10 Jenis Karang Terbaik Untuk Aquascaping

Aquascaping karang untuk pemula tidak membutuhkan biaya mahal, mudah ditemukan, berwarna-warni, tumbuh dengan cepat, dan kuat atau toleran terhadap kesalahan reefer baru yang umum.  Karang ini umumnya dianggap mudah dirawat dan tidak memerlukan aditif khusus untuk berkembang di dalam akuarium Anda.

 Berikut adalah daftar 10 jenis karang terbaik untuk Aquascaping bagi pemula yang kami rekomendasikan untuk pemilik aquarium terumbu baru.  Sebelum membahasnya, berikut beberapa informasi yang perlu diingat saat berbelanja terumbu karang.

 Nama umum karang dapat membingungkan dan bahkan terkadang berlebihan.  Dengan nama seperti Mummy Eye, Gorilla Nipples, dan Pineapple Blossom, mungkin sulit untuk mengikutinya.  Nama-nama desainer mewah ini bahkan dapat berubah di antara vendor karang yang berbeda dengan beberapa merekatkan nama merek ke strain karang tertentu.

 Sebagian besar, nama-nama ini digunakan untuk mendeskripsikan genetika spesifik spesies karang yang tumbuh di penangkaran secara selektif untuk beberapa sifat yang diinginkan, sering kali warna cemerlang dan kemampuan beradaptasi untuk hidup di akuarium.  Ini adalah salah satu aspek tipe kolektor yang menyenangkan dalam membeli dan memperdagangkan karang.  Apa nama yang Anda tanyakan, hampir semuanya dalam kasus ini.

Jenis Karang Terbaik Untuk Aquascaping

Berikut adalah nama umum atau istilah yang digunakan untuk mengidentifikasi seluruh kelompok karang termasuk semua varian warna atau strain.  Dalam kelompok tersebut, beberapa karang akan lebih langka dan lebih mahal dari yang lain. 10 jenis karang terbaik untuk Aquascaping pemula adalah :

 1. Zoanthids

Jenis Karang Terbaik Untuk Aquascaping

Jenis karang ini adalah polip kecil yang memiliki berbagai macam warna dan menyerupai bunga kecil.  Mereka muncul dalam kelompok ketat polip individu yang berbagi lapisan jaringan yang menghubungkan semua polip bersama. Orang menjadi terpesona dengan mengumpulkan ratusan morph warna yang berbeda dengan banyak nama umum untuk menggambarkannya.

Zoanthids tumbuh cepat dan mentolerir berbagai macam cahaya dan kualitas air.  Dengan sifat karang lunak yang tumbuh cepat ini, mereka paling baik ditempatkan di pulau-pulau di bawah pasir tempat mereka dapat dikendalikan sehingga Anda tidak akan berakhir dengan aquarium yang penuh dengan satu warna zoanthid dan tidak ada yang lain. Ini merupakan salah satu jenis karang terbaik untuk Aquascaping pemula.

 2. Sinularia

Jenis Karang Terbaik Untuk Aquascaping

Sinularia adalah jenis karang lunak yang terlihat seperti pohon dan seringkali berwarna hijau neon yang menakjubkan tetapi juga ada dalam warna merah jambu, ungu, merah, kuning dan berbagai corak coklat / krem.  Mereka tumbuh dengan cepat setelah mapan dan bisa menjadi cukup besar.  Untungnya, mereka mudah dipangkas dengan gunting atau lapisan karang yang kemungkinan akan dibutuhkan dalam 12 bulan pertama.

 Sebagai karang lunak, Sinularia tidak memiliki struktur kerangka yang kaku dan akan bergoyang mengikuti arus di dalam aquarium Anda sehingga terumbu karang Anda merasakan gerakan seperti yang akan Anda temui di laut.

 3. Toadstool Weeping Willow

Jenis Karang Terbaik Untuk Aquascaping

The Weeping Willow adalah karang lunak lain dari kelompok yang disebut “Toadstools”.  Oleh karena itu, sebagian besar karang yang diberi label softties atau leather adalah pilihan yang baik untuk terumbu baru.  Mereka kuat dan toleran terhadap parameter air yang kurang dari sempurna.  Dengan tingkat pertumbuhan yang cepat, jamur payung menyerap nutrisi yang tidak diinginkan yang umum terjadi pada aquarium baru yang muncul karena pemberian makan berlebihan dan / atau penyaringan atau pemeliharaan yang kurang ideal. Ini merupakan salah satu jenis karang terbaik untuk Aquascaping pemula.

 4. Xenia

Jenis Karang Terbaik Untuk Aquascaping

Mungkin pertumbuhan puasa karang lunak, Xenia, memiliki beberapa varietas dengan yang paling populer adalah jenis yang berdenyut.  Seperti dua karang sebelumnya, apa pun yang menawarkan gerakan di aquarium Anda adalah tambahan yang keren.  Xenia membawanya ke level berikutnya dengan tidak hanya bergoyang dalam arus tetapi juga memiliki kemampuan unik untuk secara ritmis membuka dan menutup tentakel atau “denyutnya”.  Xenia sangat subur sehingga yang terbaik adalah mengisolasi koloni ke pulau-pulau di mana ia dapat dengan mudah dikontrol atau dipangkas kembali.

 5. Green Star polyp

Jenis Karang Terbaik Untuk Aquascaping

GSP tumbuh dalam lembaran hampir seperti tanah atau rumput, tumbuh cepat dan akan menatah hampir semua hal mulai dari panel aquarium hingga batu dan bahkan kabel listrik atau peralatan.  Ketika polip kecil terbuka, mereka bergerak mengikuti arus dan berwarna hijau neon cemerlang.  Sama seperti yang lain yang telah kami sebutkan, coba dan pisahkan mereka ke dalam area yang dapat dikontrol untuk mencegahnya menyalip seluruh aquascape Anda. Ini merupakan salah satu jenis karang terbaik untuk Aquascaping pemula.

 6. Euphyllia

Euphyllia adalah nama ilmiah untuk karang seperti Frog Spawn, Torches dan Hammer coral.  Ini adalah LPS atau karang berbatu polip besar yang memiliki polip besar berwarna-warni dengan ujung berpendar.  Mereka sangat mudah beradaptasi dan akan mentolerir hampir semua lokasi di aquarium Anda.  Mereka tidak tumbuh secepat beberapa karang lunak yang disebutkan tetapi masih lebih cepat dari kebanyakan karang dan tidak perlu diisolasi atau dipangkas terlalu sering.  Euphyllia akan bergoyang dalam arus ketika sepenuhnya diperpanjang dan aquarium karang baru tampaknya tidak lengkap tanpa beberapa versi Euphyllia.

 7. Karang Gelembung

Jenis Karang Terbaik Untuk Aquascaping

Mirip dengan Euphyllia, Bubble Coral memiliki polip besar berwarna-warni yang bergoyang, tumbuh cukup cepat, dan mudah dikendalikan.  Penampilannya yang unik menjadikan mereka favorit pemula karena terlihat seperti sekumpulan gelembung atau balon.  Ada beberapa strain yang berbeda dengan sebagian besar berwarna putih, merah muda muda dan hijau neon. Ini merupakan salah satu jenis karang terbaik untuk Aquascaping pemula.

 8. Duncans

 

Ini adalah polyp stony coral (LPS) besar yang indah yang tumbuh dengan baik di semua jenis lingkungan dan sangat pemaaf.  Mereka bercabang dan tumbuh tetapi tidak dengan cara yang sulit dikendalikan.  Ini adalah salah satu klasik yang disukai hampir di setiap tahap reefer, mereka bereaksi terhadap pemberian makan dan membuat karang indikator yang bagus untuk memantau parameter air secara visual.

 9. Caulastrea (Candy Cane Corals)

Jenis Karang Terbaik Untuk Aquascaping

Mirip dengan Duncans dalam bentuk pertumbuhan, Caulastrea bercabang sering kali memiliki polip hijau neon tetapi terdapat bermacam-macam pilihan warna lainnya.  Mereka mudah dirawat, merupakan penanam sedang dalam hal kecepatan dan ukuran, serta tidak memiliki persyaratan perawatan khusus di luar aliran air dan cahaya yang memadai. Ini merupakan salah satu jenis karang terbaik untuk Aquascaping pemula.

 10. Mushrooms

Jenis Karang Terbaik Untuk Aquascaping

Kemungkinan yang paling mudah merawat koral adalah jenis mushrooms.  Dalam kebanyakan kasus, mereka benar-benar murah dan tersedia dalam berbagai macam warna.  Perhatian satu-satunya yang kami sarankan dengan ini adalah mereka dapat tumbuh hingga proporsi yang mengganggu.  Mereka tumbuh dengan cepat dan dapat mengambil alih aquarium jika dibiarkan, tetapi keuntungannya adalah cara paling murah untuk mengisi aquarium dengan karang.

 Dengan memilih salah satu atau beberapa jenis karang terbaik untuk Aquascaping diatas untuk aquarium, Anda benar-benar akan meningkatkan peluang untuk menumbuhkan terumbu yang tumbuh subur untuk Aquascaping.  Sangat penting untuk menjaga dan memelihara terumbu karang secara teratur.

Bikin Ikan Bahagia!

Tinggalkan komentar