Monyet Laut Ini Ternyata Pernah Viral

Mungkin dari Aqua Friends ada yang sudah mengetahui mengenai monyet laut, karena sudah beberapa bulan belakangan ini monyet laut memang sedang naik daun. Ada banyak berita, video dan artikel-artikel yang membahas mengenai monyet laut ini.

Namun ada juga Aqua Friends yang belum mengetahui apa itu monyet laut, bagaimana cirinya dan lain sebagainya yang menyangkut monyet laut.

Maka dari itu Aqua Friends bisa menyimak artikel kali ini agar dapat mengetahui lebih banyak mengenai monyet laut.

Mengenal Monyet Laut

Monyet Laut

Monyet laut ini sebenarnya diciptakan oleh seorang ilmuwan pada akhir tahun 1950an. Hewan ciptaannya ini bisa dijadikan sebagai hewan peliharaan yang bernama monyet laut. Tujuan diciptakannya monyet laut karena pada tahun 1950an, pasar Barat sedang menggandrungi hewan peliharaan, sehingga dengan diciptakannya monyet laut diharapkan bisa memenuhi permintaan pasar Barat.

Monyet laut menjadi salah satu hewan yang unik karena diciptakan oleh manusia dan dilahirkan dengan cara yang tidak biasa juga. Namun meskipun demikian, jika monyet laut dipelihara dengan baik akan tumbuh dan juga berkembang secara normal.

Ternyata Aqua Friends monyet laut ini merupakan spesies yang bernama Artemia NYOS. Nama NYOS sendiri merupakan singkatan dari New York Oceanic Society, yaitu nama laboratorium yang pertama kali menciptakan si monyet laut ini.

Habitat

Tahukah Aqua Friends kalau monyet laut ini ternyata tidak benar-benar hidup di alam, maka dari itu monyet laut disebut sebagai hewan peliharaan instan.

Nama monyet diambil karena bentuk ekor dari hewan ini mirip seperti ekor monyet. Sedangkan untuk nama lautnya diambil karena hewan ini hidupnya di air, walaupun bukan laut.

Monyet laut dapat hidup di air yang bersih dan memiliki cukup oksigen. Jadi monyet laut tidak akan bertahan lama jika dibiarkan hidup di luar air.

Reproduksi

Saat dilahirkan, monyet laut memiliki satu mata dan akan muncul dua mata lagi saat monyet laut sudah dewasa. Monyet laut bisa bereproduksi dengan dua cara yaitu baik secara seksual ataupun aseksual.

Ciri-Ciri Monyet Laut

Monyet Laut

Meskipun namanya monyet laut, tetapi bentuk fisik, habitat dan cara bertahan hidupnya tentu berbeda dengan monyet di darat. Ciri fisik monyet laut memang terbilang sangat unik, mari kita lihat cirinya di bawah ini ya Aqua Friends.

Warna

Jika dilihat dari warnanya, monyet laut memiliki warna yang agak kemerahan atau putih cerah dan tembus cahaya.

Bentuk Tubuh

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya Aqua Friends, monyet laut memiliki satu mata pada saat dilahirkan dan setelah dewasa dua mata lagi akan muncul. Monyet laut memiliki bagian tubuh seperti dada, kepala, perut dan ekor. Ekornya mirip seperti ekor monyet. Rangka luar yang terbuat dari kritin yang fleksibel dan tipis melapisi keseluruhan tubuh monyet laut. Secara periodik, rangka luar ini akan berganti dengan sendirinya.

Harga Monyet Laut

Berbicara mengenai harga, monyet laut memang cukup menguras kantong. Aqua Friends harus menyiapkan uang sekitar 80 hingga 150 ribu jika ingin memelihara monyet laut. Tentu harga ini bergantung dari mana Aqua Friends membelinya.

Cara Memelihara Monyet Laut

monyet laut

Untuk menjaga hewan peliharaan agar bisa bertahan hidup, tentunya diperlukan perawatan yang tepat. Monyet laut sendiri terkenal mudah untuk dipelihara. Aqua Friends bisa mengikuti beberapa cara di bawah ini untuk memelihara monyet laut.

Setup Akuarium

Setup akuarium untuk monyet laut terbilang mudah dilakukan. Meskipun demikian akuarium harus dibersihkan terlebih dahulu agar monyet laut tidak mudah mati atau terkena penyakit akibat akuarium yang kotor. Jika Aqua Friends tidak memiliki akuarium, bisa menggunakan botol pelastik bersih dengan ukuran 2 liter.

Setelah itu, isilah akuarium dengan beberapa liter air. Monyet laut sangat suka berenang di bagian dasar akuarium. Sebaiknya air yang sudah dimasukan ke akuarium tadi, di diamkan beberapa saat di suhu ruang sehingga suhu air tidak terlalu dingin. Seperti yang kita ketahui, telur monyet laut memang harus berada di suhu air yang hangat.

Saat Aqua Friends mengaerasi akuarium, haruslah berhati-hati. Aqua Friends setidaknya bisa mengaerasi akuarium 1 hingga 2 kali setiap harinya dengan turkey baster.

Karena nantinya telur monyet laut akan menetas di akuarium, gunakan pemurni air. Pemurni air ternyata mengandung garam dan juga berbagai zat penting yang bermanfaat untuk penetasan telur dan perkembangbiakan telur. Setelah pemurni air dicampurkan ke dalam akuarium, jangan langsung memasukan telur ke akuarium, sebaiknya Aqua Friends mendiamkan air setidaknya 24 jam di suhu ruang.

Masukan Telur Monyet

Setelah menunggu 24 jam air di suhu ruang, maka Aqua Friends dapat menaruh telur monyet laut ke dalam akuarium tersebut. Setelah itu aduk dengan menggunakan sendok plastik yang bersih. Saat diaduk, telur akan terlihat seperti bintik kecil berwarna merah, setelah 5 hari telur pun akan menetas dan Aqua Friends akan melihat bayi ikan yang berenang-renang dengan cantik di akuarium.

Sebelum telur menetas, Aqua Friends dapat menunggu sambil melakukan aerasi 1 atau 2 kali sehari. Tujuan diberikannya aerasi adalah untuk membuat air di akuarium tercukupi oksigennya sehingga telur siap menetas dan tumbuh dengan baik.

Memberi Makan Monyet Laut

Aqua Friends bisa memberi makan monyet laut setidaknya 5 hari setelah menetas. Jadi perlu dihindari langsung memberi makan pada saat monyet laut menetas. Biasanya dalam paket pembiakan sudah terdapat makanan khusus untuk monyet laut. Berikan monyet laut makan dua hari sekali sebanyak satu sendok kecil.

Merawat Monyet Laut

Untuk merawat monyet laut, Aqua Friends harus memeriksa akuarium apakah ada bercak putih atau tidak. Jika ada, segera bersihkan. Bercak putih merupakan pertanda adanya bakteri yang dapat membuat monyet laut cepat mati. Aqua Friends juga bisa menggunakan Sea Medic untuk membunuh bakteri yang tersisa. Atau jika Aqua Friends melihat bercak masih ada setelah satu atau dua hari maka bersihkanlah akuarium dan kuras airnya.

Kesalahan Umum yang Merawat Monyet Laut

Ikan hias air tawar

Meskipun monyet laut dapat bertahan hidup sekitar 2 tahun, tapi jika Aqua Friends melakukan kesalahan dalam perawatan bisa saja monyet laut akan lebih cepat mati. Biasanya kesalahan yang paling sering sering dilakukan adalah memberikan makan yang terlalu banyak, air akuarium yang jarang dibersihkan sehingga ikan mudah terinfeksi bakteri. Selain itu Aqua Friends juga harus memastikan air di akuarium dengan takaran yang pas dan jika air akuarium terlalu keruh maka Aqua Friends harus menghindari pemberian pakan ikan hingga air bersih kembali.

Bikin Ikan Bahagia!

Tinggalkan komentar