Ikan Predator

Bagi beberapa pecinta ikan, jenis predator menjadi salah satu pilihan untuk dipelihara. Bentuk dan karakternya yang unik membuat beberapa orang kagum dengan ikan ini. Ada banyak sekali jenis ikan predator di dunia ini Aqua Friends. Mulai dari yang sudah punah alias purba, hingga jenis-jenis yang kekinian yang akhirnya dipelihara sebagai ikan hias. Sehingga banyak pecinta hewan yang mulai berlomba-lomba untuk mengoleksinya.

Merawat ikan predator sebagai peliharaan itu susah susah gampang. Dari segi perawatan harian hingga makanan yang diberikan. Untuk ukuran tank, biasanya dibutuhkan tank berukuran hingga 100cm x 50cm, itupun masih tergolong kecil Aqua Friends. Sedangkan dari segi makanannya bervariasi, ada yang menggunakan daging ataupun ikan kecil.

Ada banyak jenis ikan hias predator dari yang hidup di air tawar, ataupun yang hidup di air laut. Nah, berikut beberapa jenis ikan predator yang bisa kalian pelihara di rumah. Check it out!

Jenis Ikan Predator

Berbicara jenisnya, ikan predator sangat beragam Aqua Friends. Namun biasanya yang banyak dikoleksi atau dipelihara adalah ikan predator air tawar. Apa saja sih jenis ikan predator yang bisa dikoleksi di rumah? Oke simak baik-baik yah.

Peacock Bass

Ikan peacock bass

Pertama ada Peacock Bass, untuk yang satu ini sangatlah populer di kalangan pecinta ikan predator Aqua Friends. Tergolong dalam family Cichlid/Cichla menjadikan ikan ini rakus dan lahap saat makan. Kalian akan melihat pertunjukan menarik dan mengesankan saat ikan ini melahap makanannya.

Dilansir dari situs Wikipedia, habitat ikan ini berasal dari Sungai Amazon, Amerika Selatan. Ciri khas dari jenis ini adalah bentuknya yang panjang namun tidak terlalu tinggi dengan corak warna totol ataupun garis-garis. Warna tubuhnya didominasi dengan warna kuning kehijauan . Mata dan mulutnya yang besar menunjukan bahwa ikan ini memiliki karakter predator.

Dari segi corak dan warna tersebut, Peacock Bass bisa dibilang ikan yang cantik Aqua Friends. Sehingga banyak yang berminat untuk memeliharanya. Keunggulan memilih ikan ini untuk diplihara adalah, kalian tidak begitu kerepotan saat merawat kebersihan tank. Asalkan sirkulasi air berjalan lancar, tank yang ditempati oleh Peacock Bass tidak mudah kotor.

Baca Juga: Ikan Peacock Bass: Jenis, Harga, dan Tips Perawatan

Oscar

ikan oscar

Dengan nama latin Astronotus Ocellatus, ikan Oscar masih tergolong dalam keluarga Cichlid Aqua Friends. Jika disatukan dengan jenis predator lainnya, ikan ini cenderung lebih suka berenang di tengah-tengah tank. Pun juga, ikan ini cukup “nakal” Aqua Friends, tapi kalian tenang saja. Meskipun disatukan dengan berbagai jenis lainnya, ikan ini tidak akan membuat luka bahkan mati terhadap kawan satu tanknya.

Tidak ada perlakuan khusus untuk merawat ikan jenis ini. Hanya saja, jika ada predator lain yang tipe atas (suka dipermukaan) bersamanya dalam satu tank, kalian perlu hati-hati saat memberinya makan. Karena Oscar ini juga senang berada dipermukaan untuk menyambut makanan yang akan diberikan oleh pemiliknya.

Dengan warna yang cenderung abu-abu bercorak kuning hingga orange, membuat Oscar lebih indah untuk dipandang. So, jenis ini masuk dalam rekomendasi author untuk dipelihara Aqua Friends.

Baca Juga: Ikan Oscar: Jenis, Harga, Cara Merawat dan Budidaya

Louhan

Ikan louhan

Ikan ini pernah buming pada tahun 2000an. Namun eksistensinya tidak pernah hilang hingga sekarang. Dengan ciri khas yang sangat unik, yakni memiliki jidat yang “nonong”, membuat Louhan memiliki pesonanya sendiri.

Ikan Louhan juga memiliki banyak jenis lho, mulai dari super red dragon, bonsai, kamfa, dan masih banyak lagi. Cek lebih detail di artikel mengenai jenis, harga, dan cara merawat ikan Louhan ini Aqua Friends.

Ikan louhan biasa didominasi dengan warna merah keabuan Aqua Friends, namun jenis-jenisnya tadi yang membedakan struktur tubuhnya.

Di luar negeri, ikan ini biasa disebut sebagai flowerhorn. Karena bentuk sisik tubuhnya yang cantik menyerupai bunga dan berwarna menarik. Kira-kira kalian tertarik atau tidak untuk memilih louhan sebagai koleksi Aqua Friends?

Baca Juga: 11 Jenis Ikan Louhan Lengkap dengan Harga dan Cara Merawat

Arwana

Ikan arwana

Sama seperti louhan, hingga saat ini masih banyak kolektor yang memburu arwana untuk dijadikan koleksi. Ikan arwana mampu mengeluarkan aura kharismatik yang menawan, pun juga gerak-gerik dari ikan ini terkesan elegan Aqua Friends. Dibalik keindahan dan aura yang luar biasa, arwana juga memiliki sifat kebuasan yang tak kalah dengan predator lain Aqua Friends.

Di Indonesia, ikan ini akan mudah dijumpai di daerah Kalimantan dan Papua. Karena arwana yang dari sanalah yang terkenal dengan kecantikan dan keunggulan jenisnya. Tidak kalah dong dengan ikan arwana import.

Dengan bentuknya yang memanjang, ikan arwana akan lebih cantik jika dipelihara di dalam aquarium. Bisa kalian tampilkan di ruang tamu ataupun ruang bersantai, sehingga kalian bisa menikmati keindahannya kapanpun kalian mau.

Baca Juga: 12 Jenis Ikan Arwana Terbaik dan Harga Terbaru 2020!

Aligator fish

aligator

Disebut sebagai alligator fish, karena bentuknya yang memanjang dengan mulut yang moncong ke depan layaknya buaya. Namun, ukuran untuk jenis ikan predator satu ini bisa sangat besar ketika dewasa Aqua Friends. Bahkan bisa mencapai hingga panjang 2 meter. Sehingga dibutuhkan mega tank ataupun kolam untuk memelihara jenis ini.

Alligator fish yang mudah ditemui adalah jenis alligator gar dan florida gar. Dari berbagai jenisnya, 2 jenis alligator tersebut yang terkenal mampu tumbuh hingga panjangnya mencapai 2 meter.

Arapaima

Ikan ini pernah viral di Indonesia sekitar pertengahan tahun 2018 Aqua Friends. Bahkan banyak media yang meliputnya tentang keganasan ikan ini. Sampai-sampai Arapaima dijuluki sebagai monster air tawar. Badan yang panjang dan mulutnya yang besar (hampir mirip dengan arwana namun lebih besar) membuat Arapaima pantas masuk dalam kategori predator tersangar. Bahkan pertumbuhan ikan ini bisa mencapai 4 meter dengan berat ratusan kilogram Aqua friends!.

Tapi kalian jangan khawatir, ikan ini tetap bisa kalian jadikan koleksi. Asalkan kalian memiliki media atau tank yang memadai untuk merawatnya. Dan juga mampu memberinya makan yah, Hehehe.

Snake Head

Di Indonesia, orang awam pasti menyebut Ikan snakehead adalah ikan gabus. Yap! Secara sekilas memang ikan ini menyerupai ikan gabus. Atau jangan-jangan ikan gabus tergolong dalam kategori Snakehead?. Yang benar adalah bahwa ikan gabus masuk dalam kategori Snackhead Aqua Friends.

Memang ada banyak jenis dan varian snackhead untuk dijadikan koleksi ataupun dipelihara. Mulai dari jenis bleheri, diplogramma, barca, auranti, dan masih banyak lagi. Corak warna dan bentuknya yang unik menjadikannya cocok sebagai ikan peliharaan. Perawatannya pun juga tidak begitu sulit.

Baca Juga: 35 Jenis Ikan Channa Terpopuler Lengkap dengan Harga

Piranha

ikan piranha

Wow! Piranha… yap, ikan yang suka “tawuran” ini juga masuk dalam kategori ikan hias predator yang bisa dipelihara. Tubuhnyanya berukuran small-medium dan juga warnanya yang keabuan mengkilat, piranha memiliki daya tariknya sendiri. Namun, kalian perlu menyiapkan stock makanan yang banyak Aqua Friends. Karena ikan ini sangatlah rakus, apalagi kalian perlu memeliharanya dalam 1 kelompok. Jika hanya 1 ekor, maka tidak begitu menarik.

Baca Juga: 25+ Jenis Ikan Cichlid Beserta Harga dan Cara Merawat [LENGKAP]

Daftar Harga Ikan Hias Predator

Setelah kita membahas berbagai jenis ikan predator yang bisa dipelihara dan dijadikan koleksi. Sekarang kita akan mengulas harga dari ikan-ikan tersebut Aqua Friends. Kalian simak baik-baik yah.

Jenis Ikan Predator

Harga

Peacock BassRp 50.000
OscarRp 30.000
LouhanRp 50.000
ArwanaRp 200.000
Aligator FishRp 40.000
ArapaimaRp 3.000.000 – Rp 30.000.000
SnakeheadRp 200.000
PiranhaRp 30.000

Harga-harga di atas tentunya disesuaikan dengan berbagai jenisnya yah Aqua Friends. Tidak paten dengan harga segitu, karena dari setiap jenis ikan tersebut masih banyak lagi varian-variannya. Seperti louhan, arwana, dan juga Oscar. Ikan-ikan ini masih tersedia dalam berbagai varian.

Setelah kita mengetahui berbagai jenis dan harga dari ikan predator, ada 1 hal yang perlu kalian pertimbangkan Aqua Friends. Yakni aquarium, ada simpel tips dari author untuk memilih aquarium yang ideal untuk si predator ini. Simak bagian di bawah ini.

Aquarium untuk Ikan Predator

aquarium ikan predator

Para kolektor ikan predator biasanya menggunakan tank/aquarium dan juga kolam permanen. Seperti Irfan Hakim, dia memiliki mega tank di dalam rumahnya untuk menampung ikan-ikan koleksinya.

Untuk jenis ikan predator berukuran kecil hingga medium, kalian bisa menggunakan tank berukuran 100cm x 50cm x 100cm hingga 200cm x 100cm x 100cm. Biasanya tank ini digunakan untuk ikan jenis arwana, louhan, piranha, dan juga cichlid. Sedangkan untuk mega tank atau kolam berukuran raksasa, bisa juga digunakan untuk ikan-ikan tersebut, namun dalam jumlah yang lebih banyak. Biasanya kolektor akan menempatkan ikan-ikan jenis Arapaima, belida, ataupun snake head di tank berukuran raksasa.

Oke mungkin itu saja pembahasan kita tentang Ikan Predator yang bisa author share kepada kalian. Semoga bisa menambah pengetahuan dan referensi kalian Aqua Friends. Kira-kira kalian tertarik atau tidak untuk memelihara salah satunya?.

Jika kalian memiliki pengalaman menarik seputar ikan predator, jangan ragu untuk share di kolom komentar yah. Terima kasih. 🙂

Originally posted 2020-03-21 08:11:50.

Hai! Aku Ade, alumni Informatika - Universitas Muhammadiyah Surakarta. Tertarik dengan dunia ikan dan aquascape dan tentu dengan hal-hal menarik lainnya. Mari berteman! :)

Tinggalkan komentar