Ikan Nemo

Karakter Nemo dalam film kartun Finding Nemo sangat dikenal banyak orang, khususnya anak-anak. Dalam dunia nyata, memang ada jenis ikan yang sering disebut dengan ikan badut karena bentuknya yang bulat dan lucu seperti badut. Nama dari ikan hias air laut yang lucu tersebut adalah ikan Nemo. Ikan jenis ini dapat Kalian temui di daerah Laut Merah, Jepang serta Indo-Malaysia.

Ada banyak ikan hias yang disukai dan diminati oleh para pecinta ikan hias di Indonesia, baik air tawar maupun air laut. Salah satunya adalah ikan hias Nemo. Corak warnanya yang cantik menjadi daya tarik utama pada ikan yang juga disebut dengan ikan giru ini. Ikan hias Nemo ini terdiri dari berbagai jenis/spesies yang sangat beragam.

Tubuh ikan hias Nemo ini didominasi oleh warna oranye, kemudian dipadukan dengan garis berbentuk belang dan berwarna putih. Hampir semua orang tahu jenis ikan hias Nemo ini, karena pernah menonton film Finding Nemo. Ikan ini pun menjadi semakin dikenal. Sebutan lainnya untuk Nemo ini adalah ikan Clownfish.

Harga pada ikan ini cukup terjangkau, dan tak sedikit orang yang memelihara ikan ini di akuarium. Walaupun ada juga Nemo yang harganya mencapai ratusan ribu rupiah. Namun harga di pasarannya terbilang stabil. Aqua Friends bisa membeli Nemo yang usianya 2-4 bulan.

Ciri-Ciri Ikan Nemo

ciri ciri ikan nemo

Ada beberapa ciri pada ikan hias Nemo ini, diantaranya yaitu :

  1. Bentuk tubuhnya bulat.
  2. Ukuran tubuhnya mungil dengan panjang sekitar 10-20 cm.
  3. Warnanya menarik dan beragam, mulai dari merah, kuning, oranye, hitam, putih dan sebagainya. Namun pada umumnya memiliki warna Jingga yang dominan.
  4. Motif pada tubuhnya yaitu garis hitam/putih.
  5. Mempunyai sirip dorsal.
  6. Memiliki duri di bagian punggung/siripnya, yang jumlahnya sekitar 10-11 duri.
  7. Ukuran tubuh jantan biasanya lebih kecil dari ukuran tubuh betina.
  8. Memiliki cairan di tubuhnya yang fungsinya untuk melindungi diri gigitan lawan yang beracun.
  9. Habitatnya berada di perairan dengan suhu yang hangat, atau bersembunyi di terumbu karang yang ukuran kedalamannya sekitar 50 cm.
  10. Berkembang biak dengan cara bertelur.

Keunikan Ikan Nemo

keunikan ikan nemo

Ikan Nemo juga memiliki banyak keunikan yang tak dimiliki oleh ikan hias lainnya, seperti misalnya :

  • Nemo Adalah Sahabat Baik Anemon

Anemon adalah makhluk laut yang berumbai dan berbentuk pipa dengan jumlah yang banyak, bahkan bentuknya hampir mirip dengan rambut. Ikan hias Nemo ini sebenarnya berteman baik dengan Anemon. Padahal Anemon ini mengandung racun, tapi tak ada makhluk laut lain yang berani mendekat pada Anemon kecuali Nemo.

  • Di Samudera Atlantik Tidak Terdapat Ikan Nemo

Nemo hanya bisa ditemui di dua wilayah yaitu Samudera Hindia dan Pasifik, sehingga Kalian tak akan menemuinya di Samudera Atlantik. Pada kawasan Laut Mediterania dan Karibia pun tidak terdapat Nemo. Karena Indonesia berada di persimpangan antara Samudera Hindia dan Pasifik, maka ada banyak ikan hias Nemo di sana.

  • Terlahir Sebagai Jantan, Namun Hidup Sebagai Betina

Keunikan lainnya dari Nemo ini adalah merupakan jenis hewan hermaprodites, yang dimana jenis kelaminnya bisa berubah pada suatu keadaan tertentu. Nemo terlahir dalam keadaan kelamin jantan, tapi setelah dewasa jenis kelaminnya akan berubah menjadi betina. Terutama jika Nemo memiliki peran yang lebih dalam kelompoknya.

  • Proses Pembuahan Pada Nemo Terjadi di Luar

Nemo jantan akan mengeluarkan sperma dan nemo betina akan mengeluarkan sel telur ke luar tubuhnya, itulah yang disebut dengan pembuahan di luar. Apabila sperma dan sel telur tersebut bertemu di luar maka pembuahan akan terjadi. Telur-telur yang telah dibuahi akan dijaga oleh Nemo jantan hingga mereka menetas.

Padahal pada jenis hewan lainnya, biasanya yang menjaga telur itu adalah betina.

  • Ukuran Garis Hitam dan Putih pada Tubuh Nemo Terpengaruh Anemon

Ada beragam jenis Anemon di dunia ini. Beragam jenis Anemon tersebut juga akan memengaruhi ukuran pada warna tubuh Nemo. Misalnya jenis Nemo yang hidup pada Anemon jenis Stichodactyla gigantea, akan memiliki warna tubuh yang hitamnya lebih tua/pekat dibanding Nemo jenis lainnya.

  • Usia Hidupnya Lebih Lama

Jika dibanding dengan jenis ikan hias lainnya, masa hidup Nemo bisa mencapai 6-10 tahun. Sedangkan jenis ikan lainnya hanya sampai 3-5 tahun saja.

Manfaat Ikan Nemo

manfaat ikan nemo

Perlu Kalian ketahui bahwa Ikan Nemo ini termasuk jenis ikan hias yang dapat dimakan, sehingga memberi manfaat baik bagi tubuh. Berikut sederet manfaatnya :

  • Menjadi Makanan Diet

Nemo merupakan jenis ikan yang mengandung jumlah kalori yang sedikit, sehingga mengkonsumsi ikan ini bisa membantu proses diet. Selain itu lemak yang terkandung di dalamnya juga merupakan jenis lemak baik.

  • Mengandung Vitamin A

Kandungan vitamin A yang terdapat pada Nemo juga cukup melimpah, sehingga konsumsi ikan ini akan baik untuk kesehatan mata.

  • Menghaluskan Kulit

Selain mengkonsumsi buah sayur, olahraga yang cukup, dan tidur juga cukup cara lainnya untuk menghaluskan kulit adalah dengan konsumsi Nemo.

  • Mencegah Depresi

Aqua Friends juga bisa mencegah munculnya depresi. Konsumsi Nemo sebanyak delapan kali dalam seminggu, dapat mengurangi depresi.

  • Mengandung Banyak Zat Besi

Fungsi zat besi adalah mengedarkan energi ke seluruh tubuh. Bila kekurangan zat besi, Kalian bisa mengkonsumsi Nemo yang kaya dengan kandungan zat besi.

  • Mengandung Fosfor dan Kalsium

Kandungan lainnya yang terdapat pada Nemo ini adalah fosfor dan kalsium. Jika tak cukup dengan minum susu, Aqua Friends bisa konsumsi Nemo untuk menambah asupan kalsium.

  • Mengurangi Resiko Gagal Ginjal

Kalian juga bisa memperbaiki fungsi ginjal, dengan mengkonsumsi olahan makanan yang bahan dasarnya terbuat dari Ikan Nemo.

  • Tubuh Menjadi Lebih Bugar

Pola hidup sehat yang baik akan membuat tubuh menjadi lebih sehat dan bugar. Ditambah dengan konsumsi Nemo maka tubuh akan semakin bugar. Karena ikan ini memang mengandung vitamin serta mineral yang diperlukan tubuh.

  • Mengatasi Bengkak

Bengkak pada bagian tubuh tertentu biasanya disebabkan oleh sirkulasi darah yang tak seimbang. Untuk mengatasinya, Kalian bisa mengkonsumsi Nemo agar bengkak berkurang.

  • Mencegah Munculnya Kanker

Kalian juga bisa mengkonsumsi Nemo agar tubuh tetap sehat dan terhindar dari penyakit kanker.

Baca Juga: Ikan Hias Kecil Air Tawar Lengkap dengan Harga [Terbaru]

Jenis Ikan Nemo

Amphiprion Chagosensis

Amphiprion Chagosensis

Ukuran tubuhnya sekitar 10-18 cm. Warna tubuhnya yaitu oranye sebagai warna dasar, yang dikombinasikan dengan warna kuning, merah, corak putih, merah kehitaman, dan sebagainya. Jenis ikan hias Nemo yang paling banyak ditemukan di perairan dekat Indonesia adalah jenis Amphiprion Chagosensis ini.

Amphiprion Polymnus

Amphiprion Polymnus

Jenis Nemo yang satu ini sering juga disebut dengan Nemo Kuning tetapi warna pada tubuhnya terdiri dari hitam dan putih. Bagian moncongnya lah yang berwarna kuning kejinggaan. Ukuran tubuhnya hingga 13 cm, dengan ukuran betina yang biasanya lebih panjang dari ukuran tubuh jantan.

Amphiprion Sebae

Amphiprion Sebae

Jenis Nemo inilah yang hidupnya hampir selalu berdampingan dengan Anemon. Ukuran tubuhnya mencapai 14 cm, dengan jumlah duri 10-11 pada bagian punggungnya. Warna tubuhnya hitam atau coklat tua tapi di bagian sirip dan ekornya terdapat warna kuning.

Premnas Biaculeatus

Premnas biaculeatus

Sebutan lain dari jenis Nemo ini adalah Anemon Merah Marun. Corak pada tubuhnya sangat unik yaitu paduan dari warna putih dan merah marun. Ukuran tubuhnya bisa mencapai 17 cm. Jenis Nemo ini juga bisa Kalian temui di sebagian wilayah perairan di Indonesia.

Ocellaris Clownfish

Ocellaris Clownfish

Jenis ikan hiasa Nemo ini masih berhubungan dengan jenis ikan Premnas, yang dapat Kalian temui di wilayah Jepang, Australia Utara, dan Asia Tenggara. Bentuk tubuhnya menggemaskan karena gempal dan cenderung oval, panjang tubuhnya hanya sampai 11 cm saja. Warna tubuhnya hampir sama dengan jenis Nemo Oranye Clownfish.

Oranye Clownfish (Amphiprion Percula)

Amphiprion Percula

Jenis Nemo inilah yang paling banyak dipelihara di akuarium. Namun untuk proses budidaya pada ikan ini, terbilang cukup rumit. Karena diperlukan ketelitian serta ketelatenan yang sangat tinggi. Meskipun begitu, ikan ini menjadi incaran para kolektor Nemo. Karena karakternya yang lincah dalam gerakannya, dan warna tubuhnya yang menarik perhatian yaitu oranye terang.

Baca Juga: 15 Jenis Ikan Hias yang Cocok Untuk Aquascape

Ikan Nemo Air Tawar

ikan nemo air tawar

Berikut ini beberapa perbedaan antara ikan Nemo air tawar dengan air laut. Berikut penjelasannya :

  • Warna dan Pola Sisik pada Ikan

Ikan yang Kalian dapatkan dari alam liar atau air laut warna pada tubuhnya biasanya lebih terang, bentuk sisiknya pun lebih rapi. Sementara untuk Nemo air tawar hasil dari budidaya biasanya warnanya jauh lebih bagus, tapi tak secerah Nemo air laut. Namun, jika Kalian memberi pakan yang berkualitas lama kelamaan warnanya akan sama bagusnya.

  • Tingkat Stress pada Ikan

Hasil tangkapan liar pada ikan Nemo, biasanya juga jauh lebih kuat dan kebal dari serangan penyakit. Namun lebih cepat stres karena telah melewati perjalanan yang panjang. Sedangkan Nemo air tawar hasil budidaya tingkat stresnya lebih sedikit.

  • Tingkat Agresif pada Ikan

Hasil penangkaran pada Nemo tingkat agresifnya jauh lebih rendah dibanding Nemo air laut. Karena Nemo air laut sudah terbiasa hidup di lautan atau di alam terbuka.

  • Usia Nemo Air Tawar Lebih Mudah Diketahui

Usia pada Nemo air tawar biasanya lebih mudah diketahui karena dipelihara dari sejak anakan/dewasa. Sedangkan Nemo air laut akan sulit diketahui usianya berapa. Bahkan bisa saja Kalian mendapat Nemo air laut yang usianya sudah tua.

  • Serangan Penyakit

Nemo air laut biasanya memiliki tingkat kekebalan tubuh yang lebih tebal dibanding Nemo air tawar. Karena terbiasa hidup di alam liar sehingga tubuhnya lebih kuat.

  • Tingkat Kematian pada Ikan

Karena tingkat stres pada Nemo air laut lebih besar dibanding Nemo air tawar, maka tingkat kematiannya pun tentu akan lebih cepat terjadi pada Nemo air laut. Nemo air tawar biasanya lebih tenang dan cara pemeliharaannya pun lebih mudah, karena mereka sudah terbiasa hidup di air tawar.

Harga Ikan Nemo

Jenis Ikan NemoHarga
Orange Clownfish Size SmallRp.12.000 – Rp.17.000
Orange Clownfish Size DewasaRp.32.000 – Rp.42.000
Nemo BlackhalfRp.102.000 – Rp.142.000
Nemo PlatinumRp.302.000 – Rp.352.000
Nemo Percula BlackRp.352.000 – Rp.452.000
Nemo Lightning MaroonRp.502.000 – Rp.602.000
Nemo PicassoRp.502.000 – Rp.702.000
Nemo Premnas BiaculeatusRp.702.000 – Rp.902.000

Keterangan :

Harga pada ikan Nemo biasanya ditentukan oleh jenis Nemo anakan, indukan, dan dewasa, dan ukurannya masing-masing. Jenis Nemo dan harga tersebut di atas diurutkan berdasarkan Nemo anakan, dewasa hingga indukan.

Makanan Ikan Nemo

  1. Ikan Nemo Air Tawar
    1. Cacing Sutra
    2. Cacing Tanah
    3. Pelet
    4. Artemia
  2. Ikan Nemo Air Laut
    1. Cacing Darah
    2. Roti

Cara Merawat Ikan Nemo

cara merawat ikan nemo

Berikut ini beberapa cara mudah dalam merawat ikan Nemo air laut yang dipelihara di akuarium. Berikut penuturannya :

  • Menyiapkan Akuarium

Pertama-tama, tentu saja Aqua Friends harus menyiapkan akuarium terlebih dahulu. Sebaiknya pilih ukuran akuarium yang tidak terlalu besar, karena biasanya ukuran tubuh Nemo ini kecil sehingga akan cukup ideal.

  • Menyiapkan Air Laut

Siapkan air laut untuk mengisi akuarium yang telah disiapkan. Kalian bisa memperoleh air laut ini di tempat penjual ikan hias.

  • Mengatur Dekorasi Akuarium agar Sesuai dengan Habitat Aslinya

Kalian bisa menambahkan bebatuan yang ukurannya kecil, terumbu karang sebagai tempat persembunyian Nemo, dan lain sebagainya. Tata kembali akuarium agar terlihat seperti habitat asli Nemo itu di lautan. Atur juga suhu sekitar 24-27oC.

  • Mengganti Air dalam Akuarium dengan Rutin

Waktu untuk mengganti air dalam akuarium, sebenarnya tergantung pada jenis filter apa yang Kalian gunakan. Jika kebetulan, filter yang digunakan adalah tipe yang kualitasnya bagus maka pembersihan dilakukan minimal beberapa bulan sekali saja. Namun jika jenis filter yang digunakan kurang bagus, sebaiknya segera bersihkan saat air sudah terlihat kotor.

Kesimpulan

Dari berbagai jenis ikan Nemo yang ada, Kalian bisa mencoba memeliharanya yang dimana cara perawatannya pun mudah. Bahkan jika tertarik, Kalian juga bisa mencoba membudidayakan Nemo air laut yang kemudian menjadi Nemo air tawar. Cara perawatannya pun sebenarnya mudah, dan kurang lebih sama dengan cara merawat ikan hias lainnya.

Hai! Aku Ade, alumni Informatika - Universitas Muhammadiyah Surakarta. Tertarik dengan dunia ikan dan aquascape dan tentu dengan hal-hal menarik lainnya. Mari berteman! :)

Tinggalkan komentar