Ikan Oscar

Bagi penggemar ikan predator, Oscar menjadi salah satu primadona diantara yang lainnya. Ikan yang memiliki nama latin Astronotus ini berasal dari kawasan Amerika Selatan.

Ada beberapa jenis ikan Oscar yang populer dan mudah ditemui di Indonesia. Hal tersebut dikarenakan banyak penghobby yang mulai membudidayakan jenis ikan ini. Harga dari ikan Oscar pun cukup variatif Aqua Friends. Hal tersebut didasarkan pada varian ataupun warnanya.

Meskipun tergolong ikan predator, Oscar memang dikenal memiliki keindahan yang tidak dimiliki jenis predator lainnya. Layaknya Peacock Bass ataupun Arwana, ikan ini juga gemar memakan ikan-ikan yang berukuran lebih kecil.

Nah, berikut ini author sampaikan beberapa jenis dan harga ikan Oscar yang umum dijumpai di pasaran Indonesia. Check it out!

Jenis dan Harga Ikan Oscar

Oscar Hitam

black oscar

Harga Ikan Oscar Hitam di pasaran sekitar Rp 90.000

Jenis Oscar yang pertama ini tergolong cukup langka Aqua Friends. Karena untuk mendapatkan warna hitam yang solid dari hasil breeding sangatlah sulit.

Ikan Oscar Hitam atau Black Oscar dihasilkan dari indukan jenis Tiger dan jenis lain yang memiliki kelainan genetik.

Veil Tail Oscar

Harga Veil Tail Oscar di pasaran sekitar Rp 110.000 – Rp 350.000

Ikan Oscar jenis Veil Tail sangatlah unik, memiliki ciri khas pada bentuk ekornya yang panjang. Dari segi penampilan pun tampak begitu elegan karena gaya berenangnya Aqua Friends.

Kalian bisa melihat pertunjukan menarik saat ikan ini mengembangkan sirip ataupun ekornya secara penuh.

Golden Oscar

Harga Ikan Golden Oscar di pasaran sekitar Rp 80.000

Pada jenis ini terdapat kombinasi dari dua warna yang cukup cantik. Sesuai dengan namanya, ikan ini memiliki bagian tubuh yang berwarna kuning keemasan. Selain itu, terdapat kombinasi warna hitam dibagian kepala dan juga ekornya.

Untuk mendapatkannya pun cukup mudah Aqua Friends, di berbagai marketplace besar telah banyak yang menjual jenis Oscar ini.

Baca Juga: 12 Jenis Ikan Arwana Lengkap dengan Harga dan Tips Perawatan

Blue Oscar

Harga Blue Oscar di pasaran sekitar Rp 100.000

Secara sekilas, jenis ini menyerupai ikan Blue Jack Dempsey. Karena memang dari segi tampilan, ikan Oscar ini memiliki warna biru yang terang. Sehingga masuk dalam salah satu jenis ikan Oscar terindah versi author.

Selain itu, pada bagian kepala dan tubuh ikan ini terdapat corak berupa guratan-guratan mirip seperti akar yang berwarna hitam. Sehingga menambah keindahannya.

Oscar Slayer

Harga Ikan Oscar Slayer di pasaran sekitar Rp 130.000

Tampilan dari jenis Slayer ini mirip dengan Veil Tail Oscar. Namun terdapat beberapa perbedaan yang bisa kita amati. Jenis Veil Tail Oscar memiliki bentuk ekor dan sirip yang panjang dan bergelombang. Sedangkan jenis Slayer juga memiliki bentuk sirip dan ekor yang panjang namun tidak bergelombang Aqua Friends.

Jenis ini juga tersedia beberapa varian lagi, seperti halnya Albino Slayer, Grey Smoke Oscar, Black Slayer, dan juga Kaviat Slayer.

Harga ikan Oscar termahal dari jenis ini dipegang oleh Albino Slayer dan Kaviat Slayer Aqua Friends. Yakni bisa mencapai harga Rp 350.000 per ekornya.

Oscar Red

Harga Ikan Oscar Red di pasaran sekitar Rp 150.000

Selain jenis Slayer, Red Oscar juga memiliki harga termahal dibanding dengan jenis lain. Yakni jenis Red Chili yang bisa mencapai harga Rp 1.000.000.

Karena memang jenis ini memiliki keindahan pada warna tubuhnya yang begitu menawan. Didominasi dengan warna merah yang menyala dan sebagian yang lain berwarna hitam.

Namun, pada jenis Red Chili berwarna merah yang terang di seluruh tubuhnya tanpa terkecuali Aqua Friends. Mulai dari ujung kepala hingga ujung ekornya.

Oscar Red Tail Bahia

Harga Ikan Oscar Red Tail Bahia di pasaran sekitar Rp 80.000

Jenis ini memiliki tiga kombinasi warna yang berbeda pada tubuhnya. Mulai dari warna hitam, hijau dan juga merah. Warna-warna tersebut membentuk pola abstrak yang menambah keunikan dari ikan ini.

Oscar Tiger

Harga Oscar Tiger di pasaran sekitar Rp 90.000

Sesuai dengan namanya, Jenis ini memiliki pola yang mirip seperti doreng pada kulit harimau Aqua Friends. Sehingga menampilkan sebuah keunikan dan kecantikan yang menawan.

Secara umum, warna pada jenis ini didasari dengan warna hitam keabuan dengan pola abstrak berwarna merah menyala.

Jenis ikan Oscar ini terbilang masih murni Aqua Friends, karena bukan hasil dari perkawinan silang dengan jenis yang lain.

Oscar Batik

Harga Ikan Oscar Batik di pasaran sekitar Rp 50.000 – Rp 150.000

Jenis ini juga masih terbagi menjadi beberapa varian, mulai dari Albino, dan juga Tiger Batik. Tentunya harga di atas merupakan jenis Oscar Batik yang biasa.

Pada jenis lain seperti Albino, harga dewasanya bisa mencapai angka Rp 500.000. Karena memang jenis ini memiliki keindahan dan ciri khas daripada jenis batik yang umum.

Untuk mendapatkannya pun juga sangat mudah, di berbagai marketplace seperti Tokopedia, telah ada yang menjualnya. Mulai dari jenis Batik biasa hingga Albino Batik.

Oscar Paris

Harga Ikan Oscar Paris di pasaran sekitar Rp 50.000 – Rp 300.000

Jenis ini juga tersedia dalam versi Albino Aqua Friends. Dan tentunya memiliki harga yang berbeda dari jenis biasanya.

Oscar Paris memiliki ciri khas warna kuning pada bagian tengah tubuhnya dengan kombinasi warna hitam yang meliputi bagiaj kepala, punggung dan juga perutnya.

Jenis ini merupakan salah satu yang banyak dicari dari kalangan penghobby lho. Pasalnya, si Oscar Paris ini menawarkan keindahan yang cukup unik dibandingkan jenis yang lain.

Oscar Albino

Harga Oscar Albino di pasaran sekitar Rp 150.000

Secara umum, jenis ini memang memiliki kelainan genetik Aqua Friends. Meskipun secara keturunan jenis ini masih tergolong murni atau belum ada campuran dari hasil perkawinan.

Jenis Albino ini memiliki ciri khas berupa warna putih kekuningan yang lembut di seluruh tubuhnya. Pun juga terdapat corak/pola berupa bintik-bintik berwarna merah pada bagian tubuhnya.

Ciri lain dari jenis ini terdapat pada bagian matanya yang berwarna merah Aqua Friends. Dengan berbagai keunikan ini banyak penghobby ikan predator yang mencarinya. Bahkan beberapa ada yang rela mendatangkannya langsung dari luar negeri.

Oscar Florida

Harga Florida Oscar di pasaran sekitar Rp 90.000

Sesuai dengan namanya, jenis Oscar ini berasal dari kawasan Florida. Memang sedikit berbeda daripada jenis yang lain. Dari segi ukuran pun sedikit lebih kecil Aqua Friends.

Namun, dari segi keindahan dan keunikan jenis ini tidaklah kalah. Warna dari jenis ini terdiri dari kombinasi antara hitam keabuan dan merah yang menyala. Dengan begitu Florida Oscar memiliki tampilan, pola dan warna yang mirip dengan jenis Tiger sehingga mudah untuk dikenali.

Oscar Lemon

Harga Ikan Oscar Lemon di pasaran sekitar Rp 300.000 – Rp 650.000

Dari segi warna, memang tampilan jenis Lemon ini mirip dengan versi si ikan kecil Lemon. Karena memang masih satu family yakni Cichlid.

Meskpipun begitu, jenis Lemon ini sangatlah unik dan masuk dalam rekomendasi untuk dipelihara Aqua Friends. Pasalnya, jika ikan lemon memiliki warna kuning yang terang dan menyala. Sedangkan Lemon Oscar memiliki warna kuning yang lembut dan tampak begitu elegan.

Dari segi harga memang tergolong cukup mahal, namun tenang saja kalian bisa memeliharanya dari usia anakan. Kita akan bahas anakan ikan Oscar pada bagian bawah yah.

Wild Oscar

Harga Wild Oscar di pasaran sekitar Rp 75.000

Jenis ikan ini memiliki warna dasar yang hitam yang cenderung gelap dan terdapat pola berupa beberapa garis vertikal berwarna kuning yang cukup konsisten pada tubuhnya.

Selain itu, ciri lain dari ikan ini adalah terdapat lingkaran kecil pada bagian ekornya. Pun juga sirip punggungnya berwarna merah, serta bagian rahangnya berwarna kuning terang.

Super Red Chili Oscar

Harga Red Chili Oscar di pasaran sekitar Rp 1.000.000

Jenis Red Chili merupakan salah satu varian dari jenis Red Oscar. Memiliki warna merah yang solid di seluruh tubuhnya sehingga mememiliki pesona dan daya tarik tersendiri bagi kalangan penghobby.

Selain itu, untuk mendapatkannya kalian tak akan kesulitan Aqua Friends. Beberapa penjual atau peternak telah banyak yang membudidayakan jenis ini dan dijual di beberapa marketplace.

Baca Juga: Ikan Peacock Bass: Jenis, Harga, dan Cara Perawatan

Harga Anakan Ikan Oscar

Agar lebih hemat dan menikmati proses dalam memelihara ikan hias, kalian perlu mencoba memelihara ikan dari usia anakan Aqua Friends.

Termasuk memelihara ikan Oscar dari usia anakan juga. Selain akan memberikan kesan dan sensasi tersendiri, kalian akan menikmati proses memelihara hewan peliharaan kesayangan layaknya saudara atau anak sendiri.

Nah berikut daftar harga anakan ikan Oscar yang biasa dijumpai di pasaran:

Harga

Jenis

Oscar HitamRp 30.000
Veil Tail OscarRp 65.000
Oscar GoldRp 35.000
Blue OscarRp 35.000
Oscar SlayerRp 65.000
Red OscarRp 45.000
Red Tail Bahia OscarRp 30.000
Oscar TigerRp 40.000
Oscar BatikRp 30.000
Oscar ParisRp 40.000
Oscar AlbinoRp 55.000
Oscar FloridaRp 30.000
Oscar LemonRp 50.000
Wild OscarRp 30.000

Setelah mengetahui harga dari anakan, nah berikut kita bahas tips dalam memilih bakalan/anakan oscar yang tepat. Sehingga kalian bisa mendapatkan bibit yang berkualitas Aqua Friends. Simak bagian di bawah ini yah.

Tips Memilih Bibit/Anakan Ikan Oscar

anakan ikan oscar

Dalam memilih bibit atau anakan Oscar, ada beberapa tips yang bisa kalian lakukan sebelum membeli. Ikuti dan simak cara di bawah ini dengan baik yah.

  1.  Perhatikan gerak-gerik calon ikan yang akan kalian beli. Dengan memperhatikan hal ini, dimaksudkan untuk memperhatikan kesehatannya. Pilihlah anakan ikan yang gesit dan aktif, tidak lemas ataupun loyo di dalam aquarium.
  2. Selanjutnya, perhatikan konsistensi warnanya Aqua Friends. Bibit Oscar yang bagus tentunya memiliki tingkat kecerahan warna yang “hidup”, hindari memilih warna ikan yang pucat.
  3. Yang ketiga, pilihlah anakan ikan yang berenang dengan seimbang. Tidak terlalu miring ke kiri ataupun ke kanan.

Nah, setidaknya ada tiga tips di atas yang bisa kalian lakukan dalam memilih anakan ikan Oscar yang bagus.

Baca Juga: 16 Makanan Ikan Oscar Pilihan Sesuai Kebutuhan [LENGKAP!]

Cara Budidaya Ikan Oscar

Ikan Oscar yang siap untuk dipijahkan adalah ikan dewasa yang memiliki umur kisaran 1,5 hingga 2 tahun. Pada prakteknya nanti, ikan ini tergolong sulit untuk di budidayakan Aqua Friends. Pasalnya banyak faktor yang bisa mempengaruhi keberhasilan dalam budidaya ikan ini.

Namun tenang saja, berikut author berikan langkah-langkah yang tepat dalam budidaya ikan Oscar. Simak baik-baik yah.

Memilih Induk Oscar yang Berkualitas

Langkah pertama adalah pilihlah indukan Oscar yang bagus, agar dalam pemijahan nanti bisa menghasilkan bibit-bibit unggul.

Pemilihan induk ini bisa dilakukan sejak si Oscar berusia 5 – 6 bulan. Karena ikan ini termasuk jenis yang memilah dan memilih pasangan lho. Nah, untuk membantu ikan tersebut menemukan pasangannya, kalian bisa menempatkan 5 calon pasang ikan ini dalam 1 wadah yang sama.

Saat setelah menemukan pasangannya, tahap selanjutnya adalah pisahkan antara jantan dan betina dalam wadah yang berbeda. Dengan begitu akan memperlancar saat waktu kawin tiba.

Lalu, selanjutnya adalah proses pemijahan. Lanjuuuuuut!

Proses Pemijahan Ikan Oscar

Sebelum menempatkan 1 pasang ikan Oscar, siapkan tempatnya terlebih dahulu. Idealnya, pilihlah media/wadah yang berukuran minimal 1 m x 0,5 m x 0,5 m.

Dalam wadah tersebut, di bagian dasarnya kalian siapkan bebatuan atau genteng. Hal ini dimaksudkan untuk memudahkan proses pemijahan.

Lalu kalian bisa memasukan sepasang Oscar pada tempat tersebut. Tutuplah bagian atas wadah namun tak perlu total, agar si Oscar bisa melakukan pemijahan dengan tenang.

Pemijahan ini berlangsung pada pagi dan juga sore hari, pun juga lansung dibuahi oleh pejantannya Aqua Friends.

Setelah betina bertelur, pisahkan dengan pejantannya. Dan tempatkan pada aquarium/wadah lain yang berukuran paling tidak 50 cm x 40 cm x 50 cm. Dengan ketinggian air bisa mencapai 10 hingga 20 cm.

Untuk telur-telur tersebut tidaklah lama, hanya sekitar 3 – 5 hari saja. Nah setelah anakan Oscar menetas, ikuti langkah di bawah ini.

Perawatan Anakan Ikan Oscar Setelah Menetas

Anakan Oscar membutuhkan makan saat usianya menginjak 4 hari Aqua Friends. Maka sebelum itu kalian tak perlu khawatir. Di usia 5 hari, kalian bisa memberikan makanan berupa rotifera.

Dalam pemberian pakan ini, kalian bisa memberikannya 3 hingga 4 kali sehari. Dan tidak boleh telat, pasalnya saat ikan Oscar masih anakan, mereka bersifat kanibal dan bisa memakan saudaranya sendiri.

Setelah berusia 10 – 14 hari, kalian bisa memberikan kutu air ataupun cacing sutra pada anakan ikan ini. Saat usianya sudah menginjak kurang lebih 1 bulan, kalian bisa memindahkan anakan ikan Oscar pada kolam yang berbeda untuk memperlancar pertumbuhannya Aqua Friends.

Baca Juga: 7 Jenis dan Harga Ikan Predator Terbaru

Kolam Pembesaran Ikan Oscar

Setelah anakan Oscar berusia kurang lebih satu bulan, kalian bisa memindahkan pada kolam-kolam semi permanen yang berukuran minimal 2 m x 1,5 m x 0,5 m.

Karena jumlah anakan ini tentu bisa mencapai ratusan ekor dalam satu kali proses pemijahan Aqua Friends. Maka dari itu kita membutuhkan ukuran kolam yang lebih besar.

Pada kolam-kolam tersebut berikan tanaman air yang layak, seperti Enceng Gondok untuk mengurangi intensitas sinar matahari yang masuk ke dalam air.

Setelah ikan-ikan ini berusia sekitar 40 hari, maka selanjutnya pisahkan menjadi dua kolam. Proses ini dilakukan supaya tidak menghambat pertumbuhan ikan Oscar agar lebih cepat besar.

Oke Aqua Friends, mungkin itu saja pembahasan kita mengenai ikan Oscar. Jika kalian tertarik, jangan ragu untuk komen di kolom komentar yah.

Semoga artikel ini bermanfaat dan bisa menambah pengetahuan ataupun referensi kalian seputar dunia ikan. Terima kasih 🙂

Originally posted 2020-04-16 08:01:04.

Hai! Aku Ade, alumni Informatika - Universitas Muhammadiyah Surakarta. Tertarik dengan dunia ikan dan aquascape dan tentu dengan hal-hal menarik lainnya. Mari berteman! :)

Tinggalkan komentar