.

  1. Jaga Kebersihan dan Ganti Air Secara Rutin

Cara perawatan yang wajib dilakukan lain ialah menjaga kebersihan akuarium. Bukan hanya air saja, tetapi semua bagian akuarium. Rutinlah ganti air Empat minggu sekali bila penghuni akuarium tidak terlalu banyak. Jangan lupa gunakanfilter dan mesin khusus untuk membantu menjaga kebersihan akuarium.

Baca Juga: 34 Ikan Hias Air Tawar Terindah yang Wajib Kamu Tahu!

Makanan Ikan Komet

makanan ikan komet

Dua jenis makanan untuk ikan komet berupa makanan pelet atau kering (pabrikan) dan makanan basah alami (masih hidup). Ikan komet pasti lebih suka diberi makanan basah atau alami seperti jentik nyamuk, cacing, dan udang kecil. Namun pemberiannya harus diatur agar tidak mengotori akuarium.

Untuk pemberian makanan pabrikan, harus disesuaikan juga. Karena ada beberapa jenis makanan ikan hias pabrik yang mudah mengotori akuarium.. Terkadang ada beberapa jenis ikan hias yang tidak begitu suka makanan pelet pabrik.

Cara Budidaya Ikan Komet

cara budidaya ikan komet

Cara budidaya ikan satu ini cukup mudah. Aqua Friends bisa membeli bibit ikan atau indukan untuk dibudidaya. Langkah paling dasar, siapkan wadah untuk merawat ikan-ikan tersebut. Hindari menggabung ikan yang sudah berusia atau berukuran cukup besar dengan ikan kecil atau bibit ikan. Karena kemungkinan akan dimakan.

Gunakan air yang sudah diatur tingkat keasamannya dan suhunya. Budidaya ikan dengan merawat ikan hias biasa tentu keperluannya pun akan berbeda. Apalagi bertujuan membuat komet tumbuh hingga besar dan bisa ditaruh di kolam.

Agar kondisi air tetap baik dan membantu merawat kondisi tubuh ikan, dapat memberi tambahan tanaman seperti enceng gondok. Perlu diperhatikan ikan komet adalah ikan hias yang mudah stress. Mereka juga mudah saling bertengkar dan melukai bila merasa tidak nyaman.

Baik budidaya atau pun ingin merawat di akuarium, yang perlu diperhatikan ialah ketelatenan dalam menjaga kebersihan wadahnya. Beberapa jenis komet membutuhkan perawatan berbeda untuk menjaga kondisinya. Jumlah ikan yang dipelihara dalam satu wadah pun harus dipertimbangkan. Begitu juga bila ingin menggabung ikan ini dengan ikan hias lainnya dalam satu akuarium.

Ade Hai! Aku Ade, alumni Informatika - Universitas Muhammadiyah Surakarta. Tertarik dengan dunia ikan dan aquascape dan tentu dengan hal-hal menarik lainnya. Mari berteman! :)

2 Replies to “Ikan Komet”

  1. Dimana saya bisa beli komet rain garden sama black, harga tertera tapi yg jualnya diman

Tinggalkan Balasan

Nilai kami*

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *