Ikan Ramirezi

Ikan Ramirezi – Dikenal dengan nama latin Mikrogeophagus Ramirezi, merupakan salah satu jenis ikan hias air tawar yang populer. Pun juga menjadi salah satu ikan endemik di Sungai Orinoco. Berdasarkan family-nya, ikan ini termasuk salah satu jenis ikan Cichlid Aqua Friends.

Disamping itu, Ikan Ramirezi juga memiliki berbagai jenis dan varian yang berbeda. Di setiap jenisnya memiliki ciri khas dan keunikan yang berbeda-beda. Sehingga patut dicoba untuk dipelihara di aquarium kalian.

Karakter Ikan Ramirezi

Dibandingkan dengan beberapa jenis Cichlid lainnya, Ramirezi memiliki karakter yang tenang dan damai, mirip seperti ikan Lemon. Selain itu, sifat ikan ini tidaklah territorial, sehingga cocok jika dipelihara bersamaan dengan jenis ikan hias lain.

Dilansir dari seriouslyfish.com, kebiasaan dari ikan Ramirezi adalah gemar berenang di berbagai bagian aquarium, jadi bukan tergolong ikan tipe atas, tengah, ataupun bawah. Selain itu, di habitat aslinya ikan ini gemar bermain-main di celah bebatuan ataupun tanaman air Aqua Friends.

Jadi, dalam memeliharanya di dalam aquarium, kalian bisa menambahkan element tanaman ataupun bebatuan di dalamnya. Sehingga bisa membuat ikan Ramirezi merasa nyaman dan betah di aquarium.

Bagi kalian yang memiliki aquascape, ikan ini juga cocok dijadikan penghuni aquascape lho Aqua Friends. Nah, untuk mengenal berbagai jenis dan harga dari Ikan Ramirezi, simak bagian di bawah ini baik-baik yah.

Jenis dan Harga Ikan Ramirezi

Super Neon Blue Gold Ram

Harga Super Neon Blue Gold Ram di pasaran sekitar Rp 7.000

German Blue Ram

Harga German Blue Ram di pasaran sekitar Rp 9.000

Electric Blue Balloon Ram

Harga Electric Blue Ballon Ram di pasaran sekitar Rp 7.500

Gold Ballon Ram

Harga Gold Ballon Ram di pasaran sekitar Rp 6.000

Gold Face Electric Blue Ram

Harga Gold Face Electric Blue Ram di pasaran sekitar Rp 7.500

Dark Knight Ram

Harga Dark Knight Ram di pasaran sekitar Rp 15.000

Golden Ram

Harga Golden Ram di pasaran sekitar Rp 6.000

Longfin Blue Ram

Harga Longfin Blue Ram di pasaran sekitar Rp 8.000

Longfin Gold Ram

Harga Longfin Gold Ram di pasaran sekitar Rp 9.000

Powder Blue Ram

Harga Powder Blue Ram di pasaran sekitar Rp 10.000

Gold Angel Veil Ram

Harga Gold Angel Veil Ram di pasaran sekitar Rp 8.000

Bolivian Ram

Harga Bolivian Ram di pasaran sekitar Rp 5.000

Electric Blue Ram

Harga Electric Blue Ram di pasaran sekitar Rp 7.000

Slayer

Harga Slayer Ramirezi di pasaran sekitar Rp 40.000

Cara Merawat Ikan Ramirezi

Ikan ini tergolong cukup manja saat awal-awal pindah ke rumah baru, namun hal ini wajar dan tak perlu dirisaukan. Hal yang paling penting dalam merawat Ramirezi adalah perhatikan kualitas air yang ada di dalam aquarium.

Karena ikan ini cukup sensitif dengan beberapa parameter air, termasuk kandungan nitrat di dalamnya. Maka dari itu dibutuhkan penggantian air aquarium setidaknya minimal satu minggu sekali.

Selain masalah air, jika kalian memelihara beberapa ekor ikan Ramirezi, pilihlah ukuran aquarium yang ideal. Pasalnya ikan ini sangat bergerak aktif dan gemar berenang-renang di berbagai sudut aquarium.

Selanjutnya, hal yang paling penting selain air adalah terkait pakan yang diberikan Aqua Friends. Lebih lengkapnya silahkan cek penjelasan di bawah ini.

Makanan Ikan Ramirezi

Ramirezi merupakan salah satu jenis ikan yang doyan makan apapun Aqua Friends. Mulai dari ganggang hingga hewan air lainnya. Layaknya serangga dalam air ataupun hewan invertebrata lain.

Nah, dalam perawatan aquarium, kalian bisa memberikan pakan seperti pellet ataupun pakan alami. Tentunya kalian perlu memperhatikan asupan nutrisi yang diberikan pada ikan peliharaan kalian.

Untuk pakan pabrikan atau pellet, ada salah satu merk yang biasa digunakan yakni Hikari Vibra Bites. Tersedia dalam berbagai ukuran, mulai dari 35 gram hingga 73 gram. Dan tentu harganya berbeda-beda Aqua Friends. Mulai dari Rp 46.000 hingga Rp 65.000.

Sedangkan untuk menunjang asupan nutrisi, kalian bisa memberikan pakan alami berupa:

  • Udang
  • Cacing
  • Jangkrik
  • Artemia

Selain itu, ada kalanya kalian berikan sayuran seperti selada air ataupun bayam untuk memenuhi kebutuhan diet ikan Ramirezi.

Cara Membedakan Jenis Kelamin Ikan Ramirezi

Untuk membedakan jenis kelamin antara Ramirezi jantan dan betina sangatlah mudah Aqua Friends. Jika kalian amati dengan teliti, di bagian atas kepala/punggung ikan ini terdapat bagian sirip yang seperti duri.

Nah, hanya dengan melihat hal tersebut sudah bisa ditentukan jenis kelamin dari ikan ini. Jika Ramirezi peliharaan kalian memiliki bentuk sirip yang menyerupai duri, maka jenis kelaminnya adalah jantan. Dan jika tidak ditemukan bagian sirip tersebut, maka jenis kelaminnya adalah betina.

Sangat mudah bukan?

Cara Budidaya Ikan Ramirezi

Dalam membudidayakan ikan ini, dikenal cukup sulit Aqua Friends. Karena untuk mendapatkan indukan yang unggul cukup memerlukan usaha yang lebih. Indikator dari indukan unggul antara lain:

  1. Memiliki warna tubuh yang terang dan konsisten.
  2. Bentuk tubuh dan sirip yang tegak dan tidak layu.

Dua indikator tersebut yang perlu dimiliki oleh induk Ramirezi, agar nantinya bisa menghasilkan bibit-bibit terbaik juga.

Kedua, kualitas air juga sangat berperan penting dalam budidaya ikan ini. Suhu air yang ideal untuk melakukan pemijahan sekitar 27 hingga 30 derajat Celcius.

Nah, untuk teknis pemijahan ikan Ramirezi, tempatkan satu ekor jantan dan betina pada wadah yang sudah disiapkan. Dalam wadah tersebut, kalian bisa menyediakan potongan paralon. Hal tersebut dimaksudkan sebagai media pembantu saat proses pemijahan berlangsung.

Proses pemijahan ini bisa berlangsung selama 1 minggu hingga 10 hari Aqua Friends. Dan dibutuhkan waktu sekitar 20 – 30 hari sampai anakan Ramirezi menetas dari telur.

Dalam memelihara Ikan Ramirezi, kunci utamanya adalah ketelitian. Meskipun sebenarnya tergolong mudah, namun tetap membutuhkan perhatian dari tuan-nya. Sehingga ikan peliharaan kalian bisa tumbuh dengan sehat dan maksimal.

Bagaimana Aqua Friends, tertarik untuk memelihara ikan Ramirezi? Jangan sungkan untuk menjawabnya di kolom komentar yah.

Mungkin itu saja yang bisa author bagikan, semoga bermanfaat dan bisa menambah pengetahuan ataupun referensi kalian seputar dunia ikan hias.

Terima kasih. 🙂

Originally posted 2020-04-19 09:50:34.

Hai! Aku Ade, alumni Informatika - Universitas Muhammadiyah Surakarta. Tertarik dengan dunia ikan dan aquascape dan tentu dengan hal-hal menarik lainnya. Mari berteman! :)

Tinggalkan komentar