Ikan Pedang

Berbicara tentang aquascape tentu kurang afdhol rasanya jika tidak menempatkan ikan sebagai komponen utama. Dalam keindahan aquarium, ikan menjadi salah satu hal yang wajib dimasukkan ke dalamnya. Salah satu contoh ikan yang patut direkomendasikan adalah ikan pedang. Ikan yang begitu cantik ini sayang sekali untuk kalian lewatkan.

Selain cantik, ikan yang juga familiar dengan nama Swordtail ini memiliki begitu banyak ragam jenis. Dengan demikian, Aqua Friends bisa leluasa untuk memilih jenis ikan Swordtail seperti apa yang layak dijadikan opsi peliharaan di rumah.

Mengenal Ikan Pedang

Swordtail atau yang mempunyai nama latin Xiphophorus helleri ini merupakan jenis ikan khusus air tawar yang berasal dari famili Poeciliidae. Ikan ini berasal dari Amerika Tengah dan Utara yang begitu mudah dijumpai di wilayah Meksiko sampai Honduras. Di wilayah tersebut Swordtail akan hidup di sungai kecil maupun besar dengan begitu banyak tanaman di sekitarnya.

Swordtail dikenal mampu mentolerir kondisi air payau sehingga menjadikan ikan ini bisa dipelihara dalam kondisi air bersalinitas rendah. Ikan ini juga termasuk ke dalam kategori livebearer yang bermakna tetap menyimpan telur-telur di dalam tubuh sampai melahirkan burayak (bayi ikan). Swordtail juga dapat melakukan kawin silang dalam komunitas mereka.

Perlu kalian tahu bahwa perkawinan silang di antara Swordtail saat ini mampu menghasilkan begitu banyak varietas ikan khusus aquarium. Saat berada di tangki tersebut, ikan ini mampu bertahan hidup mencapai usia 5 tahun lamanya. Terlebih lagi aquarium yang berada dalam kondisi sehat dapat membuat ikan ini senantiasa bisa hidup lebih lama lagi.

Karakteristik Ikan Pedang

Xiphophorus helleri atau ikan pedang merupakan jenis ikan damai yang mampu hidup dengan komunitas ikan lainnya. Jadi, kalian bisa menempatkan ikan ini ke dalam tangki aquarium bersamaan dengan jenis ikan lainnya. Namun, sebaiknya jangan dicampurkan dengan ikan yang sangat aktif. Ikan ini seketika bisa menjadi pemalu apabila hidup berdampingan dengan ikan semacam ini.

Sebuah hal yang menjadi karakteristik utama dari ikan ini terdapat pada bagian ekornya. Sowrdtail mempunyai lobus bawah yang senantiasa memanjang di bagian ekornya. Perpanjangan ini begitu menyerupai pedang sehingga membuat ikan ini dinamai serupa. Namun, hanya ikan jantan saja yang memiliki lobus semacam ini. Lobus juga digunakan untuk membedakan jenis kelamin dari ikan ini.

Swordtail liar memiliki karakteristik khas berwarna hijau zaitun bergaris lateral cokelat agak kemerahan di sekujur tubuhnya. Bagian ekor ikan jantan memiliki warna kuning dengan pinggiran menghitam. Namun, untuk jenis Swordtail hasil penangkaran saat ini dapat mudah kalian jumpai dengan beraneka macam warna.

Biasanya variasi Swordtail hasil penangkaran berwarna oranye, merah dan hitam. Perlu kalian tahu juga bahwa ikan ini dapat meningkatkan warnanya apabila dipelihara dalam lingkungan yang bersih, sehat dan bebas dari stres. Ukuran panjang ikan jantan dari spesies ini bisa mencapai 14 sentimeter sedangkan betina hanya mencapai 12,5 sentimeter.

Baca Juga: 10 Jenis Ikan Hias Kecil Yang Cocok Untuk Aquarium Mini

Jenis-Jenis Ikan Pedang

Terdapat begitu banyak contoh Swordtail yang dapat menjadi salah satu inspirasi bagi aquarium kalian. Variasi tersebut di antaranya ialah seperti berikut ini.

Platy Pedang

ikan platy

Ikan ini adalah jenis Swordtail yang berasal dari spesies Platy. Platy Pedang amat populer dipelihara oleh para aquascaper karena memiliki tampilan yang sangat cantik. Swordtail jenis ini memiliki suatu karakteristik yang menjadikannya cukup berbeda dengan jenis swordtail lainnya. Kalian bisa mengenali Platy Pedang dengan melihat bentuk ekornya yang begitu lancip mirip pedang.

Black Swordtail

Masih dalam spesies Platy, Black Swordtail memiliki ciri khas warna hitam yang memenuhi tubuhnya. Dengan warna gelap yang dimiliki olehnya, membuat Black Swordtail memiliki pesona yang begitu menawan. Karena ekornya yang berbentuk runcing, Ikan ini masuk dalam kelompok ikan pedang Aqua Friends. Harganya pun relatif murah bukan? Cocok untuk menambah koleksi dalam aquascape ataupun aquarium kalian.

Green Swordtail

green swordtail fish

Green swordtail merupakan jenis swordtail yang memiliki dominiasi warna tubuh kehijauan. Sementara itu, pada bagian ekor maupun siripnya ikan ini mempunyai warna transparan agak kehijau-hijauan. Ekor yang berbentuk layaknya pedang tersebut juga memiliki warna hijau sehingga membuat ikan ini nampak begitu memukau. Lebih cantik lagi apabila kalian memeliharanya dalam aquarium bertema bebatuan.

Yellow Swordtail

yellow swordtail fish

Jika Green swordtail memiliki dominasi warna hijau, maka yellow swordtail mempunyai dominasi warna kuning yang memukau. Jenis ikan yang memiliki warna tubuh kuning menyala ini nampak begitu cantik dan sayang sekali untuk dilewatkan begitu saja oleh kalian aquascaper. Ikan yang sangat mudah dijumpai di pasaran ini juga mempunyai warna hitam pada bagian ujung tubuh sebelum ekor pedangnya.

Albino Swordtail

ikan pedang albino

Jenis ikan ini merupakan variasi albino dari swordtail yang tidak kalah cantiknya dengan jenis swordtail lainnya. Ikan ini mempunyai warna putih pucat di sekujur tubuhnya serta berbola mata merah. Tahukah kalian bahwa jenis swordtail ini juga memiliki harga jual yang jauh lebih mahal dibandingkan dengan jenis lainnya. Ini mengingat bahwa ikan jenis ini termasuk langka dan sukar ditemukan.

Panda Swordtail

panda swordtail

Panda swordtail atau juga familiar dengan Oreo swordtail ini adalah jenis ikan swordtail yang mempunyai corak warna hitam dan putih. Sekilas sangat mirip dengan panda. Paduan warna putih dan hitam dari jenis ikan ini membuatnya sangat populer bagi para aquascaper. Kalian bisa menjadikan ikan ini sebagai komponen aquarium di rumah dengan tambahan tanaman hias semacam anubias.

Sanke Swordtail

sanke swordtail

Sanke swordtail merupakan jenis swordtail yang memiliki perpaduan bentuk warna tubuh yaitu hitam, merah, oranye dan putih. Jika kalian melihatnya secara sekilas, maka akan dijumpai kemiripannya dengan ikan koi. Bagi Aqua Friends yang ingin memelihara ikan warna-warni bisa coba menempatkan Sanke swordtail dalam aquarium di rumah.

Pineapple Swordtail

ikan pedang pineapple

Dinamakan sebagai Pineapple swordtail tidak lain karena ikan ini mempunyai warna dasar layaknya buah nanas. Kalian tentu bisa membayangkan perpaduan warna oranye dan kuning khas buah nanas yang tercurahkan pada ikan ini. Jenis swordtail ini juga termasuk ke dalam kategori ikan yang cukup aktif namun bukan perusak karena ukurannya relatif kecil.

Kohaku Koi

kohaku koi

Dari segi harga, ikan ini memang terhitung mahal Aqua Friends. Meskipun demikian, namun keindahan, keunikan, dan corak warnanya begitu menawarn.

Kohaku Koi adalah jenis swordtail air tawar berasal dari famili koi. Tidak heran jika namanya adalah Kohaku Koi. Ikan ini memiliki bentuk ekor memanjang layaknya pedang tidak hanya pada bagian bawah melainkan juga atasnya. Hal inilah yang menjadikan Kohaku Koi cukup berbeda dengan kebanyakan jenis swordtail lainnya.

Baca Juga: 15 Jenis dan Harga Ikan Molly Terpopuler

Ikan pedang atau swordtail sejatinya dapat menjadi pilihan ikan hias kecil yang sangat menarik untuk mengisi aquarium dalam rumah kalian. Selain karena perawatannya yang mudah, ikan ini juga memiliki begitu banyak variasi. Aqua Friends bisa langsung menentukan sendiri pilihan ikan ini sesuai dengan keinginan dan kebutuhan.

Oke, cukup sekian pembahasan kita mengenai topik Swordtail. Semoga bisa menambah pengetahuan dan referensi kalian tentang Ikan Pedang. Terima kasih.

Originally posted 2020-04-08 06:25:18.

Hai! Aku Ade, alumni Informatika - Universitas Muhammadiyah Surakarta. Tertarik dengan dunia ikan dan aquascape dan tentu dengan hal-hal menarik lainnya. Mari berteman! :)

Tinggalkan komentar