Cara dan Tips Membuat Aquascaping Air Laut Untuk Pemula

Aquascaping adalah tindakan mendesain akuarium Anda untuk meniru lingkungan alami terumbu dan lautan.  Ada banyak cara untuk melakukan ini. 

Membuat Aquascaping air laut bisa menjadi salah satu hal paling eksotis yang dapat Anda lakukan untuk akuarium.  Banyak orang akan menghabiskan banyak waktu dan sangat bangga dengan aquascape tangki mereka.

Tujuan keseluruhan dengan aquascaping adalah membuat visual semenarik mungkin dan terlihat sealami mungkin.  Ini benar-benar seni yang harus Anda nikmati.

Ada banyak pertanyaan dan kekhawatiran yang mungkin Anda miliki sebelum memulai Aquascaping terumbu karang.  Artikel ini akan menjelaskan cara membuat aquascape tangki dengan benar dan menunjukkan kepada Anda beberapa tips yang diperlukan untuk membuatnya sukses besar dan sesuatu yang akan Anda kagumi dan banggakan.

Tips Cara Membuat Aquascaping Air Laut

Tips Membuat Aquascaping Air Laut

Barang yang paling umum digunakan saat membuat aquascape adalah batu.  Batu tidak hanya bermanfaat untuk memelihara akuarium yang sehat, tetapi juga merupakan benda paling terlihat alami dan menarik yang dapat Anda gunakan.

Batuan hidup akan menampung sebagian besar kehidupan dan bakteri menguntungkan yang dibutuhkan untuk akuarium terumbu yang berkembang biak.  Terlepas dari apakah batu Anda kering dan baru atau tua dan penuh kehidupan, tidak diragukan lagi bahwa menggunakan batu adalah cara terbaik untuk membuat gua, tepian, bangunan, dan hal lain yang Anda inginkan.

Batuan bisa memiliki berbagai bentuk dan ukuran.  Batuan bundar biasanya penuh dengan lubang dan celah dan dapat ditumpuk satu sama lain.  Potongan datar dapat digunakan untuk membuat tepian dan overhang.  Cabang batu sangat bagus untuk membuat struktur seperti pohon dan menunjukkan ketinggian dalam formasi batuan Anda.

Ide yang bagus adalah mengatur batu sedemikian rupa sehingga tidak terlihat “terlempar ke dalam”.  Sekumpulan bebatuan yang baru saja bertumpuk di tengah tangki akan menjadi tidak tertata dan tidak terencana, hanya terlihat buruk dan tidak menciptakan karang yang tampak alami.

Tips Membuat Aquascape Air Laut Dengan Batuan Hidup

Tips Membuat Aquascaping Air Laut

Seperti yang telah disebutkan di atas, aquascaping live rock tidak berarti menumpuk sekumpulan batu di tengah akuarium.  Ini adalah sesuatu yang Anda ingin rencanakan dengan hati-hati sebelumnya.

Anda dapat memiliki hewan peliharaan terbaik di dunia tetapi ditempatkan di akuarium air yang buruk, mereka akan terlihat buruk.  Akuarium aquascape yang bagus akan lebih memamerkan peliharaan Anda.

Saat menggunakan batu untuk aquascaping, hal pertama yang harus Anda lakukan adalah menggambar rencana sebelumnya.  Gunakan selembar karton besar dengan dimensi yang sama dengan tangki Anda, lalu gambar denah yang Anda inginkan.  Gunakan meja besar dan susun rencana Anda.  Anda kemudian dapat mengambil bongkahan batu dan menempatkannya di dalam diagram untuk melihat tampilannya.

Penting juga untuk merencanakan desain Anda seputar hewan peliharaan yang saat ini Anda miliki atau mungkin miliki di masa depan.  Ikan tertentu membutuhkan ruang renang yang lebih terbuka, tempat persembunyian dan mengandalkan area tertentu untuk kenyamanan.  Juga jika Anda berencana memelihara karang, Anda mungkin ingin memiliki area batuan datar untuk meletakkan potongan yang lebih besar dan menyisakan area yang lebih kecil untuk fragmen.

Tips lainnya adalah jika Anda menggunakan tangki akuarium, lakukan tampilan minimal pada tangki pajangan dengan memasukkan batu ke dalam bah.  Tidak perlu menyimpan semua batu di depan.

Poin penting saat menggunakan batuan hidup untuk aquascaping, adalah Anda perlu memastikan stabilitas.  Membuat batu jatuh ke kaca bukanlah pilihan dan Anda harus mengambil langkah-langkah untuk mencegahnya.

Tidak hanya itu, bebatuan yang berjatuhan dapat menghancurkan ikan dan hewan peliharaan lainnya termasuk karang.  Jangan pernah meletakkan batu Anda di atas substrat.  Ini membuat mereka lebih tidak stabil.  Sebagai gantinya, tempatkan pasir di sekitar formasi batuan.

Selalu uji stabilitas setiap batu saat Anda meletakkannya.  Batuan hidup akan memiliki banyak celah dan tempat agar batuan tersebut stabil dan aman.  Luangkan waktu Anda dan pastikan setiap batu aman dan terjamin.

Cara memasang live rock bersama

Tips Membuat Aquascaping Air Laut

Salah satu pilihan yang Anda miliki untuk membantu stabilitas bebatuan dan menahannya adalah dengan menggunakan lem aquascaping untuk mengikat bebatuan.  Ada epoksi dan lem tertentu yang bekerja dengan baik.

Juga mengebor lubang kecil melalui bebatuan dan menggunakan batang akrilik untuk mengencangkannya adalah ide bagus.  Beberapa orang suka menggunakan tali zip, kotak telur, dan styrofoam untuk menahan batu di tempatnya.  Yang terbaik untuk digunakan adalah lem, epoksi, dan batang.

Bisakah Anda menggunakan batu laut di akuarium air laut?

Tips Membuat Aquascaping Air Laut

Iya dan tidak.  Masalah dengan menggunakan batu dari laut adalah kebanyakan orang akan merebus batu dalam waktu lama untuk menghilangkan polutan berbahaya dan melindungi dari pencucian fosfat, timbal, besi, kalsium ke dalam akuarium.

Tujuan batuan hidup adalah untuk area berpori untuk menampung bakteri menguntungkan untuk berkoloni membantu menjaga lingkungan yang sehat.  Saat Anda mengambil batu dari laut, tidak hanya tidak akan berpori, tetapi setelah Anda merebusnya, Anda akan kehilangan semua bakteri menguntungkan dan tidak lagi hidup.  Jadi ya bisa digunakan tapi tidak seefektif dan tidak sama dengan live rock tangki laut.

Batuan Kering vs Batuan Hidup

Tips Membuat Aquascaping Air Laut

Ada pro dan kontra dalam menggunakan batuan kering dan batuan hidup untuk aquascaping.  Batuan kering memiliki manfaat karena benar-benar segar dan Anda tidak perlu khawatir tentang hama atau pendaki yang tidak diinginkan seperti aptasia, dan meluluhkan apa pun yang buruk ke dalam akuarium Anda.  Kelemahan dari penggunaan batuan kering adalah Anda memulai tanpa filter biologis dan perlu membangun akuarium Anda dari awal.

Manfaat menggunakan batuan hidup adalah kenyataan bahwa ia penuh dengan kehidupan dan menjadi tempat basis nitrifikasi biologis yang sangat penting.  Itu juga bisa datang dengan alga coralline.  Ini menunjukkan bahwa batu tersebut sudah mapan dan hidup.  Ini juga akan menambah warna yang bagus pada akuarium, dan sebagian besar penggemar menyukai warna ungu yang ditambahkannya.

Aquascape Terapung

Tips Membuat Aquascaping Air Laut

Aquascape terapung adalah sesuatu yang unik dan tampak luar biasa di akuarium apa pun.  Keuntungan memiliki tangki terapung termasuk membuka lebih banyak ruang berenang untuk ikan Anda.  Ini adalah sesuatu yang tidak boleh terburu-buru, membutuhkan banyak perencanaan dan Anda dapat menggunakan alat-alat yang disebutkan di atas seperti epoksi dan batang. 

 Ingatlah bahwa aturan umum yang harus diikuti tentang jumlah batu yang akan digunakan di tangki Anda adalah 1 pon per 1 galon air.

Saat membuat akuarium aquascape Anda, jangan posisikan batu Anda di tempat yang akan menghalangi pergerakan air.

  • Hindari menyandarkan batu ke kaca.
  • Sisakan ruang di antara bebatuan dan kaca untuk dibersihkan.
  • Ingatlah bahwa biaya batuan hidup akan jauh lebih mahal daripada batuan kering.
  • Gunakan campuran potongan batu kecil dan besar.

Aquascape tangki terumbu adalah salah satu bagian yang paling menyenangkan dari pemeliharaan terumbu air asin.  Anda bisa membuat desain yang Anda inginkan, tidak ada 2 tangki yang sama.  Luangkan waktu Anda, dan rencanakan ke depan untuk hasil terbaik. 

Bikin Ikan Bahagia!

Tinggalkan komentar