Louhan Cencu

Louhan Cencu โ€“ Dari berbagai jenis ikan louhan, Cencu merupakan salah satu yang populer dikalangan pecinta Louhan. Di Indonesia, Louhan Cencu sering dikenal dengan nama Louhan Mutiara, karena memiliki ciri khas berupa corak bintik-bintik putih yang memenuhi hampir di seluruh tubuhnya.

Selain itu, Louhan jenis ini memiliki warna yang menarik Aqua Friends. Di pasaran ataupun dikalangan penghoby, yang sering dijumpai dari jenis Cencu adalah berwarna merah ataupun merah kekuningan. Dari segi harga pun, kita tidak bisa menganggapnya sepele. Untuk seekor Cencu juara, bisa mencapai harga puluhan juta rupiah lhoh.

Nah, pada artikel ini, kita akan membahas beberapa hal yang berkaitan dengan Louhan Cencu. Mulai dari mengenal karakternya, cara merawatnya, ragam jenisnya, hingga harga anakan ataupun yang sudah dewasa. Oke, simak pembahasan di bawah ini.

Mengenal Ikan Louhan Cencu

mengenal louhan cencu

Kita perlu bangga dengan jenis Louhan ini, perlu kalian ketahui bahwa jenis Cencu merupakan Louhan asli dari Indonesia Aqua Friends. Jika disandingkan dengan berbagai jenis Louhan lain, kecantikan dan keunikannya pun tak akan kalah.

Secara umum, ciri khas dari Louhan Cencu adalah warna pada tubuhnya yang didominasi dengan warna merah. Dilengkapi dengan corak berupa bintik-bintik putih ataupun guratan yang menyerupai akar. Ada beberapa yang ditemui, juga memiliki corak yang menyerupai huruf kanji (huruf jepang) berwarna hitam pada bagian tengah tubuhnya. Semakin terlihat jelas corak tersebut, maka semakin unik.

Untuk mengenal ciri-ciri yang lebih detail dari jenis ini, simak penjelasan berikut Aqua Friends.

Ciri-Ciri Ikan Louhan Cencu

ciri-ciri louhan cencu

Selain bisa dilihat dari warna dan corak pada tubuhnya, ada beberapa hal yang bisa kalian pelajari untuk mengenal ciri-ciri Louhan Cencu secara detail.

  • Sirip

Pertama, kalian bisa memperhatikan bagian sirip pada ikan ini. Jika dilihat dengan cermat, sirip pada jenis ini bersifat lunak, berukuran lebar dan lumayan panjang jika dibandingkan dengan jenis lain.

Pun juga dari sirip ini, kita bisa mengetahui umur dari Louhan ini Aqua Friends. Jika sirip sudah menguncup seperti ikan Cupang, maka bisa dibilang usia Louhan tersebut sudah cukup berumur alias tua.

  • Body Marking

Sudah author sebutkan di atas, bahwa ada beberapa dari jenis ini yang memiliki tanda atau corak berwarna hitam pada bagian tengah tubuhnya. Nah, ciri tersebut dikategorikan menjadi tiga grade atau tingkatan. Yakni, grade A, grade B, dan grade C. Dari masing-masing grade tersebut memiliki cirinya masing-masing Aqua Friends.

Pada jenis Grade A, corak tersebut bisa memanjang dari ekor hingga bagian pipinya. Sedangkan Grade B, corak tersebut hanya memanjang dari ekor hingga bagian tengah tubuhnya. Lalu untuk Grade C sendiri, corak tersebut tidak begitu konsisten, mungkin hanya ada satu atau dua pada tubuhnya.

Corak yang telah disebutkan tadi, bisa saja hilang saat Louhan menginjak usia dewasa Aqua Friends. Nah, ada simpel tips dari author untuk mengatasi hal tersebut. Saat memilih anakan atau bakalan Louhan, pilihlah anakan yang sudah memiliki bakal body marking, jadi tidak hanya jenong-nya saja. Pun juga, body marking tersebut perlu kalian perhatikan, usahakan memilih louhan dengan body marking yang dikelilingi dengan warna abu-abu yang mengkilap. Nah, saat menginjak dewasa nanti pun kalian tak perlu mengkhawatirkan hal ini.

  • Head Marking

Salah satu ciri yang membedakan Louhan Cencu dengan jenis Louhan lain adalah tanda berupa warna/bintik hitam pada bagian kepalanya. Nah, saat memilih anakan atau bakalan jenis ini, kalian perlu teliti. Biasanya para pedagang ikan tidak memperhatikan ciri-ciri tersebut. Sehingga bisa jadi anakan/bakalan tersebut bukanlah dari jenis Cencu, melainkan jenis Red Devil.

Karena saat masih anakan, kedua jenis ini (Cencu dan Red Devil) memiliki ciri yang sama, mulai dari body marking ataupun bentuk tubuhnya.

Jenis Ikan Louhan Cencu

Secara umum, Louhan Cencu terbagi menjadi dua jenis Aqua Friends. Ada Cencu Klasik dan juga Cencu Modern, jenis-jenis tersebut berdasarkan warna, ukuran, dan juga corak pada tubuhnya. Untuk mengetahui lebih lengkap dari kedua jenis tersebut, simak berikut ini.

Baca Juga: 11 Jenis Ikan Louhan Lengkap dengan Harga dan Cara Perawatannya

Cencu Klasik

 

Dari segi ukuran, jenis ini memiliki struktur tubuh yang lebih besar. Namun, jenong pada jenis ini tidak begitu besar. Selain itu, ada beberapa ciri lain dari Louhan Cencu Klasik. Seperti halnya warna pada Cencu Klasik dominan merah menyala. Hal tersebutlah yang menjadi keunggulan dan nilai ples dari jenis ini.

Pun juga, corak mutiara atau bintik-bintik putih pada Cencu Klasik tidak begitu dominan. Dengan ukuran tubuhnya yang lebih besar, Cencu Klasik memiliki bentuk tubuh yang seolah-olah berbentuk bulat/eclipse. Dan satu lagi, sirip pada ikan ini tidak mudah layu Aqua Friends.

Cencu Modern

cencu modern

Berbeda dengan jenis Klasik, keunikan dari Cencu Modern adalah pada tubuhnya terdapat gradasi dari dua warna yang berbeda. Warna tersebut juga tak kalah cantik dengan jenis Klasik Aqua Friends. Dari segi ukuran jenong, sudah tentu jenis Modern ini memiliki jenong yang lebih besar. Bahkan saat usia anakan, sudah Nampak bakal jenong dari ikan ini.

Dari segi corak ataupun pola pada tubuh, jenis ini memiliki bintik putih atau mutiara yang cukup dominan. Mulai dari bagian ekor hingga bagian kepala, bahkan terkadang bisa sampai pada bagian jenongnya.

Selain itu dari bentuk tubuhnya, Cencu Modern memiliki bentuk tubuh yang menyerupai persegi Aqua Friends. Sehingga akan Nampak seolah-olah memanjang ke belakang.

Baca Juga: Mengenal Lebih Dekat dengan Louhan Kamfa, Si Cantik dari Asia!

Harga Ikan Louhan Cencu

Di pasar Indonesia, harga ikan Louhan Cencu tidak begitu stabil Aqua Friends. Hal tersebut dipengaruhi oleh beberapa faktor, bisa jadi salah satunya karena kompetisi atau lomba ikan Louhan. Sehingga mempengaruhi harga jual ikan Louhan.

Namun yang paling sering ditemui, harga Louhan Cencu berkisar pada angka Rp 750.000 untuk usia dewasa. Sedangkan untuk Cencu anakan, biasa dijual dengan harga Rp 150.000.

Satu hal yang perlu kalian ketahui, harga anakan ikan Louhan Cencu dipengaruhi oleh beberapa faktor lhoh. Semakin bagus bibit Louhan, maka semakin mahal harganya.

Tips Memilih Bibit Ikan Louhan Cencu

cara memilih anakan louhan srd

Berhubung sudah author sebutkan, jika harga anakan Louhan Cencu dipengaruhi oleh beberapa faktor. Nah, berikut tips memilih bibit unggul Cencu, sehingga kalian tidak akan kebingungan ataupun tertipu saat membelinya. Simak baik-baik Aqua Friends.

  • Pertama, pilihlah bibit yang memiliki anggota tubuh sempurna ataupun tidak cacat. Mulai dari sirip hingga ekor.
  • Lalu, pilihlah bibit yang memiliki bentuk tubuh panjang, bulat ataupun kotak.
  • Bagi kalian yang mengharapkan bibit yang cepat memiliki jenong, maka pilihlah bibit Louhan yang sudah memiliki bakal Setidaknya sudah mulai timbul benjolan kecil pada bagian kepalanya. Ciri ini bisa kalian lihat saat Louhan Cencu setidaknya sudah berukuran 10 cm.
  • Pilihlah bibit yang memiliki mental bagus, mental yang dimaksud disini dari segi agresifitasnya Aqua Friends. Untuk mengetahui hal ini kalian bisa mengetesnya dengan jari, bisa dari luar aquarium ataupun memasukan ujung jari kalian ke permukaan air. Jika bibit tersebut menghampiri, maka sudah dapat dipastikan jika bibit tersebut tergolong unggul.

Empat hal di atas yang perlu kalian pertimbangkan dalam memilih bibit Louhan Cencu yang bagus Aqua Friends. Lalu, bagaimana cara merawat anak atau bibit Louhan Cencu yang baik? Oke, kita lanjut pembahasannya.

Cara Merawat Anakan Ikan Louhan Cencu yang Benar

merawat louhan cencu

Dalam perawatan harian, ada tips yang bagus dari author nih Aqua Friends. Agar ikan yang kalian pelihara bisa tumbuh dengan baik dan sehat hingga dewasa. Check it out!

Aquarium untuk Anakan Louhan

Jika kalian memelihara beberapa ekor anakan Louhan, katakanlah 3 hingga 5 ekor, pilihlah ukuran aquarium yang mampu menampung setidaknya 15-20 liter air. Hal tersebut dimaksudkan untuk mempermudah pergerakan anakan Louhan. Sehingga anakan ikan bisa aktif berenang bebas dan juga menjaga sifat agresifitasnya. Setelah kalian memilih aquarium yang tepat, maka selanjutnya kita bahas seputar pakan yang bagus.

Makanan Anakan Louhan

Pakan memang menjadi salah satu faktor utama yang berpengaruh dalam pertumbuhan Louhan Cencu, selain lingkungannya. Karena yang kita pelihara adalah anakan Louhan, maka perhatikan kandungan nutrisi dari pakan yang kita berikan. Untuk pakan harian, kalian bisa memberikan pakan komersial berupa pelet.

Ada beberpa jenis pelet yang bagus untuk anakan Louhan, seperti halnya Pelet Okiko Platinum Head Huncher, Pelet Tetra Louhan, Pelet Akari Super Red Louhan, Pelet Yukari Super Red, dan sebagainya. Untuk menunjang pakan harian tersebut, dibutuhkan juga pakan alami untuk anakan Louhan. Agar nutrisi yang dibutuhkan bisa terpenuhi dengan maksimal.

Nah, rekomendasi pakan alami untuk anakan Louhan Cencu yang bagus Aqua Friends.

Jenis Pakan

Nutrisi

Cara Memberikan

Cacing (sutra atau beku)Memiliki kandungan protein yang bagus untuk ikan.Bersihkan cacing terlebih dahulu sebelum diberikan. Selanjutnya berikan cacing tersebut dengan porsi 3 hari sekali.
JangkrikKandungan lemak yang rendah dan memiliki protein yang cocok untuk ikan.Bersihkan kaki bagian belakang dan juga kepala jangkrik sebelum di berikan. Sama seperti cacing, berikan jangkrik dengan porsi 3 hari sekali.
Potongan udangSelain dikenal dengan kandungan protein yang tinggi, udang juga memiliki kandungan kalsium yang sangat bagus untuk pertumbuhan ikan.Bersihkan bagian kepala dan kulit udang, usahakan berikan udang yang bersih (hanya dagingnya saja).

Kalian bisa memberikan udang dengan porsi seminggu sekali.

Selain itu, dalam pemberian makanan harian kalian juga harus melatih mental anakan Louhan. Agar saat dewasa, ikan terbiasa dengan pemiliknya dan agresifitasnya pun terjaga. Karena pada dasarnya ikan ini tergolong sebagai ikan hias predator.

Baca Juga: Mengenal Ciri Louhan SRD, Berikut Jenis dan Harganya

Membentuk Mental Anakan Louhan Cencu

Berkali-kali author telah menyebutkan terkait agresifitas ikan Louhan. Nah, untuk membentuk mental yang bagus kalian bisa memulainya sejak dini Aqua Friends.

Jika ada salah satu ikan kalian yang sudah terlihat memiliki mental yang kurang baik. Maka cara yang tepat untuk mengatasi hal ini, tempatkan dalam aquarium yang terpisah. Dengan begitu, ikan tersebut bisa merasa tenang dan kita bisa mulai membentuk mentalnya.

Ada beberapa alat yang bisa digunakan untuk membantu kita dalam membentuk mental si anakan Louhan Cencu. Salah satunya adalah kayu, gunakan kayu berukuran kecil, setidaknya berukuran jari telunjuk. Lantas dengan kayu tersebut mainkan di dalam aquarium, namun jangan terlau kasar.

Selanjutnya, gunakan cermin untuk melatih anakan ikan Louhan. Cara kerjanya mirip dengan melatih mental ikan Cupang Aqua Friends. Pun juga, kalian bisa menggunakan jari kalian untuk melatih mental anakan ikan tersebut.

Dari segi memberikan makan juga berpengaruh lho dalam membentuk mental Louhan. Caranya berikan langsung dengan mendekatkan tangan kalian di permukaan air. Jika Louhan berani menyambarnya, maka sudah dapat dipastikan ikan tersebut memiliki mental yang bagus.

Bagaimana Aqua Friends, sudah mulai tertarik untuk memelihara Louhan Cencu? Jenis ini menjadi salah satu ikan Louhan yang patut dipertimbangkan untuk dipelihara lhoh. Selain memberikan pesona keindahan, bisa jadi ikan ini akan menjadi asset berharga untuk kalian.

Oke, mungkin itu saja pembahasan kita mengenai Louhan Cencu. Jika kalian memiliki saran ataupun kritik, dan juga pengalaman seputar ikan ini. Jangan ragu untuk share melalui kolom komentar di bawah yah. Semoga artikel ini bisa menambah pengetahuan dan dan referensi kalian.

Terima kasih. ?

Originally posted 2020-04-09 20:32:48.

Hai! Aku Ade, alumni Informatika - Universitas Muhammadiyah Surakarta. Tertarik dengan dunia ikan dan aquascape dan tentu dengan hal-hal menarik lainnya. Mari berteman! :)

Tinggalkan komentar