Udang Hias

Berbicara mengenai udang hias, di benak kita pasti akan muncul gambar aquascape dengan udang hias di dalamnya. Selain kehadirannya yang mampu mempercantik tank aquascape kalian, nyatanya udang hias juga dapat menjadi “cleaner” alami tank aquascape lho. Udang hias tersebut memiliki peran ganda yakni sebagai algae eater/fauna pemakan alga. Baik alga yang menempel di dinding akuarium, permukaan tanaman, batu, dan kayu pelengkap tank aquascape.

Hal yang perlu diingat sebelum memutuskan untuk menambah fauna udang di dalam tank aquascape adalah melihat apakah terdapat jenis ikan hias lain yang dapat memangsa udang hias. Beberapa ikan omnivora memiliki kecenderungan untuk menjadi karnivora seperti ikan bumble bee dan panchax, akan tetapi mereka tidak menyerang udang dengan ukuran yang setara atau lebih besar, melainkan akan memakan anak-anak udang yang berukuran jauh lebih kecil.

Mengenal Udang Hias

Biasanya, satu koloni udang terdiri dari 15 – 20 ekor udang hias. Tiap jenis udang hias juga memiliki makanan kesukaan yang berbeda pula. Udang hias air tawar dapat hidup dan bertumbuhkembang dengan baik pada suhu air antara 15 – 30 derajat celcius dan air dengan Ph 6,8 – 8. Perlu di ingat bahwa tingkat keasaman air yang rendah dapat membuat udang stress yang didahului dengan perubahan warna dan kemudian akan mati.

Apabila tertarik untuk mempercantik tank aquascape dengan menambah udang hias, hendaknya ketahui dahulu jenis-jenis udang hias air tawar yang cantik dan bagus. Aquapedia sudah memilih beberapa rekomendasi jenis udang hias air tawar yang tentunya akan mempercantik tank kalian beserta daftar harga per ekor. Tapi ingat, harga yang disertakan bukanlah harga baku karena masing-masing wilayah memiliki harga yang berbeda pula.

Jenis Udang Hias

Red Cherry Shrimp

udang red cherry

Siapa yang tak kenal jenis udang yang satu ini. Jenis udang hias ini menjadi udang yang paling terkenal dan sangat popular di kalangan pecinta aquascape baik professional maupun pemula. Red Cherry Shrimp (Neocaridina davidi) memiliki warna yang sangat unik yakni seperti buah ceri, merah pekat di seluruh tubuh dengan sedikit kombinasi warna putih di bagian kaki. Udang ini mampu menyesuaikan dengan kondisi lingkungan tempat ia berada. Apabila berada di lingkungan dengan kondisi air yang gelap, warna merah di badannya akan terlihat lebih menyala sehingga akan tampak cerah dan indah. Selain itu, Red Cherry Shrimp memiliki kekebalan tubuh yang baik dan handal untuk menjaga kebersihan tank akuarium.

Blue Pearl Shrimp

udang hias blue pearl

Memiliki nama latin Neocaridina zhangjiajiensis, udang asal Taiwan ini sangat cocok di dalam akuarium maupun aquascape dengan setingan terang. Udang ini memiliki warna biru terang cenderung transparan. Warna biru udang ini akan terlihat sangat biru pekat saat berada di lingkungan yang gelap. Blue Pearl Shrimp juga merupakan udang tidak agresif dan dapat memakan alga yang menempel pada tanaman maupun dinding akuarium. Udang ini akan hidup dengan sangat baik pada suhu air 10 – 26 derajat celcius serta Ph air 6,5 – 7,5.

Blue Diamond Shrimp / Blue Cherry Shrimp

udang blue cherry

Masih satu saudara dengan Red Cherry Shrimp, udang ini hanya berbeda warna pada sekujur tubuhnya. Jika RCS berwarna merah, maka udang ini memiliki warna biru pekat. Warna biru pada Blude Diamond Shrimp juga sangat cantik, yakni biru tua dan berpadu dengan tubuhnya yang kecil membuat perawakan udang ini seperti berlian, sesuai dengan namanya.

Amano Shrimp

udang amano

Amano Shrimp (Cardina Japonica) sering disebut dengan julukan udang amano/amano algae. Udang yang berasal dari Jepang ini memiliki ukuran yang mungil, yakni sekitar 2 inci sampai 5 inci saat usia dewasa. Ciri fisik dari Amano Shrimp yaitu memiliki warna dasar hitam transparan dan terdapat sedikit garis kuning pada bagian kaki dan tubuhnya. Karakter udang ini sangat damai sehingga sangat cocok dicampur dengan ikan hias kecil seperti jenis tetra, guppy, maupun rasbora galaxy sekalipun. Udang ini akan sangat pas pada setingan akuarium dengan background terang.

Black Rili Shrimp

Memiliki nama latin Neocaridina davidi, udang hias ini memiliki warna hitam pada bagian depan, transparan dan memiliki corak bitnik-bintik hitam pada badan bagian belakang, serta ekor berwarna hitam pekat. Udang yang berasal dari Taiwan ini merupakan kerabat dekat dari Red Cherry Shrimp. Namun berbeda dengan RCS yang akan terlihat maksimal pada setingan akuarium sedikit gelap, Black Rili Shrimp justru akan terlihat maksimal pada setingan akuarium dan substrat yang terang. Udang ini mampu tumbuh dengan baik serta berkembang biak pada suhu air 20 – 25 derajat celcius dengan Ph air 6 – 8.

Orange Rili Shrimp

orange rili shrimp

Udang ini merupakan keluarga dari udang Rili. Orange Rili Shrimp memiliki warna tubuh transparan dikombinasikan warna orange pada bagian ekor dan kepala. Bagi sebagian orang yang baru mengenal udang ini, tak jarang mereka akan mengira bahwa Orange Rili Shrimp merupakan Red Cherry Shrimp.

Yellow Fire Shrimp

yellow fire

Sesuai dengan namanya, fisik dari udang ini memiliki warna kuning terang transparan. Yellow Fire Shrimp mampu beradaptasi dengan perubahan lingkungan tempat di mana ia berada, hal tersebut membuat udang ini mudah untuk dipelihara dan dapat untuk dikembangbiakkan sendiri dalam akuarium. Udang ini berasal dari perairan Jepang dan timur Asia. Sama seperti udang RCS, Yellow Fire Shrimp dapat hidup dengan maksimal pada suhu air 20 – 26 derajat celcius dengan Ph air berkisar antara 6,2 – 8,0.

Ninja Shrimp

Dinamakan udang ninja karena kemampuannya yang dapat mengganti warna tubuh dan cepat menghilang bak seorang ninja. Menghilang di sini tentu saja dalam artian udang ini pemalu dan suka menyembunyikan diri dari lingkungan sekitarnya. Ninja shrimp akan banyak bersembunyi di rerumputam dan space-space kosong yang dapat ia tempati untuk bersembunyi, serta akan keluar saat mencari makan saja. Udang ini berasal dari perairan Indonesia. Ninja shrimp memiliki warna tubuh yang bervarian, yakni warna merah, kebiruan, sedikit hitam, serta berwarna perunggu. Udang dengan nama latin caridina serriatirostris ini sangat sensitif dengan senyawa tembaga dan nitrogen yang terkandung dalam air. Oleh karena itu, bisa dibilang perawatan udang jenis satu ini cukup sulit karena membutuhkan kadar galam pada air tempat di mana ia tinggal.

Bamboo Shrimp

udang hias bamboo

Udang yang memiliki nama latin Atyopsis sp. ini berasal dari perairan Asia Tenggara. Bamboo shrimp sering disebut dengan nama udang bamboo, udang kayu, udang kipas atau udang Singapura. Bentuk fisik yang nyari menyerupai kayulah yang menyebabkan udang ini dinamakan Udang Bambu/Bamboo Shrimp. Selain sebagai penghias akuarium, udang jenis ini juga sangat efektif sebagai pemakan alga dan plankton di dalam akuarium. Bamboo Shrimp dapat tumbuh secara optimal hingga berukuran 5 cm dalam air bersuhu 24 – 28 derajat celcius serta Ph air berkisar antara 7 – 7,5.

Red Rili Shrimp

udang red rili

Udang yang masih termasuk dari keluarga caridina ini berasal dari perairan Taiwan dan ditemukan pada tahu 2010 silam. Sekilas, udang ini tampak seperti saudaranya Orange Rili Shrimp hanya beda warna merah saja. Selain itu, udang ini sangat identik dengan Red Cherry Shrimp. Tentu saja hal yang membedakannya adalah adanya warna putih transparan di bagian tengah tubuhnya. Udang ini dapat tumbuh maksimal pada suhu air 20 – 26 derajat celcius dengan Ph air 6,2 – 8,0.

Green Jade Shrimp

Green Jade Shrimp memiliki warna hijau pekat seperti batu giok. Warna tersebut yang menyebabkan udang ini akan tersamarkan apabila tank akuarium penuh dengan tanaman yang berwarna hijau. Udang yang berasal dari Taiwan ini memiliki tingkat pemeliharaan yang sangat mudah sehingga sangat cocok bagi para pemula. Udang ini dapat tumbuh secara optimal pada suhu air 23 – 28 derajat celcius dengan ph air 6,8 – 7,5.

Green Neon Shrimp

Memiliki nama latin Caridina cf. babault, udang ini merupakan udang hias tercantik menurut para penggemar udang hias air tawar. Warna di seluruh tubuhnya yang berwarna hijau terang akan tampak sangat sempurna apabila dipadukan dengan setingan akuarium terang. Green Neon Shrimp akan lebih optimal dengan bakcground akuarium berwarna hitam gelap. Udang ini dapat tumbuh secara maksimal dalam suhu air 23 – 26 derajat celcius dengan ph air 6,8 – 7,0.

Cardinal Shrimp

udang hias cardinal

Cardinal Shrimp (Caridina dennerli) merupakan udang hias endemik perairan Sulawesi, tepatnya di danau Matano. Corak merah gelap pada seluruh tubuhnya berpadu dengan bintik putih dan biru serta warna putih pada ekor membuat udang ini sangat indah dipandang mata. Cardinal Shrimp merupakan udang yang sangat sulit untuk dikembangbiakkan jika tidak dipelihara sesuai dengan habitat aslinya. Udang ini bukan tipe udang perenang, melainkan tipe udang yang lebih suka berjalan di antara bebatuan serta di atas pasir. Udang ini sangat cocok dipelihara pada akuarium dengan tema aquascape atau biotope. Cardinal Shrimp dapat tumbuh optimal pada suhu air 27 – 29 derajat celcius serta Ph air 7,5 – 8,5.

Golden Bee Shrimp

Golden Bee Shrimp

Udang dengan nama latin Caridina Cantonensis sp. ini memiliki julukan udang merah Kristal emas. Warna dari udang ini sangat cantik dan elegan, warna tubuh udang ini berwarna putih salju dikombinasikan dengan warna emas di sekujur tubuhnya. Selain sebagai penghias akuarium, udang ini juga suka memakan ganggang air serta bermacam jenis alga. Udang ini dapat hidup dengan baik pada air dengan suhu 19 – 22 derajat celcius dengan Ph air 5,8 – 7,4.

Red Nose Shrimp

Red Nose Shrimp (Caridina gracilirostris) memiliki keunikan yakni memiliki sungut berwarna merah. Udang ini memiliki corak warna transparan dengan sedikit perpaduan warna merah. Red Nose Shrimp memiliki sebutan lain Rhino Shrimp atau Mosquito Shrimp karena memiliki sungut. Udang ini dapat tumbuh secara optimal hingga ukuran 3,5 – 4 cm pada suhu air 20 – 28 derajat celcius serta memiliki Ph air 6,5 – 7,5.

Black King Kong Shrimp

udang black king kong

Udang yang satu ini berwarna hitam pekat serta memiliki corak warna putih di bagian punggung atas serta ujung ekor. Black King Kong Shrimp merupakan udang yang berasal dari perairan Taiwan dengan panjang maksimal dapat mencapai 2,5 cm pada usia dewasa. Udang hias ini sangat langka karena pemeliharaannya yang sulit serta mudah mati.

Red Bee Shrimp

red bee shrimp

Udang hias air tawar yang memiliki nama latin Cardinal cantonensis memiliki warna dasar putih disertai corak merah melingkar di sekujur tubuhnya. Udang yang berasal dari perairan Jepang ini memiliki ukuran maksimal 1 inci. Kualitas air yang baik untuk tumbuh kembang udang ini harus memiliki suhu air di bawah 26 derajat celcius serta tingkat keasaman (Ph) sekitar 6 – 7.

Mandarin Shrimp

Mandarin Shrimp (Caridina cf. propinqua) merupakan family udang caridina yang berasal dari Sulawesi. Udang ini memiliki warna oranye transparan serta dipadukan dengan bintik-bintik kecil berwarna merah di seluruh tubuhnya. Ukuran maksimal udang ini dapat mencapai 2,5 cm pada jantan dan 3 cm pada betinanya. Mandarin shrimp memiliki kelebihan untuk memakan lumut serta kotoran yang berada di tank akuarium. Udang ini banyak menghabiskan waktunya untuk membersihkan akuarium dan berdiam diri di tanaman moss.

Bumble Bee Shrimp

Udang jenis ini sama seperti udang Black Bee dan Red Bee, yakni sama sama berasal dari keluarga caridina. Warna tubuh dari udang Bumble Bee perpaduan dari warna kuning dan hitam yang melingkar di seluruh tubuhnya. Udang hias ini sangat menyukai tinggal di akuarium ataupun aquascape yang penuh dengan tanaman air, batu hias serta kayu. Ukuran udang hias Bumble Bee sangat kecil, yaitu hanya sekitar 1,8 cm saat usia dewasa baik jantan maupun betinanya. Bumble Bee Shrimp dapat tumbuh secara optimal pada air yang memiliki suhu 20 – 25 derajat celcius serta kandungan Ph air 6,6 – 6,8.

Vampire Shrimp

Udang yang berasal dari perairan Afrika Barat dan Amerika Selatan ini mampu mencapai ukuran maksimal 4 inci lebih. Oleh karena itu, udang jenis ini merupakan udang hias air tawar terbesar di antara udang hias lainnya. Vampire Shrimp (Atya gabonensis) memiliki warna tubuh abu-abu keputih-putihan. Udang ini mampu hidup dengan baik pada suhu air 20 – 26 derajat celcius serta memiliki kandungan Ph 6,5 – 7,4.

Daftar Harga Udang Hias

Jenis

Harga Per Ekor

Red Cherry ShrimpRp 1.500
Blue Pearl ShrimpRp 2.500 – Rp 10.000
Blue Diamond / Blue Cherry ShrimpRp 2.500
Amano ShrimpRp 35.000 – Rp 40.000
Black Rili ShrimpRp 2.500 – Rp 7.000
Orange Rili ShrimpRp 2.000 – Rp 7.000
Yellow Fire ShrimpRp 2.500 – Rp 6.000
Ninja ShrimpRp 10.000 – Rp 25.000
Bamboo ShrimpRp 2.500 – Rp 5.000
Red Rili ShrimpRp 1.500
Green Jade ShrimpRp 3.500
Green Neon ShrimpRp 3.500
Cardinal ShrimpRp 7.500
Golden Bee ShrimpRp 45.000 – Rp 70.000
Red Nose ShrimpRp 5.000
Black King Kong ShrimpRp 100.000
Red Bee ShrimpRp 4.500
Mandarin ShrimpRp 2.500
Bumble Bee ShrimpRp 5.000
Vampire ShrimpRp 2.000

Beberapa jenis udang di atas adalah udang hias air tawar yang sering kita temui pada toko ikan hias di mana pun. Perkiraan harga pun bersifat fluktuatif, bergantung pada setiap wilayah serta banyak atau tidaknya stok udang hias tersebut. Apabila memiliki akuarium yang penuh dengan tanaman air, tidak ada salahnya untuk memasukkan beberapa jenis udang hias ke dalamnya karena selain sebagai penghias akuarium, udang-udang tersebut juga memiliki peran menjaga kebersihan akuarium ataupun aquascape.

Mengenai aquascape, kalian bisa juga cek artikel tentang inspirasi desain aquascape. Bagaimana Aqua Friends? Jika kalian memiliki pertanyaan atau apapun itu yang berkaitan dengan udang hias, jangan ragu untuk menyampaikannya di kolom komentar yah.

Terima kasih. 🙂

Originally posted 2020-03-20 07:44:44.

Hai! Aku Ade, alumni Informatika - Universitas Muhammadiyah Surakarta. Tertarik dengan dunia ikan dan aquascape dan tentu dengan hal-hal menarik lainnya. Mari berteman! :)

Tinggalkan komentar