Lampu Aquarium

Aqua Friends, tahukah kalian bahwa pencahayaan dalam aquarium itu mutlak diperlukan. Pencahayaan penting guna menjangkau seluruh area dalam aquarium dan memberikan efek yang baik bagi biota hidup di dalamnya terutama ikan dan tanaman hias. Secara praktis, kalian bisa menggunakan lampu aquarium untuk mengatasi masalah tersebut.

Ada beberapa macam dan bentuk lampu yang biasa dipilih oleh para penghobby. Tentunya hal tersebut disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing Aqua Friends. Mulai dari jenis led hingga ukuran lampu aquarium yang mini.

Guna memberikan penerangan yang baik bagi aquarium, Kalian perlu menggunakan lampu yang sesuai dengan kebutuhan serta kedalaman aquarium tersebut. Kalian bisa memakai lampu LED, neon maupun metal halide. Namun, jangan sesekali memberikan pencahayaan langsung dengan sinar matahari. Hal ini justru bisa membuat aquarium menjadi mudah berlumut.

Mengenal Lampu Aquarium

Pencahayaan sangat penting demi menjaga pertumbuhan serta kesehatan ikan di dalam aquarium agar senantiasa baik. Terlebih lagi jika kalian juga tengah menanam tanaman hias untuk memperindah tampilan aquarium tersebut. Perlu kalian tahu bahwa tidak semua tanaman hias mampu tumbuh dengan maksimal tanpa pencahayaan yang baik.

Sampai saat ini dikenal tiga jenis lampu khusus aquarium yaitu lampu LED, neon dan metal halide. Biasanya lampu LED dan lampu metal halide akan diletakkan kurang lebih sejauh tiga puluh setimeter dari permukaan air aquarium. Sementara itu, lampu neon akan diletakkan sejauh 10 sentimeter saja dari permukaan air aquarium.

Biasanya durasi awal penerangan aquarium menggunakan lampu tersebut berkisar selama 5 jam per hari. Berikutnya, kalian bisa memberikan penerangan setidaknya 8 sampai 10 jam bergantung dengan kebutuhan biota yang ada dalam aquarium tersebut. Untuk itu, Kalian perlu dengan baik mengenal ragam biota yang dipelihara dalam aquarium.

Apabila tanaman hias kurang mendapatkan penyinaran dengan baik, maka tanaman tersebut akan tumbuh kerdil serta tidak sehat. Selain itu, jika durasi penyinaran terlalu lama maka justru akan memancing pertumbuhan lumut. Durasi penyinaran yang panjang juga dapat berdampak pada daun-daun tanaman yang akan menjadi mudah kusam bahkan bisa tertutupi lumut.

Ada baiknya bagi kalian yang masih pemula untuk melakukan aquascape bisa menanam tanaman hias jenis rhizome, moss, fern maupun stem plant. Jangan sesekali coba menanam tanaman berwarna merah muda karena tanaman semacam ini sudah pasti membutuhkan pencahayaan yang tinggi. Yang ditakutkan apabila pencahayaan kurang tepat justru akan membuat daun tanaman menjadi rontok.

Tidak hanya rontok saja, daun tanaman tersebut juga bisa menjadi sangat pucat. Bukannya malah menjadi indah justru nanti akan amat menakutkan. Nah, bagi kalian yang ingin menentukan kadar pencahayaan yang diperlukan oleh aquarium maka dapat mencoba rumus berikut. Ukuran lampu (dalam satuan watt) = (tinggi x lebar x panjang) / faktor pembagi.

Adapun yang dimaksud dengan faktor pembagi dapat dibagi menjadi tiga kategori. Low light yakni 5000, medium light yakni 2500 dan high light yaitu 1250.

Baca Juga: Cara Membuat Aquascape Tanpa CO2 Step By Step!

Hal-Hal yang Harus Diperhatikan Ketika Memasang Lampu Aquarium

Dalam memasang lampu khusus aquarium, kalian perlu memperhatikan beberapa hal berikut. Kiranya bisa mampu membuat Kalian memahami kriteria penerangan seperti apa yang pas bagi aquarium di rumah.

Waktu

Dalam memberikan pencahayaan bagi aquarium, Kalian dilarang untuk memberikan pencahayaan selama 24 jam penuh. Pencahayaan yang disarankan ialah 8 sampai 10 jam saja setiap harinya.

Tanaman air

Apabila Kalian menanam sejumlah tanaman air, maka Kalian perlu memperpanjang durasi waktu pencahayaan. Setidaknya Kalian perlu memberikan penerangan sekitar 12 jam setiap harinya. Hal ini agar membuat tanaman tersebut mampu memproses makanannya sendiri (fotosintesis).

Jenis ikan

Dalam memberikan pencahayaan pada aquarium, Kalian perlu benar-benar memperhatikan jenis ikan yang dipelihara. Ini mengingat bahwa ada sejumlah ikan yang cukup sensitif dan pemalu terhadap cahaya. Jika Kalian memelihara ikan semacam ini tentu perlu menggunakan pencahayaan yang tidak cukup menyilaukan.

Ukuran atau besaran aquarium

Pastikan Kalian menggunakan pencahayaan yang sesuai dengan kapasitas aquarium. Dengan demikian, maka rumah ikan tersebut tidak nampak begitu gelap maupun terang karena pengaruh cahaya.

Air akan mudah memanas

Tahukah Kalian bahwa dengan memasang pencahayaan pada aquarium juga dapat membuat air menjadi lebih cepat panas. Maka dari itu, Kalian perlu rajin mengganti air aquarium tersebut.

Malam dan siang

Layaknya manusia, ikan juga cenderung lebih aktif pada siang hari dibandingkan dengan malam hari. Dengan demikian, Kalian bisa memberikan pencahayaan di siang hari saja serta mematikannya ketika malam tiba.

Macam-Macam Lampu Aquarium

Terdapat tiga jenis lampu khusus aquarium yang bisa Kalian jadikan sebagai alternatif pilihan. Lampu-lampu tersebut di antaranya lampu metal halide, neon atau T5 fluorescent dan lampu LED.

Metal Halide

Lampu metal halide merupakan jenis lampu khusus aquarium yang sangat terang. Kisaran wattnya saja mencapai 400. Lampu ini menjadi satu-satunya sumber pencahayaan yang bisa memberikan efek berkilauan pada aquarium. Namun, perlu Kalian tahu bahwa bagian bawah lampu metal halide bisa menjadi sangat panas ketika digunakan. Oleh sebab itu, lampu ini harus digantung atau ditaruh di atas.

Lampu metal halide akan menggunakan lebih banyak energi output. Namun, jika kalian ingin memberikan pencahayaan yang sangat terang bagi aquarium rumah maka bisa coba menggunakan metal halide.

Neon atau T5 Fluorscent

Bagi Kalian yang ingin memberikan pencahayaan tipis sekaligus terang bagi aquarium rumah, maka bisa coba menggunakan lampu neon atau T5 fluorscent. Kerabat T8 ini mampu mengeluarkan watt tinggi yang dapat didistribusikan secara merata ke seluruh penjuru aquarium. Jangan khawatir, lampu ini tidak akan memberikan efek beriak bagi air aquarium.

Selain itu, T5 juga dikenal sangat ekonomis. Harganya yang terjangkau membuat lampu ini laris manis di pasaran.

Lampu LED

LED adalah variasi pencahayaan aquarium terbaru yang muncul ke permukaan publik. Lampu ini didukung oleh sebuah teknologi yang telah disetting sedemikian rupa guna pertumbuhan tanaman indoor. LED diklaim lebih terjangkau sekaligus lebih bagus dibanding T5 maupun metal halide. Watt lampu ini pun amat terang serta dapat dikombinasikan dengan lensa khusus tangki yang cukup dalam.

Walaupun biaya setup awal cukup tinggi, namun lampu ini terbilang cukup efisien. Lampu ini hanya memerlukan daya lebih sedikit guna pencahayaan yang serupa. Lampu LED juga diklaim awet hingga 50.000 jam lamanya.

Bagi Kalian yang memiliki hobi aquascape tentu perlu memilih lampu aquarium yang tepat. Di samping dapat menunjang penampilan estetika, lampu khusus ini juga bagus untuk pertumbuhan tanaman. Jangan lupa untuk menghindari lampu berwarna biru karena nanti tidak dapat memberikan efek bagi pertumbuhan serta kesehatan biota dalam aquarium.

Baca Juga: 15+ Jenis dan Harga Filter Aquarium Sesuai Kebutuhanmu!

Harga dan Referensi Lampu Aquarium Paling Dicari

Nikita NS 600

nikita ns 600

Tergolong dalam lampu led, Nikita NS 600 merupakan lampu aquarium mini yang cocok untuk ukuran aquarium kecil hingga menengah. Sehingga merk yang satu ini bisa kalian gunakan juga untuk pelengkap aquascape. Memiliki watt yang lumayan yakni 15 watt, akan membuat aquarium tampak lebih terang dan cerah Aqua Friends.

Keunggulan lainnya adalah kaki yang fleksibel, dan dapat ditarik hingga 50-60 cm. Dari segi penerangan, Niki NS 600 tergolong medium light. Pun juga, Nikita NS 600 masuk dalam kategori jenis lampu aquarium led.

Yang HW 60

Selanjutnya ada Yang HW 60, power listrik yang dimiliki lampu ini adalah 11 watt. Dari segi kehematan, Yang HW lebih hemat daripada merk sebelumnya Aqua Friends.

Yang HW 60 juga cocok digunakan untuk aquascape. Karena memiliki kaki yang dapat ditarik hingga 60-80cm. Keunggulan lainnya adalah power led yang dimiliki hingga 10000 kelvin, sehingga cahaya yang dihasilkan akan lebih terang.

Recent LED RCG-618-SW

 

Tersedia dalam dua jenis Recent LED RCG-618-SW memiliki dua warna yang berbeda Aqua Friends. Pertama ada kombinasi biru putih dan warna putih saja. Sehingga bisa disesuaikan dengan kebutuhan kalian. Power listrik yang dibutuhkan untuk lampu ini adalah 24 Watt karena ada tiga baris led dalam lampu ini.

Namun sayangnya, Recent LED RCG-618-SW tidak memiliki kaki yang bisa ditarik Aqua Friends. Ukurannya yang paten 60cm, harus kalian samakan dengan ukuran aquarium kalian.

Yamano P600

Memiliki daya 9 watt, lantas tidak membuat Yamano P600 kekurangan powernya Aqua Friends. Merk satu ini cukup laris di kalangan penghobby ikan dan aquascape. Jumlah led yang terdapat pada lampu ini sebanyak 36, 28 led putih dan 8 led biru. Sehingga warna yang dihasilkan adalah kombinasi putih biru Aqua Friends. Dan satu lagi, Yamano P600 memiliki panjang sekitar 54cm, lampu aquarium ini cocok untuk ukuran 50-60cm.

Yamano P400

Selanjutnya ada Yamano P400, lampua aquarium satu ini juga tergolong led Aqua Friends. Dengan power listrik 5 watt, membuat lampu ini tidak begitu memakan daya listrik yang besar. Meskipun demikian, power led yang dimiliki pun terhitung besar yakni 10000 kelvin.

Panjang Yamano P400 lebih pendek daripada seri P600, yakni hanya 28cm. Sehingga lampu ini hanya bisa digunakan pada aquarium dengan ukuran kecil Aqua Friends.

Recent RCS-400N-7W Aquarium Fluorescent Lamp

Seri selanjutnya dari Recent adalah versi neon. Memiliki panjang 40cm, sehingga bisa kalian gunakan untuk aquarium yang berukuran sedang. Keunggulannya, Recent RCS-400-7W ini memiliki tiga warna yang dihasilkan Aqua Friens. Hal tersebut akan membuat aquarium kalian akan lebih berwarna.

AquaMaxx NemoLight LED Fixture

Untuk lampu yang satu ini didesain khusus untuk aquarium berukuran besar Aqua Friends. Karena Panjang dari lampu ini sekitar 1 meter. Bracket atau kaki juga dapat disesuaikan dengan ukuran aquarium, sehingga akan lebih mudah saat dipasang.

Memiliki daya listrik 36 watt  dan 8000 Kelvin power led, AquaMaxx NemoLight LED Fixture bisa menjadi salah satu pilihan kalian. Keunikannya adalah, lampu ini memiliki controller yang bisa mensimulasikan warna lampu layaknya sunrise ataupun sunset.

Sebelum membeli lampu-lampu tersebut, tentu kalian perlu memperhatikan beberapa hal di atas Aqua Friends. Mulai dari efek hingga faktor-faktor seperti ukuran aquarium, tanaman dan ikan yang ada di dalam aquarium. Dari ketiga jenis dan tujuh referensi merk lampu aquarium di atas, kira-kira kalian pilih yang mana nih?.

Oke, mungkin itu saja pembahasan kita seputar jenis lampu, harga, dan berbagai hal mengenai lampu aquarium. Semoga bisa menambah pengetahuan dan referensi kalian yah. Terima kasih sudah berkunjung ke Aquapedia.id.

Originally posted 2020-03-31 06:43:20.

Hai! Aku Ade, alumni Informatika - Universitas Muhammadiyah Surakarta. Tertarik dengan dunia ikan dan aquascape dan tentu dengan hal-hal menarik lainnya. Mari berteman! :)

Tinggalkan komentar