Makanan Ikan Arwana

Makanan Ikan Arwana – Meskipun harga Ikan Arwana terhitung mahal, namun perawatan hariannya pun cukup murah dan simpel. Bagi pemelihara Arwana, tentunya mengharapkan ikan peliharaannya tumbuh besar dan sehat.

Salah satu faktor penting yang perlu diperhatikan adalah asupan nutrisi sehari-hari. Untuk menunjang hal tersebut tentu kalian perlu memberikan makanan ikan Arwana yang tepat. Ada berbagai macam pakan yang bisa diberikan, mulai dari pakan pabrikan hingga pakan alami.

Dari berbagai jenis ikan Arwana, makanannya pun tak jauh berbeda Aqua Friends. Dilansir dari modestfish.com, ada beberapa jenis makanan yang cukup efektif dalam pertumbuhan Ikan Arwana.

Nah, pada kesempatan kali ini kita akan membahas berbagai jenis makanan Ikan Arwana agar cepat besar dan sehat. Simak baik-baik yah.

Makanan Pabrikan

Dimulai dari jenis pakan pabrikan, ada beberapa rekomendasi yang bisa author berikan pada kalian. Untuk memberikan jenis makanan ini, menurut author aman-aman saja jika digunakan untuk sehari-hari. Berikut daftar makanan Arwana pabrikan yang bisa kalian jumpai dengan mudah di pasaran.

Tetra Arowana

tetra arowana

Harga: Rp 150.000 – Rp 300.000 (tergantung ukuran)

Meskipun diproduksi oleh pabrik, Tetra Arowana mengandung bahan-bahan alami seperti udang dan krill. Dengan begitu kebutuhan nutrisi Arwana bisa terpenuhi dengan baik. Pakan ini bisa kalian gunakan untuk jenis Red, Golden, Silver, Black dan Australian Arwana.

Meskipun harganya terhitung mahal, namun merk pakan ini cukup terkenal dan banyak digunakan oleh penggemar Arwana Aqua Friends. Dari segi keamanan dan mutunya pun sudah tentu terjamin.

Inch Gold – Large Arowana

Inch Gold – Large Arowana

Harga: Rp 230.000

Merk ini hanya tersedia dalam ukuran 1 kilogram, dari segi harga pun worth it Aqua Friends. Sehingga bisa cukup digunakan untuk kurun waktu kurang lebih 1 bulan. Tapi tergantung banyaknya Arwana yang dipelihara juga tentunya.

Kelebihan dari Inch Gold – Large Arowana adalah mengandung protein dengan jumlah yang cukup besar, sekitar 40%. Dengan begitu kebutuhan nutrisi ikan Arwana pun bisa terpenuhi dengan baik.

Akari Maggot Pro

Akari Maggot Pro

Harga: Rp 17.500

Jika kalian ingin berhemat, maka Akari Maggot Pro adalah pilihan yang tepat. Harga pakan ini relative murah Aqua Friends, seperti yang sudah disebutkan di atas. Namun, ukurannya pun tidak cukup besar/banyak, hanya 100 gram.

Meskipun dengan harga terjangkau, pakan jenis ini memiliki kandungan protein yang lebih tinggi dari merk sebelumnya, yakni 45%. Selain bagus untuk ikan Arwana, Akari Maggot Pro juga cocok diberikan untuk ikan Louhan, ikan Koi, dan berbagai ikan jenis predator lain.

Bio Top

Bio Top

Harga: Rp 22.500

Bio Top diproduksi tidak hanya untuk ikan Arwana Aqua Friends. Namun, juga bisa diberikan untuk jenis ikan karnivora lain yang memiliki ketergantungan terhadap pakan alami.

Jika dibandingkan dengan Akari Maggot Pro, pakan ini terbilang sedikit lebih mahal. Karena dengan harga tersebut berat pakan ini hanya 70 gram.

Divi Super Pellet

Divi Super Pellet

Harga: Rp 55.000

Divi Super Pellet merupakan salah satu suplemen makanan ikan Arwana yang cukup bagus. Dalam kandungannya, pakan ini mengandung berbagai jenis bahan alami. Seperti halnya, cumi, telur udang, dan tempurung kepiting. Sehingga memiliki kandungan protein yang tinggi dan cocok untuk pertumbuhan Ikan Arwana.

Selain itu, Divi Super Pellet juga mengandung hormone gurita yang difungsikan untuk mempercepat perubahan warna pada Arwana.

Baca Juga: 12 Jenis Ikan Arwana Terpopuler Lengkap dengan Harga [UPDATE!]

Makanan Alami

Setelah kita mengulas beberapa jenis makanan pabrikan untuk ikan Arwana, tentu kalian tak boleh melupakan asupan penunjangnya. Berikut daftar makanan alami yang cocok untuk membantu proses pertumbuhan Arwana. Simak baik-baik yah.

Ulat Hongkong

ulat hongkong untuk arwana

Ulat hongkong merupakan salah satu jenis makanan ikan Arwana yang popular Aqua Friends. Mulai dari peternak ataupun penghoby rumahan, banyak yang menggunakan ulat hongkong sebagai asupan alami untuk Arwana.

Untuk mendapatkannya pun cukup mudah, kalian bisa membelinya di toko burung ataupun toko ikan hias. Harganya juga sangat murah, hanya dengan Rp 5.000 kalian sudah bisa mendapatkan ulat hongkong yang lumayan banyak.

Dalam pemberiannya, cukup berikan 2 – 3 ekor ulat hongkong dalam sekali makan. Jika terlalu banyak, akan memberikan reaksi pencernaan yang kurang baik untuk Arwana. Sehingga bisa jadi menurunkan nafsu makan ikan peliharaan kalian.

Jangkrik

jangkrik

Jangkrik memang dikenal sangat bagus untuk pertumbuhan berbagai jenis ikan, tak terkecuali Ikan Arwana. Kandungan protein yang tinggi dan juga rendah lemak sangat cocok sebagai asupan nutrisi penunjang sehari-hari.

Cara memberikannya pun sangat mudah, sebelum diberikan pada Arwana cukup bersihkan bagian kepala dan kaki bagian belakangnya. Lalu kalian bisa memberikannya langsung pada ikan peliharaan kalian.

Usahakan berikan pakan ini dengan jari tangan kalian secara langsung dari permukaan air. Hal ini dimaksudkan untuk membentuk mental si Arwana Aqua Friends. Jika ikan kalian berani menyambar langsung, maka mentalnya pun sudah terbentuk dengan baik.

Kelabang

kelabang

Berbeda dengan jangkrik, memberikan kelabang pada Arwana tidak boleh setiap hari Aqua Friends. Karena hal tersebut akan membuat ikan kalian kecanduan. Untuk mendapatkan kelabang pun tak perlu repot mencarinya di alam, di berbagai marketplace layaknya Tokopedia ataupun Bukalapak sudah banyak yang menjualnya. Harganya pun relative murah, hanya Rp 4.000 – Rp 5.000 per ekor.

Kelabang memiliki kandungan Betacarotene yang sangat bagus untuk mempercantik warna Arwana. Untuk dosis kelabang, kalian cukup memberikan jenis pakan ini 1 – 2 kali dalam seminggu. Agar Arwana tidak kecanduan dan tetap mau melahap pakan lain yang diberikan.

Cicak

cicak

Sama seperti kelabang, memberikan cicak pada Arwana cukup 1 – 2 kali dalam seminggu Aqua Friends. Namun, tidak semua jenis Arwana doyan makan cicak, ada beberapa juga yang enggan memakan jenis pakan ini.

Dibanding dengan pakan-pakan sebelumnya, cicak memiliki porsi daging yang cukup banyak. Hal tersebut dimaksudkan untuk tetap menjaga agresifitas ikan Arwana. Jenis pakan ini pun tidaklah wajib, jika kalian tak sengaja mendapat cicak di dalam rumah, maka boleh diberikan pada si Arwana.

Udang Air

udang air untuk arwana

Udang memang selalu menjadi andalan untuk makanan berbagai jenis ikan. Terbukti ada beberapa jenis ikan yang doyan makan udang Aqua Friends, misalnya ikan Cupang, Peacock Bass, Louhan, Oscar, dan masih banyak lagi.

Udang memang dikenal memiliki kandungan protein dan rendah lemak yang bagus untuk pertumbuhan Arwana. Selain itu, cara mendapatkannya pun sangatlah mudah. Jika kalian enggan pergi ke pasar ataupun supermarket, kalian bisa membelinya di marketplace seharga Rp 60.000 per kilogram.

Kecoa

kecoa

Selain cicak dan kelabang, hewan liar yang ada disekitar rumah kita dan bisa diberikan pada ikan Arwana adalah kecoa Aqua Friends. Untuk pertumbuhan Arwana, kecoa memiliki vitamin dan protein yang bagus.

Selain itu, jika Arwana kalian mengalami masalah kurang nafsu makan, kecoa bisa menjadi obat untuk permasalahan tersebut.

Ikan Cere

ikan panchax

Ikan cere atau juga dikenal dengan sebutan cethul ini juga bagus untuk makanan harian Arwana. Untuk mendapatkannya pun cukup mudah, ikan ini biasa dijumpai di beberapa parit ataupun lingkungan persawahan.

Namun, jika kalian enggan mencarinya, kalian bisa membelinya di toko ikan ataupun marketplace. Di marketplace, biasanya ikan ini dijual sudah dalam bentuk beku. Harganya pun relative murah, hanya sekitar Rp 20.000 per 500 gram.

Kodok Kecil

kodok kecil

Terakhir, ada kodok yang bisa kalian gunakan sebagai asupan tambahan untuk Arwana. Namun, dalam memberikan jenis pakan ini kalian harus mempertimbangkan ukurannya Aqua Friends. Pilihlah kodok yang berukuran kecil atau masih usia anakan, dengan begitu Arwana bisa melahapnya dengan lancar.

Peran kodok sebagai pakan ikan Arwana mirip dengan cicak, bisa menambah asupan daging untuk ikan peliharaan kalian. Dalam memberikannya pun tak perlu setiap hari, cukup 1 – 2 kali dalam seminggu. Kalian bisa membeli kodok di beberapa marketplace Aqua Friends, harganya pun relatif murah, hanya Rp 8.000 – Rp 10.000 per 10 ekor.

Makanan Anakan Ikan Arwana

Anakan ikan Arwana memiliki perlakuan khusus untuk jenis pakannya. Tentunya, berikan jenis pakan yang berukuran kecil. Kalian bisa memberikan beberapa jenis pakan di atas untuk anakan Arwana. Mulai dari jangkrik, udang, ikan cere, ataupun pellet.

Nah, agar pemberian makan efektif dan bisa mempercepat pertumbuhan anakan Arwana kalian bisa memberikannya sebanyak 3 kali sehari, lebih jelasnya bisa ikuti cara-cara di bawah ini.

  • Saat pagi, kalian bisa memberikan 1 – 2 ekor jangkrik berukuran kecil ataupun potongan udang. Waktu yang ideal untuk memberikan sarapan untuk anakan Arwana adalah sekitar jam 7 pagi.
  • Saat siang hari, waktu yang ideal memberikan makan adalah sekitar jam 12 siang. Kalian bisa memberikan pellet pada anakan Arwana. Selain itu, kalian juga tetap boleh memberikan pakan sejenis jangkrik ataupun udang.
  • Terakhir, saat sore hari berikan jangkrik ataupun pellet. Waktu yang ideal sekitar pukul 6 sore ataupun pukul 7 malam.

Bagaimana Aqua Friends, sudah terjawab pertanyaan kalian mengenai makanan ikan Arwana? Author harap, artikel ini bisa menjawab permasalahan kalian, dengan begitu kalian bisa dengan tenang dalam merawat ikan Arwana kesayangan kalian. Jika kalian memiliki berbagai pengalaman dalam merawat ikan Arwana, jangan ragu untuk share di kolom komentar yah. ?

Oke, mungkin itu saja pembahasan kita seputar makanan ikan Arwana, semoga bisa menambah pengetahuan dan referensi kalian dalam merawat ikan Arwana kesayangan kalian.

Terima kasih sudah berkunjung di Aquapedia.id.

Originally posted 2020-04-11 08:38:12.

Hai! Aku Ade, alumni Informatika - Universitas Muhammadiyah Surakarta. Tertarik dengan dunia ikan dan aquascape dan tentu dengan hal-hal menarik lainnya. Mari berteman! :)

Tinggalkan komentar