Louhan SRD (Super Red Dragon)

Louhan SRD – Salah satu jenis Louhan termahal yang ada di pasaran adalah jenis SRD (Super Red Dragon). Dikarenakan, Louhan SRD memiliki ciri khas berupa jenong yang relative lebih besar dibandingkan dengan jenis louhan lain. Perlu kalian ketahui, bahwa yang terkenal dari jenis ini adalah SRD yang berasal dari Thailand Aqua Friends.

Memiliki ciri khas yakni berwarna merah seperti bunga mawar yang merona, dengan gradasi merah muda di bagian ekornya. Bahkan di pasaran, harga ikan Louhan SRD dewasa bisa dibanderol dengan harga hingga jutaan rupiah. Bisa lebih mahal apabila jenong pada ikan ini berukuran lebih besar.

Mengenai hal tersebut, Aquapedia akan membahas mengenail hal-hal seputar kecantikan ikan Louhan Super Red Dragon ini. Berikut lebih lengkapnya.

Mengenal Ikan Louhan SRD

mengenal louhan srd

Ikan yang pertama kali dipopulerkan di Thailand ini, mulai menyebar ke seluruh penjuru dunia. Mulai dari Eropa hingga Indonesia. Bahkan dari kalangan kita sudah ada yang mencoba membudidayakan jenis ini, sehingga muncul jenis yang dikenal dengan Super Red Dragon Lokal.

Secara sekilas, tampilan Louhan SRD menyerupai jenis Louhan Cencu, karena pada dasarnya louhan ini merupakan hasil keturunan Louhan Cencu yang disilangkan dengan jenis Cichlid lain.

Keunikan dari SRD jika dibandingkan dengan Cencu, adalah gradasi dua warna yang terdapat pada tubuhnya. Mulai dari kepala hingga ekor, pun juga yang menjadi kebanggan dari jenis ini adalah ukuran jenong yang lebih besar Aqua Friends.

Awal mula kedatangan Louhan SRD di Indonesia, tidak begitu dikenal oleh masyarakat kita. Namun, saat seorang peternak dari Sumatera membudidayakannya, dan mulai memasok hasil breeding-nya ke berbagai daerah. Ikan ini mulai terkenal dan banyak dicari oleh penggemar ikan hias.

Untuk mengenal ciri-ciri dari jenis louhan ini, cek pembahasan berikut.

Ciri-Ciri Ikan Louhan SRD

ciri-ciri louhan srd

Warna

Seperti yang sudah disebutkan di atas, daya tarik tertinggi dari Louhan SRD adalah warna tubuhnya. Jika kualitas Louhan tersebut bagus, maka akan memiliki dua warna dengan membentuk gradasi yang indah.

Pada bagian kepala hingga bagian tengah tubuhnya akan berwarna merah terang. Sedangkan bagian lainnya hingga ekor, terdapat warna merah muda ataupun kuning hingga abu-abu yang lembut.

Pun juga, jenis ini memiliki body marking  yang cukup unik. Yakni berupa garis hitam yang melintang secara horizontal dari bagian kepala hingga ekornya.

Bentuk Tubuh

Saat usia dewasa, ikan ini bisa tumbuh hingga sepanjang 40 cm Aqua Friends. Dihitung dari jenong kepala hingga bagian ekornya. Jika diamati dengan cermat, bentuk tubuh Louhan SRD menyerupai persegi panjang yang unik, besar dibagian kepala dan mengecil dibagian ekornya.

Selain itu, bentuk siripnya pun relative besar. Menyerupai kipas berukuran panjang dan lemah gemulai saat digunakan untuk berenang. Sehingga menambah kesan elegan dari ikan louhan jenis ini.

Mata

Yang lain dari Louhan SRD adalah warna mata yang dimilikinya Aqua Friends, yakni berwarna merah menyala. Semakin baik kualitas louhan tersebut, maka warna matanya semakin tajam. Namun, ada beberapa juga yang memiliki mata yang berwarna putih.

Semakin tajam warna merah tersebut, maka harganya pun akan semakin mahal. Karena hal inilah yang menjadi salah satu ciri khas dari jenis Louhan ini.

Baca Juga: Mengenal Lebih Dekat dengan Louhan Kamfa, Si Cantik dari Asia!

Jenis Ikan Louhan SRD

Secara umum, Louhan SRD hanya dibedakan menjadi dua jenis saja. Yakni import dari Thailand dan lokal, dari segi harga tentu lebih mahal SRD yang berasal dari Thailan Aqua Friends. Karena dari segi penampilan pun terdapat perbedaan yang cukup signifikan. Berikut author sampaikan beberapa hal mengenai kedua jenis Louhan SRD tersebut.

Louhan SRD Lokal

Louhan SRD lokal

 

Jenis SRD lokal merupakan hasil pengembangan dari peternak kita sendiri, dengan kawin silang dan juga replika genetik. Dengan begitu menghasilkan Louhan SRD yang memiliki warna dan bentuk fisik tubuh yang berbeda dengan jenis Thailand.

Umumnya, SRD lokal akan memiliki warna yang tidak begitu terang dengan jenis Thailand. Tetapi, tetap memiliki gradasi dari dua warna yang berbeda. Selain itu, ukuran tubuh dan jenongnya pun relative lebih kecil Aqua Friends.

Louhan SRD Thailand

louhan super red dragon thailand

Mungkin ciri khas dari jenis ini sudah banyak disebutkan di atas, Yap! SRD Thailand berbeda dengan jenis lokal. Mulai dari warna, bentuk tubuh, ukuran jenong, pun juga harganya.

Dari segi warna, SRD Thailand memiliki gradasi warna yang berwarna lebih cerah dan menyala. Antara perpaduan warna merah, kuning, merah muda, hingga abu-abu. Sedangkan bentuk tubuhnya pun relative lebih besar dengan body marking yang konsisten dan berwarna tebal.

Harga Ikan Louhan SRD

Untuk seekor Super Red Dragon harganya pun cukup variative. Bisa berdasarkan usia, ukuran dan jenisnya Aqua Friends. Umumnya, seekor SRD Lokal dewasa bisa dihargai Rp 1.000.000 hingga Rp 1.500.000. sedangkan SRD Thailand dewasa bisa berharga mulai dari Rp 2.000.000 hingga Rp 5.000.000.

Nah, berikut author sampaikan bebera referensi harga Louhan SRD, mulai anakan hingga dewasa berdasarkan ukurannya.

Jenis dan Ukuran

Harga

Jenis Thailand uk. 5cmRp 150.000
Jenis Lokal uk. 5cmRp 50.000
Jenis Thailand uk. 10cmRp 300.000
Jenis Lokal uk. 10cmRp 100.000
Jenis Thailand uk. 15cmRp 750.000
Jenis Lokal uk. 15cmRp 250.000
Jenis Thailand uk. 20cmRp 1.000.000
Jenis Lokal uk. 20cmRp 500.000
Jenis Thailand uk. 30cmRp 2.000.000
Jenis Lokal uk. 30cmRp 1.000.000

Daftar harga tersebut bersifat fluktuatif, sehingga bisa mengalami penurunan ataupun kenaikan dalam jangka waktu tertentu Aqua Friends. Namun, dengan begitu kalian bisa mengira-ngira budget yang dibutuhkan untuk membeli Louhan SRD. Harga-harga tersebut tentu sudah termasuk untuk usia anakan ataupun dewasa.

Baca Juga: Louhan Cencu: Jenis, Harga, dan Tips Merawat

Tips Memilih Anakan Ikan Louhan SRD

cara memilih anakan louhan srd

Jika kalian ingin menghemat pengeluaran, tentunya mulailah memelihara dari usia anakan. Dengan begitu harga yang kalian dapatkan pun jauh lebih murah, pun juga kalian bisa menikmati prosesnya.

Nah, berikut tips dari author untuk memilih anakan Louhan SRD berkualitas baik. Check it out!

  • Pertama, pilihlah anakan yang memiliki anggota tubuh sempurna, mulai dari sirip hingga ekor. Pun juga cukup aktif bergerak dan tidak lemas di dalam aquarium.
  • Kedua, pilihlah anakan yang memiliki bentuk tubuh panjang yang menyerupai bentuk persegi panjang.
  • Untuk mempercepat tumbuhnya jenong, maka pilihlah anakan Louhan yang sudah memiliki bakal jenong. Kalian bisa melihat ciri ini pada Louhan yang sudah berukuran minimal 10 cm.
  • Pilihlah bibit yang memiliki mental yang baik. Hal tersebut bisa diketahui dengan beberapa cara. Salah satunya dengan memasukan ujung jari kalian ke dalam aquarium.

Empat hal di atas yang perlu kalian perhatikan dalam memilih bibit Louhan SRD berkualitas baik.

Dalam perawatan hariannya pun tidak begitu rumit. Kalian cukup menyediakan aquarium berukuran ideal untuk si Louhan, pun juga menjaga kebersihan air di dalam aquarium. Untuk menambah kualitas air tersebut, kalian bisa menggunakan filter aquarium dan juga aerator. Sehingga supply oksigen dan sirkuasi air bisa berjalan dengan baik.

Untuk mengetahui berbagai jenis dan perawatan ikan Louhan lain secara lengkap, kalian bisa cek di artikel ini Aqua Friends: Berbagai Jenis dan Harga Ikan Louhan Terbaru.

Oke, mungkin itu saja pembahasan kita mengenai Louhan Super Red Dragon. Jika kalian memiliki pengalaman seputar Louhan ini, jangan ragu untuk share di kolom komentar yah. ?

Terima kasih.

Originally posted 2020-04-10 08:31:22.

Hai! Aku Ade, alumni Informatika - Universitas Muhammadiyah Surakarta. Tertarik dengan dunia ikan dan aquascape dan tentu dengan hal-hal menarik lainnya. Mari berteman! :)

Tinggalkan komentar