Inilah Jenis Ikan Terbaik Untuk Aquascaping Air Tawar

Minimnya lahan terbuka memaksa masyarakat mencari alternatif cara berkebun sebagai hobi.  Tidak diragukan lagi, Aquascaping Air Tawar semakin populer di kalangan pecinta ikan dan pecinta tanaman.

 Aquascaping Sangat menenangkan untuk dilihat.  Terkadang akuarium yang ditanami dengan indah dan terawat menjadi daya tarik ruang tamu Anda.

 Aquascaping Air Tawar berbeda dengan akuarium ikan tradisional.  Ini menampilkan ikan sebagai aksesori daripada fokus utama.  Aquascape adalah fokus utama di sini.

 Sayangnya, tidak semua ikan menyukai akuarium yang ditanam.  Artikel ini akan memberi Anda pemahaman menyeluruh tentang bagaimana Anda dapat memilih ikan terbaik untuk aquascaping.

Cara Memilih Ikan Untuk Aquascaping Air Tawar

Jenis Ikan Terbaik Untuk Aquascaping Air Tawar

Anda harus sangat selektif saat memilih jenis ikan terbaik untuk Aquascaping Air Tawar.  Sulit membudidayakan dan memelihara tanaman di akuarium.  Anda pasti tidak ingin ikan merusak kerja keras Anda.

Berikut beberapa hal penting yang harus diperhatikan sebelum memilih ikan yang sempurna. 

Ukuran Kecil hingga Sedang

Jenis Ikan Terbaik Untuk Aquascaping Air Tawar

Ukuran ikan tergantung dari ukuran akuarium Anda.  Akuarium  air 5 galon adalah ukuran minimum.  Sesuatu yang kurang dari ini tidak terasa alami.

Neon Tetra, Cardinal Tetra, Fancy Guppies, livebearer Endler, Chili Rasbora sangat cocok untuk akuarium semacam itu.  Kebanyakan dari mereka berukuran antara 3 hingga 5 cm.  Ikan yang lebih kecil tidak mengganggu penampilan estetika akuarium Anda.  Mereka membutuhkan lebih sedikit perawatan dan tidak dapat terlalu mengganggu tanaman aquascaping.

 Jika Anda memiliki pengalaman aquascaping sebelumnya, akuarium  air 20 galon akan lebih baik.  Ikan kecil dalam kelompok terlihat bagus di akuarium yang lebih besar juga.  Tapi Anda juga bisa menambahkan Angelfish air tawar, Discus, dll.

Keramahan

Jenis Ikan Terbaik Untuk Aquascaping Air Tawar

Jika Anda ingin membuat akuarium terlihat lebih ramai, Anda harus memilih sekelompok ikan daripada hanya satu ikan besar.  Itulah mengapa keramahan merupakan faktor penting.  Jika ikan yang Anda pilih tidak cocok dan terus berkelahi, tanaman Anda mungkin akan rusak.

Cichlids, Gouramis, dan Bettas berasal dari ordo Perciformes.  Mereka menyukai makanan dan ruang.  Berbagi ruang dengan ikan lain tidak disukai mereka.  Mereka teritorial dan suka menyendiri.  Meskipun mereka cantik dan cerdas, Anda tidak boleh memasukkannya ke dalam akuarium yang ramai.

 Di sisi lain, Ikan Guppy, Gouramis, Rasboras, Swordtail, atau Tetra lebih ramah dan bersahabat.

Aman Untuk Tanaman

Jenis Ikan Terbaik Untuk Aquascaping Air Tawar

Anda harus mencari ikan yang akan menyatu sempurna dengan ekosistem akuarium Anda.

Beberapa ikan memakan tumbuhan hidup dan memiliki kebiasaan mencabutnya.  Mereka menyukai ruang terbuka dan tidak ingin tanaman berharga Anda menyebabkan halangan apa pun.

Severums, Buenos Aires Tetras, ikan silver dollar adalah beberapa di antaranya.  Mereka membutuhkan pola makan organik dan memakan tumbuhan.  Ikan silver dollar bisa menjadi sangat besar dan Cichlid dikenal sebagai bulldozer kecil.  Mereka mencabut segalanya dengan cara mereka.  Itulah mengapa di toko hewan peliharaan Anda akan menemukan ikan-ikan ini di dalam akuarium  dengan tanaman palsu.

Jenis Ikan Terbaik Untuk Aquascaping Air Tawar

 Di bawah ini adalah jenis ikan terbaik untuk Aquascaping air tawar untuk pemula.

 1. Tetra

Jenis Ikan Terbaik Untuk Aquascaping Air Tawar

Paracheirodon innesi atau neon tetra adalah salah satu ikan akuarium paling terkenal.  Ini adalah ikan yang akan muncul di benak Anda, kapan pun Anda memikirkan akuarium impian.  Mereka dapat tumbuh hingga 3 cm dan senang tinggal dalam kelompok besar. 

Anda tidak boleh melepaskan kurang dari 6 tetra di dalam akuarium .  Kesepian membuat mereka sedih dan agresif.  Mereka sangat ramah dan tidak mengintai suatu wilayah.

Apalagi, mereka menyukai tanaman dan menggunakan daun untuk menyembunyikan diri.  Ludwigia repens, tanaman terapung, Vallisneria, Cryptocoryne wendtii adalah beberapa favorit mereka.  Sinar matahari langsung membuat mereka ketakutan.  Itulah mengapa Anda harus meredupkan pencahayaan agar terasa alami. Ini merupakan salah satu jenis ikan terbaik untuk Aquascaping air tawar.

 2. Rasboras

Rasbora argyrotaenia atau rasbora adalah ikan air tawar berukuran kecil.  Mereka tenang dan suka tinggal dalam kelompok.  Panjang rata-rata mereka adalah 5 cm.  Rasbora mudah diberi makan.  Cobalah untuk mencampurkan udang air asin, cacing darah, cacing tubifex dalam makanan mereka.

 Rasboras sangat sosial dan bagus untuk akuarium komunitas.  Mereka gugup saat sendirian.  Mereka terkadang menggigit tanaman saat marah atau kesal.  Tapi itu jarang terjadi.  Anda dapat memilih Tetras, Danios, Sword-tails, dan Guppies sebagai teman akuarium  mereka.  Rasboras menjadi sangat diintimidasi oleh ikan predator. Ini merupakan salah satu jenis ikan terbaik untuk Aquascaping air tawar.

 3. Ikan Guppy Dan Livebearer Lainnya

Jenis Ikan Terbaik Untuk Aquascaping Air Tawar

Aquascaping Air Tawar tidak lengkap tanpa sekelompok ikan guppy.  Poecilia reticulate atau Guppy adalah ikan akuarium paling interaktif.  Ikan guppy atau ikan pelangi memiliki sirip mencolok dan tumbuh hingga 5 cm.  Karena tanaman adalah elemen alami dari lingkungan mereka, mereka menyatu sempurna dengan pengaturan akuarium  yang ditanam.

Ikan guppy dan livebearer lainnya terlihat bagus di akuarium  kecil dan besar.  Mereka cocok dengan ikan lainnya.  Tetapi lebih bijaksana untuk tidak memiliki ikan yang lebih besar di dalam akuarium yang dapat membuat guppy intim. Ini merupakan salah satu jenis ikan terbaik untuk Aquascaping air tawar.

 4. Angelfish

Jenis Ikan Terbaik Untuk Aquascaping Air Tawar

Pterophyllum Scalare atau angelfish air tawar adalah pilihan paling populer untuk akuarium.  Siripnya yang panjang dan tipis, warnanya yang mencolok memberikan kesan warna-warni dan ceria pada akuarium  yang ditanam.

Mereka lebih suka daging dalam makanan mereka.  Tapi mereka memakan tanaman saat mereka bosan.  Itu berarti dengan pola makan yang tepat Anda dapat mencegah kebiasaan makan daun mereka.  Cara lain adalah membudidayakan tanaman yang tidak bisa dimakan angelfish.  Amazon swords, Java moss, Wisteria, Water Sprite adalah beberapa di antaranya.  Angelfish dapat bertelur di daun ini atau bersembunyi di baliknya dengan mudah tetapi tidak bisa memakannya. 

 5. Killifish

Jenis Ikan Terbaik Untuk Aquascaping Air Tawar

Fundus heteroclitus atau Killifish umumnya memiliki panjang 10 hingga 15 cm.  Ada sekitar 1270 spesies ikan killifish yang tersedia.  Tapi killifish dan mummichog adalah yang paling terkenal.  Mereka memiliki punggung dan perut bulat dengan warna-warna cerah (kebanyakan oranye dan kuning), sirip punggung di belakang, mulut kecil, dan kepala datar.

Killifish ramah dan suka hidup damai.  Jantan terkadang agresif satu sama lain.  Usahakan untuk hanya memelihara satu jantan dalam grup. Ini merupakan salah satu jenis ikan terbaik untuk Aquascaping air tawar.

 6. Udang Air Tawar

Jenis Ikan Terbaik Untuk Aquascaping Air Tawar

Macrobrachium rosenbergii atau udang air tawar dapat tumbuh hingga 7 cm dalam kematangannya.  Jangan meremehkan mereka karena ukurannya yang lebih kecil.  Mereka mungkin makhluk tersibuk di dalam akuarium .  Mereka memakan sisa-sisa ikan lain, lendir, plankton apung, dll. Mereka juga memakan alga tanpa melukai tanaman dan menjaga kebersihan akuarium.

Mereka membutuhkan tumbuhan dan kayu untuk bersembunyi.  Suhu air harus antara 24 hingga 26 derajat Celcius.  Juga, mereka cukup sensitif terhadap perubahan air.  Jadi jangan ganti air dalam jumlah besar jika Anda memiliki udang.

Kebanyakan udang hidup bahagia bersama ikan tropis lainnya.  Namun jangan menambahkan kelompok udang yang lebih kecil ke akuarium besar yang berisi cichlid, angelfish, atau discus.  Mereka mungkin menjadi mangsa kelompok ikan yang lebih besar.

Jenis udang yang direkomendasikan seperti Udang Bumblebee, Udang Tiger, Udang Babaulti, udang Caridina, dan tentu saja, udang neocaridina. Ini merupakan salah satu jenis ikan terbaik untuk Aquascaping air tawar.

Tips Memelihara Ikan Di Aquascaping air tawar

Jenis Ikan Terbaik Untuk Aquascaping Air Tawar

Lebih baik memilih ikan dan kemudian mengatur akuarium yang sempurna untuknya.  Setelah Anda menanam tanaman, akan sulit untuk menemukan ikan yang akan menyukai pengaturan.

Keseimbangan adalah kunci untuk Aquascaping Air Tawar dengan subur.  Anda perlu menemukan keseimbangan antara CO2, Cahaya, dan Pupuk di akuarium  yang Anda tanam.  Dengan keseimbangan yang tepat Anda akan menemukan lebih sedikit wabah ganggang.

Penggantian dan pemeliharaan air secara teratur sangat penting.  Jangan lupa untuk memangkas tanaman Anda.

Dalam akuarium  yang ditanam, pertahankan bioload sesedikit mungkin.  Hanya karena Anda memiliki akuarium  yang besar bukan berarti Anda harus mengisinya dengan ikan dengan kapasitas maksimal akuarium .

 Terakhir, periksa pH, suhu, nitrit, nitrat, dll. Dari waktu ke waktu.

Aquascaping Air Tawar tidak hanya cantik untuk dilihat, tetapi juga membuat ikan betah. 

Bikin Ikan Bahagia!

Tinggalkan komentar