Louhan Kamfa

Dari berbagai jenis ikan louhan, jenis Louhan Kamfa merupakan salah satu yang populer. Pada tahun 2000an mulai banyak peternak yang membudidayakan louhan jenis ini. Karena warnanya yang cantik dan juga keunikan bentuk tubuhnya, membuat jenis Kamfa lumayan menguntungkan bagi beberapa kalangan. Ciri khas yang terdapat pada ikan ini adalah warnanya yang cerah dan jenongnya yang cenderung besar.

Aqua Friends, tentu kalian pernah tahu tentang demam louhan yang melanda Indonesia. Ketika musim tersebut tiba ada begitu banyak orang yang berbondong-bondong untuk membeli ikan ini. Bahkan anak-anak kecil tidak mau kalah untuk memiliki ikan satu ini. Tidak hanya di toko ikan ternama saja, penjual ikan di pinggiran jalan juga ramai pembeli. Dan, salah satunya adalah ikan louhan kamfa.

Bagi sebagian besar orang yang tinggal di kawasan Asia, ikan yang identik dengan bentuk kepala jenong ini dapat membawa hoki bagi pemiliknya. Tidak heran rasanya jika banyak orang berlomba-lomba untuk memiliki ikan ini. Saking banyaknya orang yang mengalami demam louhan, maka satu ekor ikan louhan bisa dijual dengan harga selangit. Bahkan bisa mencapai kisaran ratusan juta rupiah.

Karakteristik Louhan Kamfa

Siapa yang tidak kenal dengan ikan louhan jenis ini? Tahukah kalian bahwa ikan louhan ini adalah salah satu jenis louhan tercantik sekaligus termahal yang ada di dunia. Bahkan kemahalan jenis ikan louhan ini begitu tersohor hingga ke daratan Eropa. Ketika dunia tengah dilanda demam louhan, jenis kamfa dewasa ini bisa mencapai harga 10 jutaan. Lantas, mengapa ikan ini bisa begitu mahal?

Tentu kalian tahu bahwa jenis louhan ini memiliki corak warna begitu cantik dengan tambahan bentuk fisik yang begitu elegan. Oleh karena itu, tidak heran jika louhan yang berasal dari Thailand ini memiliki harga jual begitu mahal. Bahkan di negara asalnya tersebeut, louhan jenis ini dijadikan sebagai andalan ikan perlombaan sekaligus penghias aquarium rumahan.

Ikan louhan yang begitu banyak memenangkan perlombaan tentu bisa semakin meroket harganya. Bagi kalian yang ingin mencari louhan jenis ini sebagai peliharaan aquarium maka perlu cermat dalam menentukan pilihan. Terlebih lagi jika kalian ingin membeli louhan jenis ini dengan usia yang muda atau masih anakan.

Tahukah kalian bahwa sebenarnya memelihara louhan jenis ini terbilang cukup susah. Ini mengingat bahwa louhan jantan jenis ini relatif cukup lama guna mencapai kematangan fungsi seksual. Untuk mencapai kematangan ini seekor louhan jantan jenis kamfa membutuhkan waktu setidaknya hingga mencapai 2 tahunan. Selain itu, terdapat sejumlah persoalan terkait kesuburan bagi louhan jantan.

Ketika kalian ingin membudidayakan louhan jenis ini, maka kalian perlu memilih louhan jantan yang mempunyai mata merah maupun kuning. Menurut kabar, louhan jantan semacam ini kemungkinan besar memiliki tingkat kesuburan lebih tinggi dibandingkan dengan louhan jantan bermata putih. Jangan lupa bahwa louhan jantan nampak lebih galak sehingga kalian perlu ekstra usaha untuk membudidayakannya.

Ciri-ciri Louhan Kamfa

Louhan jenis kamfa muncul di Indonesia sejak tahun 2001. Ikan ini adalah bentuk hibrid dari jenis flowerhorn yang disilangkan dengan jenis louhan lain bergenus vieja. Perkawinan silang ini kemudian membawa perubahan yang cukup menarik jika dilihat dari segi bentuk yakni bagian mulut yang lebih pendek, wrap tail, kecekungan mata hingga bagian jenong yang relatif lebih besar.

Rincian ciri-ciri louhan ini dapat dijelaskan sebagai berikut.

Bagian kepala

Ikan louhan yang juga dikenal dengan nama chingwa ini dapat dilihat perbedaan cukup mencolok dari louhan jenis lain pada bagian kepala. Kepala louhan ini cenderung tidak memiliki marking (walaupun tidak mutlak). Selain itu bentuk bibirnya juga lebih kecil jika dibandingkan dengan louhan jenis lain seperti cencu. Bibir louhan ini lebih tertutup serta memiliki bagian bibir atas dan bawah yang rata.

Bentuk tubuh

Ideal bentuk tubuh louhan chingwa inu berbentuk kotak. Sementara itu juga, ikan ini mempunyai sirip dan ekor cukup kaku (lebih keras). Bagian ekor berwujud nyaris menyerupai kipas yakni nampak begitu rapat dengan sirip. Bahkan kekakuan sirip louhan jenis ini sudah begitu nampak sejak kecil. Terlebih lagi ketika louhan ini tengah beraktivitas.

Kemudian, sisi ekor yang mengembangkan layaknya kipas akab bertambah rapat siripnya ketika semakin membesar. Tidak heran jika bagian ini disebut sebagai wrap tail atau sirip yang menutup.

Karakteristik umum

Louhan jenis ini dikenal sangat agresif atau galak apabila dibandingkan dengan jenis louhan lain. Ikan ini juga sangat menyukai air yang telah lama diendapkan setidaknya dalam kisaran waktu 24 jam. Tingkat pH ideal air untuk memelihara sebuah ikan louhan jenis kamfa ini ialah 7,5 dengan suhu berkisar antara 26 sampai 28 derajat celcius.

Baca Juga: 11 Jenis Ikan Louhan Lengkap Beserta Harga Terbaru

Macam-Macam Louhan Kamfa dan Harganya

Aqua Friends, tahukah kalian bahwa terdapat tiga macam ikan louhan jenis kamfa yang bisa menjadi salah satu pilihan peliharaan di aquarium rumah. Macam-macam ikan louhan tersebut di antaranya ialah louhan king kamfa, louhan klasik kamfa dan louhan modern kamfa.

Louhan King Kamfa

king kamfa

Louhan king kamfa adalah pengembangan dari jenis kamfa oleh pembudidaya louhan dari Thailand serta berharga paling mahal di dunia. Harga jual ikan louhan jenis ini dewasa bisa mencapai Rp.4.500.000,00 setiap ekornya. Bahkan anakan king kamfa saja bisa mencapai harga Rp.600.000,00 per ekor.

Ciri-ciri ikan louhan king kamfa di antaranya mempunyai bentuk jenong yang jauh lebih besar dibandingkan jenis kamfa lainnya. Selain itu, terdapat bintik-bintik mutiara pada bagian tubuhnya yang cenderung lebih banyak, rapih dan besar. Tubuhnya juga mempunyai dominasi warna silver.

Baca Juga: Mengenal Louhan Cencu Beserta Jenis dan Harganya

Louhan Klasik Kamfa

klasik kamfa

Louhan klasik kamfa mempunyai dua warna saja pada bagian tubuhnya. Mulai dari bagian kepala sampai tengah tubuh berwarna merah sementara itu bagian tengah sampai ekor berwarna silver keputihan atau kuning.

Ikan louhan jenis ini memiliki harga jual sekitar Rp.3000.000,00 per ekor untuk dewasa. Sementara anakan louhan klasik kamfa dijual seharga Rp.400.000,00 per ekornya.

Lohan Modern Kamfa

Jenis modern kamfa begitu mirip dengan klasik kamfa Aqua Friends. Yang membedakannya adalah ukuran tubuh relatif lebih kecil berikut dengan jenong kepalanya.

Sayangnya, louhan jenis ini termasuk yang paling langka. Tidak heran jika harganya relatif lebih mahal. Satu ekor louhan modern dewasa dijual dengan harga Rp.4000.000,00 sementara untuk anakan dijual dengan harga Rp.500.000,00 per ekor.

Meskipun memelihara louhan kamfa bukan merupakan hal yang mudah, namun jika dilihat berdasarkan keuntungan nampaknya patut kalian pertimbangkan.

Selain itu, dengan memelihara louhan juga memiliki mitos sebagai simbol hoki. Jangan lupa rawat baik-baik louhan peliharaan kalian, ya! Pastikan memperlakukannya layaknya keluarga sendiri.

Oke, mungkin itu saja pembahasan kita seputar louhan kamfa Aqua Friends.Semoga bisa menambah pengetahuan dan referensi kalian tentan topik tersebut. Terima kasih sudah berkunjung di Aquapedia. Sampai jumpa di pembahasan berikutnya. 🙂

Originally posted 2020-03-30 06:40:28.

Hai! Aku Ade, alumni Informatika - Universitas Muhammadiyah Surakarta. Tertarik dengan dunia ikan dan aquascape dan tentu dengan hal-hal menarik lainnya. Mari berteman! :)

Tinggalkan komentar